Skip to main content

Pemasaran Digital: Arti, Mata Kuliah, hingga Prospek Kerja!

By November 21, 2022Maret 13th, 2023Artikel, Artikel - FOB
pemasaran digital

Pemasaran digital alias digital marketing menjadi salah satu jurusan di universitas yang paling banyak diminati dan juga dicari lulusannya saat ini. Sebenarnya, apa itu jurusan pemasaran digital dan di mana saja universitas yang ada jurusan digital marketing? Simak selengkapnya mengenai jurusan digital marketing berikut ini!

Apa itu Pemasaran Digital?

Jika ditilik ke dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pemasaran artinya proses, cara, perbuatan memasarkan suatu barang dagangan. Sedangkan digital berarti berkaitan dengan atau menggunakan komputer atau internet.

Jadi secara singkat, pemasaran digital adalah proses pemasaran suatu produk yang dilakukan melalui sistem daring atau internet. Artinya, dalam jurusan pemasaran digital, salah satu hal yang dipelajari adalah soal strategi pemasaran digital, mempelajari cara promosi produk melalui media digital dengan harapan mampu mencapai konsumen dengan cepat, tepat, personal, dan relevan.

Jurusan ini juga akan memberikan pengetahuan dasar tentang pemasaran, serta tak lupa keterampilan untuk bisa melakukan analisis pemasaran, pengambilan keputusan, sampai komunikasi yang efektif kepada semua pihak yang terlibat penjualan.

Konsep-konsep tentang psikologi, multimedia, hingga antropologi juga akan dipelajari di dalam program studi ini. Lalu, mengapa seseorang harus memilih digital marketing sebagai jurusan mereka saat kuliah?

Kenapa Harus Memilih Jurusan Pemasaran Digital

pemasaran digital

Ada banyak alasan mengapa digital marketing menjadi salah satu jurusan dan program studi yang paling diminati saat ini. Dewasa ini, hampir semua hal dilakukan secara daring, termasuk penjualan. Penjualan konvensional memang belum mati, tetapi penjualan digital bisa dibilang adalah masa depan. Strategi pemasaran yang lebih up-to-date sangat dibutuhkan di zaman teknologi sekarang ini, demi mencapai konsumen yang lebih luas, dan jurusan digital marketing menjadi jawabannya.

Selain itu, nantinya setelah lulus, banyak posisi yang juga bisa diisi oleh lulusan dari digital marketing. Digital strategist, digital marketing, dan social media executive menjadi beberapa posisi di dunia kerja saat ini yang sangat dibutuhkan dan lulusan digital marketing sangat cocok untuk mengisi pos tersebut.

Selain itu, juga adanya banyak kesempatan kerja yang terbuka lebar karena hampir semua produk kini memasarkan produknya secara digital. Lalu, apa saja mata kuliah yang akan didapatkan jika masuk pemasaran digital?

Baca juga: Jurusan Akuntansi: Deskripsi, Mata Kuliah, dan Prospek Kerja!

Mata Kuliah Jurusan Pemasaran Digital

Seperti dikatakan sebelumnya, selain soal startegi pemasaran, jurusan ini juga akan berbicara tentang ilmu psikologi, multimedia, hingga antropologi.

Berikut ini adalah beberapa contoh mata kuliah dalam jurusan pemasaran digital:

  1. Prinsip ekonomi makro
  2. Pengantar bisnis
  3. Komunikasi bisnis
  4. Penggunaan dan pengelolaan sistem informasi
  5. Manajemen operasi dasar
  6. Pemasaran e-commerce
  7. Simulasi bisnis
  8. Sosial Media
  9. periklanan dan promosi
  10. Search engine optimization
  11. Fotografi produk dan video marketing

Cukup banyak mata kuliah lain yang tak tercantum, dengan semuanya bermuara pada strategi pemasaran digital. Lalu, bagaimana saja prospek kerja dari lulusan digital marketing?

Prospek Kerja Jurusan Pemasaran Digital

pemasaran digital

Karier di bidang pemasaran menjadi salah satu prospek kerja, termasuk di bidang pemasaran konvensional di perusahaan besar. Selain itu, karier di start-up digital yang banyak di Indonesia juga menjadi salah satu prospek kerja jurusan ini.

Digital strategist, digital marketing, dan social media executive menjadi beberapa posisi di dunia kerja saat ini yang sangat dibutuhkan dan lulusan digital marketing sangat cocok untuk mengisi pos tersebut. Saat ini, sangat banyak bidang kerja dan bisnis baru yang bermunculan karena era digital, dan lulusan digital marketing mempersiapkan itu semua.

Cara Menemukan Karakter Siswa

Ada beberapa karakter siswa yang cocok masuk jurusan ini, beberapa di antaranya adalah cocok untuk mereka yang senang berkomunikasi, berwawasan luas, kreatif, dan bisa bekerja dengan tim. Selain itu, juga pas untuk mereka yang senang melakukan analisis serta riset, terutama soal penjualan.

Cocok juga untuk siswa yang rasional, observan, independen, punya keterampilan interpersonal, dan senang memecahkan masalah. Apakah kalian jadi salah satu di antaranya? Jika iya, digital marketing mungkin adalah jurusan dan program studi yang cocok untuk kalian!

Lalu, di mana saja bisa kuliah jurusan ini?

Jurusan Pemasaran Digital di Sampoerna University

Ada beberapa universitas di luar negeri yang menawarkan digital marketing sebagai program studi mereka seperti:

  1. Heriot-Watt University, Inggris
  2. George Washington University, AS
  3. Asia Pacific University of Technology and Innovation, Malaysia
  4. Curtin University, Australia
  5. Dublin City University, Irlandia
  6. Kaplan University Singapore

Di Indonesia, salah satu universitas yang menawarkan digital marketing sebagai program studi adalah Sampoerna University.

Gelar Manajemen Umum dengan Konsentrasi Pemasaran digital dari Sampoerna University bisa memberi Anda pengetahuan dasar ilmu pemasaran, keterampilan analisis pemasaran, pengambilan keputusan, hingga komunikasi efektif dengan pihak-pihak lain dalam organisasi.

Saat ini, lanskap pemasaran terus mengalami perubahan, lulusan Sampoerna University mendapatkan keunggulan tersendiri, buktinya pada tahun 2017, semua lulusan Fakultas Bisnis langsung mendapat pekerjaan dalam waktu 2 bulan saja setelah kelulusan.

Berikut ini prospek kerja lulusan digital marketing Sampoerna University:

  1. Manager key accounts
  2. Manajer produk (Product Manager)
  3. Manajer merek (Brand Manager)
  4. Manajer pengembangan bisnis (Business Development Manager)
  5. Peneliti pasar 
  6. Manajer saluran pemasaran (Marketing Manager)
  7. Manajer Humas (Public Relations Manager)
  8. Manajer Ritel 
  9. Manajer penjualan & pemasaran
  10. Profesional pemasaran digital (Digital Marketing Professional)
  11. Manajer komunikasi pemasaran (Marketing Communications Manager)

Keunggulan Program Studi Pemasaran Digital

Di Sampoerna University ada banyak keunggulan yang diberikan. Sebagai contoh, kurikulum yang digunakan di jurusan pemasaran digital Sampoerna University diadaptasi dari kurikulum University of Arizona, salah satu universitas terkemuka di dunia. Sehingga, materi yang didapatkan sudah sesuai dengan kondisi global.

Jadi, tunggu apa lagi? Jadikan pemasaran digital di Sampoerna University jadi pilihan jurusan dan program studi kalian!

Untuk informasi lebih lanjut terkait pendaftaran, kurikulum, kunjungan, dan informasi seputar Sampoerna University silakan mengisi data di bawah ini.

Article Form

Referensi

Wikipedia

X