Skip to main content

5 Tantangan Saat Kuliah di Luar Negeri

By November 26, 2021Januari 6th, 2022News
kuliah di luar negeri

Kuliah di luar negeri merupakan salah satu momen paling mendebarkan dalam kehidupan seorang pelajar. Sebuah pengalaman yang menawarkan kesempatan untuk menjelajah, bertemu orang-orang baru, belajar bahasa baru, dan, tentu saja, menempuh pendidikan berkelas internasional. Walaupun demikian, bagi sebagian pelajar, kuliah di luar negeri bukanlah transisi yang mudah. Mereka pun harus menjumpai berbagai tantangan di tengah jalan.

Nah, dalam uraian kali ini, kami akan membahas bermacam-macam tantangan yang umumnya dihadapi pelajar saat kuliah di luar negeri. Yuk, simak dengan saksama!

Baca Juga :
Bermimpi Kuliah di Luar Negeri ? Ikuti 4 Tips ini

1. Susah mengatur waktu

kuliah di luar negeri

Ketika mulai menjalani rutinitas selama kuliah di luar negeri, rasanya waktu 24 jam tidaklah cukup. Kegiatan-kegiatan seperti pergi ke kampus, mengikuti pertemuan klub, dan mengunjungi tempat-tempat baru membuat waktu dan energi serasa lebih cepat habis. Salah satu cara untuk menyeimbangkannya adalah dengan membuat jadwal mingguan untuk memvisualisasikan semua komitmen Anda. Jika ada kegiatan yang hanya akan menambah stres, langsung singkirkan, ya!

 

2. Kehabisan uang

kuliah di luar negeri

Kasus ini terbilang klasik, apalagi bagi pelajar yang belum punya pekerjaan paruh waktu di negara yang sedang ditempati. Pengeluaran untuk hal-hal seperti transportasi, tiket hiburan, atau suvenir sulit untuk dihindari kala kuliah di luar negeri. Nah, demi menghemat, Anda bisa meninggalkan kartu kredit atau debit di rumah, lalu membatasi uang yang dibawa saat bepergian.

 

3. Perbedaan bahasa

Salah satu tantangan paling umum saat kuliah di luar negeri ialah perbedaan bahasa. Boleh jadi, Anda sudah mempelajari bahasa negara tujuan sebelum berangkat. Namun, masyarakat lokal yang biasa menggunakan slang dalam keseharian akan membuat pelajar asing kebingungan.

 

4. Gegar budaya (culture shock)

Tantangan yang satu ini sudah pasti akan Anda hadapi selama kuliah di luar negeri. Pasalnya, setiap negara memiliki budaya yang berbeda, apalagi dengan adanya “peraturan tak tertulis”. Sebagai contoh, budaya jabat tangan. Ada beberapa negara yang menjadikan jabat tangan sebagai praktik standar, tetapi ada pula negeri yang menilai jabat tangan sebagai tindakan ofensif.

 

5. Homesick

kuliah di luar negeri

Sangat mudah merasa  homesick ketika berada di lingkungan yang tidak familier. Saat kuliah di luar negeri, Anda bisa saja merindukan masakan ibu, saudara yang menyebalkan, atau bahkan sofa ruang tamu di rumah. Berhubung teknologi sudah semakin canggih, homesick bisa diatasi dengan menghubungi keluarga melalui media virtual.

Itulah beberapa tantangan umum saat kuliah di luar negeri yang perlu Anda ketahui. Sudah siap untuk menghadapi dan mengatasinya? Jangan lupa juga untuk mencari informasi tentang negara tujuan sedetail mungkin sebelum keberangkatan, ya!

Apabila belum siap kuliah di luar negeri karena berbagai tantangan di atas, tak perlu berkecil hati! Anda bisa mendapatkan pengalaman menempuh pendidikan berskala internasional tanpa harus beranjak dari Indonesia. Caranya? Daftar ke Sampoerna University, yuk!

Perguruan tinggi ini menawarkan program double degree sehingga Anda dapat memperoleh dua gelar sekaligus. Kedua gelar dari Sampoerna University dan University of Arizona tersebut bisa diraih hanya dengan berkuliah selama 4 tahun di Indonesia.

Penasaran dengan info lebih lanjut? Klik di sini.

 

Sumber:

6 Common Challenges International Students Face Studying Abroad
10 Common Study Abroad Problems and Solutions

 

X