Ikhtisar

Industri 4.0 merevolusi cara perusahaan mengontrol, meningkatkan, dan mendistribusikan produk dan layanan mereka. Produsen mengintegrasikan teknologi baru, termasuk AI dan machine learning, komputasi & analitik cloud, dan Internet of Things (IoT) ke dalam fasilitas dan operasi produksi mereka. Terlebih, pasar semakin terbuka berkat dukungan teknologi digital dan Indonesia menjadi bagian dari pasar global. Oleh karena itu, sumber daya manusia yang memiliki kemampuan untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja saat ini sangat dibutuhkan. Kurikulum di Fakultas Bisnis telah dirancang dan disesuaikan dengan tuntutan era Industri 4.0 dan kondisi bisnis global saat ini. Misalnya, penggunaan perangkat lunak serta dukungan/diskusi teknologi digital untuk berbagai mata pelajaran seperti akuntansi, manajemen keuangan, operasi, sumber daya manusia, pemasaran, metode penelitian, dan strategi bisnis.

Program yang ditawarkan adalah Kelas Internasional dengan gelar S1 Akuntansi dan S1 Manajemen dari Sampoerna University. 9 dari 10 lulusan Sampoerna University mendapatkan pekerjaan dalam waktu 3 bulan setelah lulus.

Visi & Misi FoB

Visi

Menjadi Fakultas Bisnis yang diakui secara internasional pada tahun 2030 untuk mengembangkan nilai-nilai kewirausahaan, kepemimpinan dan tanggung jawab sosial yang dapat berkontribusi pada pertumbuhan bangsa.

Misi

  • Fakultas Bisnis Sampoerna University memberikan pendidikan yang dapat mengembangkan lulusan-lulusannya untuk memiliki wawasan global, berjiwa usaha, memiliki jiwa kepemimpinan, dan rasa tanggung jawab sosial, sehingga mampu memberikan kontribusi bagi perkembangan masyarakat dan dunia usaha Indonesia di kancah lokal, nasional, dan internasional diantaranya menyelenggarakan pendidikan bisnis yang unggul dengan mengkombinasikan program akademik yang inovatif berbasis sains, menghasilkan penelitian di bidang bisnis yang berkualitas untuk menunjang keberlangsungan pembangunan masyarakat, melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang bisnis, serta menyelenggarakan pengelolaan pendidikan dan kerjasama dengan tata kelola yang sesuai dengan azas good university governance.

  • The Faculty of Engineering and Technology at Sampoerna University strives

  • To provide an education in engineering and technology having international standards, built around an American general education core, that prepares its graduates as highly competent, entrepreneur minded, and socially responsible leaders; and are committed to giving back to Indonesia and society.

  • To conduct innovative research in the field of engineering and technology for the benefits of humankind.

Show More

Mengapa Fakultas Bisnis Sampoerna University?

Berfokus Pada Pengiriman
Program Akademik yang Relevan

Portofolio pendidikan yang dibuat khusus yang berfokus pada penyampaian program akademik yang selaras dengan permintaan negara akan individu yang sangat terlatih untuk mengisi pekerjaan dengan permintaan tinggi di sektor manajemen bisnis, perbankan, dan jasa keuangan. Program-program di Fakultas Bisnis dirancang untuk memenuhi kekurangan bakat bangsa dan memastikan bahwa semua siswa kami memiliki posisi yang baik untuk bersaing mendapatkan pekerjaan di Indonesia dan luar negeri. Menurut Boston Consulting Group, kekurangan manajer yang sangat terlatih di semua tingkatan yang dibutuhkan untuk mengisi pekerjaan di perusahaan Indonesia sudah akut. Lulusan Fakultas Bisnis memiliki tingkat pekerjaan lebih dari 100% dalam waktu 2 bulan setelah kelulusan.

Bahasa Pengantar Adalah Bahasa Inggris

Bahasa pengantar adalah bahasa Inggris untuk mempersiapkan mahasiswa untuk pekerjaan dengan perusahaan multinasional terkemuka.

Belajar Dari Pengajar Terbaik

Sebagian besar pengajar di Fakultas Bisnis memiliki gelar doktor. Banyak pengajar kami juga memiliki gelar dari universitas asing — sehingga dapat memberikan perspektif internasional yang unik yang memperkaya pengalaman belajar bagi mahasiswa kami. Mahasiswa juga mendapat manfaat dari banyak dosen tamu dari Amerika Serikat yang memberikan kuliah tamu secara teratur di Sampoerna University

Menawarkan Konsentrasi Di Bidang Keuangan, Perbankan, Pemasaran Digital, & Kewirausahaan

Salah satu dari sedikit Fakultas di Indonesia yang menawarkan konsentrasi di bidang keuangan dan perbankan, akuntansi, kewirausahaan, dan pemasaran digital.

Sebagai bagian dari kemitraan unik dengan salah satu bank paling terkemuka di dunia untuk meningkatkan literasi keuangan dan pendidikan perbankan di Indonesia, kurikulum kami telah dikembangkan dalam kemitraan yang erat dengan para pakar perbankan agar selaras dengan kebutuhan perbankan dan sektor keuangan di Indonesia saat ini.

Program kewirausahaan dan pemasaran digital hadir untuk menjawab permintaan besar-besaran saat ini akan sumber daya manusia di bidang tersebut. Kurikulum kami menggabungkan kursus dan aplikasi dunia nyata, memberikan mahasiswa pengalaman langsung dalam memahami prinsip-prinsip kewirausahaan dan pengetahuan dasar pemasaran yang terjalin dalam aplikasi kehidupan nyata mereka.

Dunia Nyata

Peluang pembelajaran pengalaman dunia nyata disediakan oleh CEO Talk Series bulanan (di mana para CEO terkemuka mengunjungi Sampoerna University dan berpartisipasi dalam sesi tanya jawab dengan fakultas dan mahasiswa), Seri Kunjungan Perusahaan (di mana siswa mengunjungi perusahaan terkemuka di dalam dan sekitar Jakarta), Peluang Magang di perusahaan bergengsi (seperti The Big 4 Financial Firms (Deloitte, KPMG, PWC, dan E&Y), Unilever, 3M, Leo Burnett, dll), Galeri Investasi dan latihan Simulasi Bisnis di mana siswa merencanakan bisnis mereka sendiri dan meninjaunya oleh panel luar.

Peluang Belajar Unik di Luar Negeri Bagi Mahasiswa Bisnis

Peluang belajar unik di luar negeri bagi mahasiswa bisnis sebagai bagian dari kemitraan kami dengan universitas-universitas AS, mahasiswa di FOB memiliki kemampuan untuk belajar di luar negeri dan mendapatkan kredit yang langsung berlaku untuk gelar mereka di SU, menunggu satu atau dua semester di universitas mitra AS kami.

Pengajaran dan Pembelajaran yang Disempurnakan oleh Teknologi

Lingkungan belajar mengajar mengintegrasikan sumber daya digital terbaik yang mempromosikan pembelajaran di dalam dan di luar kelas. Teknologi tidak hanya digunakan sebagai alat sosial untuk kesenangan, tetapi alat pembelajaran yang kuat yang memungkinkan mahasiswa untuk membuat, mengeksplorasi, dan menjadi pencipta pengetahuan mereka sendiri.

Kurikulum yang Memenuhi Standar Internasional

Kurikulum yg ditawarkan oleh FOB di Sampoerna University telah dikembangkan dengan kurikulum dari Amerika Serikat, di mana para murid tidak hanya mendapatkan pelajaran yang bersifat teoretikal di kelas, tetap juga mendapat pelajaran yang bersifat praktek melalui studi kasus bisnis di kelas.

 

Objektif

 

Fakultas Bisnis (FOB) telah mengembangkan portofolio pendidikan yang berfokus pada penyampaian program akademik yang selaras dengan kebutuhan negara akan individu yang sangat terlatih untuk mengisi pekerjaan yang banyak diminati di sektor manajemen bisnis, perbankan, dan jasa keuangan. Program-program di Fakultas Bisnis dirancang untuk memenuhi kekurangan talenta nasional dan memastikan bahwa semua mahasiswa kami memiliki posisi yang baik untuk bersaing mendapatkan pekerjaan di Indonesia dan luar negeri. FOB telah merumuskan tujuannya sebagai berikut:

 

  • Menghasilkan lulusan yang berkualitas dan berdaya saing tinggi untuk menjadi wirausaha dan pemimpin yang beretika dan berintegritas.
  • Menghasilkan lulusan yang memiliki wawasan internasional dan mampu berkomunikasi di pasar kerja internasional. 
  • Menghasilkan penelitian terapan dan karya ilmiah yang dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, kebutuhan dunia usaha, dan dunia akademis di tingkat nasional, regional, dan internasional.
  • Menghasilkan lulusan yang mempunyai tanggung jawab terhadap pembangunan perekonomian nasional untuk meningkatkan kualitas hidup melalui program pengabdian kepada masyarakat.
  • Membangun jaringan alumni yang kuat

 

Rencana Strategis

 

Fakultas Bisnis mempunyai komitmen yang kuat, sebagaimana tercermin dalam visi dan misinya, untuk menghasilkan sumber daya manusia yang memiliki kompetensi di bidang ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni (IPTEKS) serta mampu menghadapi persaingan global, yang terutama bermuara pada kemajuan Indonesia. Beberapa tahun ke depan akan menjadi tahun yang penuh tantangan sekaligus peluang. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi memasuki era persaingan global yang akan berdampak pada tingginya tingkat persaingan dalam pengelolaan pendidikan tinggi.

 

FOB telah menyusun Rencana Strategis 2020 – 2025 untuk mencerminkan aspirasi Putera Sampoerna Foundation, Sampoerna University, dan pemangku kepentingan utama. Renstra tersebut bertujuan untuk mewujudkan program studi yang modern dan berkualitas berbasis perkembangan teknologi informasi. Program studi yang ‘modern’ tercermin dari materi kurikulum dan metode pembelajaran yang terkini, pemberian layanan, serta proses belajar mengajar yang cerdas dan bernuansa hiburan, unik dan berbeda. Untuk mencapai visi dan misinya selama empat hingga lima tahun ke depan, kami telah mengembangkan lima tujuan prioritas utama yang selaras dengan Empat Pilar SU dan misi FOB yang dirangkum dalam tabel berikut:

 

 

Tujuan Prioritas UtamaPilar 1: Membuat terobosan dan mempertahankan kurikulum intiPilar 2: Ciptakan Institusi dari dan untuk siswa kami.Pilars 3: Membangun masa depan IndonesiaPilar 4: Memberikan model fakultas masa depan dari sekarang
 

Tujuan Utama 1: Memberikan gelar bisnis yang berkualitas melalui jaminan pembelajaran dengan memberikan soft skill bisnis yang diperlukan, keterampilan analitis, dan kompetensi teknologi yang diakui secara nasional dan internasional.

 

 

Tujuan Utama 2: Menghasilkan lulusan yang siap berkarir dan berdaya saing di pasar nasional dan global

 

 

Tujuan Utama 3: Membangun identitas yang berbeda melalui pembelajaran berdasarkan pengalaman yang unik dengan mengintegrasikan pelajaran teori dan pembelajaran dunia nyata di dalam dan di luar kelas untuk melibatkan siswa dalam lingkungan bisnis dunia nyata.

 

 

Tujuan Utama 4: Mempromosikan keunggulan melalui upaya ilmiah untuk memperkuat masyarakat nasional dan internasional dengan menciptakan penelitian yang berpengaruh.

 

 

Tujuan Utama 5: Meningkatkan daya saing sekolah dengan mempromosikan citra mereknya untuk mencapai perkembangan yang keberlanjutan melalui peningkatan pendaftaran siswa dan diversifikasi pendapatan.

 

Alumni SU

 

Kisah Sukses  – Lulusan Kami

Lulusan FOB dapat diserap oleh perusahaan nasional (yaitu BNI, BCA, Bank Mandiri, Gojek) dan perusahaan multinasional (yaitu Citibank, Bank of America, G4S, British American Tobacco, Samsung) dengan waktu tunggu sebagian besar kurang dari 6 bulan setelah kelulusan. Selain itu, pekerjaan lulusannya selaras dengan profil lulusan FOB.

 

 

Perusahaan yang mempekerjakan lulusan FOB

 

 

Waktu Tunggu Lulusan

 

 

Penyelarasan dengan Profil Lulusan

 

News & Event

Featured Image
Writer Team
|
Apr 05, 2024
Mengenal Jurusan Teknik Industri & Prospek Kerjanya
Mengenal Jurusan Teknik Industri & Prospek Kerjanya - Teknik Industri merupakan jurusan multidisiplin yang menggabungkan ilmu teknik, ilmu manajemen, dan ilmu ekonomi.    Jurusan ini mempelajari bagaimana mengoptimalkan sistem kerja, meningkatkan produktivitas, dan merancang sistem terintegrasi yang terdiri dari manusia, bahan-bahan, informasi, peralatan, dan energi.   Apa yang dipelajari di Teknik Industri? Mahasiswa Teknik Industri akan mempelajari berbagai mata kuliah yang menunjang kemampuannya dalam:   1. Production System Analysis Dalam production system analysis, kamu akan mempelajari bagaimana merancang dan mengoptimalkan...
Featured Image
Writer Team
|
Apr 05, 2024
Mengenal Jurusan Teknik Sistem Informasi & Prospek Kerjanya di Era Digital
Featured Image
Writer Team
|
Apr 05, 2024
Mengenal Jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) & Prospek Kerjanya

30 September 2023

Upcoming Event : Lecture on Petroleum and Drilling...

Jakarta

Sampoerna University

Admission
Admission
Schedule a Visit
Schedule a Visit
Contact Whatsapp
Contact Whatsapp