31 Mar 2022

Industri Kreatif: Pengertian, Manfaat, dan Contohnya

Artikel,

Artikel - FAS,

Artikel - FOB,

Artikel - FOE,

Edukasi,

Industri kreatif mungkin saat ini sering kita dengar dalam kehidupan sehari-hari. Industri kreatif ini mulai menjadi salah satu sektor yang menjanjikan bagi suatu negara, tak hanya di Indonesia saja. Industri kreatif adalah sebuah momen yang dijadikan salah satu senjata untuk menggerakan perekonomian di suatu negara karena besarnya permintaan yang ada di pasar.

Sebenarnya, apa itu industri kreatif? Berikut ini penjelasan lengkapnya.

 

Pengertian industri kreatif

Group of casually dressed business people discussing ideas in the office

Selama ini tentunya pasti ada yang bertanya-tanya sebenarnya apa definisi dari industri kreatif. Industri kreatif ini sebenarnya adalah suatu kegiatan perekonomian yang dibuat dari hasil ide, kemampuan, dan kreativitas dari seseorang atau bisa dibilang industri kreatif ini adalah proses memproduksi barang atau jasa dengan melalui proses kreatif di dalamnya.

Sementara itu, Departemen Perdagangan RI tahun 2009 menjelaskan bahwa industri kreatif adalah sebuah bidang yang berasal dari pemanfaatan kreativitas, keterampilan, dan bakat yang dimiliki oleh individu dalam menciptakan lapangan kerja.

Sedangkan Howkins menjelaskan bawah industri kreatif adalah industri yang memiliki keunggulan pada sektor kreativitas dalam memproduksi berbagai macam produk barang atau jasa.

Industri kreatif ini tidak hanya dalam bentuk produk, tetapi juga dalam bentuk jasa.

Namun, yang membedakan antara produk dan jasa kreatif adalah, jasa kreatif ini bisa dikatakan sebagai industri jika bisa menggerakan roda ekonomi. Maksudnya, tidak hanya untuk satu orang tertentu saja. Lantas, bagaimana hubungan industri kreatif dengan ekonomi kreatif? Industri kreatif ini sebenarnya adalah penggerak dari ekonomi kreatif.

Bahkan, industri kreatif ini digadang-gadang sebagai salah satu penggerak ekonomi yang bertahan hingga masa depan.

Di era yang modern ini, di mana teknologi juga semakin mudah diakses, industri-industri kreatif pun juga makin menjamur. Hal tersebut pun memicu makin banyaknya individu-individu kreatif yang bisa menghasilkan sesuatu.

Namun, di dalam industri kreatif ini biasanya diisi oleh orang-orang yang memang sudah memiliki kapasitas, bakat, dan kualitas di bidangnya karena tak semua orang memiliki jiwa kreatif.

Selain itu, industri kreatif juga harus tetap relevan dengan perkembangan zaman. Sehingga, inovasi-inovasi harus terus dilakukan.

 

Manfaat Industri Kreatif

  • Untuk menggerakan perekonomian nasional. Karena pada saat ini industri kreatif ini terus menjamur di masyarakat dan mulai menjadi lahan yang basah di era sekarang ini.
  • Industri kreatif ini harus diperhatikan oleh pemerintah supaya negara tidak hanya bergantung pada hasil-hasil bumi yang suatu saat mungkin bisa habis. Sedangkan di industri kreatif sendiri, orang-orang kreatif pasti akan terus bermunculan.
  • Industri kreatif ini juga menuntut pelaku untuk terus berinovasi dan kreatif.
  • Memaksimalkan SDM usia produktif untuk bisa bekerja sesuai dengan passion yang mereka miliki. Karena pada dasarnya industri kreatif ini dimulai dari minat atau passion dari seseorang.

Jenis Industri kreatif

Di Indonesia, setidaknya ada 14 sektor yang diakui sebagai industri kreatif. Industri-industri itu dianggap sebagai penggerak ekonomi di bidang kreatif. Jenis itu antara lain:

1. Periklanan

Periklanan ini merupakan perusahaan jasa di bidang periklanan komersial. Tugas dari periklanan ini antara lain untuk membantu suatu perusahaan menyelesaikan masalah yang promosi sebuah produk atau sesuatu berkaitan dengan iklan, dengan cara merencanakan, membuat, dan mendistribusikan iklan ke media-media.

Oleh karena itu, diperlukan sumber daya manusia (SDM) yang memiliki pemikiran kreatif untuk menyelesaikan masalah-masalah tersebut.

2. Perfilman, Fotografi, dan Videografi

Perfilman, fotografi, dan videografi ini termasuk ke dalam industri kreatif karena di dalamnya melibatkan banyak orang untuk bekerja. Alhasil, industri ini dinilai akan memengaruhi pertumbuhan ekonomi nasional.

Industri ini tentunya masuk industri kreatif karena diperlukannya ide-ide untuk mengeksekusi pekerjaannya.

3. Arsitektur

Arsitektur merupakan industri yang bertujuan untuk memberikan solusi atas desain sebuah konstruksi bangunan. Selain produk berupa bangunan, arsitektur juga bisa menghasilkan jasa.

4. Musik

Musik dalam industri kreatif memiliki arti yang luas. Musik ini termasuk ke dalam industri kreatif karena di dalamnya juga melibatkan banyak orang, tak hanya satu orang atau satu kelompok tertentu. Contoh dari industri yang dihasilkan musik adalah event organizer, label rekaman, dan juga platform streaming.

5. Media

Bisnis media seperti televisi, radio, dan juga media online juga termasuk ke dalam industri kreatif. Karena di dalamnya terdapat proses-proses kreatif.

6. Pasar Seni

Pasar seni ini biasanya diadakan dalam rangka menampung karya-karya seni dari para pegiat seni.

7. Fashion

Fashion atau industri pakaian ini juga termasuk ke dalam industri kreatif karena selalu berkembang mengikuti zaman. Para desainer dituntut untuk kreatif dalam menciptakan pakaian-pakaian agar menjadi sebuah tren. Di dalam fashion juga tidak hanya berkaitan dengan desainer itu saja, tetapi juga bisa melibatkan banyak orang, misalnya seperti pabrik pakaian.

8. Kerajinan

Kerajinan ini kalau di Indonesia tiap daerah selalu memiliki kerajinan khas sesuai dengan budayanya. Proses produksi dari kerajinan biasanya didapatkan dari lingkungan sekitar sehingga memilki nilai seni lebih tinggi.

9. Desain

Desain ini tentunya berkaitan dengan hal-hal yang berbau kreatif karena si desainer pasti diminta untuk membuat sesuatu dengan ide kreatifnya. Desain ini ada berbagai macam jenisnya, yaitu desain grafis, produk, sampai desain interior.

10. Game

Game atau permainan ini juga mulai menjadi salah satu industri kreatif yang menjanjikan. Sebab, dengan perkembangan teknologi yang ada saat ini, game bisa dibilang sulit dilepaskan dari masyarakat. Oleh karena itu, para pengembang game terus berinovasi agar karyanya bisa terus relevan dan disukai banyak orang.

11. Teknologi Informasi

Bidang teknologi informasi ini termasuk ke dalam industri kreatif juga karena adanya perkembangan teknologi yang membuat masyarakat tak lepas dengan yang namanya teknologi, seperti internet, handphone, laptop, sampai perangkat lunak.

Bidang ini bahkan saat ini menjadi industri yang menjanjikan dan dinilai akan menjadi industri di masa depan.

12. Seni Pertunjukan

Sama seperti musik, seni pertunjukan tidak hanya melibatkan hanya satu atau dua orang saja. Tetapi banyak orang. Karena dalam proses produksinya, seni pertunjukan tidak bisa dilakukan oleh satu orang saja. Salah satu contoh seni pertunjukan yang saat ini sedang menjamur adalah Stand Up Comedy.

13. Percetakan

Percetakan biasanya menjadi satu dengan penerbitan. Biasanya industri ini berperan dalam memproduksi karya-karya seperti buku, koran, sampai undangan.

Namun, perkembangan zaman membuat industri ini sedikit terkikis karena masyarakat mulai beralih dari fisik ke digital.

14. Riset

Bidang riset ini adalah kegiatan untuk menemukan sesuatu di bidang ilmu maupun teknologi.

Baca juga: Pengertian Komunikasi Organisasi, Teori dan Konsepnya

Contoh Industri Kreatif

Perkembangan zaman semakin membuat industri kreatif ini juga makin berkembang. Profesi-profesi kreatif baru juga terus bermunculan seiring dengan makin canggihnya teknologi.

Bisa dibilang bahwa industri kreatif ini menghadirkan bidang-bidang di luar 14 jenis di atas.

Adapun contoh dari industri kreatif zaman sekarang antara lain:

1. Content Creator

Content Creator ini merupakan profesi seseorang dalam menciptakan sebuah karya dengan memanfaatkan platform-platform seperti media sosial yang ada saat ini.

Meski awalnya content creator ini hanya melibatkan individu tertentu, tetapi saat ini content creator sudah mulai menjadi sebuah industri tersendiri. Sudah banyak individu yang disebut content creator mulai membentuk sebuah perusahaan tersendiri untuk mengelola karya-karya yang akan dihasilkan. Karena, content creator ini mulai menggeser posisi dari media sebagai tempat untuk beriklan atau mempromosikan suatu produk.

Content creator ini contohnya adalah Youtuber, Selebgram, Selebtwit, dan lain sebagainya.

2. Startup

Startup atau perusahaan rintisan ini termasuk ke dalam industri kreatif karena termasuk ke dalam bidang teknologi. Startup ini bekerja dengan memanfaatkan teknologi yang ada saat ini.

Contoh-contoh perusahaan besar yang awalnya adalah sebuah startup adalah GoJek, Traveloka, Shopee, dan lain sebagainya.

3. Konser Musik

Konser musik juga menjadi contoh dari industri kreatif. Meskipun mungkin sebuah konser hanya digelar dalam waktu sehari atau dua hari, tetapi konser musik ini melibatkan banyak orang, mulai dari vendor, artis, sampai persewaan tempat.

4. Agensi Pemasaran, Hubungan Masyarakat, dan Iklan

Agensi pemasaran ini menjadi sebuah contoh dari perusahaan yang bergerak di bidang kreatif. Agensi ini pada dasarnya bergerak di bidang jasa. Jasa dalam hal ini berarti merencanakan, mengeksekusi, dan mengevaluasi dari satu strategi entah itu untuk mempromosikan atau menghadapi suatu kasus yang dihadapi oleh perusahaan.

Bahkan pada perkembangannya, agensi ini juga bisa mengurus perorangan. Biasanya hal tersebut digunakan untuk merencanakan branding personal.

Agensi saat ini juga berkaitan erat dengan content creator.

5. Fashion Show

Tentu kalian pernah mendengar acara berjudul Paris Fashion Week, New York Fashion Week, sampai Jakarta Fashion Week. Acara-acara tersebut pada dasarnya bertujuan untuk memamerkan karya pakaian yang telah dirancang oleh desainer.

Proses produksi dari peragaan busana ini tentunya juga melibatkan banyak orang tak hanya desainer, tetapi model, penjahit, hingga penyedia tempat.


Kebijakan Mengenai Industri Kreatif

Karena perkembangan industri kreatif, pemerintah pun akhirnya memunculkan beberapa kebijakan agar industri kreatif tetap bisa terkontrol dan manfaatnya bisa dirasakan. Kebijakan itu antara lain:

  1. Mengelola aset dan potensi yang dimiliki oleh para pekerja kreatif.
  2. Memfasilitasi pengembangan inovasi dan kreativitas.
  3. Membentuk Badan Ekonomi Kreatif yang terafiliasi dengan kementerian.

Demikianlah pembahasan mengenai pengertian dari industri kreatif dan contoh-contohnya. Informasi mengenai dunia industri kreatif tentunya akan dibahas dalam pembelajaran di Sampoerna University di dalam program Pendidikan di Fakultas Bisnis dan Fakultas Teknik dan Teknologi secara bersamaan.

Dengan pembelajaran yang mengadopsi kurikulum dari luar negeri, para lulusan dari Sampoerna University diharapkan akan memberikan dampak signifikan bagi dunia bisnis dan perekonomian Tanah Air melalui industri kreatif.

Referensi
qwords.com – Industri Kreatif

Recent More

Mengenal sosok animator lokal dan karyanya yang mendunia

Mei, 29 2024

Dunia animasi Indonesia tak lepas dari dedikasi dan talenta para animatornya. Di balik gemerlapnya...

Minat Pekerjaan Di Bidang Fotografer & Gajinya

Mei, 28 2024

Fotografi semakin menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan.  Momen-momen istimewa, keindahan alam, dan kisah-kisah...

4 Alasan Memilih Karir Di Bidang Videografi

Mei, 28 2024

Di era digital yang kian berkembang pesat, kebutuhan akan konten visual yang menarik dan...

Admission
Admission
Schedule a Visit
Schedule a Visit
Contact Whatsapp
Contact Whatsapp