Skip to main content

Cara Review Jurnal: Tujuan, Struktur, dan Contohnya!

By Juli 27, 2022Agustus 15th, 2022Artikel, Edukasi
cara review jurnal

Dalam dunia pendidikan, review jurnal adalah salah satu hal yang kerap dilakukan. Bagaimana cara review jurnal yang baik dan benar sesuai kaidah yang berlaku? Simak selengkapnya beserta contoh review jurnal dalam tulisan berikut.

Pengertian Review Jurnal

Review jurnal adalah kegiatan yang sering dilakukan mahasiswa maupun penggiat pendidikan yang lain. Dalam Bahasa Indonesia, review berarti ulasan, tinjauan, ataupun resensi. Sedangkan jurnal dalam KBBI dalam hal ini berarti majalah yang khusus memuat artikel dalam bidang ilmu tertentu.

Jadi, review jurnal merupakan sebuah kegiatan untuk mengulas atau merangkum secara keseluruhan jurnal yang diterbitkan dalam satu bidang ilmu tertentu tersebut.

Lalu apa tujuan dari review jurnal tersebut?

Tujuan Review Jurnal

Ada beberapa tujuan dari review jurnal jika cara review jurnal tersebut dilakukan dengan benar.

Pertama, review jurnal dilakukan untuk mencari tahu kekurangan dan kelebihan dalam artikel yang dipublikasikan dalam jurnal tersebut. Selain itu, juga bisa diketahui kualitas jurnal tersebut, untuk kemudian diketahui apakah bisa digunakan atau tidak.

Review jurnal juga bisa memberikan gambaran, ulasan, dan rangkuman agar orang lain bisa lebih mudah memahami tentang jurnal tersebut. Karena dengan dilakukannya review jurnal, akan dipahami dan didapatkan pokok-pokok yang disajikan dalam jurnal ilmiah tersebut.

Review jurnal juga akan membantu penulis lebih memahami tentang topik dan artikel jurnal yang berkaitan tersebut.

Baca juga: Karya Ilmiah Populer: Arti, Jenis, Struktur, dan Contoh

Struktur Review Jurnal

Cara review jurnal yang bagus, tentunya harus mengikuti langkah-langkah dan struktur yang tertata rapi. Ada format review jurnal dan beberapa hal yang perlu masuk dalam penulisan review jurnal sebagai berikut:

  • Judul artikel
  • Nama penulis
  • Nama Jurnal
  • Tahun dan Halaman
  • Tujuan
  • Hipotesis
  • Kerangka Penelitian
  • Kerangka Pemikiran
  • Populasi dan Sampel
  • Metode Pengambilan Sampel
  • Metode Penelitian
  • Isi dan Pembahasan
  • Kesimpulan
  • Keunggulan
  • Kekurangan

Cara Review Jurnal

Setelah mengerti apa itu review jurnal, tujuan, serta strukturnya, kemudian bisa dipahami bagaimana cara review jurnal yang baik dan benar. Berikut ini adalah langkah-langkah cara review jurnal yang baik dan benar:

  • Memeriksa tujuan serta ruang lingkup artikel jurnal yang akan direview

Dalam memilih jurnal, harus diperiksa terlebih dahulu tujuan dan lingkup jurnal tersebut, agar tak salah pilih jurnal yang tak sesuai dengan bidang studi.

  • Memilih jurnal yang relevan

Jurnal yang dipilih tentu saja harus relevan dengan penelitian yang ingin dilakukan karena akan digunakan sebagai rujukan dan sumber referensi.

  • Memeriksa orisinalitas jurnal

Nilai kredibilitas jurnal sangat penting, sehingga harus dilihat dulu orisinalitas jurnal tersebut.

  • Memperhatikan bagian diskusi dan kesimpulan pada jurnal

Hal ini bisa memberikan gambaran tentang hasil penelitian dalam artikel jurnal tersebut, serta hal-hal lain yang berkaitan.

Langkah-Langkah Review Jurnal

High view person writing on notepad

Dalam melakukan review jurnal, langkah pertama yang harus dilakukan adalah membaca jurnal secara keseluruhan terlebih dahulu. Hal ini harus dilakukan agar bisa mengerti secara keseluruhan apa yang ingin disampaikan oleh jurnal tersebut.

Selain itu, membacanya lebih dari sekali juga penting sehingga tak ada yang salah baca ataupun terlewat. Perlu juga menuliskan nama penulis artikel jurnal tersebut, judul, jurnal yang mempublikasi, nomor volume, nomor issue, tanggal publikasi, jumlah halaman, dan hal-hal lain yang penting tentang jurnal tersebut.

Identitas jurnal merupakan salah satu hal terpenting yang akan memudahkan dalam penulisan daftar pustaka dan sitasi. Dalam pembukaan review jurnal, bisa dilakukan dengan cara merangkum semua hal tentang jurnal tersebut secara singkat terlebih dahulu.

Kemudian setelah intisari tersebut, bisa diberikan penjelasan atau ulasan lebih mendalam. Selain itu, dalam ringkasan juga bisa diberikan opini pribadi dalam pembuatan review jurnal, khususnya tentang kekurangan maupun kelebihan artikel dalam jurnal tersebut.

Terakhir, jangan lupa untuk menuliskan kesimpulan hasil review dan juga periksa ulang hasil review tersebut dari awal hingga akhir.

Contoh Review Jurnal

Student online learning from home

Saat ini, banyak yang menyediakan review jurnal otomatis ataupun review jurnal online. Akan tetapi, review jurnal memang lebih baik dilakukan sendiri dan manual.

Hal ini karena penulis akan lebih bisa memahami isi jurnal tersebut, dan ini review jurnal akan lebih mencerminkan apa yang penulis pahami dan rasakan.

Berikut ini adalah contoh review jurnal:

  • Contoh Review Jurnal Internasional

Judul: Vision, innovation, and leadership in research libraries

Penulis: Ronald C. Jantz

Jurnal: Library and Information Science Research

Identifikasi: Volume 39, Issue 3, July 2017, Pages 234-241

Tujuan: Eksplorasi dalam kualitas pernyataan visi dan misi serta mengetahui kaitan pernyataan tersebut dengan dua karakteristik organisasi yaitu inovasi dan ukuran organisasi.

Hipotesis: Hipotesis 1 (H1): Skor pernyataan visi untuk perpustakaan penelitian akan berkorelasi positif dengan kinerja inovasi perpustakaan. Hipotesis 2 (H2): Skor pernyataan visi untuk perpustakaan penelitian akan berkorelasi negatif dengan ukuran organisasi. 

Kerangka Pemikiran: Visi perpustakaan -> Kinerja inovasi perpustakaan -> Kinerja perpustakaan

Populasi dan Sampel: Populasi dari penelitian ini adalah perpustakaan di Amerika Serikat yang tergabung dalam Association of Research Libraries. Sedangkan sampelnya merupakan 50 perpustakaan yang sudah dihubungi dan diminta persetujuan untuk berpartisipasi dalam studi inovasi.

Metode Pengambilan Sampel: Ada 3 sampai 4 anggota yang dipilih perpustakaan untuk ikut dalam studi ini, rata-rata ukuran tim yang dikirimkan adalah 3,6 orang. Survei daring kemudian dikirim ke mereka untuk semua 50 perpustakaan yang jadi sampel.

Metode Penelitian: Para pimpinan perpustakaan yang dipilih itu kemudian menanggapi pertanyaan yang diberikan terhadap perubahan, lingkungan eksternal, ketangkasan, tim manajemen, struktur organisasi, grafik-demo, dan inovasi dari perpustakaan masing-masing.

Isi dan Bahasan: Pada H1, Korelasi Pearson digunakan untuk menilai hubungan pernyataan visi untuk perpustakaan penelitian dan korelasi positif kinerja inovasi perpustakaan. Korelasi positif dan signifikan ada pada level 0,01, r (31) = 0,45, p <0,01 (dua sisi), artinya H1 bisa dikatakan mendapat dukungan.

Sedangkan pada H2, korelasi tidak signifikan secara statistik dan hipotesis H2 tidak didukung. Artinya, tak ada hubungan antara pernyataan visi dengan ukuran organisasi.

Kesimpulan: Dari penelitian yang dilakukan, perpustakaan dengan pernyataan visi yang kiat menurut tujuh atribut visi, biasanya mereka juga inovatif.

Beberapa hal yang menjadi faktor mungkin saja adalah visi dan peran pemimpin, serta gaya dan ciri pribadi pemimpin yang tertanam dalam visi perpustakaan tersebut.

Ukuran dan skor pernyataan visi tidak berhubungan secara signifikan, ternyata pernyataan visi membantu pemimpin perpustakaan menyeimbangkan kebutuhan jangka pendek dan panjang, tak berpengaruh kepada ukuran organisasi.

Kekurangan: Tak ada data sejauh mana komunikasi di masing-masing perpustakaan dilakukan. Sulit memahami proses komunikasi dan implementasi visi dalam konteks yang terbatas.

Keunggulan: Ada indikator inovasi dalam penelitian ini, selain juga memahami bagaimana komunikasi visi berpengaruh kepada kinerja.

Demikian penjelasan mengenai cara review jurnal. Di Sampoerna University, penulisan jurnal sangat didukung penuh. Ini terbukti dengan dibentuknya unit Center for Research and Community Service (CRCS) di bawah Kantor Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan (Vice Rector of Academic and Student Affairs /VRASA). 

Adapun CRCS ini bertanggungjawab dalam menghasilkan inovasi-inovasi yang bermanfaat bagi pendidikan tinggi dan kejayaan bangsa dengan tetap memperhatikan norma dan etika akademik berdasarkan prinsip otonomi keilmuan dalam visi dan misi Universitas Sampoerna serta penyediaan peraturan perundang-undangan melalui kerjasama dengan pemerintah, industri dan masyarakat.

Referensi

Riviera Publishing

X