TENTANG DEPARTEMEN TEKNOLOGI INFORMASI

IT Department Header

Departemen Teknologi Informasi (TI) bertanggung jawab atas semua aspek Sistem Informasi dan Layanan Teknologi Informasi untuk mendukung semua kegiatan operasional akademik dan administrasi Sampoerna University. Fokus TI adalah untuk mendukung penciptaan lingkungan belajar dan mengajar yang efektif untuk mendorong keberhasilan siswa.

Prinsip Departemen Teknologi Informasi

  • Meningkatkan kegiatan belajar dan dukungan instruksional melalui penggunaan teknologi yang efektif
  • Mempertahankan lingkungan teknologi yang andal, kuat, dan aman
  • Menyeimbangkan inovasi, pengelolaan, dan penggunaan sumber daya perguruan tinggi melalui perencanaan dan pengelolaan yang cermat

Gambaran Umum Layanan Teknologi Informasi

Layanan TI dan sumber daya sistem diberikan untuk mahasiswa, anggota fakultas, dan staf. Kebutuhan dan layanan TI ditentukan oleh unit akademik. Cakupan layanan yang diberikan meliputi kebutuhan akademik dan administrasi Sampoerna University.

Departemen TI menyediakan implementasi dan pemeliharaan Layanan Aplikasi Perusahaan untuk mendukung proses akademik dan manajemen.

Layanan Aplikasi Sampoerna University

Sistem Informasi Akademik tersedia untuk mengotomatisasi administrasi proses akademik yang berkaitan dengan arsip mahasiswa, registrasi, manajemen kurikulum, materi kuliah dan arsip dosen. Pengguna yang berwenang dapat mengakses layanan ini melalui aplikasi. Akses yang diberikan memungkinkan pengguna untuk melihat catatan pendaftaran, nilai, dan jadwal kelas.

Sistem informasi ini terintegrasi dengan aplikasi di bawah ini.

  • Sistem Informasi Penerimaan dan Pendaftaran
  • Sistem Pembayaran Siswa
  • Sistem Manajemen Fasilitas

Teknologi Pendidikan Terpilih

  • Canvas adalah Learning Management System (LMS) yang memungkinkan dosen membuat, mengelola, dan berbagi konten dan sumber pembelajaran.
  • Perpustakaan Sampoerna University menyediakan solusi otomatis untuk pemesanan, peminjaman, dan pemeliharaan inventaris buku, majalah, dan materi lainnya. Sistem ini juga menyediakan akses online bagi mahasiswa dan dosen ke buku elektronik dan jurnal yang merupakan bagian dari inventaris Sampoerna University.
  • Microsoft Office adalah aplikasi office suite yang tersedia untuk mahasiswa, dosen, dan staf. TI mengelola lisensi dengan Microsoft yang memberikan bahwa semua mahasiswa, fakultas, dan staf memiliki akses ke produk Microsoft seperti Word, Excel, Powerpoint, One Note, dan lainnya. Setiap pengguna terdaftar diberikan akun Office 365 dan penyimpanan OneDrive dengan kapasitas 50GB.

Layanan Jaringan Dan Infrastruktur

Infrastruktur IT di Sampoerna University dibangun untuk mendukung kegiatan belajar mengajar serta mendukung semua layanan administrasi di kampus. Jaringan kampus dirancang dengan Local Area Network (LAN) dan akses internet Wi-Fi/nirkabel, tersedia di semua lantai di dalam gedung kampus.

Koneksi Internet dan kampus nirkabel

Akses internet tersedia melalui koneksi kabel dan nirkabel (Wi-Fi). Bandwidth yang memadai dan dapat diatur disediakan untuk mendukung aplikasi pembelajaran dan pengajaran online, ujian online di laboratorium komputer, aplikasi multimedia, dan sistem konferensi video.

Telekomunikasi

Implementasi komunikasi suara diintegrasikan dalam infrastruktur jaringan untuk telepon IP (VoIP), suara, dan sistem konferensi video.

Layanan Sistem Masuk Tunggal (Single Sign On/SSO)

Layanan SSO adalah bagian dari layanan infrastruktur yang mengelola otentikasi dan hak akses untuk beberapa aplikasi yang disediakan untuk aplikasi akademik dan back office. Setiap pengguna (mahasiswa, fakultas dan staf) diberikan akun SSO menggunakan ID email pribadi mereka.

Layanan Teknologi di Ruang Kelas Dan Laboratorium

Semua ruang kelas disesuaikan untuk mendukung lingkungan pengajaran abad ke-21. Setiap ruang kelas dilengkapi dengan teknologi instruksional dan proyeksi dan dilengkapi dengan Wi-Fi untuk akses internet dan port LAN. Selain itu, proyektor multimedia dengan konektor HDMI/VGA dipasang di setiap ruang kelas. Teknologi ini memungkinkan dosen untuk mengakses dan menyebarkan sumber daya untuk mengajar mata kuliah menggunakan sumber daya digital.

Sampoerna University memiliki empat laboratorium komputer yang dilengkapi dengan total 101 komputer pribadi untuk mendukung pembelajaran online dan tugas berbasis komputer. Semua PC diinstal dengan sistem operasi MS Windows, produk MS Office, dan berbagai perangkat lunak untuk pekerjaan lab komputer.

Jam Operasional

Departemen TI menyediakan sejumlah opsi dukungan kepada mahasiswa, fakultas, dan staf. Ini termasuk bantuan melalui email, melalui telepon atau secara langsung.

Meja Layanan TI untuk fakultas dan staf: Ruang Staf TI di lantai 6

Loket IT untuk siswa: Loket Registri di lantai 6

 

Kantor Layanan TI

Alamat: L’Avenue Building, lantai 6 Jl. Raya Pasar Minggu Kav. 16, Pancoran, Jakarta Selatan, Indonesia Telepon: +62 21 50 2222 34 ext. 7777

Email: it.services@sampoernauniversity.ac.id

Jam Operasional:

Day

Support Time

Break Time

Support Type

Monday

8.00 am - 9.00 pm

12.00 pm - 1.00 pm

Onsite support at L’avenue Campus

Tuesday

8.00 am - 9.00 pm

12.00 pm - 1.00 pm

Onsite support at L’avenue Campus

Wednesday

8.00 am - 9.00 pm

12.00 pm - 1.00 pm

Onsite support at L’avenue Campus

Thursday

8.00 am - 9.00 pm

12.00 pm - 1.00 pm

Onsite support at L’avenue Campus

Friday

8.00 am - 9.00 pm

11.40 am - 1.00 pm

Onsite support at L’avenue Campus

Saturday

8.00 am - 1.00 pm

-

Onsite support at L’avenue Campus

Sunday

8.00 am - 1.00 pm

-

Online / remote support