Skip to main content

Pengertian Teks Eksposisi, Unsur, Struktur dan Contohnya

contoh teks eksposisi

Secara singkat teks eksposisi adalah tulisan yang isinya sebuah informasi dan pengetahuan ditulis tidak dengan panjang lebar dan disertai pendapat dari penulisnya. Contoh teks eksposisi biasanya berisi penilaian, dorongan dan ajakan tertentu kepada para pembaca. Karena memang tujuannya meyakinkan orang lain atau para pembaca.

Dalam jenis teks ini, penulis membeberkan sesuatu tentang informasi dengan jelas, objektif dan terperinci. Pemaparan informasi dilakukan dengan sejelas-jelasnya, karena biasanya teks ini dipakai dalam menguraikan suatu objek, langkah dan cara terkait proses kerja. Beberapa contoh dari teks eksposisi bisa seperti koran, majalah hingga artikel ilmiah.

Pengertian Teks Eksposisi

Teks eksposisi adalah tulisan non fiksi yang isinya memuat penjelasan mengenai suatu informasi atau pengetahuan berdasarkan fakta yang sebenarnya. Informasi atau pengetahuan yang disampaikan dalam tulisan ini dibuat secara singkat, padat, jelas dan akurat. Meliputi apa, siapa, kapan, di mana, mengapa dan bagaimana berdasarkan fakta atau kejadian sebenarnya.

Karena tulisan yang dibuat berdasarkan kejadian atau fakta yang sesungguhnya, maka penulis perlu dan harus menemukan sumber yang kredibel dan benar-benar bisa dipertanggungjawabkan keasliannya. Dilihat dari tujuan yang ingin dicapai dalam pembuatan tulisan ini yaitu menjelaskan suatu informasi secara detail dengan mengacu pada fakta serta data.

Pengertian Teks Eksposisi Menurut Para Ahli

  • Gorys Keraf

Tulisan eksposisi merupakan suatu wacana dalam menguraikan objek tertentu yang tujuannya untuk memperluas ilmu pengetahuan atau pandangan dari seorang pembaca setelah membaca teks tersebut secara menyeluruh.

  • Jos Daniel Parera

Apa itu teks eksposisi adalah tulisan yang ditujukan untuk menyampaikan informasi dari pengarang kepada para pembaca terhadap masalah atau kejadian tertentu. Tulisan didasarkan pada data dan fakta yang sebenarnya.

  • Chaer Al Wasilah

Teks eksposisi merupakan tulisan yang dibuat untuk menjelaskan sebuah persoalan dan informasi yang dibuat oleh penulis kepada para pembaca. Informasi yang diberikan berdasarkan data yang bisa dipertanggungjawabkan.

Unsur-unsur Teks Eksposisi

  • Ide atau Gagasan

Dalam hal ini ide atau juga gagasan bisa berbentuk sebuah komentar, penilaian, saran, dorongan hingga ajakan atau bujukan. Melalui gagasan inilah penulis mendapat dasar dan alasan untuk membuat tulisan dari hasil pemikirannya. Gagasan dibuat sebagai bahan tulisan, ide ini juga harus didukung dengan data dan fakta.

  • Fakta

Menjadi unsur kedua dalam penulisan teks eksposisi, karena memang posisinya yang saling berkaitan dengan unsur pertama. Fakta bisa berbentuk kenyataan, sesuatu yang benar-benar atau terjadi dan tidak harus berupa angka. Bisa juga mengutip pernyataan seorang ahli dalam memperkuat gagasan dan untuk melakukan hal ini perlu diberi catatan kaki.

Baca juga: Apa Itu Teks Eksplanasi? Ciri-ciri dan Strukturnya

Ciri-ciri Teks Eksposisi

  • Isinya Informasi dan Pengetahuan

Ciri pertama dalam teks eksposisi adalah berisi pengetahuan dan informasi, dua kandungan inilah yang akan diserap para para pembaca setelah membaca teks ini. Membuktikan bahwa sesuatu benar-benar terjadi, kandungan informasi yang dimuat dalam tulisan ini memberi karakteristik khusus bahwa teks yang dibaca merupakan tulisan jenis eksposisi.

  • Bentuk Tulisan

Membutuhkan pemahaman yang lebih mendalam mengenai bentuk penulisan, karena teks eksposisi ditulis dengan lugas, padat, singkat tetapi jelas. Dapat dikatakan bahwa jenis teks ini hanya menyampaikan hal-hal yang penting untuk disampaikan kepada para pembaca. Ditulis dengan singkat agar arah tulisan ini tidak keluar dari topik pembahasan.

  • Bahasa Baku

Pemakaian bahasa baku menjadi ciri yang ketiga dalam sebuah teks eksposisi, pemilihan kosakata dan diksi yang jelas sangat memengaruhi bentuk tulisan. Selain agar mudah dibaca juga para pembaca tidak sulit untuk memahami isi tulisan, tidak harus kata atau kalimat yang berat. Penyampaian secara santai bisa lebih mudah diterima oleh pembaca.

  • Objektif Tidak Memihak

Dalam menulis teks eksposisi, poin objektif dan tidak memihak sangat penting dikedepankan karena penulis tidak boleh memasukkan opini untuk menggiring opini pembaca melalui tulisan eksposisi. Teks jenis ini hanya berisi informasi terkait sesuatu yang benar-benar terjadi atau ada, seperti data dan fakta tanpa harus menambahkan opini pribadi dari penulis.

Struktur Teks Eksposisi

  • Thesis (Pendahuluan)

Pendahuluan dalam hal ini menjelaskan bagaimana gagasan utama sebagai dasar kegiatan menulis teks eksposisi. Dimulai dari apa yang ingin disampaikan oleh penulis kepada para pembaca, diawali dengan pembahasan kemudian penjelasan lebih lanjut. Namun perlu diingat bahwa tulisan harus dibuat secara singkat, padat dan jelas.

  • Argumentasi

Penjelasan atau argumentasi dalam teks eksposisi mencakup fakta yang ada dan merupakan bahan dalam pembuatan tulisan ini. Menjelaskan mengenai fakta yang terjadi, atau munculnya data-data valid untuk dibagikan ke publik. Dalam setiap paragraf teks eksposisi harus memuat penjelasan terkait data dan fakta.

  • Penegasan Ulang

Pada akhir paragraf, penegasan ulang ini juga diperkuat dengan fakta dan data yang sebelumnya sudah dicari dan dikumpulkan. Selain itu juga penjelasan ulang mengapa kedua bahan dasar dalam pembuatan teks eksposisi ada atau muncul. Ditulis secara singkat tanpa melebar ke luar topik pembahasan.

Kaidah Kebahasaan Teks Eksposisi

  • Pronomina, merupakan kata yang digunakan untuk mengganti orang atau benda. Misalnya, saya/aku, kita/kami dan lain sebagainya. Jenis kata yang utamanya muncul di bagian pernyataan pendapat atau tesis dan penegasan ulang dalam sebuah teks eksposisi.
  • Nomina, kelas kata yang menyatakan sebuah nama dari seseorang, tempat, benda dan semua yang dibendakan. Misalnya seperti komunitas, rakyat dan negara serta lain sebagainya yang bisa dimasukkan ke dalam tulisan eksposisi.
  • Verba, adalah kata yang menggambarkan proses atau perbuatan, dapat seperti dituntut, dibentuk, mendorong, menetapkan dan masih banyak lagi. Jenis kata ini sama pentingnya dalam pembuatan teks eksposisi, utamanya dalam penegasan.
  • Adjektiva, merupakan jenis kata yang digunakan untuk menjelaskan atau menerangkan kata benda dan bisa melekat pada kata sangat dan sekali. Misalnya seperti optimis, potensial, yakin dan lain sebagainya yang digunakan dalam tulisan ini.
  • Adverbia, adalah jenis kata yang dipakai dalam pembuatan tulisan eksposisi dengan fungsi memberi keterangan pada verba dan adjektiva. Misalnya seperti tidak berpotensi, sangat optimis dan yakin sekali.

Jenis-jenis Teks Eksposisi

  • Ilustrasi, merupakan jenis teks eksposisi yang menerapkan penggambaran secara sederhana atau bentuk konkret dari suatu ide. Teks jenis ini mengilustrasikan suatu hal dengan kesamaan sifat yang dimiliki. Biasanya dalam pembuatan tulisan jenis ini menggunakan frasa penghubung.
  • Berita, merupakan jenis teks eksposisi yang ditulis untuk memberi informasi terkait suatu kejadian dan tulisan ini sering dijumpai dalam berita seperti surat kabar. 
  • Perbandingan, jenis teks eksposisi yang tulisannya untuk menerangkan suatu ide dan gagasan dalam kalimat utama dengan metode perbandingan.
  • Proses, merupakan teks eksposisi yang isinya mengenai panduan atau juga tata cara untuk mengarahkan pembaca dalam membuat sesuatu.
  • Definisi, adalah teks eksposisi yang digunakan untuk menjelaskan sesuatu atau pengertian terkait suatu objek yang dibahas.
  • Pertentangan, merupakan teks eksposisi yang isinya terkait pertentangan antara suatu objek dengan objek lainnya. Secara umum dalam hal ini teks yang dibuat menggunakan frasa penghubung seperti meskipun begitu, sebaliknya dan akan tetapi.
  • Analisis, bentuk teks eksposisi yang isinya mengenai proses dalam pemisahan suatu masalah terhadap gagasan utama. Menjadi beberapa sub-bagian dan setelah itu dibuat pengembangan secara urut.

Pola Pengembangan pada Teks Eksposisi

  • Pola Umum Khusus

Penulisan dengan pola ini memaksa penulis harus mengawali tulisan menggunakan ide-ide dasar terlebih dulu, setelahnya baru dilanjutkan dengan pembahasan yang lebih mendalam dan lebih detail terkait bahan yang ditulis.

  • Pola Khusus Umum

Penulisan diawali dengan penjelasan mengenai beberapa hal detail suatu bahan setelahnya baru dilanjutkan dengan hal-hal yang bersifat umum. Bisa dibilang pola ini kebalikan dari pola umum-khusus.

  • Pola Ilustrasi

Penambahan ilustrasi dalam pola ini ditujukan untuk memudahkan para pembaca dalam menangkap maksud yang ingin disampaikan penulis. Khususnya jika penulis membawakan objek atau bahan yang berat dan akan membuat bingung pembacanya.

  • Pola Perbandingan

Perbandingan disebut juga dengan komparasi, maksud dari penggunaan pola ini adalah tulisan yang dibuat membutuhkan adanya suatu perbandingan agar tujuan atau maksud dari penulisan yang dibuat bisa ditangkap dan dipahami oleh para pembaca.

Contoh Teks Eksposisi

Sarapan pagi memiliki banyak manfaat untuk tubuh, bahkan dalam beberapa studi dan penelitian menyebutkan jika sarapan mampu memberi energi untuk memulai hari. Selain itu juga agar mengendalikan berat badan dan meningkatkan kinerja serta konsentrasi. Sarapan bermanfaat memberi keterampilan kognitif otak yang bisa meningkatkan memori dalam konsentrasi tinggi.

Banyaknya manfaat dari sarapan sebaiknya jangan dilewatkan dalam setiap harinya, karena dengan membiasakan diri untuk sarapan setiap hari. Dengan membiasakan diri untuk sarapan maka hari-hari juga akan dilalui dengan lebih baik. Hal ini tak lepas dari saat tidur tubuh kehilangan banyak asupan karena selama waktu berjam-jam hanya dihabiskan untuk mengistirahatkan tubuh.

Karena itulah tubuh memerlukan waktu untuk memulihkan diri dengan mengisi kembali asupan makanan bergizi dan sehat. Bayangkan jika melewatkan sarapan pagi dengan keadaan perut kosong, bukan tak mungkin tubuh akan menjadi sasaran empuk serangan berbagai macam jenis penyakit berbahaya.

Contoh Teks Eksposisi Beserta Analisis Struktur

  • Pendahuluan (Tesis)

Ekonomi rakyat disebut sebagai kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh banyak masyarakat, termasuk kegiatan pertanian. Kegiatan ekonomi yang dimaksudkan untuk peternak, petani atau nelayan bukan berupa perkebunan atau pertanian besar.

  • Penjelasan

Ekonomi rakyat dapat dilihat dari perspektif lain, setiap kegiatan perekonomian rakyat terhubung dengan sumber daya ekonomi yang diberikan rakyat. Artinya semua proses dari produksi hingga konsumsi dilakukan dan ditetapkan oleh rakyat.

  • Penegasan Ulang

Kegiatan ekonomi rakyat tidak memiliki pembatasan, terkait produk, sifat usaha, besaran usaha dan modal. Karena ekonomi tidak bersifat pada eksklusif namun terbuka, agar berkembang dengan norma dan transaksi yang didasarkan perkembangan sosial masyarakat dalam hal ekonomi.

Demikian penjelasan mengenai teks eksposisi, mulai dari pengertian, jenis, struktur hingga contoh yang digunakan. Jurnal Sampoerna University memberikan pemahaman lebih lanjut mengenai suatu permasalahan, termasuk yang dialami mahasiswa saat proses pembelajaran. Berbagai macam jurnal yang disediakan Sampoerna University bertujuan untuk memberi kemudahan.

Sesuai dengan prinsip kurikulum internasional yang diterapkan di Sampoerna University, mahasiswa mendapatkan fasilitas penuh dari perguruan tinggi. Membentuk mahasiswa yang tak hanya berkompeten dari segi ilmu pengetahuan tetapi juga karakter yang dimiliki sehingga menjadi lulusan yang mampu bersaing tak hanya di level nasional melainkan juga internasional.

Pelajari lebih lanjut terkait program studi, metode pengajaran dan seputar informasi akademik yang ada di Sampoerna University dengan mengisi data dibawah ini dan team kami akan siap melayani.

Article Form

Referensi
Zenius.net – contoh teks eksposisi

X