22 Nov 2023

Apa itu Paklaring? Simak 7 Fungsi dan Contohnya

Artikel,

Artikel - FAS,

Artikel - FET,

Artikel - FOB,

Artikel - FOE,

Paklaring merujuk pada dokumen formal yang berisi kesepakatan atau pemahaman yang disepakati oleh pihak-pihak terkait. Dokumen ini biasanya digunakan saat perusahaan, institusi, atau individu bekerja sama untuk mencapai kesepakatan tentang hal-hal tertentu yang berkaitan dengan proyek, kontrak, atau kesepakatan bisnis. 

 

Dokumen ini berisi poin-poin penting seperti lingkup pekerjaan, tanggung jawab masing-masing pihak, jadwal, metode pembayaran, dan hal-hal lain yang terkait dengan kesepakatan. Paklaring biasanya menjadi dasar untuk kontrak akhir atau dokumen resmi lainnya yang mengatur hubungan antara pihak pemberi kerja kepada pihak penerima kerja. 

Perbedaan Paklaring dengan Surat Rekomendasi Kerja

Paklaring dan surat rekomendasi kerja adalah dokumen yang berbeda dalam konteks bisnis dan profesional.

 

Paklaring adalah dokumen formal yang menguraikan pemahaman dan persetujuan antara pihak-pihak yang terlibat dalam proyek, kerja sama, atau kontrak. Sebelum penyusunan kontrak akhir, paklaring dibuat dengan tujuan untuk menjelaskan hal-hal penting tentang pekerjaan atau kesepakatan yang akan dilakukan. Dalam kebanyakan kasus, paklaring mencakup lingkup pekerjaan, tanggung jawab masing-masing pihak, jadwal, metode pembayaran, dan hal-hal lain yang relevan dengan kesepakatan.

 

Surat Rekomendasi Kerja, di sisi lain, adalah dokumen yang diberikan oleh mantan atasan atau kolega kepada seseorang yang telah bekerja dalam posisi tertentu. Surat Rekomendasi Kerja mencantumkan rekomendasi atau testimoni tentang kinerja, kemampuan, dan karakter seseorang selama mereka bekerja di tempat tersebut. Surat Rekomendasi Kerja berfungsi sebagai referensi yang mendukung kualifikasi dan reputasi seseorang saat mereka mencari pekerjaan baru.

 

Perbedaan utama antara keduanya adalah bagaimana mereka digunakan. Sementara Surat Rekomendasi Kerja memberikan informasi tentang kualifikasi dan kinerja seseorang sebagai referensi untuk kesempatan karir di masa depan, paklaring digunakan untuk mengklasifikasikan kesepakatan bisnis sebelum kontrak final dibuat.

Apa Fungsi Paklaring?

Apa Fungsi Paklaring?

 

Beberapa fungsi utama dari Paklaring adalah untuk menguraikan dan mengklarifikasi poin-poin penting serta kesepakatan yang telah dicapai antara pihak-pihak yang terlibat dalam suatu proyek, kontrak, atau kerja sama. Beberapa fungsi utama dari Paklaring meliputi:

1. Penjelasan Atas Persyaratan Kerja

Paklaring memberikan gambaran terperinci tentang persyaratan pekerjaan, hak, dan kewajiban yang harus dipenuhi oleh kedua belah pihak (perusahaan dan karyawan). Dalam hal ini mencakup jam kerja, tugas-tugas spesifik, gaji, hak-hak dan kewajiban, serta segala hal terkait pekerjaan.

2. Perlindungan Hukum

Paklaring dapat menjadi bukti tertulis dan hukum yang mengikat, melindungi kedua pihak dalam situasi di mana terjadi ketidaksepakatan atau perselisihan. Hal ini memberikan dasar hukum yang jelas terkait hak dan kewajiban yang telah disepakati.

3. Dasar Evaluasi Kinerja

Paklaring juga bisa menjadi dasar untuk mengevaluasi kinerja karyawan. Ini mencakup parameter kinerja, target-target, dan tugas-tugas yang harus diselesaikan. Dalam hal ini, paklaring menjadi acuan untuk menilai pencapaian kerja.

4. Penjelasan Hak dan Kewajiban

Paklaring membantu mengklarifikasi hak dan kewajiban pekerja dan perusahaan. Ini membantu mencegah kesalahpahaman atau konflik di masa depan yang bisa timbul karena ketidaktahuan atau interpretasi yang berbeda.

5. Pedoman dan Acuan Bersama

Paklaring memberikan pedoman standar dan acuan bagi kedua pihak, memastikan adanya pemahaman yang sama mengenai bagaimana pekerjaan akan dilakukan, apa yang diharapkan, dan apa yang dapat diharapkan oleh kedua belah pihak.

6. Kesepahaman dan Kepatuhan

Dengan adanya paklaring, terjalin kesepahaman yang lebih baik antara kedua belah pihak. Ini juga membantu mendorong kepatuhan terhadap kesepakatan yang telah disepakati, mengurangi risiko munculnya sengketa atau ketidakpatuhan.

7. Referensi dalam Pengambilan Keputusan

Dokumen paklaring bisa menjadi panduan yang penting bagi kedua belah pihak dalam pengambilan keputusan. Misalnya, jika terdapat perubahan dalam tugas atau kewajiban, paklaring bisa menjadi rujukan dasar yang harus disesuaikan.

 

Tujuan utama dari Paklaring adalah untuk menjelaskan dan mencatat kesepakatan yang dicapai oleh pihak-pihak yang terlibat. Pada akhirnya, ini akan membantu mengurangi kemungkinan kesalahpahaman dan menciptakan dasar yang jelas untuk kerja sama di masa depan.

Sampoerna University

Sampoerna University adalah sebuah universitas terakreditasi penuh di Indonesia yang menawarkan pilihan terbaik bagi mereka yang mencari pendidikan internasional unggul. Sampoerna University adalah universitas swasta, non-denominasi, nirlaba yang berlisensi dan terakreditasi oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. 

 

Sampoerna University menawarkan berbagai program sarjana dan magister di bidang-bidang seperti bisnis, teknologi informasi, kreativitas dan desain, serta studi kelas dunia. Universitas ini menempatkan fokus pada pendekatan pembelajaran yang inovatif dan berorientasi pada industri, dengan tujuan untuk mempersiapkan mahasiswa berhasil dalam karir mereka.

 

Kami berkomitmen untuk menyediakan lingkungan pembelajaran yang inklusif dan mendukung bagi mahasiswa, dengan dukungan fasilitas modern dan fakultas yang berkualitas. Kami juga memberikan beasiswa dan program bantuan keuangan untuk mendukung aksesibilitas pendidikan bagi mahasiswa berprestasi.

 

Dalam beberapa tahun sejak didirikan, Sampoerna University telah menjadi pilihan pendidikan tinggi yang menarik bagi calon mahasiswa di Indonesia. Dengan pendekatan pembelajaran yang inovatif, koneksi industri yang kuat, dan fokus pada pengembangan karir, kami memiliki tujuan untuk menghasilkan lulusan yang siap menghadapi tantangan dunia kerja.

 

Segera daftar untuk ikut proses penerimaan mahasiswa baru tahun ajaran 2023-2024 disini. Admission Team kami akan segera menghubungi untuk memberi informasi lebih detail.

 

Jadwalkan dengan kami kapanpun kamu ingin visit tour kampus on-site atau virtual!

Recent More

Feb, 21 2024

Sampoerna University dengan bangga merayakan pencapaian luar biasa mahasiswa kami pada bulan Januari 2024,...

Feb, 05 2024

Sampoerna University, sebagai institusi pendidikan tinggi berstandar dunia, meraih prestasi membanggakan dengan menduduki peringkat...

Perbedaan dan Keunggulan Tokopedia Vs Shopee

Jan, 30 2024

Di Indonesia, ada dua marketplace terbesar, yaitu Tokopedia dan Shopee. Kedua marketplace ini memiliki...

Admission
Admission
Schedule a Visit
Schedule a Visit
Contact Whatsapp
Contact Whatsapp