08 Mei 2024

5 Film Animasi Indonesia Yang Mendunia

Artikel,

Industri animasi Indonesia telah mencatatkan perkembangan yang signifikan dan mulai mencuri perhatian di panggung global. Dengan bakat kreatif yang melimpah dan cerita yang kaya akan budaya lokal, animator Indonesia berhasil membawa karya-karya mereka tidak hanya ke layar domestik tapi juga ke audiens internasional. 

 

Dari kolaborasi dengan studio-studio terkemuka di luar negeri hingga penghargaan di festival-festival film internasional, animasi Indonesia telah menunjukkan potensinya yang luar biasa. Artikel ini akan menggali lebih dalam tentang bagaimana kreativitas dan kerja keras para animator Indonesia berbuah pengakuan di kancah global, serta melihat beberapa karya yang telah berhasil memukau penonton dari berbagai penjuru dunia.

 

Yuk, simak beberapa film animasi Indonesia yang sudah mendunia. 

Battle of Surabaya (2015)

Film ini merupakan salah satu animasi Indonesia yang paling dikenal secara internasional. Dirilis pada tahun 2015, “Battle of Surabaya” menceritakan kisah tentang pertempuran sengit yang terjadi di kota Surabaya selama masa Revolusi Kemerdekaan Indonesia. 

 

Film ini telah ditayangkan di berbagai festival film internasional dan memenangkan beberapa penghargaan, menunjukkan kualitas animasi dan penceritaan yang berkualitas tinggi dari Indonesia. Battle of Surabaya sudah menang Penghargaan Film Animasi Terbaik ASEAN di Animafest 2017 dan  terpilih sebagai nominasi Festival Film Annecy 2016.

Knight Kris (2017)

Film animasi ini adalah adaptasi dari karakter komik populer di Indonesia, Si Juki. Film ini memiliki daya tarik yang luas dan berhasil diputar di berbagai negara. Dengan cerita yang menghibur dan penuh humor, “Knight Kris” menarik perhatian banyak penonton, tidak hanya di Indonesia tetapi juga di luar negeri. 

Meraih Mimpi (2008)

Film animasi ini  menceritakan kisah perjuangan seorang anak yatim piatu yang ingin menjadi pemain sepak bola. Film ini  mendapat penghargaan di berbagai festival film internasional  dan  menjadi inspirasi bagi banyak orang.

 

Berikut penghargaan yang Diraih Film “Meraih Mimpi” (2008):

  • Festival Film Indonesia (2009) 
  • Asia Pacific Screen Awards (2009) 
  • Festival Film Internasional Rotterdam (2010) 
  • Contrechamp Award (2010) 

Nussa (2018) 

Film ini berhasil menarik perhatian tidak hanya di Indonesia tetapi juga di beberapa festival film internasional. “Nussa” menggabungkan elemen pendidikan dan hiburan dengan latar belakang budaya Indonesia yang kaya, membuatnya unik dan menarik bagi audiens global.

 

Ini adalah penghargaan yang pernah diraih film Nussa:

  • Festival Film Indonesia (2019) 
  • Jakarta International Film Festival (2019) 
  • Singapore International Film Festival (2019) 
  • Animation World Network (2019) 

The Jungle Book Indonesia (2022)

Film animasi ini  merupakan adaptasi cerita klasik Rudyard Kipling dengan sentuhan budaya Indonesia. Film ini  mendapat pujian atas animasinya yang indah dan ceritanya yang menarik.

 

Tentu saja film sekelas ini sudah memenangkan dan dinominasikan di berbagai penghargaan prestis dunia film, seperti:

  • Festival Film Indonesia (2023) 
  • Festival Film Animasi Indonesia (2023) 
  • Festival Film Internasional Tokyo (2023) 
  • Festival Film Internasional Busan (2023) 

 

Membanggakan bukan? Jika kamu tertarik untuk menjadi animator atau seseorang yang terlibat dalam produksi film animasi, kamu berada di halaman yang tepat. Langkah awal yang bisa kamu mulai adalah untuk belajar ilmu desain. Jurusan Desain Komunikasi & Visual (DKV) yang ditawarkan oleh Sampoerna University berfokus pada New Media, sehingga kamu bisa jadi animator handal. 

 

Selain itu, di Sampoerna University kamu belajar dengan standar pendidikan Amerika di Indonesia, sehingga kamu siap bersaing di kancah global.

Recent More

Mengenal sosok animator lokal dan karyanya yang mendunia

Mei, 29 2024

Dunia animasi Indonesia tak lepas dari dedikasi dan talenta para animatornya. Di balik gemerlapnya...

Minat Pekerjaan Di Bidang Fotografer & Gajinya

Mei, 28 2024

Fotografi semakin menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan.  Momen-momen istimewa, keindahan alam, dan kisah-kisah...

4 Alasan Memilih Karir Di Bidang Videografi

Mei, 28 2024

Di era digital yang kian berkembang pesat, kebutuhan akan konten visual yang menarik dan...

Admission
Admission
Schedule a Visit
Schedule a Visit
Contact Whatsapp
Contact Whatsapp