Pusat Penelitian dan Layanan Komunitas

Buka Batasan Pengetahuan: Jelajahi Penelitian dan Peluang Akademik Kami

Pusat Penelitian dan Layanan Komunitas

Ikhtisar

Sampoerna University terus aktif mendorong kegiatan penelitian dan layanan komunitas sebagai perwujudan Tri Dharma Perguruan Tinggi Indonesia. Oleh karena itu, unit Center for Research and Community Service (CRCS) dibentuk di bawah Kantor VRAA (Wakil Rektor Bidang Akademik) untuk memfasilitasi dan menyelenggarakan kegiatan penelitian dan pelayanan komunitas fakultas kami.

 

Tanggung jawab utama unit CRCS adalah:

  • Untuk membantu fakultas kami mengatur penelitian dasar dan terapan.
  • Menghasilkan inovasi yang bermanfaat bagi pendidikan tinggi dan keunggulan bangsa dengan tetap memperhatikan norma dan etika akademik berdasarkan prinsip otonomi keilmuan visi dan misi Sampoerna University, serta ketentuan peraturan perundang-undangan melalui kerjasama dengan pemerintah, industri, dan komunitas.
  • Membantu fakultas menyelenggarakan layanan komunitas dalam bentuk pelayanan, pemberdayaan, dan kerjasama dengan komunitas dengan memperhatikan norma dan etika serta sesuai dengan kompetensi akademik masing-masing dan
  • Menyelenggarakan layanan komunitas secara individu maupun bersama-sama dengan fakultas dan mahasiswa lain dengan menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi. Kajian-kajian tersebut diharapkan dapat memberdayakan komunitas, meningkatkan kecerdasan dan soft skill yang dibutuhkan, serta mencerdaskan kehidupan bangsa.

Visi

Menjadi pusat bagi civitas akademika Sampoerna University untuk mengembangkan kemampuan penelitian dan layanan komunitas yang diakui secara internasional guna meningkatkan pembangunan Indonesia.

Misi

  • Mendukung akademisi untuk melaksanakan TRI DHARMA Perguruan Tinggi dalam penelitian untuk kepentingan ilmiah dan wujud tanggung jawab sosial Sampoerna University terhadap masyarakat Indonesia.
  • Menciptakan terobosan-terobosan penelitian berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi untuk pembangunan nasional.
  • Mengembangkan kegiatan penelitian yang mendorong integrasi teknologi, kepemimpinan, tanggung jawab sosial, dan kewirausahaan.
  • Mengembangkan penelitian yang melibatkan mahasiswa untuk berkontribusi terhadap kesejahteraan masyarakat berdasarkan nilai-nilai luhur Putera Sampoerna Foundation.
  • Mengembangkan penelitian kolaboratif lintas program, fakultas, dan universitas dalam dan luar negeri.
  • Mengembangkan penelitian yang memecahkan masalah bagi mitra eksternal, tujuan komersial, dan pengembangan ilmu pengetahuan.

Publikasi Penelitian

Aktivitas Layanan Komunitas

Pendanaan Internal dan Eksternal

1. Riset

2. Aktivitas Layanan Komunitas

3. Pendanaan Eksternal

Tim Riset Judul Proyek Pendanaan Fakultas

Djati Wibowo

 

Kushendarsyah

 

Ignatius Budi S. Hadisujoto

Autonomous Towing Vehicle with PT Hanaang Global Technology

PT. Hanaang Global Technology
FET

C I W Eka Budiartha

 

Kushendarsyah

 

Pananda Pasaribu

 

Rachmat Arsyadi

 

Arkhadi Pustaka

Game-EduTech Research and Project with Anglia Ruskin University

British Council Going Global Partnership UK – Indonesia

FoE

 

FET

 

FoB

Sorotan Utama tahun 2022-2023

Publikasi Buku:

Basics of Information Theory by Prof. Media Anugerah Ayu

Titik Rawan & Solusi Ruang Siber, SDI, dan SPBE Indonesia by Prof. Teddy Mantoro

Diseminasi Penelitian dan Layanan Komunitas

Untuk mendiseminasikan hasil penelitian dan layanan komunitas yang dilakukan oleh dosen SU, CRCS mengadakan diseminasi internal bertajuk “Innovation and Current Trends on Advanced Material and Engineering, Artificial Intelligence, Technology in Education, and Economic Issues.” Acara ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, pemahaman, dan tindakan kepada khalayak yang lebih luas di bidang/topik terkait. Penerima pendanaan internal penelitian dan layanan komunitas AY 2022-2023 membagikan hasil kegiatannya dengan menggunakan media poster.

 Seminar/Workshop

Penulisan Proposal Pendanaan Penelitian Dana Hibah DIKTI (18 November 2022)

Dalam sharing session ini CRCS mengundang Prof. Dr, Ir. I Wayan Darmawan, M.Sc., Guru Besar Departemen Kehutanan IPB University, berbagi ilmu sekaligus pengalamannya dalam mengajukan dana hibah penelitian. Acara ini dilaksanakan pada tanggal 18 November 2022.

Analisis Data Empiris Menggunakan Metode Kuantitatif (19 Juni 2023)

CRCS mengadakan workshop “Analisis Data Empiris Menggunakan Metode Kuantitatif.” Acara ini bertujuan untuk memberikan wawasan kepada para dosen SU mengenai metode kuantitatif dalam melakukan penelitian. Dalam acara ini kami mengundang Prof. H. Yaya S. Kusumah, M.Sc., Ph.D. (Guru Besar Pendidikan Matematika Universitas Pendidikan Indonesia)

Tim CRCS

Iwan Setiawan, Ph.D.

Dian Rahmawati M.Ed.

Oryzea Sativa Ilham

Admission
Admission
Schedule a Visit
Schedule a Visit
Contact Whatsapp
Contact Whatsapp