25 Okt 2023

Apa itu Humas? Kenali Tujuan dan Fungsinya

Artikel,

Artikel - FAS,

Artikel - FOB,

Edukasi,

Mereka yang bertanggung jawab untuk mempertahankan citra baik suatu organisasi, atau individu publik di mata masyarakat dikenal sebagai humas. Istilah Humas berasal dari kata hubungan masyarakat. Mereka bertindak sebagai juru bicara, atau mediator komunikasi untuk membangun hubungan antara publik dan entitas yang mereka representasi. 

 

Para praktisi humas digambarkan sebagai tim kekinian yang bertanggung jawab untuk membuat organisasi atau tokoh publik terlihat keren, relevan, dan positif di media sosial, berita, dan acara publik. Mereka menggunakan bahasa dan gaya komunikasi yang sesuai dengan gaya dan budaya generasi muda, sehingga pesan yang ingin disampaikan lebih mudah diterima dan dipahami.

 

Mereka yang bekerja di bidang humas juga diharuskan untuk menjawab pertanyaan media, memberikan penjelasan tentang berbagai informasi penting, menangani situasi darurat, dan merancang rencana komunikasi yang efektif. Selain itu, mereka dapat berpartisipasi dalam merencanakan acara, kampanye promosi, dan berbagai kegiatan lainnya untuk membantu menciptakan citra yang baik tentang organisasi atau individu yang mereka wakili.

Apa Saja Peran Humas?

Untuk membuat suatu organisasi, perusahaan, atau individu publik tampak keren dan positif di mata masyarakat, mereka berusaha untuk mempertahankan dan membangun citra yang baik dengan berkomunikasi melalui cara yang sesuai dengan selera dan prinsip anak muda. 

 

Selain itu, mereka juga diharuskan untuk menjelaskan berbagai informasi penting, menjawab pertanyaan, dan menangani masalah atau krisis. Peran utama Humas adalah memastikan bahwa semuanya berjalan lancar, terlihat menarik, dan diterima dengan baik oleh masyarakat umum, terutama generasi muda. Oleh karena itu, mereka adalah kelompok yang sangat penting dalam dunia komunikasi kontemporer!

Apa Saja Fungsi Humas?

Apa Saja Fungsi Humas?

Berikut ini adalah fungsi Humas (Hubungan Masyarakat) yang perlu kamu tau:

1. Membangun Citra dan Reputasi 

Menjaga dan membangun citra baik dan reputasi positif organisasi atau individu publik adalah salah satu fungsi utama humas. Fungsi ini termasuk mengeluarkan pesan yang mendukung citra tersebut dan menangani situasi yang dapat memberikan citra negatif sewaktu-waktu.

2. Mengelola Krisis Manajemen 

Humas membantu mengelola dampak krisis atau kontroversi. Mereka merancang strategi komunikasi krisis dan memberikan penjelasan yang akurat untuk mengurangi efek.

3. Komunikasi Eksternal

Humas berkomunikasi dengan berbagai pihak, termasuk masyarakat umum, media, karyawan, pihak berkepentingan, dan lainnya. Mereka memastikan bahwa pesan dan informasi yang dikirim sesuai dengan tujuan organisasi atau orang yang mereka wakili.

4. Hubungan dengan Pihak Berkepentingan 

Humas juga berhubungan dengan investor, mitra bisnis, dan komunitas lokal. Mereka menjaga agar hubungan ini tetap positif dan memberikan manfaat satu sama lain.

5. Mendukung Kegiatan Promosi

Humas dapat terlibat dalam merencanakan dan melaksanakan berbagai kegiatan promosi, termasuk peluncuran produk, kampanye, dan acara publik. Mereka berkontribusi untuk menjamin bahwa pesan dan citra yang ingin disampaikan sesuai dengan tujuan promosi.

6. Penelitian dan Analisis

Humas melakukan penelitian untuk memahami opini dan persepsi masyarakat terhadap organisasi atau orang-orang yang mereka representasikan. Hal ini membantu dalam membuat rencana komunikasi yang lebih baik.

7. Hubungan dengan Media

Humas menjalin kontak dengan wartawan dan menjaga hubungan baik dengan media. Selain memberikan informasi yang relevan, mereka membantu dalam pembuatan liputan atau berita tentang organisasi atau individu yang mereka representasi.

 

Humas memainkan peran penting dalam menjaga dan mengelola hubungan antara organisasi atau individu dengan publik, serta memastikan bahwa pesan dan citra yang diinginkan disampaikan dengan cara yang tepat.

 

Mengapa Penting Belajar Humas di Bangku Kuliah?

Anak-anak kuliah harus memahami peran humas karena dapat membantu mereka dalam berbagai aspek kehidupan. Memahami peran humas membantu menjadi lebih baik dalam berkomunikasi dalam konteks profesional dan sosial. Ilmu tentang humas akan membantu dalam karir apapun karena kemampuan berkomunikasi yang baik adalah keterampilan yang sangat dicari oleh berbagai perusahaan.

 

Memahami peran humas membantu juga memahami bagaimana citra dan reputasi dapat mempengaruhi kesuksesan secara pribadi dan profesional. Saat duduk di bangku kuliah, kamu juga menjadi konsumen yang lebih cerdas jika tahu tentang humas. Kamu akan lebih peka terhadap cara perusahaan atau merek berusaha mempengaruhi pendapat mereka melalui pesan dan kampanye komunikasi. Dengan pemahaman ini, kamu akan dapat membuat keputusan yang lebih cerdas dan bijaksana.

 

Terakhir, memahami humas dapat membantu kamu memahami masalah sosial dan politik yang terkait dengan komunikasi, propaganda, dan opini publik. Kamu akan dapat melihat bagaimana pesan dipilih, dibentuk, dan disampaikan kepada masyarakat dalam berbagai konteks.  

 

Sampoerna University

Sampoerna University adalah sebuah universitas terakreditasi penuh di Indonesia yang menawarkan pilihan terbaik bagi mereka yang mencari pendidikan internasional unggul. Kami adalah universitas swasta, non-denominasi, nirlaba yang berlisensi dan terakreditasi oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. 

 

Sampoerna University menawarkan berbagai program sarjana dan magister di bidang-bidang seperti bisnis, teknologi informasi, kreativitas dan desain, serta studi kelas dunia. Universitas ini menempatkan fokus pada pendekatan pembelajaran yang inovatif dan berorientasi pada industri, dengan tujuan untuk mempersiapkan mahasiswa berhasil dalam karir mereka.

 

Kami berkomitmen untuk menyediakan lingkungan pembelajaran yang inklusif dan mendukung bagi mahasiswa, dengan dukungan fasilitas modern dan fakultas yang berkualitas. Kami juga memberikan beasiswa dan program bantuan keuangan untuk mendukung aksesibilitas pendidikan bagi mahasiswa berprestasi.

 

Dalam beberapa tahun sejak didirikan, Sampoerna University telah menjadi pilihan pendidikan tinggi yang menarik bagi calon mahasiswa di Indonesia. Dengan pendekatan pembelajaran yang inovatif, koneksi industri yang kuat, dan fokus pada pengembangan karir, kami memiliki tujuan untuk menghasilkan lulusan yang siap menghadapi tantangan dunia kerja.

 

Segera daftar untuk ikut proses penerimaan mahasiswa baru tahun ajaran 2023-2024 disini. Admission Team kami akan segera menghubungi untuk memberi informasi lebih detail.

 

Jadwalkan dengan kami kapanpun kamu ingin visit tour kampus on-site atau virtual!

Recent More

Feb, 21 2024

Sampoerna University dengan bangga merayakan pencapaian luar biasa mahasiswa kami pada bulan Januari 2024,...

Feb, 05 2024

Sampoerna University, sebagai institusi pendidikan tinggi berstandar dunia, meraih prestasi membanggakan dengan menduduki peringkat...

Perbedaan dan Keunggulan Tokopedia Vs Shopee

Jan, 30 2024

Di Indonesia, ada dua marketplace terbesar, yaitu Tokopedia dan Shopee. Kedua marketplace ini memiliki...

Admission
Admission
Schedule a Visit
Schedule a Visit
Contact Whatsapp
Contact Whatsapp