FAKULTAS BISNIS

Industri 4.0 merevolusi cara perusahaan mengontrol, meningkatkan, dan mendistribusikan produk dan layanan mereka. Produsen mengintegrasikan teknologi baru, termasuk AI dan machine learning, komputasi & analitik cloud, dan Internet of Things (IoT) ke dalam fasilitas dan operasi produksi mereka. Terlebih, pasar semakin terbuka berkat dukungan teknologi digital dan Indonesia menjadi bagian dari pasar global. Oleh karena itu, sumber daya manusia yang memiliki kemampuan untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja saat ini sangat dibutuhkan. Kurikulum di Fakultas Bisnis telah dirancang dan disesuaikan dengan tuntutan era Industri 4.0 dan kondisi bisnis global saat ini. Misalnya, penggunaan perangkat lunak serta dukungan/diskusi teknologi digital untuk berbagai mata pelajaran seperti akuntansi, manajemen keuangan, operasi, sumber daya manusia, pemasaran, metode penelitian, dan strategi bisnis.

Program yang ditawarkan adalah Kelas Internasional dengan gelar S1 Akuntansi dan S1 Manajemen dari Sampoerna University. 9 dari 10 lulusan Sampoerna University mendapatkan pekerjaan dalam waktu 3 bulan setelah lulus.

Entrepreneurship

KEWIRAUSAHAAN

Januari 6, 2022

Banking

PERBANKAN DAN KEUANGAN

Januari 6, 2022

VISI DAN MISI FAKULTAS BISNIS

Visi

Menjadi Fakultas Bisnis yang diakui secara internasional pada tahun 2030 untuk mengembangkan nilai-nilai kewirausahaan, kepemimpinan dan tanggung jawab sosial yang dapat berkontribusi pada pertumbuhan bangsa.

Misi

Fakultas Bisnis Sampoerna University memberikan pendidikan yang dapat mengembangkan lulusan-lulusannya untuk memiliki wawasan global, berjiwa usaha, memiliki jiwa kepemimpinan, dan rasa tanggung jawab sosial, sehingga mampu memberikan kontribusi bagi perkembangan masyarakat dan dunia usaha Indonesia di kancah lokal, nasional, dan internasional diantaranya menyelenggarakan pendidikan bisnis yang unggul dengan mengkombinasikan program akademik yang inovatif berbasis sains, menghasilkan penelitian di bidang bisnis yang berkualitas untuk menunjang keberlangsungan pembangunan masyarakat, melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang bisnis, serta menyelenggarakan pengelolaan pendidikan dan kerjasama dengan tata kelola yang sesuai dengan azas good university governance.

MENGAPA MEMILIH FAKULTAS BISNIS SAMPOERNA UNIVERSITY?

Fokus dalam Memberikan Program Akademik yang Relevan

Portofolio pendidikan yang dibuat khusus yang berfokus pada penyampaian program akademik yang selaras dengan permintaan negara akan individu yang sangat terlatih untuk mengisi pekerjaan dengan permintaan tinggi di sektor manajemen bisnis, perbankan, dan jasa keuangan. Program-program di Fakultas Bisnis dirancang untuk memenuhi kekurangan bakat bangsa dan memastikan bahwa semua siswa kami memiliki posisi yang baik untuk bersaing mendapatkan pekerjaan di Indonesia dan luar negeri. Menurut Boston Consulting Group, kekurangan manajer yang sangat terlatih di semua tingkatan yang dibutuhkan untuk mengisi pekerjaan di perusahaan Indonesia sudah akut. Lulusan Fakultas Bisnis memiliki tingkat pekerjaan lebih dari 100% dalam waktu 2 bulan setelah kelulusan.

Bahasa Inggris Sebagai Bahasa Pengantar

Bahasa pengantar adalah bahasa Inggris untuk mempersiapkan mahasiswa untuk pekerjaan dengan perusahaan multinasional terkemuka.

Belajar dari Pengajar Terbaik

Sebagian besar pengajar di Fakultas Bisnis memiliki gelar doktor. Banyak pengajar kami juga memiliki gelar dari universitas asing — sehingga dapat memberikan perspektif internasional yang unik yang memperkaya pengalaman belajar bagi mahasiswa kami. Mahasiswa juga mendapat manfaat dari banyak dosen tamu dari Amerika Serikat yang memberikan kuliah tamu secara teratur di Sampoerna University.

Menawarkan Konsentrasi Di Bidang Keuangan, Perbankan, Pemasaran Digital, & Kewirausahaan

Salah satu dari sedikit Fakultas di Indonesia yang menawarkan konsentrasi di bidang keuangan dan perbankan, akuntansi, kewirausahaan, dan pemasaran digital.

Sebagai bagian dari kemitraan unik dengan salah satu bank paling terkemuka di dunia untuk meningkatkan literasi keuangan dan pendidikan perbankan di Indonesia, kurikulum kami telah dikembangkan dalam kemitraan yang erat dengan para pakar perbankan agar selaras dengan kebutuhan perbankan dan sektor keuangan di Indonesia saat ini.

Program kewirausahaan dan pemasaran digital hadir untuk menjawab permintaan besar-besaran saat ini akan sumber daya manusia di bidang tersebut. Kurikulum kami menggabungkan kursus dan aplikasi dunia nyata, memberikan mahasiswa pengalaman langsung dalam memahami prinsip-prinsip kewirausahaan dan pengetahuan dasar pemasaran yang terjalin dalam aplikasi kehidupan nyata mereka.

Dunia Nyata

Peluang pembelajaran pengalaman dunia nyata disediakan oleh CEO Talk Series bulanan (di mana para CEO terkemuka mengunjungi Sampoerna University dan berpartisipasi dalam sesi tanya jawab dengan fakultas dan mahasiswa), Seri Kunjungan Perusahaan (di mana siswa mengunjungi perusahaan terkemuka di dalam dan sekitar Jakarta), Peluang Magang di perusahaan bergengsi (seperti The Big 4 Financial Firms (Deloitte, KPMG, PWC, dan E&Y), Unilever, 3M, Leo Burnett, dll), Galeri Investasi dan latihan Simulasi Bisnis di mana siswa merencanakan bisnis mereka sendiri dan meninjaunya oleh panel luar.

Peluang Studi di Luar Negeri untuk Mahasiswa Bisnis

Kesempatan belajar di luar negeri yang unik untuk mahasiswa bisnis sebagai bagian dari kemitraan kami dengan universitas di A.S., mahasiswa di Fakultas Bisnis memiliki kemampuan untuk belajar di luar negeri dan mendapatkan kredit yang langsung berlaku untuk gelar mereka di SU, sambil menunggu satu atau dua semester di mitra universitas A.S.

Kolaborasi akademik kami dengan University of Arizona memberi siswa kesempatan untuk mendapatkan gelar Bachelor of Business Administration dari UA, selain gelar S1 Manajemen dari SU.

Pengajaran dan Pembelajaran yang Disempurnakan oleh Teknologi

Lingkungan belajar mengajar mengintegrasikan sumber daya digital terbaik yang mempromosikan pembelajaran di dalam dan di luar kelas. Teknologi tidak hanya digunakan sebagai alat sosial untuk kesenangan, tetapi alat pembelajaran yang kuat yang memungkinkan mahasiswa untuk membuat, mengeksplorasi, dan menjadi pencipta pengetahuan mereka sendiri.

Kurikulum yang Memenuhi Standar Internasional

Kurikulum yg ditawarkan oleh FOB di Sampoerna University telah dikembangkan dengan kurikulum dari Amerika Serikat, di mana para murid tidak hanya mendapatkan pelajaran yang bersifat teoretikal di kelas, tetap juga mendapat pelajaran yang bersifat praktek melalui studi kasus bisnis di kelas.

KEPEMIMPINAN AKADEMIK

Dosen Tetap

Photo of Dr. Wahyoe Soedarmono

Dr. Wahyoe Soedarmono

Dekan Fakultas Bisnis

Ph.D. Keuangan dan Perbankan, Univ. De Limoges, Prancis

Photo of Pananda Pasaribu Ph.D

Pananda Pasaribu, Ph. D.

Ketua Program Studi Manajemen

Ph. D. di bidang Keuangan, The Universitas of Leeds, Britania Raya

Andrey Hasiholan Pulungan MComm

Andrey Hasiholan Pulungan, M.Comm., Ak., CA., CPA (Aust.)

Ketua Program Studi Akuntansi

Master of Commerce di bidang Akuntansi, Australian National University, Australia, 2009

Dr. Christian H. Pangaribuan

Dr. Christian H. Pangaribuan, M.B.A.

Koordinator Hubungan Internasional

Magister Administrasi Bisnis, University of New Haven, AS.

Photo of Ir. Muhril Ardiansyah M.Sc.Ph.D

Dr. Muhril Ardiansyah

Dosen Ekonomi

Ph. D. di bidang Ekonomi Pertanian, Oklahoma State University, AS.

Photo of Sentot Basuki Prayitno S.T. M.M

Sentot B. Prayitno, MM

Dosen Manajemen

Gelar Magister dari PPM School of Management

Photo of Tri Wismiarsi Ph.D

Tri Wismiarsi, Ph.D

Dosen Manajemen

Photo of Kenny Fernando M.S.Ak

Kenny Fernando, M.S.Ak

Dosen Akuntansi

Master of Science in Accounting, University of Indonesia, Indonesia

Silvia Eka Putri, M.Ak., CAP

Silvia Eka Putri, M.Ak., CAP

Dosen Akuntansi

Gelar Magister: Universitas Bina Nusantara

Arnaldo Purba, Ph.D.

Dosen Akuntansi

Ph.D in Commerce, the Australian National University

Budi Kurniawan, S.E., MA., M.Ak. (2)

Budi Kurniawan, S.E., MA., M.Ak.

Dosen Akuntansi

Gelar Magister: (Art) Wolverhampton University
Gelar Magister: (Accounting), Universitas Indonesia

Dosen Tidak Tetap

Bun Sucento, S.E., M.B.A.

Dosen Manajemen

Magister Manajemen, The University of Dallas
Magister Administrasi Bisnis, Pittsburg State University

News Update

Loyalty Loop: Apa itu, Tahap-Tahap, dan Manfaatnya

Loyalty Loop: Apa itu, Tahap-Tahap, dan Manfaatnya

| Artikel, Edukasi | No Comments
Dalam dunia marketing, loyalitas pelanggan merupakan salah satu senjata penting bagi kita agar pelanggan terus melakukan pembelian, memberikan rekomendasi positif, dan bahkan menjadi advokat merek. Oleh karena itu, perusahaan perlu melakukan berbagai upaya untuk membangun dan mempertahankan loyalitas pelanggan.   …
Call to Action Adalah: Pengertian, Jenis, dan Contohnya

Call to Action Adalah: Pengertian, Jenis, dan Contohnya

| Artikel, Edukasi | No Comments
Di era digital, ada banyak strategi marketing yang bisa kamu coba. Salah satunya adalah digital marketing, yaitu strategi marketing yang memanfaatkan media digital, seperti website, media sosial, dan platform digital lainnya.   Dalam digital marketing, ada istilah yang perlu kamu…
7 Perpustakaan Terbaik di Indonesia

7 Perpustakaan Terbaik di Indonesia

| Artikel, Edukasi | No Comments
Perpustakaan adalah tempat untuk mencari informasi dan pengetahuan. Di Indonesia, terdapat banyak perpustakaan yang tersebar di berbagai wilayah. Perpustakaan-perpustakaan ini memiliki koleksi buku yang beragam, mulai dari buku-buku referensi, buku-buku fiksi, hingga buku-buku anak.   Perpustakaan di Indonesia telah mengalami…
Apa itu Humas? Kenali Tujuan dan Fungsinya

Apa itu Humas? Kenali Tujuan dan Fungsinya

| Artikel, Artikel - FAS, Artikel - FOB, Edukasi | No Comments
Mereka yang bertanggung jawab untuk mempertahankan citra baik suatu organisasi, atau individu publik di mata masyarakat dikenal sebagai humas. Istilah Humas berasal dari kata hubungan masyarakat. Mereka bertindak sebagai juru bicara, atau mediator komunikasi untuk membangun hubungan antara publik dan…