06 Nov 2023

7 Perpustakaan Terbaik di Indonesia

Artikel,

Edukasi,

Perpustakaan adalah tempat untuk mencari informasi dan pengetahuan. Di Indonesia, terdapat banyak perpustakaan yang tersebar di berbagai wilayah. Perpustakaan-perpustakaan ini memiliki koleksi buku yang beragam, mulai dari buku-buku referensi, buku-buku fiksi, hingga buku-buku anak.

 

Perpustakaan di Indonesia telah mengalami perubahan yang signifikan dalam beberapa tahun terakhir. Perpustakaan yang tadinya terkesan biasa saja, kini telah didesain menarik dan nyaman. Hal ini membuat pengunjung merasa lebih nyaman dan betah berlama-lama di perpustakaan. 

 

7 Perpustakaan Terbaik di Indonesia

 

Berikut ini adalah 7 perpustakaan terbaik di Indonesia:

 

1. Perpustakaan Universitas Indonesia

 

Perpustakaan Pusat Universitas Indonesia, yang dikenal dengan nama “Crystal of Knowledge”, terletak di lingkungan kampus UI Depok. Perpustakaan ini dibangun pada bulan Juni 2009 dan diresmikan pada tanggal 13 Mei 2011. Perpustakaan ini memiliki luas lahan 2,5 hektar dan luas bangunan 33.000 meter persegi.

 

Perpustakaan ini memiliki koleksi buku yang sangat lengkap, yaitu sekitar 3-5 juta judul buku. Perpustakaan ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas, seperti ruang baca, 100 silent room, taman, restoran, bank, dan toko buku.

 

2. Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

 

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas) adalah perpustakaan nasional tertinggi di dunia. Perpusnas didirikan pada tahun 1980, tetapi pembangunan fisiknya baru dimulai pada tahun 1981. 

 

Hingga tahun 1987, Perpusnas masih berlokasi di tiga tempat, yaitu di Jalan Merdeka Barat 12, Jalan Merdeka Selatan 11, dan Jalan Imam Bonjol 1 (sekarang Museum Naskah Proklamasi). Pada tanggal 6 Maret 1989, Perpusnas diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia melalui Keputusan Presiden Nomor 11 Tahun 1989.

 

3. Perpustakaan Soeman HS

 

Perpustakaan Soeman HS adalah perpustakaan terbesar dan termegah di Indonesia. Perpustakaan ini terletak di Jalan Jenderal Soedirman Nomor 462, Pekanbaru, Riau. Perpustakaan ini diresmikan pada tanggal 28 Oktober 2008 oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla.

 

Perpustakaan Soeman HS memiliki desain arsitektur yang megah dan unik. Perpustakaan ini memiliki dua menara kembar yang menjulang tinggi. Perpustakaan ini juga memiliki ruang baca yang luas dan nyaman.

 

Perpustakaan Soeman HS dinamai dari nama seorang pujangga asal Riau, Soeman HS. Perpustakaan ini merupakan landmark kota Pekanbaru. Perpustakaan ini menjadi tempat wisata edukasi yang populer di Riau.

 

4. Perpustakaan Freedom Institute

 

Perpustakaan Yayasan Bakrie awalnya hanya digunakan untuk kepentingan yayasan. Namun, pada tahun 2002, perpustakaan ini dibuka untuk umum. Perpustakaan ini sempat tutup pada tahun 2015, tetapi dibuka kembali pada tahun 2016 di lokasi yang baru.

 

Perpustakaan Yayasan Bakrie terletak di lantai dasar Wisma Bakrie 1, Jalan H.R. Rasuna Said, Karet Kuningan, Jakarta Selatan. Perpustakaan ini memiliki koleksi buku yang lengkap, mulai dari buku-buku umum hingga buku-buku ilmiah. Perpustakaan ini juga memiliki berbagai fasilitas, seperti ruang baca, ruang diskusi, dan ruang seminar.

 

Free photo room interior design

 

5. Perpustakaan Universitas Malahayati

 

Perpustakaan Universitas Malahayati berdiri pada tahun 1993, bersamaan dengan berdirinya institusi perpustakaan.

 

Perpustakaan ini terletak di Jalan Pramuka Nomor 7, Bandar Lampung. Perpustakaan ini dikenal sebagai perpustakaan terpanjang di Indonesia, karena memiliki gedung yang memanjang, tidak seperti perpustakaan pada umumnya yang memiliki gedung bertingkat. Perpustakaan ini juga memiliki desain yang unik, dengan dikelilingi sungai buatan yang membuat suasana menjadi nyaman.

 

6. Perpustakaan Grhatama Pustaka Yogyakarta

 

Perpustakaan Grhatama Pustaka diresmikan pada tanggal 21 Desember 2015 oleh Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X. Perpustakaan ini terletak di Jalan Janti Nomor 344, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta. Perpustakaan ini memiliki luas lahan 2,4 hektar dan memiliki tiga lantai.

 

Setiap lantai perpustakaan memiliki unit layanan yang berbeda-beda, mulai dari layanan koleksi anak-anak, koleksi umum, koleksi referensi, koleksi audiovisual, hingga layanan pemutaran film. Perpustakaan ini juga menyediakan berbagai fasilitas yang lengkap, seperti fasilitas Wifi, mushola, dan fasilitas untuk penyandang disabilitas.

 

7. Perpustakaan Microlibrary Bandung

 

Perpustakaan terakhir adalah Perpustakaan Microlibrary Bandung. Perpustakaan ini unik yang terletak di Taman Bima, Kota Bandung. Perpustakaan ini dibangun pada tahun 2015 dan memiliki desain yang menarik, yaitu dindingnya terbuat dari susunan 2.000 ember es krim plastik. Ember-ember es krim tersebut disusun sedemikian rupa sehingga membentuk pola biner yang bertuliskan “Buku adalah Jendela Dunia”.

 

Perpustakaan Microlibrary Bandung pernah mendapatkan penghargaan arsitektur, salah satunya adalah Lafarge Holcim Awards for Sustainable Construction Asia Pacific pada tahun 2017. Perpustakaan ini sengaja dibangun dengan menggunakan ember es krim plastik untuk menunjukkan bahwa barang-barang bekas dapat menjadi bernilai jika dimanfaatkan secara kreatif.

 

Sampoerna University

 

Sampoerna University adalah sebuah universitas terakreditasi penuh di Indonesia yang menawarkan pilihan terbaik bagi mereka yang mencari pendidikan internasional unggul. Sampoerna University adalah universitas swasta, non-denominasi, nirlaba yang berlisensi dan terakreditasi oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. 

 

Dalam beberapa tahun sejak didirikan, Sampoerna University telah menjadi pilihan pendidikan tinggi yang menarik bagi calon mahasiswa di Indonesia. Dengan pendekatan pembelajaran yang inovatif, koneksi industri yang kuat, dan fokus pada pengembangan karir, kami memiliki tujuan untuk menghasilkan lulusan yang siap menghadapi tantangan dunia kerja.

 

Segera daftar untuk ikut proses penerimaan mahasiswa baru tahun ajaran 2023-2024 disini. Admission Team kami akan segera menghubungi untuk memberi informasi lebih detail.

Jadwalkan dengan kami kapanpun kamu ingin visit tour kampus on-site atau virtual!

 

 

Recent More

Feb, 21 2024

Sampoerna University dengan bangga merayakan pencapaian luar biasa mahasiswa kami pada bulan Januari 2024,...

Feb, 05 2024

Sampoerna University, sebagai institusi pendidikan tinggi berstandar dunia, meraih prestasi membanggakan dengan menduduki peringkat...

Perbedaan dan Keunggulan Tokopedia Vs Shopee

Jan, 30 2024

Di Indonesia, ada dua marketplace terbesar, yaitu Tokopedia dan Shopee. Kedua marketplace ini memiliki...

Admission
Admission
Schedule a Visit
Schedule a Visit
Contact Whatsapp
Contact Whatsapp