19 Nov 2023

Call to Action Adalah: Pengertian, Jenis, dan Contohnya

Artikel,

Edukasi,

Di era digital, ada banyak strategi marketing yang bisa kamu coba. Salah satunya adalah digital marketing, yaitu strategi marketing yang memanfaatkan media digital, seperti website, media sosial, dan platform digital lainnya.

 

Dalam digital marketing, ada istilah yang perlu kamu ketahui, yaitu CTA (Call to Action). CTA adalah ajakan untuk bertindak yang biasanya berupa frasa atau kalimat pendek. CTA digunakan untuk mendorong audiens untuk melakukan tindakan tertentu, seperti men-download, mendaftar, berlangganan, dan lain sebagainya.

 

CTA sangat penting dalam digital marketing karena dapat meningkatkan konversi pelanggan potensial. Menurut Hubspot, CTA dapat meningkatkan konversi hingga 121%.

 

Apa itu Call to Action?

 

Call to action (CTA) adalah sebuah kalimat atau frasa yang digunakan untuk mendorong audiens untuk melakukan tindakan tertentu. Tindakan tersebut bisa berupa membeli produk, mendaftar layanan, berlangganan newsletter, atau sekadar mempelajari lebih lanjut tentang suatu produk atau layanan. 

 

CTA penting karena dapat meningkatkan konversi. Konversi adalah tindakan yang dilakukan audiens sesuai dengan apa yang diharapkan oleh bisnis. Misalnya, jika bisnis ingin audiens membeli produknya, maka CTA yang efektif akan mendorong audiens untuk membeli produk tersebut.

 

CTA juga dapat membantu bisnis menjangkau audiens lebih luas. CTA yang menarik perhatian dapat menarik audiens baru untuk mempelajari lebih lanjut tentang produk atau layanan yang ditawarkan.

 

Fungsi Call to Action

 

Dalam dunia digital marketing, terutama dalam copywriting, CTA memiliki fungsi yang sangat beragam antara lain:

 

1. Meningkatkan konversi

 

Salah satu fungsi CTA yang pertama adalah mendorong audiens untuk melakukan tindakan yang diinginkan, seperti membeli produk atau mendaftar layanan. Misalnya, jika bisnis ingin audiens membeli produknya, maka CTA yang efektif akan mendorong audiens untuk membeli produk tersebut.

 

2. Meningkatkan leads

 

CTA yang menarik dapat meningkatkan prospek penjualan. Misalnya, dengan menawarkan diskon atau promo, CTA dapat menarik audiens untuk menjadi leads. Leads adalah calon pelanggan yang sudah menunjukkan ketertarikan pada produk atau layanan yang ditawarkan.

 

3. Membantu membuat daftar kontak email

 

CTA juga dapat membantu dalam membuat list kontak email. Misalnya, dengan mengajak audiens untuk berlangganan newsletter, bisnis dapat mengumpulkan data email dari audiens. Data email ini dapat digunakan untuk mengirimkan email promosi atau informasi produk atau layanan terbaru.

4. Melakukan evaluasi

 

CTA juga dapat digunakan untuk melakukan evaluasi. Misalnya, dengan melacak jumlah klik CTA, bisnis dapat mengetahui efektivitas strategi pemasaran yang dilakukan.

 

Jenis dan Contoh Call to Action

 

Free photo woman's hand showing power thunder with megaphone

 

1. Lead Generation

 

Lead generation adalah proses mengumpulkan informasi kontak dari calon pelanggan yang tertarik dengan produk atau layanan yang ditawarkan. Informasi kontak tersebut dapat berupa nama, email, nomor telepon, atau informasi lainnya.

 

Contoh CTA untuk dapat meningkatkan lead generation adalah:

 

“Daftar Sekarang”

“Ajukan Demo”

“Berlangganan Newsletter”

 

2. Event Promotion

 

Event promotion adalah proses mempromosikan acara yang akan diselenggarakan. Tujuannya adalah untuk menarik audiens untuk menghadiri acara tersebut.

 

Contoh CTA untuk jenis konten event promotion adalah:

 

“Beli Tiket Sekarang”

“Daftar Sekarang”

“Ajukan Pertanyaan”

 

3. Social Sharing

 

Social sharing adalah jenis CTA untuk meningkatkan proses berbagi konten di media sosial. Tujuannya adalah untuk meningkatkan visibilitas konten dan menjangkau audiens yang lebih luas.

 

Contoh CTA untuk dapat meningkatkan social sharing adalah:

 

“Bagikan Posting Ini”

“Follow Kami di Media Sosial”

“Tulis Komentar”

 

Sampoerna University

 

Sampoerna University adalah sebuah universitas terakreditasi penuh di Indonesia yang menawarkan pilihan terbaik bagi mereka yang mencari pendidikan internasional unggul. Sampoerna University adalah universitas swasta, non-denominasi, nirlaba yang berlisensi dan terakreditasi oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. 

 

Dalam beberapa tahun sejak didirikan, Sampoerna University telah menjadi pilihan pendidikan tinggi yang menarik bagi calon mahasiswa di Indonesia. Dengan pendekatan pembelajaran yang inovatif, koneksi industri yang kuat, dan fokus pada pengembangan karir, kami memiliki tujuan untuk menghasilkan lulusan yang siap menghadapi tantangan dunia kerja.

 

Segera daftar untuk ikut proses penerimaan mahasiswa baru tahun ajaran 2023-2024 disini. Admission Team kami akan segera menghubungi untuk memberi informasi lebih detail.

 

Jadwalkan dengan kami kapanpun kamu ingin visit tour kampus on-site atau virtual!

 

 

Recent More

Feb, 21 2024

Sampoerna University dengan bangga merayakan pencapaian luar biasa mahasiswa kami pada bulan Januari 2024,...

Feb, 05 2024

Sampoerna University, sebagai institusi pendidikan tinggi berstandar dunia, meraih prestasi membanggakan dengan menduduki peringkat...

Perbedaan dan Keunggulan Tokopedia Vs Shopee

Jan, 30 2024

Di Indonesia, ada dua marketplace terbesar, yaitu Tokopedia dan Shopee. Kedua marketplace ini memiliki...

Admission
Admission
Schedule a Visit
Schedule a Visit
Contact Whatsapp
Contact Whatsapp