08 Mei 2024

3 Profesi Bergengsi Di Dunia Penerbangan Selain Pilot

Artikel,

Industri penerbangan terus berkembang pesat, membuka berbagai peluang menarik bagi kamu yang ingin berkarier di bidang ini. Dari menerbangkan pesawat di ketinggian hingga memastikan kelancaran operasi bandara, dunia penerbangan menawarkan beragam profesi yang menantang dan menjanjikan.

 

Yuk, kita bahas beberapa profesi paling bergengsi di dunia penerbangan, mengupas tanggung jawab, persyaratan, dan prospek karirnya. Bagi kamu yang tertarik menjelajahi langit dan menjadi bagian dari industri yang dinamis ini, artikel ini akan menjadi panduan awal yang bermanfaat.

Airline Accountant 

Akuntan maskapai penerbangan merupakan profesi penting yang bertanggung jawab atas kesehatan keuangan perusahaan penerbangan. Ruang lingkup pekerjaan mereka meliputi berbagai aspek, mulai dari pencatatan keuangan harian, pembuatan laporan keuangan, pengelolaan kas, hingga analisis keuangan dan kepatuhan terhadap peraturan.

 

Akuntan maskapai penerbangan bekerja sama dengan divisi lain dalam perusahaan, seperti penjualan, operasi, dan perawatan, untuk memastikan semua transaksi keuangan dicatat dan dipertanggungjawabkan dengan benar. Mereka juga terlibat dalam proses audit internal dan eksternal, serta dalam penyusunan anggaran dan analisis kelayakan investasi.

 

Seorang akuntan maskapai penerbangan membutuhkan kualifikasi seperti gelar sarjana Akuntansi, pemahaman yang baik tentang peraturan keuangan di industri penerbangan, kemampuan analisis keuangan yang kuat, skill komunikasi dan interpersonal yang baik, serta penguasaan software akuntansi dan program spreadsheet.

 

Secara keseluruhan, akuntan maskapai penerbangan memainkan peran krusial dalam memastikan kelancaran operasional dan profitabilitas perusahaan penerbangan. Mereka berkontribusi dalam membuat keputusan bisnis yang strategis dan memastikan pengelolaan keuangan yang sehat untuk keberlangsungan perusahaan.

 

Gaji rata-rata seorang airline accountant di Indonesia bervariasi dengan kisaran Rp5,000,000 hingga Rp10,000,000 per bulan. Untuk bekerja sebagai airline accountant, kamu bisa mengambil jurusan akuntansi untuk mempelajari dasar teknik akuntansi. 

Aerospace Engineer (Teknik Kerdigantaraan) 

Aerospace Engineer adalah seorang profesional yang merancang, mengembangkan, menguji, dan membantu memproduksi pesawat terbang, satelit, roket, dan sistem luar angkasa lainnya. Mereka juga terlibat dalam penciptaan dan pengujian komponen dan peralatan yang akan digunakan dalam penerbangan luar angkasa serta aplikasi penerbangan. Profesi ini menggabungkan ilmu seperti aerodinamika, mekanika bahan, dan teknik propulsi untuk memecahkan masalah dan inovasi dalam teknologi penerbangan dan ruang angkasa.

 

Berdasarkan data dari berbagai sumber, kisaran gaji Aerospace Engineer di Indonesia mencapai Rp27,000,000. Jika kamu tertarik dengan profesi Aerospace Engineer, penting untuk memahami jenjang karir dan persyaratan yang dibutuhkan. 

 

Kabar baiknya, di Sampoerna University, kamu bisa mengambil gelar yang mempersiapkan kamu untuk bekerja sebagai insinyur dirgantara atau aerospace engineer. Jurusan ini dikenal sebagai Teknik Mesin. Tidak hanya itu, Sampoerna University juga bekerjasama dengan University of Arizona (universitas terbaik di Amerika Serikat menurut Center for World University Ranking di tahun 2023). Dengan mengambil program gelar ganda (two degree), kamu bisa raih gelar dari kedua universitas ini hanya dalam waktu 4 tahun. 

Pramugari 

Pramugari dianggap sebagai salah satu profesi yang paling bergengsi di dunia penerbangan karena beberapa alasan penting. Pramugari sering dianggap sebagai wajah dari maskapai penerbangan. Mereka adalah perwakilan pertama yang berinteraksi langsung dengan penumpang, mempengaruhi persepsi publik terhadap kualitas dan reputasi maskapai. 

 

Salah satu aspek paling kritis dari pekerjaan pramugari adalah tanggung jawab mereka untuk keselamatan penumpang. Mereka dilatih secara ekstensif dalam prosedur keselamatan dan evakuasi darurat, penanganan peralatan keselamatan, dan pertolongan pertama. Peran ini membutuhkan ketenangan, kecepatan reaksi, dan kekuatan fisik dalam situasi darurat, yang menambah tingkat keterampilan dan profesionalisme yang tinggi pada profesi ini.

 

Selain itu, pramugari juga harus memiliki keahlian komunikasi yang sangat baik, kemampuan untuk bekerja dengan orang-orang dari berbagai latar belakang budaya, dan keterampilan layanan pelanggan yang luar biasa. Dengan tanggung jawab ini, seorang pramugari bisa mendapatkan gaji dengan jumlah hingga Rp15,000,000 per bulan. 

 

Untuk memiliki kemampuan linguistik dan komunikasi yang mumpuni, tentunya dibutuhkan pendidikan komunikasi formal. Jurusan seperti English Language Education Program yang ditawarkan oleh Sampoerna University bisa mempersiapkan kamu untuk memulai karir sebagai pramugari. 

 

Bagaimana? Apakah kamu sudah siap untuk mulai meniti karir di dunia penerbangan? Yuk, hubungi kami untuk tahu lebih lanjut!

Recent More

Mengenal sosok animator lokal dan karyanya yang mendunia

Mei, 29 2024

Dunia animasi Indonesia tak lepas dari dedikasi dan talenta para animatornya. Di balik gemerlapnya...

Minat Pekerjaan Di Bidang Fotografer & Gajinya

Mei, 28 2024

Fotografi semakin menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan.  Momen-momen istimewa, keindahan alam, dan kisah-kisah...

4 Alasan Memilih Karir Di Bidang Videografi

Mei, 28 2024

Di era digital yang kian berkembang pesat, kebutuhan akan konten visual yang menarik dan...

Admission
Admission
Schedule a Visit
Schedule a Visit
Contact Whatsapp
Contact Whatsapp