31 Des 2022

10 Prospek Kerja Lulusan DKV, Gaji Tinggi dan Banyak Dicari

Artikel,

Sampoerna University memberi wadah bagi para milenial yang memiliki minat kuliah di jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV). Lewat Fakultas Teknik dan Teknologi, Sampoerna University membentuk lulusan yang siap bersaing dalam prospek kerja DKV baik di level nasional maupun global demi memenuhi kebutuhan pasar.

Lewat jurusan DKV, Sampoerna University juga memberi pengenalan pada bisnis kewirausahaan, program yang menekankan pembelajaran berbasis proyek yang memakai teknologi serta kolaborasi antara mahasiswa dari program lain, salah satunya teknik dan ilmu komputer. Lewat program yang efisien, Sampoerna University mampu membentuk mahasiswa yang efektif terjun ke dunia kerja.

Apa itu jurusan DKV? Program studi Desain Komunikasi Visual sebagai media baru di Sampoerna University adalah program multidisiplin dari Fakultas Teknik dan Teknologi. Pengembangan kualitas mahasiswa jurusan DKV memanfaatkan pedagogi desain tambahan dengan pengajaran serta pembelajaran yang telah ditingkatkan secara teknologi.

 young woman working in an animation studio

Prospek Kerja Lulusan DKV

Apa itu jurusan DKV? Program studi Desain Komunikasi Visual sebagai media baru di Sampoerna University adalah program multidisiplin dari Fakultas Teknik dan Teknologi. Pengembangan kualitas mahasiswa jurusan DKV memanfaatkan pedagogi desain tambahan dengan pengajaran serta pembelajaran yang telah ditingkatkan secara teknologi. Lantas prospek DKV kerja apa saja yang dihasilkan dari jurusan DKV ini? berikut ini di antaranya.

Web Designer

Prospek kerja pertama jurusan dkv adalah Web Designer, karena sangat populer banyak dicari oleh banyak perusahaan. Dalam sebuah perusahaan, lulusan DKV dapat memegang jabatan seorang Web Designer bisa secara freelancer atau juga pegawai kantoran tetap dengan kisaran gaji hingga mencapai Rp5 juta per bulannya tergantung dengan pengalaman.

Visual Designer

Prospek kerja lulusan DKV selanjutnya adalah menjadi seorang visual designer, seseorang dengan keahlian visual designer dapat memanfaatkan banyak peluang kerja. Tugas seorang visual designer tidak jauh berbeda dengan web designer dan yang membedakan hanya lingkup visual designer yang lebih luas dari hanya mendesain sebuah website.

Graphic Designer

Graphic Designer merupakan prospek kerja selanjutnya bagi para lulusan DKV, tugas seorang graphic designer adalah membuat desain grafis memakai aplikasi desain yang disediakan. Untuk pendapatan jenis pekerjaan ini sekitar Rp5 juta per bulannya, nominal ini bisa semakin meningkat seiring pengalaman dan hasil kerja para lulusan.

Ilustrator

Ilustrator menjadi prospek pekerjaan selanjutnya bagi para lulusan DKV, tentu harus dengan kualitas seorang ilustrator yang tinggi. Peranan yang dipegang sangat penting bagi klien, bantuan seorang ilustrator akan mempermudah melihat adanya ilustrasi dari sebuah rancangan yang ingin dibuat. Ilustrator di suatu perusahaan biasanya digaji Rp4,5 juta per bulannya.

Art Director

Lulusan dari jurusan Desain Komunikasi Visual juga bisa bekerja sebagai Art Director, seseorang yang mengarahkan di bidang kreatif. Art Director memberi banyak peluang bagi para lulusan berkarier di banyak bidang, termasuk industri perfilman, periklanan hingga seni teater. Gaji yang bisa diraup seorang art director dalam satu bulannya adalah Rp5 juta.

creative team working at desk

Creative Director

Creative Director menjadi salah satu jenis pekerjaan yang banyak diminati kaum milenial, tugasnya sama seperti pengarah dengan memberi arahan kepada karyawan untuk memenuhi target dan kriteria sesuai permintaan konsumen di bidang kreatif. Gaji yang bisa didapatkan lewat jenis pekerjaan ini cukup lumayan, mencapai nominal Rp 7 juta.

Fotografer

Profesi fotografer juga menjadi salah satu bidang pekerjaan dari jurusan DKV, biasanya orang yang menekuni profesi ini berawal dari hobi. Fotografer tak hanya harus jago dalam urusan foto, tetapi juga melakukan editing dan memperindah hasil jepretan dengan ilmu yang didapat selama duduk di bangku perkuliahan, gaji dari profesi fotografer berkisar hingga Rp4 juta.

Freelance Designer

Menjadi seorang pembuat desain tak selamanya harus berstatus sebagai karyawan di perusahaan, freelance designer sangat cocok bagi lulusan yang tidak menyukai keterikatan oleh waktu. Selain itu juga bisa menyesuaikan sesuai jadwal kerja, penghasilan yang diperoleh juga bisa lebih tinggi dan bervariasi tergantung seberapa banyak pekerjaan lepas yang diambil.

Mobile Designer

Prospek kerja lulusan DKV selanjutnya adalah menjadi seorang mobile designer, tugasnya sebagai seorang desainer yang berpindah-pindah tempat. Selain itu sama seperti web designer, membuat desain tampilan web agar sesuai dengan tampilan layar yang bisa diakses smartphone. Bidang pekerjaan ini mampu menghasilkan sebanyak Rp5 juta per bulannya.

 young woman working in an animation studio

Animator

Prospek pekerjaan lulusan DKV yang paling besar dan paling menghasilkan adalah menjadi seorang animator. Profesi ini menjadi salah satu pilihan yang tepat, mengingat di era perkembangan teknologi video animasi sangat dikagumkan. Tak heran profesi sebagai animator semakin membuka kesempatan bagi para animator muda untuk berkarya.

Animasi menjadi salah satu video yang menarik perhatian, tak hanya bagi anak-anak tetapi juga orang dewasa. Selain itu menjadi seorang animator juga memiliki nilai yang sangat tinggi, kisaran gaji seorang animator bahkan bisa dinilai per detik. Semakin lama video animasi yang dibuat maka akan semakin besar pula gaji yang didapat.

Prospek pekerjaan untuk sarjana DKV tidak pernah sepi, karena setiap industri membutuhkan seseorang yang mampu menyampaikan pesan secara visual. Sampoerna University memberi jembatan bagi para lulusan yang ingin meraih cita-cita di salah satu prospek pekerjaan lulusan DKV di atas tanpa banyak masalah lewat universitas jurusan DKV.

Lewat program Desain Komunikasi Visual Fakultas Sains dan Teknologi, Sampoerna University menghasilkan lulusan yang mampu menciptakan antarmuka visual dengan interaktif digital bagi berbagai macam aplikasi dan industri. Mahasiswa akan memperoleh pengetahuan inti dalam desain, pemrograman, pembuatan prototipe untuk industri dan cerita digital sebagai portofolio DKV.

Tertarik dengan program jurusan DKV di Fakultas Teknik dan Teknologi Sampoerna University? segera mendaftar Sampoerna University melalui program penerimaan mahasiswa baru tahun akademik 2023-2024. Alur pendaftaran dimulai dari pengisian formulir pendaftaran dan menunggu verifikasi terhadap formulir pendaftaran tersebut, untuk kemudian melakukan pembayaran biaya pendaftaran.

Biaya pendaftaran digunakan untuk memasukkan calon mahasiswa ke Broward College, selain itu untuk melakukan tes penempatan pilihan. Calon mahasiswa akan lebih dulu mendapat latihan mengerjakan tes ujian sebagai persiapan ujian penempatan. Seluruh rangkaian pendaftaran Sampoerna University bisa diakses dengan klik tautan berikut ini.

Pertanyaan atau info lainnya silakan mengisi form dibawah ini, kami dengan senang hati akan segera menghubungi Anda.

[formidable id=8]

Recent More

Feb, 21 2024

Sampoerna University dengan bangga merayakan pencapaian luar biasa mahasiswa kami pada bulan Januari 2024,...

Feb, 05 2024

Sampoerna University, sebagai institusi pendidikan tinggi berstandar dunia, meraih prestasi membanggakan dengan menduduki peringkat...

Perbedaan dan Keunggulan Tokopedia Vs Shopee

Jan, 30 2024

Di Indonesia, ada dua marketplace terbesar, yaitu Tokopedia dan Shopee. Kedua marketplace ini memiliki...

Admission
Admission
Schedule a Visit
Schedule a Visit
Contact Whatsapp
Contact Whatsapp