Fakultas Teknik dan Teknologi

Selayang Pandang

Fakultas Teknik dan Teknologi di Sampoerna University (FET-SU) bercita-cita menjadi sekolah teknik dan teknologi terkemuka di Indonesia yang diakui untuk kualitas program, fakultas, dan fasilitasnya. Kami menawarkan pengalaman pendidikan yang unggul dengan kurikulum yang relevan untuk mempersiapkan lulusan kami meraih sukses dalam karir kompetitif di bidang ilmu komputer, teknologi informasi, dan teknik. Program kami telah dirancang dengan para ahli terkemuka dari Indonesia dan Amerika Serikat guna menanggapi permintaan untuk mengembangkan lebih banyak kaum profesional di bidang-bidang ini. Fasilitas laboratorium yang digunakan oleh mahasiswa kami mewakili teknologi mutakhir; fasilitas ini adalah yang terbaik di Indonesia dan telah memenuhi standar internasional.

FET merupakan pusat komitmen Sampoerna University dalam membangun kompetensi STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, and Math). Pendekatan kami memupuk kemampuan beradaptasi, berkolaborasi, kreativitas, dan kemampuan berkomunikasi yang kuat. Pendekatan kami, menurut pakar industri, menjadikan lulusan kami paling kompetitif di Indonesia.

Fakultas Teknik dan Teknologi menawarkan studi program sebagai berikut:

Teknik Mesin

  • + Sarjana Teknik Mesin (S1)
  • + Bachelor of Science in Mechanical Engineering (LSU)

Teknik Industri

  • + Sarjana Teknik Industri (S1)
  • + Bachelor of Science in Industrial Engineering (LSU)

Desain Komunikasi Visual (CDD)

  • + Sarjana Desain (S1)

Ilmu Komputer dan Sistem Informasi

  • + Sarjana Ilmu Komputer (S1)

Mengapa Fakultas Teknik & Teknologi Sampoerna University?

Program yang ditawarkan oleh FET berfokus pada penyampaian program akademik yang sejalan dengan kebutuhan tinggi akan individu terlatih yang mampu mengisi lapangan kerja di sektor teknik dan teknologi informasi.
Program di FET dirancang untuk memenuhi kesenjangan keterampilan yang dialami bangsa Indonesia dan memastikan bahwa semua mahasiswa kami memiliki bekal yang baik untuk menghadapi persaingan pekerjaan di dalam dan di luar negeri.

Mahasiswa akan belajar serta memecahkan dan melakukan analisis masalah dengan menggunakan alat teknologi dan strategi pembelajaran kolaboratif di seluruh kurikulum. Kurikulum dan proyek STEAM adalah wajib bagi semua mahasiswa selama dua tahun pertama kuliah di SU tanpa memandang jurusan. Kurikulum ini mencakup aljabar, biologi, kimia dan fisika tingkat universitas. Numerasi dan pengetahuan fungsional tentang konsep STEAM utama dibutuhkan oleh semua lulusan guna mempersiapkan mereka dengan lebih baik untuk pekerjaan di masa depan. Hal ini didorong oleh pemahaman kita bahwa mayoritas pekerjaan bergaji tinggi di masa depan akan menuntut keterampilan tinggi dan pengetahuan STEAM yang kuat. Para mahasiswa juga mengembangkan kemampuan mereka untuk berkomunikasi secara efektif, melakukan presentasi, dan bekerja dalam tim.

Mahasiswa di FET menikmati bimbingan mendalam di ruang belajar yang dirancang khusus di Sampoerna University. Karena kompetensi STEAM sangat penting bagi keberhasilan mahasiswa jurusan teknik dan teknologi, mereka mendapatkan bimbingan ini agar sukses dalam berkuliah.

Kurikulum yang ditawarkan oleh FET di Sampoerna University telah dikembangkan untuk tidak hanya memenuhi standar nasional, namun melampauinya. Berkat kemitraan dengan universitas-universitas Amerika terkemuka, mahasiswa dapat meraih gelar ganda (teknik) atau gelar suplemen (ilmu komputer dan desain digital kreatif). Semua mahasiswa lulus dari FET dengan gelar nasional dan kredensial Amerika.

Para mahasiswa FET belajar di laboratorium teknik kelas dunia dengan peralatan-peralatan modern buatan Amerika Serikat. Dikembangkan dalam kemitraan dengan Louisiana State University (LSU), program studi dan laboratorium kami menyerupai pengalaman belajar yang ditawarkan kampus LSU di Baton Rouge, Louisiana, Amerika Serikat. Para mahasiswa dalam program studi Ilmu Komputer kami memiliki akses ke perangkat keras dan perangkat lunak generasi terbaru di fasilitas-fasilitas komputasi kami. Program Desain Digital Kreatif kami menawarkan kelas di Laboratorium Inovasi, Laboratorium Visualisasi 3-D dan Motion Capture Studio yang mutakhir. Kualitas dan ragam fasilitas laboratorium dan peralatan yang tersedia di SU belum tertandingi di Indonesia.

Anggota Fakultas

Dr. Ammar Aamer

Dekan Fakultas Teknik dan Teknologi

Surya D. Liman

Dosen

Tika Lestari

Shinta D Ariaotika

Erna Maria Lokollo, Ph.D

Kepala Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat

Dr. Iwan Setiawan

Dosen Kimia

Wafa Maftuhin, M.Sc

Dosen Fisika

Dr. Rizcky Tamarany

Dosen

Sepwin Nosten Sitompul

Mr. Christopher Barenz

Dosen Tamu 

Ir. Media Anugerah Ayu, MSc., PhD.

Dosen

Rodrigo Gonzalo Encinar, MFA

Dosen

Muhammad Agni Catur Bhakti, ST, MSc, PhD

Kepala Program Ilmu Komputer

Maria Wahyuni, M.Ds.

Kepala Program Desain Digital Kreatif

Contact Info

L’Avenue Office Tower

Jl. Raya Pasar Minggu, Kav 16
Pancoran, Jakarta Selatan 12780

(021) 5022 2234
0821 62 800 800

Teknik Mesin

Terapkan hukum dasar matematika dan sains untuk menciptakan alat mekanis yang kita gunakan sehari-hari.

Apa itu Teknik Mesin? Teknik mesin memainkan peran penting dalam memecahkan tantangan besar dunia dengan menghasilkan energi yang berkelanjutan, menyediakan lingkungan yang aman dan air bersih, membangun sistem transportasi yang aman dan efisien, merancang alat konversi dan penyimpanan energi baru, dan memperbaiki sistem mekanis / listrik di rumah dan bangunan. Bidang teknologi yang masih berkembang dari bahan nano dan biomekanik adalah contoh lebih lanjut dari area di mana teknik mesin memainkan peran penting. Selanjutnya, bidang teknik mesin yang sudah mapan seperti desain, manufaktur, otomasi dan kontrol merupakan elemen penting untuk merancang sistem kompleks skala besar yang mendorong ekonomi global.

Fokus Area:

Potensi bidang studi meliputi area berikut:

  • Teknik Biomekanika
  • Kontrol
  • Desain
  • Dinamika
  • Ilmu dan Teknologi Energi
  • Fluida
  • Otomasi Manufaktur
  • Material
  • Mekanika
  • Sistem Mekanik Mikro-Elektrik / Nano
  • Rekayasa Kelautan

Jalur karir

Lulusan teknik mesin memiliki fleksibilitas untuk bersaing mendapatkan pekerjaan yang membutuhkan kompetensi dalam sains, teknologi, dan teknik dengan basis kuantitatif yang kuat. Insinyur teknik mesin akan memiliki kemampuan untuk memecahkan masalah, dari yang diketahui hingga tidak diketahui, dengan logis dan dapat ditiru, sehingga memungkinkan terciptanya inovasi terdepan di sektor mana pun mereka bekerja. Keterampilan ini, bersama dengan kompetensi insinyur teknik mesin yang diakui secara universal, menjadikan gelar teknik mesin sebagai salah satu gelar yang paling banyak dicari di berbagai industri dan sektor saat ini.

Jalur karir potensial untuk lulusan Teknik Mesin sebagai berikut:

  • Insinyur aplikasi
  • Insinyur energi / pertambangan
  • Insinyur pengembangan produk
  • Insinyur manufaktur
  • Insinyur Penerbangan / Aerospace
  • Insinyur desain
  • Insinyur pemeliharaan
  • Insinyur otomotif
  • Insinyur instalasi air
  • Membangun sistem insinyur
  • Otomasi dan robotika insinyur
  • Insinyur kontrol dan instrumentasi

 

Teknik Mekanik

  • + Sarjana Teknik Mesin (S1)
  • + Bachelor of Science in Mechanical Engineering (LSU)

Model Kuliah

  • + Purnawaktu (Full Time)

Durasi Program

  • + 4 Tahun

Tahun 1

Tahun 2

Tahun 3

Tahun 4

 

Mata Kuliah Pendidikan Umum

 

Kuliah Inti Teknik Mesin

Kuliah Pilihan Teknik

Magang

Seminar

Kuliah  Fondasi Teknik Mesin

Senior Capstone

Klik disini untuk mengunduh rencana studi program Teknik Mesin.

Laboratorium di SU adalah fasilitas umum, yang juga digunakan secara bersama untuk lintas program.

No.

Name

Unit

1

Lab Teknik Materia

1

2

Lab Mekanika Fluida & Konversi Panas

1

3

Lab Instrumentasi & Pengukuran

1

4

Lab Termodinamika

1

5

Lab Desain Mesin & Kontrol

1

6

Lab Peralatan Mesin

1

7

Lab Drafting Teknik

1

  • Insinyur yang mampu menerapkan pengetahuan matematika, sains, dan teknik untuk memecahkan masalah, dan melengkapi keterampilan berdasarkan standar kualifikasi insinyur di tingkat nasional, misalnya Badan Kerja Sama Teknik Mesin Indonesisa (BKSTM) atau Persatuan Insinyur Indonesia (PII).
  • Asisten perancang teknik mesin mampu merancang produk berdasarkan pengetahuan mekanika, kekuatan material, konversi energi, rekayasa desain, dan teknik produksi.
  • Insinyur menunjukkan kemampuan untuk bersaing dan bekerja dalam lingkungan kerja multikultural melalui komunikasi bilingual, penerapan teknologi informasi, dan penerapan inovasi untuk memecahkan masalah di bidang teknik mesin.
  • Manajer yang mampu mengorganisir rekan kerja dalam mempelajari data teknik dan menggabungkannya dengan "tuntutan pasar" untuk menciptakan produk yang bisa digunakan oleh masyarakat.
  • Insinyur menunjukkan kemampuan pengambilan keputusan berdasarkan analisis data dan informasi dan membuat akuntabilitas pencapaian hasil.
  • Insinyur dan manajer yang menciptakan suasana kerja sama profesional dan berkomitmen terhadap nilai etika dengan akuntabilitas untuk bekerja.

Contact Info

L’Avenue Office Tower

Jl. Raya Pasar Minggu, Kav 16
Pancoran, Jakarta Selatan 12780

(021) 5022 2234
0821 62 800 800

Teknik Industri

Teknik sebagai Cara Memandang Dunia

Insinyur industri merancang, mengembangkan, memperbaiki dan mengelola sistem yang efisien. Program Teknik Industri di Sampoerna University meliputi analisis, pengembangan, perbaikan dan implementasi proses terpadu dan komponennya, termasuk bahan, peralatan, informasi, energi, manusia, uang dan waktu. Insinyur industri mencari tahu bagaimana cara melakukan sesuatu dengan lebih baik.

Rekayasa industri menggabungkan teknik, bisnis dan komunikasi dan dibangun berdasarkan pengetahuan tentang ilmu komputer, matematika, manajemen produksi, pengendalian proses, dan perilaku manusia. Insinyur industri memiliki pelatihan teknis dan pemahaman akan manusia untuk melakukan peningkatan efisiensi dan kualitas dalam situasi apapun. Mereka siap bekerja di hampir semua industri: teknologi, perawatan kesehatan, telekomunikasi, manufaktur, dan pemerintahan. Tidak peduli karir apa yang Anda pilih, gelar teknik industri dari Sampoerna University akan memastikan Anda siap untuk menciptakan dampak positif.

Area fokus

  • Distribusi
  • Manajemen teknik
  • Tata letak fasilitas
  • Manajemen informasi
  • Aliran material
  • Pemodelan dan simulasi
  • Pengoptimalan
  • Proses desain
  • Rencana produksi
  • Desain tempat kerja

Jalur Karir:

Jalur karir potensial untuk lulusan Teknik Industri sebagai berikut:

  • Analis sistem
  • Insinyur operasi
  • Penasihat Risiko
  • Konsultan
  • Insinyur logistik
  • Program Analis
  • Analis Bisnis
  • Analis Kontrol Proses
  • Integrasi Proses Spesialis
  • Analis Riset Operasi
  • Insinyur industri
  • Sales Engineer
  • Supervisor Manufaktur
  • Spesialis IT
  • Konsultan Nilai Perusahaan
  • Konsultan SAP
  • Spesialis Pemodelan Keuangan
  • Associate Engineer
  • Management Trainee
  • Continuous Improvement Engineer
  • Data Modeler

Teknik Industri

  • + Sarjana Teknik Industri (S1)
  • + Bachelor of Science in Industrial Engineering (LSU)

Model Kuliah

  • Purnawaktu (Full Time)

Durasi Program

  • 4 Tahun

Tahun 1

Tahun 2

Tahun 3

Tahun 4

Kuliah Pendidikan Umum

Kuliah Inti IE

Kuliah Pilihan

Magang

Seminar

Kuliah Fondasi IE 

Senior Capstone

 

Laboratorium di SU adalah fasilitas umum dan digunakan lintas program.

No.

Name

Unit

1

Lab STEAM

1

2

Lab Fisika

1

3

Lab Basah (Biologi & Chemistry)

1

4

Lab Simulasi & Modeling

1

5

Lab Ergonomi & Faktor Manusia

1

6

Lab Ilmu Material

1

7

Lab Manufaktur

1

8

Kelas Komputer IE & Lab Sistem Integrasi

4

  • Insinyur, menggunakan matematika, sains, teknik industri untuk memecahkan masalah teknik (sistem, pembuatan / sistem produksi, dan penjaminan mutu).
  • Insinyur, menunjukkan kemampuan teknis sesuai dengan standar nasional badan teknik industri.
  • Insinyur dan manajer yang memiliki kemampuan untuk bekerja dengan berpegang pada nilai etika, siap menyajikan dan mempertanggungjawabkan hasil karya dan semangat kewirausahaan mereka.
  • Asisten peneliti teknikal, membantu merancang sistem / proses / produksi manufaktur yang inovatif, melakukan proses pengujian dan penjaminan mutu, dan menerapkan inovasi teknik industri.
  • Insinyur dan manajer dapat menganalisis data teknik dan kebutuhan pasar untuk menentukan proses sistem produksi dan logistik, persyaratan teknologi informasi, sistem pendukung keputusan yang relevan, efisien, ramah lingkungan, dan ekonomis.

Contact Info

L’Avenue Office Tower

Jl. Raya Pasar Minggu, Kav 16
Pancoran, Jakarta Selatan 12780

(021) 5022 2234
0821 62 800 800

Desain Komunikasi Visual (CDD)

Kuasai seni menciptakan solusi visual bagi masalah komunikasi

Desain Komunikasi Visual/Desain Digital Kreatif (Creative Digital Design, atau CDD, adalah program yang memanfaatkan alat dan keahlian teknologi dalam membuat rancangan untuk berbagai media yang ditemukan di mana-mana hari ini, termasuk namun tidak terbatas pada media dalam jaringan, media cetak (surat kabar, buku, majalah), dan aplikasi seluler. Presentasi visual yang baik secara teknis dan komunikatif sangat penting bagi setiap industri saat ini, dan program CDD menghasilkan lulusan yang dapat memberikan rancangan dari awal sampai akhir untuk industri apa pun.

Mahasiswa mempelajari prinsip desain dan komposisi yang terkait dengan semua bentuk media digital, termasuk:
● Rancangan dan pengembangan web
● Perkembangan media digital, produksi, dan pengeditan
● Ilustrasi dan animasi komputer
● Produksi dan pengeditan audio
● Visualisasi 3 Dimensi dan teknologi motion capture

Video profil program studi Desain Digital Kreatif

Jalur Karir:

Lulusan program DKV/CDD memiliki tingkat kelayakan kerja yang tinggi. Mereka biasanya akan menemukan pekerjaan yang bekerja di lingkungan teknologi informasi seperti:

  • Seniman digital
  • Desainer grafis
  • Animator
  • Teknisi Audio / Video
  • Pengembang Web
  • Film dan Editor Video.
  • Artis / Animator Multimedia.

Dengan pengalaman dan kredensial yang lebih tinggi, lulusan berkesempatan menjadi:

  • Direktur Seni
  • Direktur Kreatif
  • Desainer (Arsitektur dan Rekayasa)
  • Desainer Industri / Produk
  • Manajer Pemasaran

Desain Komunikasi Visual (CDD)

  • + Sarjana Desain (S1)

Mode of study

  • Purnawaktu (Full Time)

Duration

  • 4 Tahun

Tahun 1

Tahun 2

Tahun 3

Tahun 4

Kuliah Pendidikan Umum

Kuliah Inti VCD/CDD

Magang

Kolaborasi Proyek

Proyek Akhir

Kuliah Fondasi VCD/CDD

Kuliah Pilihan

Klik disini untuk mengunduh rencana studi program Desain Komunikasi Visual / CDD.

Contact Info

L’Avenue Office Tower

Jl. Raya Pasar Minggu, Kav 16
Pancoran, Jakarta Selatan 12780

(021) 5022 2234
0821 62 800 800

Program Studi Lain di Fakultas Teknik & Teknologi

Ilmu Komputer & Sistem Informasi

Bicaralah dengan komputer dalam bahasanya sehingga Anda bisa membuatnya melakukan apa pun yang Anda inginkan.

Ilmu komputer mencakup teori komputasi hingga ke pemrograman. Program Ilmu Komputer menawarkan landasan komprehensif yang memungkinkan lulusannya untuk beradaptasi dengan teknologi dan gagasan terbaru dalam bidang komputasi. Ilmu komputer mencakup rentang yang luas, mulai dari landasan teoritis dan algoritmik hingga perkembangan di bidang terbaru seperti robotika, visi komputer, sistem cerdas, bioinformatika, dan lain-lain.

Lulusan Program Ilmu Komputer (misalnya Ilmuwan Komputer) merancang dan mengembangkan semua jenis perangkat lunak dari infrastruktur sistem (sistem operasi, program komunikasi, dll.) ke dalam teknologi aplikasi (browser web, database, mesin pencari, dll.). Karya ilmuwan komputer dapat dikelompokkan ke dalam kategori berikut ini:

  • Mereka merancang dan mengimplementasikan perangkat lunak. Ilmuwan komputer mengerjakan berbagai pekerjaan pemrograman. Mereka juga mengawasi programmer lain, membuat mereka sadar akan pendekatan baru.

  • Mereka merancang cara baru untuk menggunakan komputer. Kemajuan di bidang ilmu komputer jaringan, database, dan tampilan/interaksi manusia-komputer memungkinkan pengembangan World Wide Web. Peneliti ilmu komputer bekerja sama dengan ilmuwan dari bidang lain, misalnya untuk membuat robot menjadi pembantu praktis dan cerdas, menggunakan database untuk menciptakan pengetahuan baru, dan menggunakan komputer untuk membantu menguraikan rahasia DNA.

  • Mereka mengembangkan cara efektif untuk memecahkan masalah komputasi. Sebagai contoh, ilmuwan komputer mengembangkan cara terbaik untuk menyimpan informasi di database, mengirim data melalui jaringan, dan menampilkan gambar yang kompleks. Latar belakang teoritis mereka memungkinkan mereka untuk menentukan kinerja terbaik, dan studi mereka tentang algoritma membantu mereka mengembangkan pendekatan baru yang memberikan kinerja lebih baik.

  • Lulusan Ilmu Komputer akan sangat dicari oleh pengusaha dan mendapatkan gaji awal yang baik. Lulusan kami dapat diharapkan untuk mendapatkan pekerjaan sebagai insinyur teknologi informasi, analis, administrator dan pemrogram.

 

Jalur Karir:

Jalur karir yang potensial untuk lulusan adalah sebagai berikut:

  • Pengembang Perangkat Lunak / Aplikasi
  • Pengembang Game
  • Analis Sistem Komputer
  • Insinyur Sistem Komputer
  • Administrator Sistem Komputer
  • Insinyur Jaringan Komputer
  • Administrator Jaringan Komputer
  • Administrator Database
  • Analis Intelijen Bisnis
  • Pengembang Sistem Web
  • Administrator web

Ilmu Komputer & Sistem Informasi

  • + Sarjana Ilmu Komputer (S1)

Model Kuliah

  • Purnawaktu (Full Time)

Durasi Program

  • 4 Tahun

Tahun 1

Tahun 2

Tahun 3

Tahun 4

 

Kuliah Pendidikan Umum

 

Kuliah Inti CS/IS

Kuliah Pilihan

Magang

Seminar

Kuliah Fondasi CS/IS 

Proyek Akhir

Klik disini untuk mengunduh rencana studi program Ilmu Komputer & Sistem Informasi.

No.

Name

Unit

 
 

1

Lab STEAM

1

 

 

 

2

Lab Fisika

1

 

 

 

3

Lab Basah (Biologi & Kimia)

1

 

4

Lab Komputer

5

 

 

 

Contact Info

L’Avenue Office Tower

Jl. Raya Pasar Minggu, Kav 16
Pancoran, Jakarta Selatan 12780

(021) 5022 2234
0821 62 800 800

Program Studi Lain di Fakultas Teknik & Teknologi