GAMBARAN

Fakultas Teknik dan Teknologi di Universitas Sampoerna, yang didukung oleh kualitas program, dosen dan fasilitasnya, memiliki tujuan untuk menjadi sekolah teknik dan teknologi terkemuka di Indonesia. Kami menawarkan pendidikan dengan kurikulum yang relevan agar lulusan kami dapat meraih sukses dalam karir mereka di bidang  ilmu komputer, teknologi informasi dan teknik. Kami bekerjasama dengan ahli – ahli terkemuka dari Indonesia dan Amerika dalam membuat program untuk mengembangkan profesional yang sangat terampil di bidang ini. Fasilitas lab kami mewakili teknologi tercanggih; yang tak hanya menjadi salah satu yang terbaik di Indonesia dan namun juga memenuhi bahkan melampaui standar internasional.

Fakultas Teknik dan Teknologi Universitas Sampoerna berkomitmen untuk turut membangun kompetensi STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts and Math) pada siswa didik kami. Pendekatan kami menumbuhkan kualitas lulusan yang memiliki kemampuan beradaptasi, kolaborasi, kreativitas, dan keterampilan komunikasi yang kuat. Pendekatan kami, menurut pakar industri, menjadikan lulusan kami yang paling kompetitif di Indonesia.

Fakultas Teknik dan Teknologi menawarkan program gelar sebagai berikut:

TEKNIK INDUSTRI

DESAIN KOMUNIKASI VISUAL

SISTEM INFORMASI

TEKNIK MESIN

ILMU KOMPUTER

VISI DAN MISI FAKULTAS TEKNIK DAN TEKNOLOGI

Visi

Menjadi fakultas yang diakui secara internasional yang memanfaatkan kemajuan Teknik dan Teknologi melalui pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat yang mencerminkan filosofi dan nilai-nilai Putera Sampoerna Foundation.

Misi

  • Menyelenggarakan pendidikan berstandar internasional di bidang Teknik dan Teknologi yang mempersiapkan lulusannya, yang memiliki karakteristik khas Universitas Sampoerna yaitu “Kepemimpinan”, “Kewirausahaan”, dan “Tanggung Jawab Sosial”, untuk mempraktikkan profesinya secara kompeten dan berkomitmen untuk memberikan kembali kepada masyarakat.
  • Menyelenggarakan penelitian inovatif di bidang Teknik dan Teknologi untuk kebaikan umat manusia.

MENGAPA MEMILIH FAKULTAS TEKNIK DAN TEKNOLOGI UNIVERSITAS SAMPOERNA?

Gelar Di Bidang Dengan Keterampilan Tinggi, Banyak Dibutuhkan Berbagai Perusahaan

Program yang ditawarkan oleh Fakultas Teknik dan Teknologi dirancang untuk mengatasi kesenjangan bakat di Indonesia dengan berfokus pada rancangan program akademik yang selaras dengan permintaan bangsa akan individu yang cakap untuk mengisi pekerjaan yang dibutuhkan di bidang teknik dan teknologi informasi. Program di Fakultas Teknik dan Teknologi dirancang untuk memenuhi kekurangan bakat bangsa dan memastikan bahwa semua siswa kami memiliki posisi yang baik dalam bersaing untuk pekerjaan di Indonesia dan luar negeri.

Membangun Kompetensi STEAM

Siswa akan belajar, memecahkan dan menganalisis masalah menggunakan alat teknologi dan strategi pembelajaran kolaboratif di seluruh kurikulum. Kurikulum dan proyek STEAM diwajibkan untuk semua siswa selama dua tahun pertama studi di Universitas Sampoerna terlepas dari jurusan mereka. Ini termasuk materi aljabar perguruan tinggi, biologi, kimia dan fisika. Pengetahuan berhitung dan fungsional dari konsep-konsep kunci STEAM diperlukan dari semua lulusan dan lebih mempersiapkan mereka untuk pekerjaan di masa depan. Hal ini didorong oleh pemahaman kami bahwa sebagian besar pekerjaan bergaji tinggi di masa depan akan memiliki keterampilan tinggi dan membutuhkan pengetahuan STEAM yang kuat. Siswa juga mengembangkan kemampuan mereka untuk berkomunikasi secara efektif, memperbaiki keterampilan presentasi mereka, dan belajar bagaimana bekerja dalam kelompok/tim.

Dukungan untuk Siswa yang Kuat

Mahasiswa di Fakultas Teknik dan Teknologi akan menikmati bimbingan belajar ekstensif melalui forum belajar khusus di Universitas Sampoerna. Karena kompetensi STEAM sangat penting untuk keberhasilan mahasiswa jurusan teknik dan teknologi, semua mahasiswa Fakultas Teknik dan Teknologi memiliki akses untuk membantu mereka berhasil dalam tugas kuliah mereka.

Kurikulum Amerika Dan Diakui Internasional

Kurikulum yang ditawarkan oleh Fakultas Teknik dan Teknologi di Universitas Sampoerna telah dikembangkan tidak hanya untuk memenuhi persyaratan nasional, tetapi juga untuk melampauinya. Dalam kemitraan dengan universitas terkemuka Amerika, siswa dapat menyelesaikan Gelar Ganda (teknik dan ilmu komputer) atau Supplements Degree (desain digital kreatif). Semua siswa lulus dari Fakultas Teknik dan Teknologi dengan gelar nasional dan kredensial Amerika.

Dosen Teknik dan Teknologi Terbaik Indonesia

Mahasiswa akan merasakan bimbingan dari dosen terbaik di Indonesia dengan sebagian besar memegang gelar tertinggi di bidangnya masing-masing. Ini lima kali lipat rata-rata nasional untuk universitas di Indonesia. Mahasiswa Fakultas Teknik dan Teknologi juga mendapat manfaat dari pengalaman dosen internasional yang berkunjung ke Universitas Sampoerna. Dosen yang berkunjung memiliki gelar Ph. D. dari universitas asing dan membawa pengalaman akademik dan industri selama puluhan tahun ke Universitas Sampoerna.

Laboratorium Terbaik di Indonesia

Untuk mendukung program tekniknya, mahasiswa Fakultas Teknik dan Teknologi dapat merasakan belajar di laboratorium teknik kelas dunia dengan peralatan Amerika paling modern yang tersedia. Dikembangkan dalam kemitraan dengan universitas-universitas Amerika, ini mereplikasi pengalaman pendidikan dan pembelajaran laboratorium yang ditawarkan kepada siswa yang belajar di AS. Siswa dalam program ilmu komputer kami memiliki akses ke perangkat keras dan perangkat lunak generasi terbaru di berbagai fasilitas komputasi kami. Program Desain Digital Kreatif kami menawarkan kelas di Laboratorium Inovasi, Visualisasi 3-D n Lab dan Motion Capture Studio yang canggih. Kualitas dan susunan fasilitas dan peralatan laboratorium yang tersedia di Universitas Sampoerna tidak tertandingi di Indonesia.

News & Events

ADMINISTRATUR AKADEMIS

Surya Danusaputro Liman, Ph.D.

Dekan Fakultas Teknik dan Teknologi

Ph. D. in Industrial & Systems Engineering, University of Florida, USA

Dr. Eng. Farid Triawan

Ketua Program Studi Teknik Mesin

Dr. Eng, Mechanics of Material, Tokyo Institute of Technology.

Tika Endah Lestari

Ketua Program Studi Teknik Industri

Bachelor of Education in Mathematics, Universitas Indonesia, Jakarta, 2011
Master of Science in Mathematics Education, Institut Teknologi Bandung, Bandung, Indonesia, 2014

Dr. M. Agni Catur Bhakti

Ketua Program Studi Ilmu Komputer

Ph. D. in Information Technology, Petronas University of Technology, Malaysia.

Tombak Matahari, M. Ds.

Ketua Program Studi Desain Komunikasi Visual

Master of Design, Art and Design Faculty , Bandung Institute of Technology.

Dr. Iwan Setiawan

Ketua Program Studi Sistem Informasi

Ph.D. in Chemistry, Michigan State University, USA.

Kushendarsyah Saptaji, Ph. D.

Dosen Teknik Mesin

Ph. D. in Mechanical Engineering, Nanyang Technological University, Singapore

Dr. Ignatius Budi Sutanto H.S.

Dosen Teknik Mesin

Ph. D. in Mechanical Engineering, The University of Texas at Austin, USA.

Aditiya Harjon, B. Eng. (Hons.), M. Phil.

Dosen Teknik Mesin

M. Phil. in Mechanical Engineering, The University of Melbourne, Australia.

Prof. Dr. Teddy Mantoro

Dosen Ilmu Komputer

Ph. D. in Computer Science, The Australian National University, Australia.

Prof. Dr. Media A. Ayu

Dosen Ilmu Komputer

Ph. D in Information Science and Engineering, Australian National University, Australia.

Muhammad Rausyan Fikri

Dosen Sistem Informasi

Bachelor in Electronics and Instrumentations, Universitas Gajah Mada, Indonesia, 1992
Master in Systems and Control Engineering, Tokyo Institute of Technology, Japan, 2018

Wandy, A. Md., M.CompSc.

Dosen Ilmu Komputer

Master of Computer Science, University of Wollongong

Santo Tjhin, M. Ds.

Dosen Desain Komunikasi Visual

Master of Design, Universitas Trisakti, Indonesia.

Arya Harditya Rusmandi, M. A.

Dosen Desain Komunikasi Visual

M. A. in Digital Media, University of Sussex, United Kingdom.

Rachmat Arsyadi, M. Ds.

Dosen Desain Komunikasi Visual

Master of Design, Universitas Trisakti, Indonesia.