Skip to main content

10 Hard Skill Terpenting bagi Mahasiswa untuk Memulai Karier

By November 22, 2022Januari 15th, 2023Artikel
hard skill yang harus dimiliki

Hard skill merupakan salah satu kemampuan yang wajib dimiliki oleh seorang mahasiswa, selain kemampuan soft skill. Karena sebaiknya para mahasiswa tak hanya melakukan aktivitas belajar dalam perkuliahan lalu pulang ke rumah. Setidaknya ada 10 hard skill yang harus dimiliki oleh seorang mahasiswa.

Mulai dari aktif beroperasi dalam organisasi hingga mencari tambahan wawasan dengan mengikuti kursus. Banyak kegiatan yang sangat bermanfaat dilakukan oleh mahasiswa yang ingin menambah dan mengasah hard skill. Hard skill yang terpenting yang dibutuhkan seorang mahasiswa sebelum memulai karier berupa kemampuan yang bisa diasah maupun didapat dalam menempuh pendidikan.

Hard Skill Terpenting Bagi Mahasiswa untuk Memulai Karirnya Berdasarkan Penjelasan dari Ditjen Dikti Kemendikbud Ristek berikut ini:

Kemampuan Analisis

hard skill yang harus dimiliki

Kemampuan dalam melakukan analisis data, hard skill berikut ini terkait dengan pencatatan, pemilahan data hingga proses analisis menggunakan perangkat teknologi. Seperti komputer hingga membuat dalam laporan perusahaan, Sejumlah pekerjaan yang membutuhkan profesi seorang analis data sangat banyak, pertama contoh hard skill mahasiswa.

Di antaranya seperti database management, data engineering, data mining, data visualization research hingga web analytics. Tentunya kemampuan analisis ini harus diasah selama duduk di bangku perkuliahan, agar berkembang dengan sempurna dan sangat baik serta selalu mengikuti perubahan perkembangan zaman.

Kemampuan IT Level Tinggi

Terampil dalam ilmu komputer termasuk macam-macam hard skill, terkait sistem informasi yang sangat mudah diakses atau didapat seiring perkembangan teknologi di jaman sekarang. Komputer memiliki sistem yang mudah dimanfaatkan dalam membantu pekerjaan, seperti PC, Laptop, Notebook hingga Netbook menjadi beberapa peralatan penunjang kemampuan IT level tinggi.

Kemampuan mengoperasikan komputer ke level lebih tinggi, seperti pemrograman komputer, melakukan desain website hingga memakai komputer untuk melakukan promosi barang atau produk dan jasa secara daring atau online. Hal ini tentu berkaitan dengan hardware dan software, sehingga kemampuan IT level tinggi dibutuhkan.

Pengetahuan Komputer Dasar

Hard skill yang wajib dikuasai dalam dunia kerja adalah mengoperasikan komputer atau ilmu teknologi atau sistem informasi lainnya. Kemampuan dalam bidang ini sudah lama menjadi persyaratan kerja, hingga saat ini kemampuan dasar ini semakin meningkat. Tak hanya software microsoft office tetapi juga banyak keahlian lainnya.

Bahkan saking pentingnya, banyak perusahaan yang memasukkan keahlian ini sebagai salah satu syarat dalam merekrut pegawai atau hard skill cv. Seperti mampu mengoperasikan komputer, mampu mengoperasikan media sosial hingga banyak lainnya yang berhubungan dengan keahlian ini.  Pengetahuan komputer dasar memang sudah seharusnya dikuasai sejak dini.

Kemampuan Pelayanan Konsumen

Kemampuan pelayanan konsumen membutuhkan banyak keterampilan, mulai dari keahlian administratif, berbahasa hingga marketing. Karena kemampuan ini membuat seseorang dihadapkan dengan konsumen secara langsung. Cara berbicara, pembawaan hingga kualitas dalam menjelaskan merupakan poin penting dalam menyampaikan informasi kepada konsumen.

Dengan begitu hubungan akan menjadi lebih baik, apalagi jika hal ini diterapkan dalam dunia perdagangan atau bisnis. Produsen dan konsumen harus selalu menjaga komunikasi, meski tak selalu harus bertemu. Sehingga kemampuan hard skill contoh dalam melayani konsumen pantaslah diasah sedini mungkin.

Kemampuan Presentasi

Kemampuan presentasi ini masuk dalam kemampuan di bidang marketing dan promosi, biasanya dalam perusahaan besar terdapat divisi pemasaran yang didalamnya membutuhkan orang-orang dengan kualitas presentasi yang mumpuni. Keahlian ini tentu harus dimiliki dan cara untuk mengasah bisa dimulai di bangku perkuliahan.

Dalam melakukan presentasi, seseorang juga harus dan diwajibkan memiliki kemampuan dalam membuat slide. Tak semua orang bisa melakukan ini dengan baik atau bahkan memiliki kemampuan ini, sementara banyak perusahaan yang membutuhkan orang dengan kemampuan membuat presentasi dengan sangat baik dan menarik.

Manajemen Tim

hard skill yang harus dimiliki

Memiliki manajemen tim yang baik merupakan kunci seseorang bisa mengurus pekerjaannya, tak harus tim besar. Manajemen tim bisa dimulai dari sendiri, menetapkan waktu-waktu tertentu untuk mengerjakan tugas. Sehingga tidak akan ada beban saat diterapkannya sistem deadline terhadap tugas yang dibuat.

Manajemen Proyek

Manajemen proyek ini memerlukan kemampuan dalam memimpin suatu kelompok, khususnya kelompok yang sedang mendapatkan atau menjalankan sebuah proyek. Pemimpin manajemen proyek sudah seharusnya memiliki banyak pengalaman berharga yang diterapkan demi proses pengerjaan proyek dapat dilakukan dengan lancar.

Ketelitian dan disiplin diri dalam melakukan sesuatu akan berdampak pada aktivitas kerja, karena kebiasaan mengatur waktu dalam sebuah aktivitas. Hal ini sangat penting diterapkan dalam situasi yang lebih besar, khususnya jika sudah berada dalam dunia kerja karena sangat berdampak pada hasil yang ingin dicapai.

Pemasaran

Keahlian di bidang marketing dan promosi hingga berdampak pada penjualan suatu produk yang dipasarkan. Kemampuan ini seharusnya bisa diasah sedari masih duduk di bangku perkuliahaan, beberapa jenis kemampuan yang harus dimiliki dalam pemasaran seperti offline marketing, digital marketing, content creator hingga manajemen pemasaran.

Sukses atau tidaknya sebuah produk dijual tergantung pada strategi pemasaran, komunikasi yang baik tak cukup. Di era perkembangan teknologi semakin maju, harus ada inovasi dan transparansi dalam menawarkan produk. Begitulah kemampuan seorang yang ahli dalam pemasaran, tentunya ini sangat berharga.

Menulis

Kemampuan menulis adalah jenis keahlian yang termasuk ke dalam hard skill, meskipun kemampuan ini sering dipandang sebelah mata. Padahal keahlian ini memiliki banyak manfaat di dunia kerja, seringkali digunakan dalam pekerjaan yang melibatkan berbagai penulisan artikel, berita hingga mengarang sebuah karya.

Kemampuan menulis juga dapat membantu dalam melamar pekerjaan, khususnya yang dibutuhkan dalam mengirim cover letter. Karena memang mengharuskan seseorang yang melamar untuk menyusun kata dan kalimat menjadi satu rangkaian. Kemampuan ini meski dipandang sepele, nyatanya memiliki dampak yang luar biasa.

Desain Grafis

Desain grafis termasuk dalam hard skill dalam kemampuan yang semakin dibutuhkan seiring perkembangan zaman akan teknologinya. Desain dalam konteks ini tak hanya terbatas pada kaitannya dengan website atau laman portal online. Namun termasuk dalam bidang fesyen, furniture dan lain sebagainya.

Segala sesuatu yang membutuhkan unsur desain atau sekadar sedikit sentuhan, tentu akan membuatnya menjadi lebih menarik dan berbeda dengan yang lainnya. Sebuah perusahaan dengan konsep unik melalui desain akan menjadi ciri khas yang selalu tertanam dan dikenal oleh pelanggannya atau masyarakat sekitar.

Melalui program yang disediakan, Sampoerna University akan membantu para mahasiswa dalam mengolah hard skill dan soft skill sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Sampoerna University dijamin memiliki kredensial dan keterampilan yang lebih baik dalam membuka pintu kaier di tingkat nasional maupun internasional bagi para lulusan.

Dalam membantu mahasiswa mengasah hard skill dan soft skill, Sampoerna University lebih dari sekadar kampus internasional. Tetapi juga merupakan sebuah komunitas belajar yang mempersiapkan mahasiswa untuk sukses baik dalam akademis maupun profesional. Mahasiswa tidak akan hanya mendapat pembelajaran dan ketelitian akademis.

Mahasiswa Sampoerna University juga akan mendapat tantangan dalam berpikir, melaksanakan dan tumbuh ke tingkat yang lebih tinggi. Melalui program pendidikan Sampoerna University, mahasiswa dijamin memiliki keterampilan dan kredensial yang lebih baik. Informasi lengkap mengenai pendaftaran bisa diakses lewat tautan yang tersedia di akhir artikel ini termasuk form pendaftaran.

Untuk informasi lebih lanjut terkait pendaftaran, kurikulum, kunjungan, dan informasi seputar Sampoerna University silakan mengisi data di bawah ini.

Article Form

Referensi

Kompas

X