26 Agu 2023

7 Cara Meningkatkan Kualitas Tidur, Tubuh Jadi Lebih Bugar

Artikel,

Edukasi,

Tidur adalah salah satu kebutuhan dasar manusia yang paling penting untuk tetap menjaga kesehatan fisik dan mental. Terutama saat kita berkegiatan selama satu hari penuh, sering sekali kita kekurangan tidur atau mengalami kesulitan untuk tidur nyenyak di malam hari. 

 

Sayangnya, banyak orang yang mengalami masalah tidur. Masalah tidur dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti stres, cemas, depresi, dan kebiasaan buruk. Kita tidak boleh membiarkan kualitas tidur yang buruk ini menjadi sebuah kebiasaan. Banyak dampak negatif yang akan menurunkan tingkat produktivitas kita karena tubuh selalu merasa kelelahan. 

 

Untuk mengatasi masalah ini, kamu perlu tahu 7 cara untuk meningkatkan kualitas tidur kamu agar tubuh menjadi lebih bugar!

 

1. Buat jadwal tidur dan bangun yang teratur

 

Jadwal tidur dan bangun yang teratur adalah langkah pertama untuk meningkatkan kualitas tidur dan menjaga tubuh tetap bugar. Pertimbangkan berapa banyak tidur yang kamu butuhkan. Rata-rata orang dewasa membutuhkan sekitar 7-9 jam tidur setiap malam, tetapi memiliki jumlah waktu untuk tidur tidak menjamin kualitas tidur tetap bagus. 

 

Buatlah rutinitas tidur yang menenangkan sebelum tidur. Rutinitas tidur dapat membantu tubuh kamu menjadi rileks. Rutinitas tidur yang menenangkan dapat meliputi mandi air hangat, membaca buku, atau mendengarkan musik yang lembut.

 

2. Hindari kafein sebelum tidur

 

Mengonsumsi kafein dapat mengganggu tidur kamu dikarenakan kafein memiliki kandungan yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh selama 6-8 jam,  jadi jika kamu minum kopi atau teh di sore hari, kafein masih akan ada di tubuh kamu saat kamu mencoba tidur di malam hari.

 

Jika kamu ingin tidur nyenyak, sebaiknya kamu hindari kafein setidaknya 6 jam sebelum tidur. Apabila kamu memiliki masalah tidur seperti insomnia. Kamu juga harus mengurangi kafein dikarenakan hal tersebut dapat meningkatkan detak jantung dan tekanan darah. 

 

3. Olahraga dengan teratur

 

Apakah kamu tahu bahwa olahraga juga bisa membantu kualitas tidur kamu menjadi lebih baik? Olahraga dapat membantu kamu untuk menjadi lebih rileks dan melepaskan hormon endorfin, yang memiliki efek menenangkan. Jika kamu ingin tidur nyenyak, sebaiknya lakukan olahraga teratur setidaknya 30 menit setiap hari. kamu dapat melakukan olahraga yang kamu senangi seperti berjalan, jogging, bersepeda, berenang, atau bermain tenis.

 

4. Hindari Alkohol

 

Alkohol memang membantu untuk cepat tertidur, tetapi juga dapat mengganggu tidur kamu. Alkohol memiliki efek samping yang buruk bagi kesehatan kita. Dengan menghindari alkohol sebelum tidur, Anda dapat meningkatkan kualitas tidur Anda dan mendapatkan manfaat kesehatan yang luar biasa.

 

5. Tidur siang yang pendek

 

Tidur siang yang pendek dapat membantu meningkatkan energi dan konsentrasi di siang hari. Namun, penting untuk tidak tidur siang terlalu lama, karena dapat membuat kamusulit tidur di malam hari. Tidur siang yang ideal dianjurkan selama 20-30 menit. Jika kamu tidur siang lebih lama dari itu, kamu mungkin akan merasa mengantuk dan lesu saat bangun.

 

7 Cara Meningkatkan Kualitas Tidur, Tubuh Jadi Lebih Bugar

 

6. Buatlah kamar tidur yang nyaman untuk tidur

 

Kondisi kamar yang tidak nyaman juga dapat berdampak pada kualitas tidur yang buruk. Agar dapat meningkatkan kualitas tidur, kamu harus pastikan kamar tidur terlihat bersih dan rapi. Kamar tidur yang kotor dan berantakan dapat membuat kamu merasa tidak nyaman dan sulit tidur.

 

Selain itu, cahaya juga dapat mengganggu produksi tidur kamu dikarenakan lampu terang yang masuk. Kamu dapat gunakan tirai atau gorden supaya kedap cahaya untuk menghalangi cahaya yang masuk ke dalam kamar tidur kamu. 

 

7. Hindari menggunakan elektronik sebelum tidur

 

Layar handphone sangat mengganggu kualitas tidur kamu dikarenakan tubuh kita tidak bisa memproduksi hormon melatonin, hormon yang membantu kualitas tidur kita. Ketika kita terpapar cahaya biru, tubuh kita akan berhenti memproduksi melatonin, yang membuat kita sulit tidur.

 

Hindari menggunakan perangkat elektronik selama 30 menit sebelum tidur dan lebih baik diganti dengan baca buku, mendengarkan musik, atau mandi air hangat sebelum tidur.

 

Sampoerna University

 

Sampoerna University adalah sebuah universitas terakreditasi penuh di Indonesia yang menawarkan pilihan terbaik bagi mereka yang mencari pendidikan internasional unggul. Sampoerna University adalah universitas swasta, non-denominasi, nirlaba yang berlisensi dan terakreditasi oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. 

 

Kami berkomitmen untuk menyediakan lingkungan pembelajaran yang inklusif dan mendukung bagi mahasiswa, dengan dukungan fasilitas modern dan fakultas yang berkualitas. Kami juga memberikan beasiswa dan program bantuan keuangan untuk mendukung aksesibilitas pendidikan bagi mahasiswa berprestasi.

 

Tertarik untuk bergabung bersama Sampoerna University? Sampoerna University mengundang mahasiswa berprestasi dan memiliki motivasi tinggi untuk bergabung bersama kami. Kamu dapat melihat prosedur pendaftaran Sampoerna University melalui link disini

 

Download Sampoerna University Academic Calendar 2023 – 2024

 

 

Recent More

Feb, 21 2024

Sampoerna University dengan bangga merayakan pencapaian luar biasa mahasiswa kami pada bulan Januari 2024,...

Feb, 05 2024

Sampoerna University, sebagai institusi pendidikan tinggi berstandar dunia, meraih prestasi membanggakan dengan menduduki peringkat...

Perbedaan dan Keunggulan Tokopedia Vs Shopee

Jan, 30 2024

Di Indonesia, ada dua marketplace terbesar, yaitu Tokopedia dan Shopee. Kedua marketplace ini memiliki...

Admission
Admission
Schedule a Visit
Schedule a Visit
Contact Whatsapp
Contact Whatsapp