Skip to main content

Jurusan Pendidikan: Deskripsi, Mata Kuliah, dan Prospek Kerja!

By November 28, 2022Artikel, Artikel - FOE
jurusan pendidikan

Jurusan pendidikan adalah salah satu program studi yang banyak diminati dan paling banyak tersedia di universitas-universitas Indonesia. Sebenarnya, bagaimana kuliah di jurusan pendidikan dan bagaimana prospek kerjanya? Simak dalam penjelasan lengkap mengenai jurusan tersebut berikut ini!

Deskripsi Jurusan Pendidikan

Jika ditilik ke dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pendidikan berarti proses, cara, perbuatan mendidik, dan bisa juga berarti proses mengubah sikap dan tata laku seseorang atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan.

Jadi, jurusan pendidikan adalah program studi yang fokus mempelajari dan mempersiapkan lulusannya untuk jadi tenaga pendidik alias guru.

Selain belajar tentang bidang studi tersebut, mahasiswa juga akan belajar tentang proses transfer ilmu yang efektif kepada murid, cara tepat untuk mengajar, cara mengelola kelas, cara mengembangkan program pembelajaran, dan sebagainya.

Di Indonesia kini, ada banyak program studi jurusan pendidikan, bahkan ada cabang pendidikan siswa berkebutuhan khusus, PGPAUD, PGTK, hingga PGSD, selain juga pendidikan di berbagai cabang ilmu.

Pengetahuan dan Keahlian

jurusan pendidikan

Berikut ini adalah pengetahuan dan keahlian yang bakal didapat oleh lulusan jurusan pendidikan:

  • Kemampuan komunikasi
  • Kemampuan manajerial
  • Kemampuan melakukan observasi
  • Kemampuan melakukan analisis
  • Kemampuan berpikir sistematis
  • Keterampilan interpersonal
  • Inovatif

Baca juga: Jurusan Psikologi Sampoerna University: Apa Saja Prospeknya?

Kenapa Harus Memilih Jurusan Pendidikan?

Ada banyak hal yang membuat jurusan pendidikan menarik untuk dimasuki, dengan banyak keuntungan yang didapatkan oleh para lulusannya. Selain mengajar, lulusan juga bisa berbisnis misal membuka kelas bimbingan belajar, atau bahkan misal membuka toko kue untuk lulusan Pendidikan Teknik Boga.

Selain itu, bisa juga masuk ke dunia profesional lainnya, seperti membuka kelas konseling untuk lulusan pendidikan guru BK atau juga masuk ke dalam pemerintahan sebagai lulusan manajemen dan administrasi pendidikan.

Lulusan juga bisa menjadi pengembang kurikulum, selain menjadi juga penulisan dan penyuntingan buku-buku ajar.

Prospek Kerja

Tujuan utama kerja dari lulusan jurusan pendidikan adalah jadi guru.

Meski begitu, ada banyak lowongan pekerjaan lain yang bisa dicoba oleh lulusan ini, seperti di dunia penerbitan, bisnis, hingga sektor lain, di antaranya sebagai:

  1. Editor
  2. Peneliti dan teknisi
  3. Konsultan
  4. Instruktur pelatihan
  5. Wirausaha
  6. Penulis
  7. Kepala sekolah
  8. Membuka bimbel

Dunia Perkuliahan

Kuliah di jurusan pendidikan artinya kuliah di satu bidang studi dan fokus di sana. Misalnya adalah pendidikan bahasa inggris yang ada di Sampoerna University memiliki fokus seperti pemikiran disipliner, terampil dalam teknologi terbaru, profesional, transformatif dan memiliki Sampoerna DNA (Kepemimpinan, Kewirausahaan, Tanggung Jawab Sosial).

Perbedaan jurusan ilmu murni dan pendidikan adalah apa yang didapatkan dan bagaimana penerapannya, Ilmu murni akan langsung digunakan, sedangkan jurusan pendidikan fokus kepada bagaimana transfer ilmu dilakukan kepada murid.

Contoh-contoh program studi jurusan pendidikan adalah:

  1. Pendidikan Akuntansi
  2. Pendidikan Biologi
  3. Pendidikan Fisika
  4. Pendidikan Geografi
  5. Pendidikan Guru PAUD
  6. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
  7. Pendidikan Sejarah
  8. Pendidikan Teknik Boga
  9. Pendidikan Teknik Mesin
  10. Pendidikan Luar Sekolah
  11. Bimbingan dan Konseling
  12. Manajemen Pendidikan

Di dalam dunia perkuliahan nanti, akan ada banyak mata kuliah yang didapatkan seperti:

  1. Perencanaan Pengajaran
  2. Pengembangan Kurikulum
  3. Telaah Buku Teks
  4. Pengembangan Bahan Pembelajaran
  5. Strategi Pembelajaran
  6. Assessment Pembelajaran
  7. Evaluasi Pembelajaran
  8. Pembelajaran Terpadu
  9. Media dan Sumber Belajar

Jurusan Pendidikan di Sampoerna University

jurusan pendidikan

Sampoerna University memiliki Fakultas Pendidikan, dengan berisi program studi Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris. Hal ini mengingat jurusan pendidikan guru yang paling dibutuhkan saat ini adalah lulusan pendidikan matematika dan pendidikan bahasa Inggris. Sebagai informasi, syarat masuk jurusan pendidikan bahasa Inggris, tak harus pandai berbahasa Inggris terlebih dahulu.

Jurusan pendidikan di Sampoerna University punya tujuan transformasi pendidikan Indonesia dan memenuhi tantangan abad ke-21. Hal itu diwujudkan dengan cara memberikan kurikulum yang menekankan pada pendekatan multidisiplin, teknologi terbaru, keterampilan reflektif dan penelitian, dan integrasi teori-praktik.

Selain itu, semua program berasal dari penelitian kontemporer dan praktik terbaik, menghasilkan pendidik transformatif berkualitas tinggi dengan semangat belajar sepanjang masa ditambah komitmen untuk meninjau kembali sistem pengajaran dan mendesain ulang proses belajar pelajar saat ini dan pada masa depan.

Visi dari jurusan pendidikan di Universitas Sampoerna adalah untuk bisa menjadi fakultas ilmu pendidikan yang diakui secara internasional, juga menciptakan pendidik berkualitas tinggi dan transformatif.

Selain itu, ada tiga misi yang berharap bisa dicapai. Pertama, Menciptakan pemimpin pendidikan abad ke-21 berkualitas tinggi untuk Indonesia dengan semangat belajar sepanjang hayat yang memiliki karakteristik khas Universitas Sampoerna dan berkomitmen untuk mengubah pendidikan Indonesia.

Kedua, menjadi fakultas pendidikan utama di Indonesia berdasarkan ilmu pendidikan kontemporer, standar profesional internasional yang ketat, kegiatan ilmiah, kepatuhan lokal, dan pengalaman praktis dengan komunitas lokal.

Ketiga, berkolaborasi dengan mitra strategis untuk menjadi center of excellence dalam pendidikan transformatif.

Beberapa keunggulan jurusan pendidikan di Sampoerna University:

  1. Ukuran kelas kecil
  2. Teknologi yang dimiliki terbaru
  3. Pembelajaran kontekstual lewat school experience program
  4. Belajar langsung dari pakar dengan pengetahuan langsung dalam pendidikan
  5. Ada konferensi pendidik nasional
  6. Menerapkan pengetahuan yang didapat dalam konteks nyata
  7. Banyak tawaran pekerjaan dari sekolah-sekolah terbaik.

Banyak lulusan jurusan pendidikan Sampoerna University yang mendapat tawaran bekerja sebelum lulus, sedang yang lain hampir 100% mendapat pekerjaan kurang dari dua bulan setelah lulus.

Bahkan lulusan jurusan ini mendapat pekerjaan di sekolah-sekolah terbaik seperti Sekolah Nasional, Nasional Plus, dan Internasional di Indonesia. Bahkan, ada lulusan Sampoerna University yang mengajar matematika sampai di Kanada!

Kesempatan Beasiswa di Sampoerna University

Ada banyak universitas di Indonesia yang memiliki jurusan pendidikan, salah satunya yang terbaik adalah Sampoerna University. Di Sampoerna University juga banyak kesempatan untuk mendapatkan beasiswa bagi mahasiswa yang terpilih.

Selain itu, lulusan Sampoerna University juga banyak yang menjadi penerima beasiswa bergengsi untuk meneruskan studi mereka seperti Beasiswa Fulbright, Australia Awards, Chevening Awards, dan Beasiswa LPDP.

Para lulusan ini kemudian kuliah di universitas ternama dunia seperti University of Melbourne, Monash University, Oxford University, University of College London, University Bristol, Universitas Manchester, Universitas Glasgow, Universitas Toronto, dan Universitas Syracuse.

Jadi, tunggu apa lagi? Jadikan jurusan pendidikan di Sampoerna University jadi pilihan jurusan dan program studi kalian!

Untuk informasi lebih lanjut terkait pendaftaran, kurikulum, kunjungan, dan informasi seputar Sampoerna University silakan mengisi data di bawah ini.

Article Form

Referensi

Detik.com

X