GAMBARAN

Fakultas Pendidikan Sampoerna University berdiri dengan tujuan untuk mempercepat transformasi pendidikan di Indonesia dan memenuhi tantangan abad ke-21. Untuk dapat mewujudkan tujuan ini, kami menawarkan kurikulum yang menekankan pada pendekatan multidisiplin, teknologi terbaru, keterampilan reflektif dan penelitian, dan integrasi teori-praktik. Semua program bersumber dari penelitian kontemporer dan praktik terbaik. Program-program ini dirancang untuk menghasilkan pendidik transformatif berkualitas tinggi dengan semangat belajar sepanjang hayat, dan dengan komitmen untuk meninjau kembali sistem pengajaran dan mendesain ulang proses belajar pelajar saat ini dan di masa depan.

Berikut merupakan program-program pendidikan calon guru yang tersedia:

PEMASARAN DIGITAL

Januari 6, 2022

PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS

Januari 6, 2022

VISI DAN MISI FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN

Visi

Menjadi fakultas ilmu pendidikan yang diakui secara internasional menciptakan pendidik berkualitas tinggi dan transformatif, terinspirasi oleh filosofi dan nilai-nilai Yayasan Putera Sampoerna.

Missions

  • Menciptakan pemimpin pendidikan abad ke-21 berkualitas tinggi untuk Indonesia dengan semangat belajar sepanjang hayat yang memiliki karakteristik khas Universitas Sampoerna yaitu “Kepemimpinan”, “Kewirausahaan”, dan “Tanggung Jawab Sosial”, dan berkomitmen untuk mengubah pendidikan Indonesia.
  • Menjadi fakultas pendidikan utama di Indonesia berdasarkan ilmu pendidikan kontemporer, standar profesional internasional yang ketat, kepatuhan lokal, kegiatan ilmiah, dan pengalaman praktis dengan komunitas lokal.
  • Berkolaborasi dengan mitra strategis untuk menjadi center of excellence dalam pendidikan transformatif.

Ukuran Kelas Kecil

Kami membatasi setiap kelas dengan jumlah maksimal sebanyak 30 siswa untuk memberikan setiap siswa kesempatan terlibat dalam proses belajar yang lebih efektif, sehingga mereka memiliki lebih banyak interaksi dengan teman sekelas dan dosen. Ukuran kelas kecil juga menyediakan lingkungan yang mendukung realisasi pendekatan pembelajaran yang berpusat pada siswa untuk mempromosikan pemikiran kritis dan kreatif.

Teknologi Terbaru

Kemajuan teknologi terbaru membuka kesempatan untuk model pembelajaran baru. Mahasiswa di Fakultas Pendidikan akan dilibatkan dalam teknologi terkini sejak awal. Mereka tidak hanya akan terlibat dalam berbagai model pembelajaran (tatap muka, campuran tatap muka dengan online, dan online), tetapi mereka juga akan mempelajari keterampilan seperti pengkodean dan pengembangan aplikasi. Mereka juga akan belajar memahami bagaimana Internet of Things (IoT) berdampak pada pendidikan. Keterampilan dan pemahaman ini akan memungkinkan lulusan kami untuk membayangkan kembali pengajaran dan pembelajaran untuk pelajar abad ke-21 dalam berbagai konteks.

Kemajuan teknologi baru memungkinkan cara-cara baru untuk belajar. Mahasiswa di Fakultas Pendidikan akan dibenamkan dalam teknologi baru sejak awal. Mereka tidak hanya akan terlibat dalam berbagai mode pembelajaran (tatap muka, campuran, dan online), tetapi mereka juga akan mempelajari keterampilan seperti pengkodean dan pengembangan aplikasi. Mereka juga akan belajar memahami bagaimana internet of things berdampak pada pendidikan. Keterampilan dan pemahaman ini akan memungkinkan lulusan kami untuk membayangkan kembali proses belajar mengajar untuk pelajar abad ke-21 dalam berbagai konteks.

Pembelajaran Kontekstual Melalui School Experience Program (SEP)

School Experience Program (SEP) adalah orientasi sistematis bagi mahasiswa di Fakultas Ilmu Pendidikan untuk memahami dan menerapkan pengajaran, mengintegrasikan teori-praktik, dan mengembangkan alat dan disposisi untuk belajar mengajar. Mulai semester pertama, mahasiswa di Fakultas Ilmu Pendidikan ditugaskan untuk belajar di ruang kelas K-12 yang sebenarnya. Selain mengembangkan pemahaman peserta didik dan belajar untuk mengajar mata pelajaran mereka dalam konteks yang beragam, mereka juga mengembangkan keterampilan inkuiri, visi kritis dari pengajaran yang baik, dan komitmen yang kuat untuk siswa dan pembelajaran mereka. SEP dilakukan setiap semester dan siswa senior akan bekerja magang di sekolah-sekolah.

Belajar Dari Para Pakar Dengan Pengetahuan Langsung Dalam Pendidikan

Educator Sharing Network (ESN) adalah wadah bagi para sarjana dan pakar dibidang pendidikan untuk berbagi pengalaman terbaik, ide, dan inovasi. Forum ini memperkuat tujuan Sampoerna University untuk memastikan siswa kami siap kerja dan siap hadapi dunia. ESN menjadi pusat di mana para profesional pendidikan berkontribusi pada perkembangan pendidikan di Indonesia melalui berbagai presentasi dan sesi berbagi.

Konferensi Pendidik Nasional

Sampoerna University menyelenggarakan Konferensi Pendidik Nasional setiap dua tahun sekali sebagai bagian dari komitmen kami untuk memajukan praktik terbaik dalam pendidikan dan administrasi sekolah di Indonesia. Acara ini mengundang ratusan pendidik ke kampus kami setiap dua tahun sekali dan memberikan kesempatan unik bagi para mahasiswa untuk berjejaring serta belajar dari guru, administrator pendidikan, dosen, lembaga pengembangan, maupun pejabat pemerintah.

Proyek Capstone: Menerapkan Pengetahuan Dalam Konteks Nyata

Proyek Capstone menjadi persyaratan lulus dari Fakultas Pendidikan, di mana mahasiswa tingkat akhir harus berpartisipasi secara aktif di dalamnya. Proyek ini memberikan siswa berbagai pengalaman belajar yang diperoleh melalui School Experience Program, Community Service Program (CSP, sama dengan KKN dalam bahasa Indonesia), dan kesempatan untuk menerapkan pengetahuan dan keterampilan yang telah mereka peroleh selama kuliah. Ada tiga alternatif dimana siswa dapat menyelesaikan tugas akhir mereka:

(1) menghasilkan laporan tesis lengkap berdasarkan studi penelitian empiris;

(2) menulis karya ilmiah; dan

(3) menghasilkan bahan ajar (audio visual, video, alat peraga, dll).

Banyaknya Tawaran Pekerjaan Di Sekolah-sekolah Terbaik

Lulusan Sampoerna University mendapatkan banyak tawaran pekerjaan bahkan sebelum lulus. Hampir 100% dari mereka dipekerjakan dalam kurun waktu 2 bulan setelah kelulusan. Lulusan kami memperoleh reputasi unggul dan mengajar di Sekolah Nasional, Nasional Plus, dan Internasional di Indonesia. Bahkan, ada salah satu mahasiswa lulusan Sampoerna University yang mengajar matematika di Kanada!

Alumni kami merupakan pembelajar seumur hidup dengan penuh semangat. Banyak yang telah melanjutkan studi dan menerima beasiswa bergengsi — seperti Beasiswa Fulbright, Australian Awards, Chevening Awards, dan Beasiswa LPDP — untuk meneruskan pendidikan mereka di universitas kelas dunia seperti University of Melbourne, Monash University, Oxford University, University of College London, University Bristol, Universitas Manchester, Universitas Glasgow, Universitas Toronto, dan Universitas Syracuse.

ADMINISTRATUR AKADEMIS

Dr. Soepriyatna

Pjs Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan

Ph.D. dalam Linguistik, Universitas Atma Jaya, Indonesia

Susilowaty, M. A.

Ketua Program Pendidikan Bahasa Inggris

Master of Arts dalam Pengajaran Bahasa Inggris kepada Penutur Bahasa Lain (TESOL), Southern Illinois University, Carbondale, AS

Budi Poniam

Ketua Program Studi Pendidikan Matematika

B.S dalam Fisika, Universitas Indonesia, Indonesia., 1995
NONA. in Matematika, Universitas Indonesia, Indonesia , 2016

Dr. Vera Syamsi

Dosen Pendidikan Bahasa Inggris

Ph. D. Studi Sastra, Universitas Indonesia

Christianus I Wayan Eka Budiartha, M. A.

Dosen Pendidikan Bahasa Inggris

Master of Arts dalam Linguistik, Nanzan University, Jepang
Ph. D. dalam Linguistik Terapan, Universitas Atma Jaya, Indonesia

Adesti Komalasari, M. A.

Dosen Pendidikan Bahasa Inggris

Master of Arts in American Studies, Universitas Gadjah Mada, Indonesia

Maria Risma Novianti

Dosen Bahasa Inggris

B.Ed in Bac English Education, Universitas Sanata Dharma, Indonesia.
M.A dalam Kajian Amerika, Universitas Gadjah Mada, Indonesia, 2015

Faradillah Hariani

Dosen Pendidikan Matematika

B.Ed Pendidikan Matematika , Universitas Negeri Surabaya, Indonesia, 2013
M.S.in Pemodelan Matematika, University of Birmingham, Britania Raya, 2015

Desyarti Safarini TLS, M. Si.

Program Studi Pendidikan Matematika

Master of Science in Applied Mathematics, Institut Pertanian Bogor (IPB), Indonesia

Deshinta P.A.D Argaswari, M. Pd.

Dosen Pendidikan Matematika

Magister Pendidikan Pendidikan Matematika, Universitas Sebelas Maret, Indonesia

Dhitta Puti Sarasvati R., M. Ed.

Dosen Pendidikan Matematika

Magister Pendidikan dalam Pendidikan Matematika, University of Bristol, Inggris Raya