Overview

Fakultas Pendidikan Sampoerna University berdiri dengan tujuan untuk mempercepat transformasi pendidikan di Indonesia dan memenuhi tantangan abad ke-21. Untuk dapat mewujudkan tujuan ini, kami menawarkan kurikulum yang menekankan pada pendekatan multidisiplin, teknologi terbaru, keterampilan reflektif dan penelitian, dan integrasi teori-praktik. Semua program bersumber dari penelitian kontemporer dan praktik terbaik. Program-program ini dirancang untuk menghasilkan pendidik transformatif berkualitas tinggi dengan semangat belajar sepanjang hayat, dan dengan komitmen untuk meninjau kembali sistem pengajaran dan mendesain ulang proses belajar pelajar saat ini dan di masa depan.

Berikut merupakan program-program pendidikan calon guru yang tersedia:

Visi & Misi FoE
Pernyataan

Visi

Menjadi fakultas ilmu pendidikan yang diakui secara internasional menciptakan pendidik berkualitas tinggi dan transformatif, terinspirasi oleh filosofi dan nilai-nilai Yayasan Putera Sampoerna.

Misi

    • Menciptakan pemimpin pendidikan abad ke-21 berkualitas tinggi untuk Indonesia dengan semangat belajar sepanjang hayat yang memiliki karakteristik khas Universitas Sampoerna yaitu “Kepemimpinan”, “Kewirausahaan”, dan “Tanggung Jawab Sosial”, dan berkomitmen untuk mengubah pendidikan Indonesia.
    • Menjadi fakultas pendidikan utama di Indonesia berdasarkan ilmu pendidikan kontemporer, standar profesional internasional yang ketat, kepatuhan lokal, kegiatan ilmiah, dan pengalaman praktis dengan komunitas lokal.
    • Berkolaborasi dengan mitra strategis untuk menjadi center of excellence dalam pendidikan transformatif.
  • The Faculty of Engineering and Technology at Sampoerna University strives

  • To provide an education in engineering and technology having international standards, built around an American general education core, that prepares its graduates as highly competent, entrepreneur minded, and socially responsible leaders; and are committed to giving back to Indonesia and society.

  • To conduct innovative research in the field of engineering and technology for the benefits of humankind.

Show More

Mengapa Memilih Fakultas Pendidikan Universitas Sampoerna ?

Tingginya Tingkat Pekerjaan Di Sekolah Terbaik

Banyak lulusan kami memiliki banyak tawaran pekerjaan sebelum lulus. Hampir 100% dipekerjakan dalam waktu 2 bulan setelah kelulusan. Lulusan kami telah mendapatkan reputasi keunggulan dan mengajar di Sekolah Nasional, National Plus, dan Internasional di Indonesia. Faktanya, salah satu lulusan kami mengajar matematika di Kanada!

Alumni kami adalah pembelajar seumur hidup yang penuh semangat. Banyak yang telah melanjutkan studi dan mendapatkan beasiswa bergengsi seperti Fulbright Scholarship, Australian Awards, Chevening Awards, dan LPDP Scholarship untuk belajar di universitas kelas dunia seperti University of Melbourne, Monash University, Oxford University, University of College London, University of Bristol , Universitas Manchester, Universitas Glasgow, Universitas Toronto, dan Universitas Syracuse.

Ukuran Kelas Kecil

Kami membatasi setiap kelas dengan jumlah maksimal sebanyak 30 siswa untuk memberikan setiap siswa kesempatan terlibat dalam proses belajar yang lebih efektif, sehingga mereka memiliki lebih banyak interaksi dengan teman sekelas dan dosen. Ukuran kelas kecil juga menyediakan lingkungan yang mendukung realisasi pendekatan pembelajaran yang berpusat pada siswa untuk mempromosikan pemikiran kritis dan kreatif.

Teknologi Terbaru

Kemajuan teknologi terbaru membuka kesempatan untuk model pembelajaran baru. Mahasiswa di Fakultas Pendidikan akan dilibatkan dalam teknologi terkini sejak awal. Mereka tidak hanya akan terlibat dalam berbagai model pembelajaran (tatap muka, campuran tatap muka dengan online, dan online), tetapi mereka juga akan mempelajari keterampilan seperti pengkodean dan pengembangan aplikasi. Mereka juga akan belajar memahami bagaimana Internet of Things (IoT) berdampak pada pendidikan. Keterampilan dan pemahaman ini akan memungkinkan lulusan kami untuk membayangkan kembali pengajaran dan pembelajaran untuk pelajar abad ke-21 dalam berbagai konteks.

Kemajuan teknologi baru memungkinkan cara-cara baru untuk belajar. Mahasiswa di Fakultas Pendidikan akan dibenamkan dalam teknologi baru sejak awal. Mereka tidak hanya akan terlibat dalam berbagai mode pembelajaran (tatap muka, campuran, dan online), tetapi mereka juga akan mempelajari keterampilan seperti pengkodean dan pengembangan aplikasi. Mereka juga akan belajar memahami bagaimana internet of things berdampak pada pendidikan. Keterampilan dan pemahaman ini akan memungkinkan lulusan kami untuk membayangkan kembali proses belajar mengajar untuk pelajar abad ke-21 dalam berbagai konteks.

Pembelajaran Kontekstual Melalui School Experience Program (SEP)

School Experience Program (SEP) adalah orientasi sistematis bagi mahasiswa di Fakultas Ilmu Pendidikan untuk memahami dan menerapkan pengajaran, mengintegrasikan teori-praktik, dan mengembangkan alat dan disposisi untuk belajar mengajar. Mulai semester pertama, mahasiswa di Fakultas Ilmu Pendidikan ditugaskan untuk belajar di ruang kelas K-12 yang sebenarnya. Selain mengembangkan pemahaman peserta didik dan belajar untuk mengajar mata pelajaran mereka dalam konteks yang beragam, mereka juga mengembangkan keterampilan inkuiri, visi kritis dari pengajaran yang baik, dan komitmen yang kuat untuk siswa dan pembelajaran mereka. SEP dilakukan setiap semester dan siswa senior akan bekerja magang di sekolah-sekolah.

Belajar Dari Para Pakar Dengan Pengetahuan Langsung Dalam Pendidikan

Educator Sharing Network (ESN) adalah wadah bagi para sarjana dan pakar dibidang pendidikan untuk berbagi pengalaman terbaik, ide, dan inovasi. Forum ini memperkuat tujuan Sampoerna University untuk memastikan siswa kami siap kerja dan siap hadapi dunia. ESN menjadi pusat di mana para profesional pendidikan berkontribusi pada perkembangan pendidikan di Indonesia melalui berbagai presentasi dan sesi berbagi.

Konferensi Pendidik Nasional

Sampoerna University menyelenggarakan Konferensi Pendidik Nasional setiap dua tahun sekali sebagai bagian dari komitmen kami untuk memajukan praktik terbaik dalam pendidikan dan administrasi sekolah di Indonesia. Acara ini mengundang ratusan pendidik ke kampus kami setiap dua tahun sekali dan memberikan kesempatan unik bagi para mahasiswa untuk berjejaring serta belajar dari guru, administrator pendidikan, dosen, lembaga pengembangan, maupun pejabat pemerintah.

Proyek Capstone: Menerapkan Pengetahuan Dalam Konteks Nyata

Proyek Capstone menjadi persyaratan lulus dari Fakultas Pendidikan, di mana mahasiswa tingkat akhir harus berpartisipasi secara aktif di dalamnya. Proyek ini memberikan siswa berbagai pengalaman belajar yang diperoleh melalui School Experience Program, Community Service Program (CSP, sama dengan KKN dalam bahasa Indonesia), dan kesempatan untuk menerapkan pengetahuan dan keterampilan yang telah mereka peroleh selama kuliah. Ada tiga alternatif dimana siswa dapat menyelesaikan tugas akhir mereka:

(1) menghasilkan laporan tesis lengkap berdasarkan studi penelitian empiris;

(2) menulis karya ilmiah; dan

(3) menghasilkan bahan ajar (audio visual, video, alat peraga, dll).

Banyaknya Tawaran Pekerjaan Di Sekolah-sekolah Terbaik

Lulusan Sampoerna University mendapatkan banyak tawaran pekerjaan bahkan sebelum lulus. Hampir 100% dari mereka dipekerjakan dalam kurun waktu 2 bulan setelah kelulusan. Lulusan kami memperoleh reputasi unggul dan mengajar di Sekolah Nasional, Nasional Plus, dan Internasional di Indonesia. Bahkan, ada salah satu mahasiswa lulusan Sampoerna University yang mengajar matematika di Kanada!

Alumni kami merupakan pembelajar seumur hidup dengan penuh semangat. Banyak yang telah melanjutkan studi dan menerima beasiswa bergengsi — seperti Beasiswa Fulbright, Australian Awards, Chevening Awards, dan Beasiswa LPDP — untuk meneruskan pendidikan mereka di universitas kelas dunia seperti University of Melbourne, Monash University, Oxford University, University of College London, University Bristol, Universitas Manchester, Universitas Glasgow, Universitas Toronto, dan Universitas Syracuse.

Academic Staff at FoE

Mewujudkan Pendidik Transformatif melalui School Experience Program (SEP)

School Experience Program (SEP) merupakan sebuah rangkaian kegiatan wajib bagi seluruh calon guru Fakultas Ilmu Pendidikan atau Faculty of Education (FOE) di Sampoerna University

 

Deskripsi

School Experience Program (SEP) merupakan sebuah rangkaian kegiatan wajib bagi seluruh calon guru Fakultas Ilmu Pendidikan atau Faculty of Education (FOE) di Sampoerna University. Dengan mengerjakan tugas di setiap tahapannya, mahasiswa wajib mengembangkan berbagai keahlian khusus mulai dari mengamati proses belajar mengajar di kelas dan lingkungan sekolah; membantu guru pembimbing dalam menyusun rencana pembelajaran, alat penilaian, dan bahan ajar lainnya, yang mencerminkan proses pengajaran; mengembangkan rencana pembelajaran dan bahan ajar; mengajar sesi pembelajaran secara kolaboratif dengan mentor/wali kelas; dan memimpin proses belajar mengajar, hingga mempersiapkan dan melaksanakan pengumpulan data dan analisis data secara mandiri.

School Experience Program bertujuan untuk menghasilkan guru yang profesional, transformatif, dan berkualifikasi tinggi dalam pendidikan abad ke-21. Di FOE Sampoerna University, mahasiswa diharapkan menyelesaikan seluruh tahapan SEP.

 

Tahapan School Experience Program

 

Tahapan School Experience Program
Tahap 1: Observasi

Mahasiswa Tahun Pertama

Tahap 2: Asisten Guru

Mahasiswa Tahun Kedua

Tahap 3: Co-Teaching

Mahasiswa Tahun Ketiga

Tahap 4: Mengajar Mandiri

Mahasiswa Tahun Keempat

 

 

 

 

Sekolah Partner (2022 – 2023)

Calon guru akan dikirim ke beberapa sekolah untuk menjalani tahap-tahap School Experience Program. Saat ini mereka telah mempraktekkan berbagai tahap pengajaran baik di sekolah swasta maupun negeri seperti Sampoerna Academy, Sekolah Garuda Cendekia, Yasporbi I, Sekolah Kembang, Sekolah Bina Gita Gemilang, Sekolah Islam Madina, SMPN 73, dan SMAN 28.

Sampoerna University Alumni

News & Event

Featured Image
Writer Team
|
Apr 05, 2024
Mengenal Jurusan Teknik Industri & Prospek Kerjanya
Mengenal Jurusan Teknik Industri & Prospek Kerjanya - Teknik Industri merupakan jurusan multidisiplin yang menggabungkan ilmu teknik, ilmu manajemen, dan ilmu ekonomi.    Jurusan ini mempelajari bagaimana mengoptimalkan sistem kerja, meningkatkan produktivitas, dan merancang sistem terintegrasi yang terdiri dari manusia, bahan-bahan, informasi, peralatan, dan energi.   Apa yang dipelajari di Teknik Industri? Mahasiswa Teknik Industri akan mempelajari berbagai mata kuliah yang menunjang kemampuannya dalam:   1. Production System Analysis Dalam production system analysis, kamu akan mempelajari bagaimana merancang dan mengoptimalkan...
Featured Image
Writer Team
|
Apr 05, 2024
Mengenal Jurusan Teknik Sistem Informasi & Prospek Kerjanya di Era Digital
Featured Image
Writer Team
|
Apr 05, 2024
Mengenal Jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) & Prospek Kerjanya

30 September 2023

Upcoming Event : Lecture on Petroleum and Drilling...

Jakarta

Sampoerna University

Admission
Admission
Schedule a Visit
Schedule a Visit
Contact Whatsapp
Contact Whatsapp