26 Nov 2023

Apa Itu Tes GMAT? Simak 7 Tips Ampuh Untuk Lolos!

Artikel,

Artikel - FOB,

Dalam lebih dari 6.000 program pascasarjana bisnis di seluruh dunia, termasuk MBA, MS, dan PhD, GMAT adalah tes standar yang digunakan untuk menilai kemampuan akademik dan potensi seseorang untuk berhasil dalam program pascasarjana bisnis. Test GMAT berlangsung selama 3 jam dan 7 menit, dengan jeda 10 menit. Skornya berkisar dari 200 hingga 800, dengan rata-rata 560.

 

Dalam proses penerimaan siswa, sekolah bisnis mempertimbangkan skor GMAT. Seseorang dengan skor tinggi menunjukkan bahwa mereka memiliki kemampuan akademik dan bakat yang diperlukan untuk sukses dalam program pascasarjana bisnis.

Bagian-bagian Tes GMAT

Tes GMAT (Graduate Management Admission Test) terdiri dari empat bagian utama, yang digunakan untuk menilai kemampuan dan keterampilan seseorang:

 

1. Analytical Writing Assessment (AWA) 

Peserta diminta untuk menulis esai analitik tentang topik tertentu dan menilai argumen dalam bagian ini, yang menguji kemampuan mereka untuk menulis analisis kritis dan mengevaluasi argumen.

2. Integrated Reasoning (IR) 

Bagian ini menilai kemampuan seseorang untuk menganalisis dan menginterpretasikan data dalam berbagai format, seperti teks, tabel, dan grafik. Soal-soalnya dapat mencakup penalaran matematis, logika, dan hubungan antar data.

3. Quantitative Reasoning 

Fokus bagian ini adalah kemampuan matematika. Pada bagian ini menguji pemahaman kamu tentang hal-hal dasar seperti aritmetika, aljabar, geometri, dan pemecahan masalah matematis.

4. Verbal Reasoning 

Bagian ini menilai kemampuan pemahaman bahasa Inggris. Soal-soalnya mencakup membaca, menyelesaikan kalimat, memperbaiki kesalahan tata bahasa, dan menyelesaikan pertanyaan logika.

 

Tes ini biasanya dilakukan dalam waktu sekitar 3,5 jam, dengan masing-masing bagian memiliki waktu yang ditentukan. Sekolah bisnis dan universitas menggunakan skor GMAT sebagai alat untuk menilai kemampuan siswa untuk menyelesaikan program pascasarjana. Mendapatkan skor yang baik dalam GMAT membutuhkan persiapan yang baik dan pemahaman yang kuat tentang setiap aspek tes.

Tips Dapatkan Skor Tinggi Tes GMAT

Tips Dapatkan Skor Tinggi Tes GMAT

 

Bagi siapa saja yang ingin melanjutkan studi pascasarjana bisnis, GMAT adalah tes yang penting; dengan persiapan yang baik, maka kemungkinan kamu diterima di program yang kamu inginkan akan semakin tinggi.

1. Pelajari mendalam materi yang akan diujikan

Untuk mempersiapkan diri dengan baik, sangat penting untuk mempelajari materi yang diujikan karena GMAT menguji berbagai kemampuan dan pengetahuan, seperti penalaran, matematika, dan bahasa Inggris.

 

Belilah buku panduan resmi GMAT dari ETS. Buku ini berisi semua informasi yang diperlukan tentang subjek yang diujikan, serta contoh soal dan jawaban. Kamu juga bisa mendaftar ke kursus persiapan GMAT karena kursus ini dapat membantu kamu  memahami materi yang diujikan dan membiasakan diri dengan cara tes dilakukan.

2. Latihan mengerjakan soal GMAT

Sangat penting untuk mempersiapkan diri untuk mengerjakan soal GMAT sendiri selain mempelajari materi yang diujikan. Ini akan membantu kamu membiasakan diri dengan bentuk tes dan jenis pertanyaan yang akan dihadapi.

 

Luangkan waktu dua hingga tiga bulan untuk mempersiapkan. Mulailah dengan latihan dasar dan menaikan level seiring waktu. Catat soal-soal yang sulit dan pelajari cara menyelesaikannya. Lakukan tes latihan GMAT secara berkala untuk mengukur seberapa progress kamu.

3. Cari insight dari orang lain

Carilah insight dari orang lain yang sekiranya dapat membantu kamu meningkatkan esai GMAT dan skor. Mintalah teman, keluarga, atau dosen untuk mengoreksi esaimu. Ikuti kursus persiapan GMAT yang menawarkan layanan koreksi esai juga akan sangat membantu.

4. Pelajari Tes Penulisan Analitis

Pelajari tentang struktur dan format esai yang diharapkan. Dalam ujian GMAT, kamu diminta untuk menulis satu esai eksposisi, dua esai argumen, dan satu esai. Kamu harus mempelajari struktur dan format esai yang diharapkan untuk menulis esai yang efektif.

 

Esaimu harus ringkas dan mudah dibaca sehingga perbanyaklah berlatih menulis esai. Berlatihlah menulis esai dengan topik yang berbeda untuk membiasakan diri dengan prosesnya. Pastikan argumen kamu masuk akal dan logis. 

5. Pelajari Tes Penalaran Kuantitatif

Pelajari dasar-dasar matematika yang diujikan. Tes GMAT menguji berbagai konsep matematika, termasuk aritmatika, aljabar, dan geometri. Pelajari dasar-dasar matematika yang diujikan untuk mempersiapkan diri dengan baik.

 

Untuk membiasakan diri dengan jenis pertanyaan yang akan dihadapi, pelajari soal matematika sendiri. Ada banyak sumber latihan soal matematika GMAT yang tersedia. 

6. Pelajari Tes Penalaran Verbal

Belajar kosakata dan tatabahasa bahasa Inggris untuk persiapan yang baik. Tes GMAT menguji kosakata dan tatabahasa bahasa Inggris.

 

Untuk membiasakan diri dengan jenis pertanyaan yang akan dihadapi, pelajari soal penalaran verbal secara mandiri. Kamu dapat menemukan banyak sumber latihan soal penalaran verbal GMAT di internet.

7. Pelajari Tes Penalaran Terintegrasi

Pelajari cara menganalisis informasi dari berbagai sumber. Tes GMAT menguji kemampuan kamu untuk menganalisis informasi dari berbagai sumber, termasuk teks, grafik, dan tabel. Untuk mempersiapkan diri dengan baik, pelajari cara menganalisis informasi dari berbagai sumber.

 

Selalu biasakan diri dengan jenis pertanyaan yang akan dihadapi, pelajari soal penalaran terintegrasi sendiri. Ada banyak sumber latihan soal penalaran terintegrasi GMAT yang tersedia. Semoga bermanfaat!

Fakultas Bisnis Sampoerna University

Sampoerna University adalah sebuah universitas terakreditasi penuh di Indonesia yang menawarkan pilihan terbaik bagi mereka yang mencari pendidikan internasional unggul. Sampoerna University adalah universitas swasta, non-denominasi, nirlaba yang berlisensi dan terakreditasi oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. 

 

Fakultas Bisnis menawarkan kurikulum yang dirancang dengan baik yang menggabungkan teori dan praktik bisnis terbaru. Program studi di fakultas ini bertujuan untuk menyiapkan siswa dengan pengetahuan dan keterampilan yang relevan dengan dunia bisnis.

 

Sampoerna University memiliki hubungan yang kuat dengan dunia bisnis dan industri. Fakultas Bisnis bekerja sama dengan perusahaan terkemuka untuk memberi mahasiswa kesempatan untuk magang, studi kasus, dan proyek kolaboratif. Selain itu, Fakultas Bisnis juga menggunakan pendekatan pembelajaran yang berpusat pada proyek.

 

Kami menawarkan lingkungan belajar yang beragam dan inklusif. Mahasiswa yang berasal dari berbagai budaya dan latar belakang memiliki kemampuan untuk berkolaborasi, berinteraksi, dan belajar satu sama lain, yang menciptakan suasana yang dinamis dan mempersiapkan mereka untuk bekerja dalam tim yang terdiri dari orang-orang dari berbagai budaya dan latar belakang di masa depan.

 

Segera daftar untuk ikut proses penerimaan mahasiswa baru tahun ajaran 2023-2024 disini. Admission Team kami akan segera menghubungi untuk memberi informasi lebih detail.

Recent More

Feb, 21 2024

Sampoerna University dengan bangga merayakan pencapaian luar biasa mahasiswa kami pada bulan Januari 2024,...

Feb, 05 2024

Sampoerna University, sebagai institusi pendidikan tinggi berstandar dunia, meraih prestasi membanggakan dengan menduduki peringkat...

Perbedaan dan Keunggulan Tokopedia Vs Shopee

Jan, 30 2024

Di Indonesia, ada dua marketplace terbesar, yaitu Tokopedia dan Shopee. Kedua marketplace ini memiliki...

Admission
Admission
Schedule a Visit
Schedule a Visit
Contact Whatsapp
Contact Whatsapp