5 Prospek Kerja Menjanjikan buat Lulusan Mechanical Engineering

mechanical engineering

Kuliah menjadi salah satu cara untuk meraih masa depan yang cerah. Bekal pengetahuan di tempat kuliah bisa menjadi modal untuk memperoleh pekerjaan yang menjanjikan. Terlebih lagi, jurusan kuliah yang dipilih merupakan program studi favorit seperti mechanical engineering. Jurusan kuliah yang satu ini menawarkan prospek kerja yang sangat cerah.

Mahasiswa jurusan mechanical engineering atau teknik mesin memiliki banyak pilihan karir dengan bayaran tinggi yang bisa mereka jalani, apalagi kalau mereka berkuliah di universitas ternama seperti Sampoerna University. Penasaran dengan apa saja pilihan karir lulusan mechanical engineering tersebut? Berikut ini adalah lima di antaranya:

1. Industri Pertambangan

Alat Berat Logam Bulat Coklat dan Abu-abu di atas Pasir – Foto oleh pixabay

Bekerja di industri tambang menjadi salah satu pilihan karier impian. Gaji karyawan di sektor industri yang satu ini memang sangat wah. Nah, lulusan mechanical engineering memiliki peran yang sentral dalam industri tambang. Terlebih lagi, ada banyak mesin yang terlibat dalam proses pengolahan hasil tambang.

Lulusan mechanical engineering mempunyai tanggung jawab dalam melakukan pengawasan serta pemeliharaan berbagai jenis mesin yang digunakan untuk aktivitas pertambangan. Kehadiran mereka memiliki peran sentral dalam memastikan kegiatan produksi tidak mengalami gangguan.

2. Teknisi dan Operator Pabrik

Mekanik muda dengan penuh perhatian bekerja di bengkel – Foto oleh Andrea Piacquadio

Ada pula prospek kerja sebagai teknisi dan operator pabrik bagi lulusan mechanical engineering. Tenaga kerja yang satu ini memiliki tanggung jawab mengontrol aktivitas operasi di dalam pabrik. Selain itu, mereka punya tanggung jawab dalam melakukan perawatan dan perbaikan mesin produksi. Karena perannya yang sangat sentral tersebut, tidak heran kalau teknisi pabrik memperoleh tawaran gaji yang tinggi.

3. Mekanik Pesawat

Dashboard pesawat yang diparkir di lapangan terbang – Foto oleh Daniel Torobekov

Lulusan mechanical engineering punya kemampuan dalam menangani berbagai jenis mesin, termasuk di antaranya adalah mesin pesawat. Kehadiran tenaga mekanik pesawat atau aircraft maintenance engineer mempunyai tugas dan tanggung jawab dalam memastikan kelayakan mesin. Dengan begitu, pesawat yang digunakan benar-benar memenuhi standar keamanan dan kelayakan terbang.

4. Industri Otomotif

Mesin Mobil Biru Perak Hitam – Foto oleh pixabay

Prospek kerja di industri otomotif menjadi pilihan karir yang sangat tepat bagi para lulusan teknik mesin. Para lulusan tersebut pun punya opsi tidak hanya bekerja pada industri yang berkutat dengan mesin mobil atau sepeda motor. Namun, ada pula peluang yang terbuka lebar untuk berkecimpung dengan mesin kereta.

Tanggung jawab yang bisa ditangani oleh lulusan mechanical engineering dalam dalam industri otomotif sangat beragam. Mereka punya kemampuan dalam menangani kerusakan yang terjadi pada mesin. Tidak hanya itu, lulusan teknik mesin punya pengetahuan dalam melakukan troubleshooting dan bahkan merancang sistem yang lebih efisien.

5. Quality Control System

Mekanik mobil yang serius memompa roda mobil di garasi servis modern – Foto oleh Andrea Piacquadio

Prospek kerja yang tak kalah menjanjikannya adalah sebagai tenaga quality control system. Di sini, lulusan mechanical engineering punya peran dalam menyusun, memantau, serta merumuskan kebijakan terkait sistem kontrol kualitas yang berkaitan dengan aktivitas produksi. Selain itu, mereka juga memiliki tanggung jawab untuk melakukan evaluasi terhadap kualitas hasil produksi agar sesuai dengan standar yang telah ditetapkan.

Nah, itulah lima pilihan karier menjanjikan bagi para lulusan mechanical engineering. Anda punya kesempatan untuk meraih impian tersebut kalau berkuliah di perguruan tinggi yang berkualitas seperti Sampoerna University. Dijamin, bakal banyak fasilitas pendukung yang bisa membantu Anda mempelajari banyak pengetahuan penting terkait dunia mesin, lho!

X