22 Sep 2023

5 Faktor Penyebab Perundungan yang Dialami Kalangan Remaja

Artikel,

Perundungan adalah sebuah kasus umum yang dapat terjadi kepada siapa saja, terutama di kalangan remaja. Setiap remaja yang mendapatkan kasus perundungan dapat berisiko pada masalahan kesehatan mereka, baik secara mental dan juga fisik. 

 

Masalah mental yang mungkin dialami meliputi kecemasan, depresi, dan gangguan tidur. Masalah fisik yang mungkin dialami meliputi sakit perut dan sakit kepala. Masalah emosional yang mungkin dialami meliputi rasa tidak aman dan rendah diri. Hal ini dapat menyebabkan penurunan semangat belajar dan prestasi akademis.

 

Pengertian Perundungan

 

Perundungan atau bullying dalam bahasa Inggris berasal dari kata bull yang berarti banteng. Banteng adalah hewan yang suka menanduk, sehingga bullying dapat diartikan sebagai perilaku agresif yang dilakukan oleh seseorang untuk menyakiti orang lain.

 

Secara etimologi, kata bully dalam bahasa Indonesia berarti penggertak atau orang yang suka mengganggu orang lain. Sedangkan secara terminologi, Ken Rigby mendefinisikan bullying sebagai perilaku yang dilakukan oleh seseorang untuk menyakiti orang lain secara sengaja, berulang-ulang, dan tidak seimbang.

 

Faktor Penyebab Perundungan 

 

Apa sebenarnya alasan dari kasus perundungan atau bullying pada usia remaja? Berikut adalah 5 faktor penyebab perundungan dalam usia remaja:

 

1. Mencari Kekuasaan

 

Dalam usia-usia remaja, kita cenderung memiliki hasrat untuk memiliki kekuasaan dan mengendalikan orang lain. Hal ini dapat disebabkan oleh perasaan tidak berdaya yang mereka rasakan. Remaja ingin merasa lebih kuat dan dihormati, sehingga mereka mungkin terlibat dalam tindakan perundungan untuk mendapatkan kekuasaan. 

 

2. Faktor Keluarga

 

Salah satu penyebab perundungan sering terjadi di usia remaja adalah faktor keluarga yang bermasalah. Beberapa kasus perundungan terjadi dikarenakan orang tua pelaku sering menghukum dirinya secara berlebihan yang menyebabkan pelaku merasa stres dan depresi. 

 

Hal tersebut dapat berdampak kepada bagaimana pelaku dapat menirukan apa yang terjadi di dalam keluarganya sehingga mereka menirukan dan melakukan hal tersebut kepada teman-temannya. 

 

3. Kesepian

 

Kesepian dapat disebabkan oleh berbagai faktor, baik internal maupun eksternal. Faktor internal meliputi kepribadian, emosi, dan pola pikir. Faktor eksternal meliputi lingkungan, kondisi sosial, dan budaya.

 

Kesepian dapat memiliki dampak negatif bagi kesehatan fisik dan mental seseorang. Hal tersebut juga dapat menyebabkan kasus perundungan untuk menambahkan kegembiraan dalam hidup mereka. 

 

4. Keadaan Lingkungan Sosial

 

Kondisi lingkungan sosial juga dapat menjadi faktor penyebab terjadinya perundungan. Salah satu faktor lingkungan sosial yang dapat menyebabkan perundungan adalah kemiskinan.

 

Orang-orang yang hidup dalam kemiskinan seringkali melakukan apa saja untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, termasuk melakukan tindakan perundungan. Hal ini karena mereka tidak memiliki pilihan lain untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan.

 

5 Faktor Penyebab Perundungan yang Dialami Kalangan Remaja

 

5. Aksi Balas Dendam

 

Balas dendam adalah tindakan untuk membalas kejahatan atau perlakuan buruk yang dilakukan oleh orang lain. Tindakan balas dendam dapat berupa tindakan fisik, verbal, atau emosional. Maka dari itu, kasus perundungan juga bisa terjadi dikarenakan rasa sakit hati yang membuat seseorang menjadi dendam. 

 

Beberapa remaja yang menjadi korban perundungan juga memiliki hasrat untuk melakukan balas dendam dengan cara melakukan perundungan kepada orang lain. 

 

Baca juga: 5 Tips Menabung yang Efektif Untuk Masa Depan

 

Sampoerna University

 

Sampoerna University adalah sebuah universitas terakreditasi penuh di Indonesia yang menawarkan pilihan terbaik bagi mereka yang mencari pendidikan internasional unggul. Sampoerna University adalah universitas swasta, non-denominasi, nirlaba yang berlisensi dan terakreditasi oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. 

 

Kami berkomitmen untuk menyediakan lingkungan pembelajaran yang inklusif dan mendukung bagi mahasiswa, dengan dukungan fasilitas modern dan fakultas yang berkualitas. Kami juga memberikan beasiswa dan program bantuan keuangan untuk mendukung aksesibilitas pendidikan bagi mahasiswa berprestasi.

 

Dalam beberapa tahun sejak didirikan, Sampoerna University telah menjadi pilihan pendidikan tinggi yang menarik bagi calon mahasiswa di Indonesia. Dengan pendekatan pembelajaran yang inovatif, koneksi industri yang kuat, dan fokus pada pengembangan karir, kami memiliki tujuan untuk menghasilkan lulusan yang siap menghadapi tantangan dunia kerja.

 

Tertarik untuk bergabung bersama Sampoerna University? Sampoerna University mengundang mahasiswa berprestasi dan memiliki motivasi tinggi untuk bergabung bersama kami. Kamu dapat melihat prosedur pendaftaran Sampoerna University melalui link disini

 

Download Sampoerna University Academic Calendar 2023 – 2024

 

 

Recent More

Mengenal SAP Consultant Dan Cara Menjadi SAP Consultant

Jun, 20 2024

Apa Itu SAP Consultant?  Konsultan SAP adalah seorang profesional yang ahli dalam sistem perangkat...

Apa Itu Game Development? Scope Kerja Dan Jenjang Karirnya

Jun, 20 2024

Dunia game telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan modern. Bagi banyak orang, game...

Jun, 15 2024

Di era yang penuh dengan persaingan dan dinamika, bisnis model menjadi pedoman penting bagi...

Admission
Admission
Schedule a Visit
Schedule a Visit
Contact Whatsapp
Contact Whatsapp