Komunikasikan nilai-nilai bisnis Anda dan bangun hubungan yang menguntungkan dengan pemangku kepentingan Anda

Product Development: Definisi, Fungsi, hingga Tahapannya

Program Studi Manajemen

Manajemen

Program Studi Manajemen bertujuan untuk mempersiapkan lulusannya untuk bekerja di pasar global, menerapkan ilmunya untuk pembangunan masyarakat, dan memenuhi tuntutan berbagai pemangku kepentingan, seperti lembaga pemerintah, swasta, dan organisasi internasional. Program Studi Manajemen mencakup berbagai bidang. berbagai keterampilan dan pengetahuan, termasuk bidang keterampilan umum yang dibahas dalam mata pelajaran Studi Dasar dan Manajemen/Bisnis.

Siswa dapat memilih salah satu dari tiga konsentrasi: Kewirausahaan, Perbankan dan Keuangan, dan Pemasaran Digital. Konsentrasi Kewirausahaan memberi siswa ide-ide terbaru dalam penciptaan usaha baru, pembiayaan, pertumbuhan, dan inovasi. Konsentrasi Perbankan dan Keuangan mendidik generasi profesional berikutnya di sektor perbankan dan jasa keuangan. Dikembangkan bersama dengan salah satu bank paling terkemuka di dunia, program kami memberikan pengalaman praktis terbaik dengan pelatihan akademik dari fakultas dan praktisi. Konsentrasi Pemasaran Digital membekali siswa dengan pengetahuan pemasaran mendasar dan keterampilan penting dalam analisis pemasaran, pengambilan keputusan, dan komunikasi efektif dengan organisasi kekuasaan.

Gelar Sarjana adalah program gelar 4 tahun yang menawarkan kesempatan bagi siswa untuk mempelajari Program Studi Manajemen tertentu. Mahasiswa dalam program ini juga dapat memperoleh gelar dari University of Arizona —salah satu universitas terkemuka di dunia. 9 dari 10 lulusan mendapatkan pekerjaan 3 bulan setelah lulus

Kompetensi yang perlu dicapai:

  1. Memiliki kemampuan berpikir analitis dan kritis termasuk mengatasi permasalahan bisnis dan manajemen secara efektif serta mendukung keputusan bisnis dengan menggunakan teknik yang tepat.
  2. Mampu berkomunikasi secara efektif baik dalam format tertulis maupun komunikasi lisan dalam lingkungan bisnis untuk menyampaikan argumen dengan menggunakan pemahaman dan  penalaran yang etis.
  3. Menampilkan sifat kepemimpinan yang memperhatikan masalah etika dan solusi bisnis dan manajemen yang tepat.
  4. Memiliki kemampuan berpikir kreatif dengan menampilkan pemikiran inovatif untuk menyelesaikan permasalahan bisnis dan manajemen serta pola pikir wirausaha. 

Jalur Karir

Dengan pengalaman, lulusan dapat menjadi:

Konsentrasi Kewirausahaan

The graduates are able to provide a thoughtful, practical step-by-step guide to the process of successfully launching and growing an entrepreneurship venture with a focus on opportunity recognition and feasibility analysis. Specifically, they have strong knowledge and skills in recognizing opportunities and generating ideas, feasibility studies, business plans, industry and competitor analysis, business model development, the preparation of ethical and legal foundation, assessing a venture’s financial strength and viability, building the venture team, funding, and marketing. Graduates will have a wide variety of career options, including but not limited to:

Lulusan mampu memberikan panduan langkah demi langkah yang bijaksana dan praktis menuju proses keberhasilan meluncurkan dan mengembangkan usaha kewirausahaan dengan fokus pada pengenalan peluang dan analisis kelayakan. Secara khusus, mereka memiliki pengetahuan dan keterampilan yang kuat dalam mengenali peluang dan menghasilkan ide, studi kelayakan, rencana bisnis, analisis industri dan pesaing, pengembangan model bisnis, persiapan landasan etika dan hukum, menilai kekuatan dan kelayakan finansial suatu usaha, membangun tim ventura, pendanaan, dan pemasaran. Lulusan akan memiliki beragam pilihan karir, termasuk namun tidak terbatas pada:

 

 

  • Pengusaha
  • Konsultan Bisnis
  • Manajer Bisnis
  • Analis Inteijen Bisnis

 

Konsentrasi Pemasaran Digital

Marketing professionals, more than most other business functional departments, deal directly with customers. Today’s successful companies and organizations have one thing in common – they are strongly customer-focused and heavily committed to marketing. By understanding marketing concepts, individuals better understand marketing through the lens of creating value for customers and building profitable customer relationships. Graduates will have a wide variety of career options, including but not limited to:

 

Profesional dalam pemasaran, lebih dari kebanyakan departemen fungsional bisnis lainnya, berhubungan langsung dengan pelanggan. Perusahaan dan organisasi yang sukses saat ini memiliki satu kesamaan – mereka sangat berfokus pada pelanggan dan berkomitmen tinggi terhadap pemasaran. Dengan memahami konsep pemasaran, individu lebih memahami pemasaran melalui lensa penciptaan nilai bagi pelanggan dan membangun hubungan pelanggan yang menguntungkan. Lulusan akan memiliki beragam pilihan karir, termasuk namun tidak terbatas pada:

 

 

  • Manajer Produk
  • Manajer Brand
  • Manajer Pengembangan Bisnis
  • Manajer Saluran Pemasaran
  • Manajer Hubungan Publik
  • Manajer Ritel
  • Manajer Penjualan dan Pemasaran
  • Pemasaran Digital
  • Manajer Komunikasi Pemasaran

 

Konsentrasi Perbankan dan Keuangan

The Banking and Finance concentration equips graduates with skills related to Financial Valuation, Investment, and risk management with the ultimate goal of strengthening firms’ performance.   Students will also be exposed to  best practices in the banking and finance sectors which prepare them to anticipate new trends in the sector. Graduates will have a wide variety of career options, including but not limited to:

Konsentrasi Perbankan dan Keuangan membekali lulusan dengan keterampilan yang berkaitan dengan Penilaian Keuangan, Investasi, dan Manajemen Risiko dengan tujuan akhir untuk memperkuat kinerja perusahaan. Siswa juga akan dihadapkan pada praktik terbaik di sektor perbankan dan keuangan yang mempersiapkan mereka untuk mengantisipasi tren baru di sektor ini. Lulusan akan memiliki beragam pilihan karir, termasuk namun tidak terbatas pada:

 

 

  • Bendahara Perusahaan
  • Penasihat Keuangan
  • Analis Risiko Keuangan
  • Broker Asuransi
  • Analis Investasi
  • Bankir Investasi
  • Petugas Pinjaman
  • Bankir Ritel
  • Manajer Risiko
  • Ekonom Keuangan

Visi & Misi

Visi

Menjadi program studi yang diakui secara internasional pada tahun 2030 di bidang Manajemen dengan mengembangkan nilai-nilai kewirausahaan, kepemimpinan, dan tanggung jawab sosial yang dapat berkontribusi terhadap pertumbuhan bangsa.

Misi

  • Memberikan pendidikan Manajemen unggul dengan menggabungkan program akademik berbasis sains yang inovatif.
  • Menghasilkan penelitian yang berkualitas baik di bidang Manajemen untuk mendukung keberlanjutan masyarakat.
  • Melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di bidang Manajemen.
  • Menyelenggarakan pengelolaan dan kerjasama pendidikan sesuai prinsip tata kelola universitas yang baik.

 

Objektif
  • Menghasilkan lulusan yang berkualitas dan berdaya saing tinggi untuk menjadi wirausaha dan pemimpin yang beretika dan berintegritas.
  • Menghasilkan lulusan yang memiliki wawasan internasional dan mampu berkomunikasi di pasar kerja internasional.
  • Menghasilkan penelitian terapan dan karya ilmiah yang dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, kebutuhan dunia usaha, dan dunia akademis di tingkat nasional, regional, dan internasional. 
  • Menghasilkan lulusan yang mempunyai tanggung jawab terhadap pembangunan perekonomian nasional untuk meningkatkan kualitas hidup melalui program pengabdian kepada masyarakat.
  • Membangun jaringan alumni yang kuat.

 

 

Rencana Strategis

Program Studi Manajemen telah menetapkan tujuan 5 tahun untuk menjamin perbaikan berkelanjutan bagi eksistensinya:

 

 

 

PEO & PLO

Program Educational Objectives

Program Learning Outcomes

Sikap (S):

 

  1. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menghadirkan sikap religius
  2. Menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan dalam melaksanakan tugas berdasarkan agama, moral dan etika
  3. Berkontribusi dalam peningkatan kualitas masyarakat, kewarganegaraan, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila.
  4. Bertindak sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, nasionalis dan memiliki rasa nasionalisme tanggung jawab terhadap negara dan bangsa.
  5. Menghargai keberagaman budaya, pandangan, agama, kepercayaan, dan pendapat asli orang lain.
  6. Mampu bekerjasama, memiliki kepekaan sosial, dan peduli terhadap masyarakat dan lingkungan.
  7. Taat hukum dan disiplin dalam menjadi bagian masyarakat dan menjalankan kewarganegaraan
  8. Internalisasi nilai, norma, dan etika akademik.
  9. Menunjukkan sikap bertanggung jawab terhadap pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
  10. Menginternalisasikan semangat kemandirian, keuletan, dan kewirausahaan.

 

Pengetahuan (P) :

 

  1. Mampu memahami pemikiran logis, kritis, dan sistematis dalam menerapkan keterampilan manajemen untuk pemecahan masalah.
  2. Mampu memahami implikasi perubahan atau keterampilan manajemen penerapan berdasarkan aturan, prosedur, dan etika yang benar dalam menciptakan ide, desain, kritik, atau solusi.
  3. Mampu memahami pemikiran teoritis dalam bidang manajemen, khususnya dalam konteks perencanaan dan pemeringkatan usaha, serta merumuskan pemecahan masalah dalam suatu bisnis.
  4. Mampu memahami konsep pengambilan keputusan bisnis yang tepat dan mampu mengevaluasi keputusan dengan otonomi kognitif.
  5. Mampu memiliki komunikasi interpersonal yang baik, baik lisan maupun tertulis dan memiliki keterampilan dalam kerja tim atau proyek kelompok.
  6. Mampu memahami, mengembangkan, dan menerapkan informasi untuk belajar secara mandiri.
  7. Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan data dan memilih berbagai alternatif solusi, baik secara mandiri maupun kelompok.

 

Keterampilan Umum (KU) :

 

  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif, dalam konteks pengembangan atau penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi yang peduli dan menerapkan nilai-nilai humanistik sesuai dengan bidang keahliannya
  2. Mampu menunjukkan kemampuan bekerja mandiri, berkualitas dan kinerja terukur;
  3. Mampu mengkaji bidang pengembangan atau penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi yang menerapkan nilai-nilai humanistik sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, prosedur, dan etika keilmuan dalam rangka meningkatkan solusi, gagasan, desain, atau kritik artistik
  4. Mampu menyusun deskripsi ilmiah atas hasil yang dihasilkan dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya ke dalam website perguruan tinggi;
  5. Mampu mengambil keputusan secara tepat untuk memecahkan masalah di bidang keahliannya berdasarkan analisis informasi dan data
  6. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, dan rekan sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya.
  7. Mampu mempertanggungjawabkan prestasi kerja kelompok dengan melakukan supervisi dan evaluasi secara tepat terhadap penyelesaian pekerjaan yang diberikan kepada mereka yang bekerja di bawah tanggung jawabnya;
  8. Mampu melakukan proses evaluasi diri terkait hasil kerja kelompok yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mengelola pembelajaran mandiri;
  9. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin keabsahan dan mencegah plagiarisme;
  10. Tunjukkan penalaran kuantitatif dan kembangkan fasilitas grafis. Mampu menerapkan pendekatan deduktif dan/atau induktif dalam penyelidikan dan menunjukkan keterampilan pemecahan masalah yang metodis; (Penalaran Matematis dan Ilmiah)
  11. Mampu menulis dengan jelas dan runtut; berbicara dan mendengarkan secara interaktif; dan menerapkan teknik komunikasi non-verbal
  12. Mampu menemukan informasi, membaca dan mengevaluasi dengan pemahaman kritis terhadap informasi mampu menggunakannya secara efektif untuk mendukung argumen atau memecahkan suatu masalah.

 

Keahlian Khusus (KK) :

 

  1. Mampu menerapkan pemikiran kreatif untuk memahami teori-teori bisnis, meliputi perencanaan bisnis, pemasaran, perencanaan dan pelaporan keuangan, manajemen risiko implementasi/operasional bisnis, dan perencanaan sumber daya manusia.
  2. Mampu memiliki cara pandang yang kritis dan analitis dalam mengidentifikasi dan menyelesaikan permasalahan bisnis nyata.
  3. Mampu menyampaikan konsep-konsep kunci secara ringkas dalam format tertulis dan presentasi lisan yang sesuai.
  4. Mampu menampilkan ciri-ciri kepemimpinan dalam pengaturan kelompok dan mengenali dilema etika dalam bisnis dan mendiagnosis solusi yang tepat.
  5. Mampu memiliki perspektif global untuk menilai bagaimana konteks bisnis/ekonomi global mempengaruhi lingkungan bisnis nasional

Profil Lulusan

  • Lulusan mempunyai pemahaman yang baik tentang konsep dan teori Manajemen (Ilmu Manajemen) sehingga mampu menerapkan ilmu tersebut dalam organisasi dengan prinsip profesionalisme.
  • Lulusan mempunyai keterampilan di bidang Manajemen (Ilmu Manajemen) sehingga mampu melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat serta mampu beradaptasi dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  • Lulusan mempunyai kemampuan dan karakteristik yang diperlukan untuk menjadi seorang manajer agar dapat merencanakan, mengorganisasikan, memimpin, berkomunikasi, bernegosiasi, dan menangani organisasi dengan tanggung jawab berdasarkan nilai kejujuran dan simpati.
  • Lulusan memiliki jiwa dan kemampuan kewirausahaan yang ditandai dengan kemampuan manajerial, pemikiran kreatif dan inovatif, networking yang baik, serta kemampuan beradaptasi terhadap perubahan sehingga dapat berkontribusi terhadap pembangunan Indonesia dan masyarakat global.