Skip to main content

Membahas Apa itu Humas: Pengertian, Tujuan, Fungsi dan Hakikat

By Maret 28, 2022November 2nd, 2022Artikel, Artikel - FAS, Artikel - FOB, Edukasi
apa itu humas

Suatu proses komunikasi strategis, biasanya digunakan oleh perusahaan, individu hingga organisasi yang ditujukan untuk membangun hubungan yang saling menguntungkan dengan publik biasanya dikaitkan dengan apa itu humas. Secara sederhana, hubungan masyarakat adalah proses strategis dalam mengelola pelepasan dan penyebaran informasi terkait organisasi kepada publik.

Humas adalah singkatan dari hubungan masyarakat, atau dalam bahasa Inggris disebut dengan public relation (PR). Dalam organisasi humas merupakan divisi yang bertanggung jawab guna melakukan interaksi, hubungan dan kerjasama dengan masyarakat terkait dengan organisasi tersebut.

 

Pengertian Humas

Secara bahasa, humas adalah proses komunikasi yang strategis digunakan oleh satu pihak bisa itu individu, perusahaan atau organisasi untuk membangun hubungan yang saling menguntungkan dengan masyarakat. Dalam perusahaan humas merupakan bagian dari organisasi yang bertanggung jawab dalam menyusun rencana komunikasi khusus dengan berbagai media untuk membangun citra.

Sederhananya hubungan masyarakat merupakan proses strategis dalam mengelola penyampaian dan penyebaran informasi terkait organisasi kepada masyarakat atau publik guna mempertahankan reputasi yang baik dari organisasi dan mereknya. Dalam pelaksanaannya, proses hubungan masyarakat berfokus pada beberapa hal seperti berikut.

  • Informasi apa yang harus dirilis.
  • Bagaimana informasi harus disusun.
  • Bagaimana informasi harus dirilis.
  • Media apa yang digunakan menyebarkan informasi.

Secara harfiah Humas berarti hubungan dengan publik atau masyarakat dan sama halnya dengan yang diungkapkan berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Humas merupakan lembaga pemerintah atau swasta yang melakukan kegiatan mencari dukungan masyarakat terhadap berbagai usaha yang sedang ditekuni atau jalani.

Baca juga: Memahami Pengertian Public Speaking dan Tips Melakukannya

Pengertian Humas Menurut Para Ahli

 

Microphone in a studio surrounded by equipment under the lights with a blurry background

  • J.C Seidel

J.C Seidel menyebutkan pengertian apa itu Humas adalah proses berkesinambungan dari usaha-usaha manajemen agar bisa mendapatkan itikad baik dan pengertian dari para pelanggan, karyawan hingga publik secara umum.

  • Howard Bonham

Pengertian Humas menurut Howard Bonham adalah suatu seni dalam menciptakan pengertian publik yang lebih baik guna meningkatkan pengertian publik yang lebih untuk meningkatkan kepercayaan publik atau pemberdayaan lebih tinggi terhadap sebuah lembaga atau organisasi.

  • International Public Relations Association (IPRA)

IPRA menyebutkan bahwa Humas adalah sebuah fungsi manajemen yang sudah dimiliki perencanaan yang matang hingga berkelanjutan di dalam suatu organisasi induk atau lembaga swasta yang tujuannya untuk mendapatkan pengertian, simpati dan dukungan dari berbagai macam pihak terkait.

  • Scott M. Cutlip, Allen H. Center dan Glen M.Broom

Humas adalah suatu fungsi manajemen yang dibentuk guna menciptakan dan mempertahankan hubungan yang baik dan bermanfaat antara organisasi dengan publik yang bisa menghasilkan dampak positif terhadap suatu keberhasilan hingga kegagalan dalam sebuah organisasi.

  • W. Emerson Rec

Humas merupakan hal yang berjalan berkesinambungan mulai dari proses penentuan pelayanan sikap dan kebijaksanaan yang disesuaikan dengan kepentingan dari orang banyak atau kelompok agar orang atau lembaga tersebut mendapatkan kepercayaan dan sebuah citra positif dari yang ditonjolkan.

  • Frank Jefkins

Suatu hal yang di dalamnya ada semua bentuk komunikasi dengan sebuah perencanaan, baik komunikasi ke dalam maupun komunikasi ke luar antara organisasi dengan publik agar bisa mencapai tujuan khusus berupa pengertian bersama.

  • Edwards L. Bernays

Suatu manajemen yang berfungsi guna memberikan penjelasan kepada masyarakat atau publik, membujuk secara langsung kepada masyarakat agar bisa mengubah sikap dan tindakan, berusaha mengintegrasikan tindakan dan sikap dari suatu masalah yang terjadi dengan masyarakat termasuk dari masyarakat terhadap suatu masalah.

 

Tujuan Humas Menurut Ahli

Handsome man making video talking in mic Free Photo

  • Greener

Menurut Greener yang menyebutkan bahwa tujuan hubungan masyarakat adalah agar membuat suatu masyarakat atau publik berpikir lebih tinggi mengenai seseorang dan organisasi seseorang tersebut.

  • Abdurachman

Humas bertujuan dalam mengembangkan good will dan mendapat sebuah pendapat publik yang favorable atau membangun kerja sama yang dibangun menggunakan hubungan harmonis dengan publik.

  • Kriyantono

Tujuan humas untuk menciptakan suatu pemahaman berupa mutual understanding antara lembaga dengan masyarakat. Membangun citra melalui program CSR atau Corporate Social Responsibility, menciptakan opini publik dan menciptakan good will serta kerja sama.

  • Ruslan

Ruslan memiliki anggapan bahwa istilah Humas hadir dijadikan sebagai suatu alat manajemen modern, secara struktural merupakan bagian integral dari suatu kelembagaan atau sebuah organisasi.

  • Kusumastuti

Humas memiliki tujuan untuk membangun, membina dan menjaga sebuah sikap yang dapat membuat kedua belah pihak merasa senang atau tidak merasa dirugikan. Hal ini kedua belah pihak yang dimaksud adalah pihak publik atau masyarakat dengan pihak organisasi yang bisa berupa suatu perusahaan.

 

Fungsi Humas

Sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai dalam proses pelaksanaan dan penerapan humas, secara tidak langsung fungsi humas tersebut muncul dan diketahui. Berikut ini fungsi-fungsi yang diberikan dengan adanya hubungan masyarakat.

  • Menjalin Hubungan dengan Masyarakat

Sebuah perusahaan atau organisasi harus pintar dalam menjalin hubungan dengan publik atau masyarakat. Baik masyarakat konsumen, hingga pemerintahan tak hanya menjalin hubungan saja tetapi juga hubungan publik yang juga harus dijaga. Agar tidak terjadi kesalahpahaman antara kedua belah pihak yakni perusahaan atau organisasi dengan masyarakat.

  • Membangun Citra Positif

Fungsi selanjutnya dari hubungan masyarakat adalah membangun citra positif, sudah sepantasnya bagi perusahaan atau organisasi membangun citra positif. Tujuannya agar masyarakat atau konsumen percaya dengan kualitas dari perusahaan atau organisasi tersebut. Citra ini bisa menambah rasa kepercayaan masyarakat atau konsumen.

  • Meningkatkan Eksistensi

Khususnya meningkatkan eksistensi perusahaan, dengan semakin banyak mengetahui keberadaan sebuah perusahaan maka hasil produksi dari sebuah perusahaan juga semakin dikenal oleh masyarakat konsumen. Jika nama perusahaan semakin dikenal, maka banyak pula juga mitra yang mau diajak bekerja sama.

  • Menjaga Komunikasi dari Dalam

Tak hanya menjaga hubungan dari luar, tetapi juga dari dalam harus dijaga dengan baik juga yakni komunikasi antara pimpinan suatu perusahaan dengan bawahan. Komunikasi yang terjalin dengan baik bisa menciptakan suasana yang baik pula, sehingga perusahaan atau organisasi bukan tak mungkin mengalami kemajuan termasuk tugas humas.

 

Hakikat Humas

Jika melihat dari pengertian secara umum maupun menurut ahli, hakikat humas adalah fungsi manajemen dan ciri yang tersusun dengan rencana dan berkelanjutan lewat organisasi dan lembaga swasta atau publik guna memperoleh pengertian, simpati dan dukungan dari mereka yang terikat serta memiliki hubungan dengan penelitian opini publik di antara mereka. Manajemen Humas ini sendiri jika diterapkan didalam organisasi maupun perusahaan biasanya akan membantu bagian HRD untuk memperbaiki sumber daya dan mengukur penilaian 360 derajat.

Selain itu terdapat lagi fungsi manajemen untuk membangun dan saling menguntungkan antara organisasi atau lembaga dengan masyarakat di mana keduanya akan mendapatkan keuntungan. Kegiatan yang saling menguntungkan, meskipun dilakukan oleh suatu perusahaan demi menarik perhatian masyarakat atau konsumen tetapi secara tidak langsung menguntungkan keduanya.

Demikian penjelasan mengenai hubungan masyarakat atau humas, pengertian, tujuan, fungsi hingga pengertian menurut para ahli. Jurnal Sampoerna University tak hanya memberi ilmu pengetahuan akademis, tetapi juga pengetahuan umum. Fakultas Bisnis Sampoerna University juga menyediakan program pendidikan Pemasaran Digital atau Digital Marketing.

Program Pendidikan Pemasaran Digital di Sampoerna University memberi ilmu pengetahuan mulai dari dasar mengenai ilmu pemasaran termasuk dalam hubungan masyarakat atau humas atau public relations. Pengetahuan mendasar mengenai ilmu pemasaran, apa itu humas, ilmu komunikasi dan memberikan anda keterampilan dalam analisis pemasaran, pengambilan keputusan, dan komunikasi yang efektif.

Referensi
Ilmukomunikasi.uma.ac.id – Apa itu Humas

X