Skip to main content

Generasi Milenial: Latar Belakang dan Karakteristiknya

By November 26, 2021Januari 6th, 2022News
milenial

Milenial adalah istilah yang belakangan ini populer di masyarakat. Kelompok usia ini bahkan menjadi topik hangat di berbagai sumber, seperti majalah, laporan tren pasar, hingga studi psikologis. Menurut studi “The Millennial Generation Research Review”, milenial adalah generasi yang paling banyak diteliti hingga hari ini. Mereka sering dianggap narsis, terobsesi dengan teknologi, dan gemar memakai media sosial.

Namun, kita tidak bisa menilai tanpa mengenal terlebih dahulu, bukan? Maka dari itu, Anda harus menyimak informasi tentang pengertian, latar belakang, dan karakteristik dari generasi milenial berikut!

 

Apa Itu Milenial?

Secara umum, milenial adalah generasi manusia yang lahir antara awal 1980-an hingga 1990-an—seperti yang dikutip dari Merriam-Webster Dictionary. Adapun sebagian orang yang menganggap anak-anak kelahiran awal 2000-an termasuk dalam kategorinya.

Generasi ini juga disebut sebagai Generasi Y karena muncul setelah Generasi X—orang-orang yang lahir antara 1960-an 1980-an. Istilah “Generasi Y” pertama kali dicetuskan dalam sebuah editorial yang terbit pada Agustus 1993, Ad Age. Namun, istilah tersebut kurang populer. Sementara itu, milenial adalah istilah yang lebih banyak dipakai masyarakat.

Baca Juga :
Milenial: 10 Karakteristik Generasi Pekerja

Latar Belakang Generasi Milenial

Sesuai namanya, milenial adalah kelompok yang dilahirkan paling dekat dengan milenium terakhir. Selama masa kanak-kanak dan remaja, perkembangan teknologi benar-benar merevolusi dunia yang kita tinggali saat ini.

Generasi yang mengalami masa transisi internet—salah satu aspek paling berpengaruh bagi kehidupan manusia modern. Kebanyakan adalah remaja atau orang dewasa usia muda ketika platform media sosial pertama kali tersedia—teknologi yang benar-benar mengubah komunikasi antarmanusia di seluruh dunia.

 

Bagaimana Karakteristik Generasi Milenial?

  • Generasi yang adaptif. Itu karena mereka telah menyaksikan perubahan teknologi, bisnis, dan ekonomi yang masif semasa hidup.
  • Penuh rasa penasaran. Jika ada cara yang lebih cepat dan lebih baik untuk menyelesaikan sesuatu, mereka selalu ingin tahu. Memanfaatkan alat yang ada seefektif mungkin.
  • Gemar bekerja sama. Mereka cenderung menyukai lingkungan kerja kolaboratif karena mereka dapat mencari sudut pandang alternatif atau masukan dari orang lain.
  • Kelompok yang menyukai masukan. Mereka tahu pentingnya masukan yang rutin dan berkesan, terutama saat di lingkungan kerja.

 

Sekian pembahasan singkat tentang pengertian, latar belakang, dan karakteristik dari generasi milenial yang perlu Anda ketahui. Kelompok usia yang “unik”, baik dari sisi positif maupun negatif. Bagaimanapun juga, generasi ini banyak berkontribusi untuk masa depan sehingga peranannya sangat penting.

Ingin menjadi milenial yang cerdas dan bermanfaat? Yuk, kuliah di Sampoerna University! Kampus berstandar internasional ini menawarkan peluang masa depan yang menjanjikan dengan program double degree-nya. Jadi, Anda tidak hanya memperoleh pengetahuan, tetapi juga pengalaman yang berkesan.

Ingin tahu lebih lanjut? Temukan info selengkapnya di sini.

 

Sumber:

X