11 Jan 2023

Bagaimana Mengatasi Culture Shock Ketika Belajar di Luar Negeri

Artikel,

Belajar di luar negeri adalah pengalaman yang sangat menarik bagi banyak orang. Namun, keadaan yang berbeda di luar negeri dapat menimbulkan culture shock. Culture shock merupakan perasaan ketidaknyamanan yang dihadapi ketika mengalami perbedaan budaya yang signifikan.

Hal ini dapat terjadi ketika kita belajar di negara yang berbeda dari negara asal kita. Culture shock dapat menyebabkan stres, kesulitan dalam beradaptasi, dan bahkan depresi. Oleh karena itu, sangat penting untuk mempelajari cara mengatasi culture shock agar dapat merasa nyaman dan sukses dalam studi kita di luar negeri.

Sampoerna University, salah satu universitas swasta terkemuka di Indonesia, menawarkan banyak program studi di luar negeri yang memungkinkan para mahasiswanya untuk mendapatkan pengalaman belajar yang berbeda.

Namun, seperti halnya dengan banyak mahasiswa yang belajar di luar negeri, mahasiswa Sampoerna University juga ada yang berpengalaman unik tentang culture shock. Artikel ini akan membahas beberapa tips dan trik untuk mengatasi culture shock ketika belajar di luar negeri.

Bagaimana Mengatasi Culture Shock Ketika Belajar di Luar Negeri

Culture Shock dan Faktor Penyebabnya

Culture Shock adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan perasaan keterkejutan dan ketidaknyamanan yang dialami seseorang ketika mengalami perbedaan budaya yang signifikan dalam lingkungan baru.

Culture shock meliputi perasaan kebingungan, cemas, dan keterasingan yang dialami oleh seseorang ketika ia berada dalam lingkungan yang berbeda dari budaya aslinya. Hal ini terjadi ketika seseorang melakukan perpindahan dari lingkungan budaya yang dikenalnya ke lingkungan budaya yang baru.

Culture shock dapat menyebabkan seseorang merasa kewalahan dan sulit beradaptasi dengan budaya dan cara hidup baru. Beberapa gejala culture shock antara lain perasaan kesepian, sulit tidur, kurangnya motivasi, kesulitan dalam memahami bahasa dan budaya, dan perasaan kelelahan secara emosional dan fisik. Hal ini dapat terjadi pada siapa saja, termasuk mahasiswa yang belajar di luar negeri.

Faktor penyebab Culture Shock bervariasi tergantung pada individu dan lingkungan budaya yang mereka alami. Namun, beberapa faktor umum yang dapat menyebabkan Culture Shock antara lain:

  1. Perbedaan Bahasa. Bahasa adalah bagian penting dari budaya, dan ketika seseorang pindah ke negara yang berbicara bahasa yang berbeda, itu dapat menjadi pengalaman yang mengejutkan dan menakutkan. Masalah dalam berkomunikasi dapat menyebabkan rasa frustasi dan isolasi.
  2. Perbedaan nilai dan norma. Setiap budaya memiliki nilai dan norma yang berbeda-beda. Ketika seseorang pindah ke negara baru, ia mungkin menemukan bahwa cara hidup dan cara berinteraksi yang mereka anggap normal di negara asalnya dianggap tidak sopan atau tidak pantas di negara baru. Ini dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan kebingungan.
  3. Perbedaan dalam sistem sosial dan politik. Setiap negara memiliki sistem sosial dan politik yang unik. Ketika seseorang pindah ke negara baru, mereka mungkin menemukan bahwa sistem ini berbeda dari apa yang mereka ketahui sebelumnya, dan dapat menyebabkan rasa tidak aman atau kebingungan.
  4. Perbedaan dalam makanan dan gaya hidup. Setiap negara memiliki makanan dan gaya hidup yang berbeda-beda. Ketika seseorang pindah ke negara baru, mereka mungkin menemukan bahwa makanan dan kebiasaan yang mereka anggap normal di negara asalnya tidak tersedia atau bahkan dianggap aneh di negara baru.

Faktor-faktor diatas dapat menyebabkan kebingungan, frustrasi, kelelahan, dan bahkan depresi pada seseorang yang mengalami Culture Shock. Namun, dengan kesabaran, pemahaman, dan keterbukaan untuk belajar tentang budaya baru, individu dapat mengatasi Culture Shock dan menikmati pengalaman kebudayaan yang berbeda.

Bagaimana Mengatasi Culture Shock Ketika Belajar di Luar Negeri

Tips Mengatasi Culture Shock Ketika Belajar di Luar Negeri

Belajar di luar negeri dapat menjadi pengalaman yang sangat berharga, tetapi seringkali juga diikuti oleh tantangan dalam beradaptasi dengan budaya baru yang mungkin berbeda dengan budaya di negara asal. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu dalam mengatasi Culture Shock ketika belajar di luar negeri.

  • Kenali Budaya Lokal

Ketika belajar di luar negeri, hal pertama yang harus dilakukan adalah mengenal budaya lokal. Pelajari cara berkomunikasi, cara bersosialisasi, dan bahasa lokal yang digunakan. Mahasiswa Sampoerna University yang belajar di luar negeri dianjurkan untuk mempelajari bahasa setempat dan mengenal kebiasaan budaya yang berlaku di negara tersebut. Hal ini dapat membantu kita untuk lebih mudah beradaptasi dengan lingkungan baru.

  • Jangan Takut Mencoba Hal Baru

Ketika kita berada di negara yang baru, seringkali kita akan menghadapi hal-hal yang belum pernah kita alami sebelumnya. Sebagai contoh, makanan lokal yang berbeda dari yang biasa kita makan di negara asal. Tidak perlu takut mencoba hal baru, karena ini merupakan kesempatan untuk menambah pengetahuan dan pengalaman baru.

Mahasiswa Sampoerna University dianjurkan untuk mencoba berbagai makanan lokal, mengunjungi tempat-tempat wisata lokal, dan bergabung dengan organisasi mahasiswa untuk bertemu dengan orang-orang baru.

  • Tetap Terhubung dengan Keluarga dan Teman di Rumah

Ketika berada di luar negeri, seringkali kita merindukan keluarga dan teman di rumah. Oleh karena itu, sangat penting untuk tetap terhubung dengan mereka. Mahasiswa Sampoerna University yang belajar di luar negeri dianjurkan untuk menggunakan teknologi seperti video call dan pesan instan untuk tetap berkomunikasi dengan keluarga dan teman di rumah. Ini dapat membantu kita untuk merasa lebih dekat dan terhubung dengan orang-orang yang kita sayangi.

  • Mencari Dukungan dari Teman atau Mahasiswa Baru

Bergabung dengan kelompok mahasiswa dapat membantu kita untuk mengatasi culture shock ketika belajar di luar negeri. Mahasiswa Sampoerna University yang belajar di luar negeri dianjurkan untuk bergabung dengan organisasi mahasiswa dan menghadiri acara sosial untuk bertemu dengan mahasiswa lain yang memiliki pengalaman serupa.

Kita dapat bertukar cerita dan tips tentang cara mengatasi culture shock. Selain itu, bergabung dengan organisasi mahasiswa juga dapat membantu kita untuk mengembangkan keterampilan sosial dan memperluas jaringan pertemanan.

  • Jangan Mengisolasi Diri

Ketika mengalami culture shock, seringkali kita merasa kesepian dan cenderung mengisolasi diri. Namun, jangan biarkan hal ini terjadi. Mahasiswa Sampoerna University yang belajar di luar negeri dianjurkan untuk terbuka dan mencari teman baru. Berbicaralah dengan orang-orang lokal dan mahasiswa lainnya. Ini dapat membantu kita untuk memperluas jaringan sosial dan merasa lebih nyaman dalam lingkungan baru.

  • Jangan Menyerah

Mengalami culture shock memang tidak mudah, tetapi jangan menyerah. Ingatlah bahwa ini adalah kesempatan untuk belajar dan tumbuh. Mahasiswa Sampoerna University yang belajar di luar negeri dianjurkan untuk tetap positif dan terus mencari cara untuk mengatasi culture shock. Jangan ragu untuk mencari bantuan jika merasa kesulitan, baik dari teman, dosen, maupun konselor di universitas.

Belajar di luar negeri dapat memberikan pengalaman yang berharga dan memperkaya diri secara pribadi dan akademis. Namun, culture shock memiliki tantangan sendiri yang harus dihadapi. Mahasiswa Sampoerna University yang belajar di luar negeri dianjurkan untuk mengikuti beberapa tips dan trik yang telah dijelaskan di atas untuk mengatasi culture shock.

Dengan mengenal budaya lokal, mencoba hal baru, tetap terhubung dengan keluarga dan teman di rumah, mencari dukungan dari mahasiswa lain, tidak mengisolasi diri, dan tetap positif, kita dapat mengatasi culture shock dan meraih sukses dalam studi di luar negeri.

Yuk bergabung dengan Sampoerna University dan menjadi bagian dari komunitas belajar yang dinamis, kreatif, dan inklusif. Sampoerna University menawarkan lingkungan akademik yang inovatif dan mendukung, serta program-program studi yang berkualitas dan relevan dengan dunia kerja.

Selain itu, SU juga memberikan dukungan penuh untuk mahasiswa internasional agar dapat beradaptasi dengan cepat dan sukses belajar baik di luar negeri ataupun di Indonesia. Jadilah bagian dari Sampoerna University dan raih kesuksesan akademik dan profesional.

Yuk daftar sekarang. Informasi terkait biaya pendidikan, program beasiswa, atau konsultasi calon mahasiswa, silakan klik tautan yang diberikan.

Bersama Sampoerna University, mari wujudkan impian dan masa depan yang gemilang.

Pertanyaan lebih lanjut dapat mengisi form dibawah ini.

[formidable id=8]

Artikel menarik lainnya:

Recent More

Feb, 21 2024

Sampoerna University dengan bangga merayakan pencapaian luar biasa mahasiswa kami pada bulan Januari 2024,...

Feb, 05 2024

Sampoerna University, sebagai institusi pendidikan tinggi berstandar dunia, meraih prestasi membanggakan dengan menduduki peringkat...

Perbedaan dan Keunggulan Tokopedia Vs Shopee

Jan, 30 2024

Di Indonesia, ada dua marketplace terbesar, yaitu Tokopedia dan Shopee. Kedua marketplace ini memiliki...

Admission
Admission
Schedule a Visit
Schedule a Visit
Contact Whatsapp
Contact Whatsapp