25 Jan 2023

Apakah Almamater dan IPK Mempengaruhi Proses Melamar Kerja?

Artikel,

Wassup fellas! Kalian pasti sudah tau kan, pas lulus kuliah tuh rasanya gimana. Ada perasaan bangga, senang, excited, tapi juga ada perasaan takut, deg-degan, dan bingung mau ngapain. Nah, salah satu hal yang sering bikin kita deg-degan pas lulus kuliah adalah mencari kerja.

Ada dua faktor yang sering bikin kita bertanya-tanya, apakah almamater dan IPK kita bakal mempengaruhi proses melamar pekerjaan? Let’s find out!

Almamater, Prestasi, dan Reputasi

Jujur aja, guys, almamater kita tuh bisa jadi salah satu faktor yang mempengaruhi proses seleksi pekerjaan. Ini karena banyak perusahaan yang menganggap almamater sebagai indikator prestasi dan kualitas pendidikan kita. Kalo almamater kita terkenal, punya reputasi yang baik, dan dikenal sebagai perguruan tinggi yang menghasilkan lulusan berkualitas, maka kemungkinan besar kita bakal lebih mudah lolos seleksi.

Salah satu contohnya adalah Sampoerna University. Sampoerna University adalah perguruan tinggi yang cukup terkenal dan terkenal mempunyai prestasi yang bagus, baik dalam bidang akademik maupun non-akademik. Kalo kita lulus dari Sampoerna University, kemungkinan besar kita bakal lebih mudah untuk di-notice oleh perusahaan dan kita punya keuntungan di dalam proses seleksi.

Tapi, guys, jangan salah sangka dulu ya. Almamater itu penting, tapi bukan berarti itu satu-satunya faktor penentu. Kalo kita lulus dari perguruan tinggi yang kurang terkenal, bukan berarti kita nggak punya kesempatan yang sama untuk diterima kerja. Kalo kita punya prestasi, skill yang bagus, dan pengalaman kerja yang relevan, perusahaan tetap bisa mempertimbangkan kita sebagai kandidat yang potensial.

IPK, Tanda Prestasi atau Cuma Angka Saja?

Selain almamater, IPK kita juga bisa jadi faktor yang mempengaruhi proses seleksi pekerjaan. Banyak perusahaan yang masih mempertimbangkan IPK sebagai indikator prestasi dan kemampuan kita dalam menyelesaikan tugas dan tanggung jawab. Jadi, semakin tinggi IPK kita, semakin besar juga kemungkinan kita untuk di-notice oleh perusahaan.

Tapi, guys, kita jangan cuma ngandalin IPK aja ya. Kalo kita punya IPK yang tinggi, tapi nggak punya skill yang dibutuhkan oleh perusahaan, atau nggak bisa berkomunikasi dengan baik, maka kemungkinan besar kita nggak bakal diterima. IPK tuh cuma angka, dan nggak selalu mencerminkan kemampuan dan potensi kita di dunia kerja.

Yang penting, kita harus bisa membuktikan bahwa kita punya kemampuan yang dibutuhkan oleh perusahaan, dan punya pengalaman yang relevan dengan pekerjaan yang kita lamar. Kalo kita bisa menunjukkan hal itu, maka perusahaan bakal lebih mempertimbangkan kita sebagai kandidat yang potensial, meskipun kita nggak punya IPK yang tinggi.

Contohnya aja, guys, banyak orang yang lulus kuliah dengan IPK yang biasa-biasa aja, tapi berhasil mendapatkan pekerjaan yang bagus dan sukses di karir mereka. Itu karena mereka punya skill dan pengalaman kerja yang mumpuni, dan bisa membuktikan bahwa mereka punya potensi untuk berkembang di dunia kerja.

Nah, kalo kita lulus dari Sampoerna University, atau punya IPK yang tinggi, tentunya itu bakal jadi nilai plus buat kita di dalam proses seleksi. Tapi, itu bukan jaminan bahwa kita bakal langsung diterima kerja. Yang penting, kita harus bisa membuktikan bahwa kita punya potensi untuk berkembang di perusahaan tersebut, dan bisa memberikan kontribusi yang berarti.

Apa Aja Kriteria Perusahaan dalam Mencari Karyawan, sih?

kalian pernah gak kepikiran apa aja sih kriteria yang dipertimbangkan sama perusahaan buat nyari karyawan baru? Gak cuma skill aja loh, tapi ada beberapa hal penting yang juga jadi pertimbangan. Berikut adalah beberapa hal yang harus kamu tahu:Sampoerna University

1. Kualifikasi Pendidikan

Kualifikasi pendidikan ngebahas tentang background pendidikan kamu, apakah kamu sudah punya gelar sarjana atau diploma di bidang yang relevan dengan pekerjaan yang kamu lamar.

Kalo kamu udah punya kualifikasi pendidikan yang dipersyaratkan oleh perusahaan, pasti bakal bikin kamu lebih menarik di mata perusahaan, geng. Karena mereka bisa yakin kalo kamu punya basic knowledge yang dibutuhkan buat kerja di posisi yang kamu lamar.

Tapi, jangan takut kalo kamu belum punya kualifikasi pendidikan yang sesuai, guys. Karena terkadang, perusahaan juga bisa ngasih kesempatan buat kamu buat belajar dan meningkatkan skill kamu dalam pekerjaan yang kamu lamar. Yang penting kamu punya semangat buat belajar dan berusaha keras buat mencapai tujuan kamu.

2. Soft & Hard Skill

Nah, kalo kita bicara tentang mencari pekerjaan, soft skill dan hard skill ini jadi salah satu kriteria penting buat perusahaan dalam mempertimbangkan kamu diterima kerja atau tidak, geng.

Kalo kamu punya hard skill yang sesuai dengan pekerjaan yang kamu lamar, pasti bakal membuat kamu lebih diunggulkan. Tapi, perusahaan juga butuh karyawan yang punya soft skill yang baik, seperti kemampuan berkomunikasi dengan baik, bisa bekerja sama dalam tim, dan punya attitude yang positif.

Sebagai calon karyawan, kamu harus bisa menunjukkan kepada perusahaan kalau kamu punya skill yang dibutuhkan dalam pekerjaan, baik hard skill maupun soft skill. Kamu bisa tunjukkan hal ini di CV, portofolio atau saat kamu diwawancara yah.

3. Pengalaman Kerja

Kalo kamu udah punya pengalaman kerja di bidang yang sama dengan pekerjaan yang kamu lamar, pasti bakal membuat kamu lebih diunggulkan, guys. Karena kamu udah punya gambaran tentang pekerjaan yang kamu lamar dan pastinya sudah punya basic skill yang dibutuhkan dalam pekerjaan tersebut.

Tapi, kalo kamu belum punya pengalaman kerja, jangan khawatir ya geng. Masih banyak perusahaan yang mau ngasih kesempatan buat kamu yang fresh graduate atau baru mulai merintis karir. Yang penting kamu punya semangat dan kemauan buat belajar dan terus mengembangkan diri kamu.

Jadi, intinya adalah pengalaman kerja bisa jadi nilai plus buat kamu dalam mencari pekerjaan, tapi bukan halangan buat kamu yang belum punya pengalaman buat mencari kesempatan baru dalam karir kamu.

4. Sikap dan Kepribadian

Sikap dan kepribadian juga jadi kriteria penting yang dipertimbangkan oleh perusahaan dalam memilih karyawan, geng. Perusahaan ingin karyawan yang punya sikap yang baik, bisa bekerja sama dengan rekan kerja, dan bisa memberikan pelayanan yang baik kepada klien atau pelanggan.

Kamu harus tunjukkan bahwa kamu punya sikap yang positif, seperti ramah, sopan, dan punya empati dengan orang lain. Kamu juga harus punya kemampuan untuk mengatur emosi dan bisa bekerja di bawah tekanan.

Selain itu, kepribadian kamu juga harus sesuai dengan budaya perusahaan. Jangan sampai kamu punya kepribadian yang bertentangan dengan nilai-nilai perusahaan. Kamu harus bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan kerja dan bisa memberikan kontribusi positif kepada perusahaan.

Jadi, selain punya kualifikasi pendidikan dan pengalaman kerja yang sesuai, kamu juga harus memperhatikan sikap dan kepribadian kamu dalam mencari pekerjaan. Kamu harus bisa menunjukkan bahwa kamu punya sikap dan kepribadian yang baik dan bisa menjadi karyawan yang berharga bagi perusahaan.

5. Ketersediaan Waktu

Ketersediaan waktu jadi pertimbangan penting buat perusahaan. Perusahaan pasti butuh karyawan yang bisa bekerja sesuai dengan jadwal yang ditentukan dan bisa memenuhi target yang diberikan.

Kamu harus memastikan bahwa kamu punya ketersediaan waktu yang cukup untuk bekerja di perusahaan yang kamu lamar. Kamu harus bisa menunjukkan bahwa kamu bisa mengatur waktu dengan baik dan bisa memprioritaskan pekerjaan yang kamu kerjakan.

6. Keberadaan di Lingkungan Terdekat

Terakhir, keberadaan karyawan di lingkungan terdekat juga jadi pertimbangan penting. Beberapa perusahaan mungkin lebih memilih untuk merekrut karyawan yang tinggal di lingkungan terdekat, karena hal ini bisa mempermudah koordinasi dan meminimalkan keterlambatan atau absensi.

Namun, jangan sampai kamu hanya memilih pekerjaan berdasarkan keberadaannya di lingkungan terdekat saja ya. Pastikan bahwa pekerjaan tersebut sesuai dengan minat dan kualifikasi kamu juga.

Nah, itu dia beberapa hal yang dipertimbangkan sama perusahaan dalam mencari karyawan baru. Jangan lupa selalu persiapkan diri dengan baik sebelum apply kerja dan jangan lupa buat perlihatkan yang terbaik dari diri kamu, ya!

Sampoerna University

Wrap Up!

Jadi, guys, apakah almamater dan IPK mempengaruhi proses melamar pekerjaan? Jawabannya, iya, tapi nggak selalu. Almamater dan IPK bisa jadi faktor yang mempengaruhi, tapi bukan satu-satunya faktor penentu. Yang penting, kita harus bisa membuktikan bahwa kita punya kemampuan, pengalaman, dan potensi yang dibutuhkan oleh perusahaan.

Kalo kita lulus dari Sampoerna University, atau punya IPK yang tinggi, tentunya itu bakal jadi nilai plus buat kita. Tapi, kalo kita nggak punya itu semua, jangan putus asa dulu ya. Yang penting, teruslah belajar dan mengembangkan skill dan pengalaman kita di dunia kerja. Karena, di dunia kerja, bukan cuma IPK atau almamater yang dibutuhkan, tapi juga kemampuan, pengalaman, dan potensi untuk berkembang dan sukses di karir kita.

Buat kalian yang lagi milih kampus, aku saranin pilih Sampoerna University. Sampoerna University adalah pilihan yang tepat buat kamu yang ingin mendapatkan pendidikan berkualitas dan meraih karir impian. Di sini kamu akan belajar dari dosen-dosen terbaik dan memiliki kesempatan untuk terlibat dalam program-program pengembangan diri yang menantang dan inovatif.

Selain itu, lingkungan belajar yang kondusif dan fasilitas yang lengkap akan mempermudah proses belajar-mengajar kamu.

Gak cuma itu, Sampoerna University juga menawarkan kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan dunia kerja saat ini, sehingga kamu akan memperoleh keterampilan dan pengetahuan yang relevan dengan dunia kerja.

Selain itu, adanya program magang dan kerjasama dengan berbagai perusahaan ternama akan membantumu memperluas jaringan dan mempersiapkanmu untuk memasuki dunia kerja.

Gak usah ragu lagi dan pilih Sampoerna University sebagai tempat kuliahmu. Buruan gabung ke komunitas Sampoerna University yang hebat dan siap-siap jadi lulusan yang sukses di masa depan!

Informasi seputar program beasiswa, biaya pendidikan, jurusan apa aja yang ada di Sampoerna University, boleh klik tautan yang ada ya guys. Atau kalau kalian ingin berkunjung langsung ke kampusnya juga boleh banget dengan daftar lewat tautan ini.

[formidable id=8]

Recent More

Mengenal Metode Waterfall, Pengertian dan Tahapan

Apr, 05 2024

Mengenal Jurusan Teknik Industri & Prospek Kerjanya - Teknik Industri merupakan jurusan multidisiplin yang...

Mengenal Jurusan Teknik Sistem Informasi & Prospek Kerjanya di Era Digital - Sampoerna University

Apr, 05 2024

Jurusan Teknik Sistem Informasi - Salah satu jurusan yang memiliki peran yang makin penting...

Mengenal Jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) & Prospek Kerjanya - Sampoerna University

Apr, 05 2024

Jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) - Bagi kamu yang memiliki jiwa seni dan senang...

Admission
Admission
Schedule a Visit
Schedule a Visit
Contact Whatsapp
Contact Whatsapp