Departemen TI

Layanan TI dan sumber daya sistem disediakan untuk mahasiswa, anggota fakultas, dan staf.

Departemen TI

Departemen Teknologi Informasi (TI) bertanggung jawab untuk memberikan semua aspek Layanan Sistem Informasi dan Teknologi Informasi untuk mendukung operasi akademik dan administratif di SU. Fokus TI adalah untuk mendukung terciptanya lingkungan pengajaran dan pembelajaran yang efektif guna mempromosikan keberhasilan mahasiswa.

    Prinsip TI
  • Meningkatkan kegiatan pembelajaran dan dukungan pengajaran melalui penggunaan teknologi yang efektif
  • Memelihara lingkungan teknologi yang handal, kuat, dan aman
  • Menyeimbangkan inovasi, kelola, dan penggunaan sumber daya kampus melalui perencanaan dan pengelolaan yang hati-hati

Gambaran Umum Layanan TI
Layanan TI dan sumber daya sistem disediakan untuk mahasiswa, anggota fakultas, dan staf. Kebutuhan dan layanan TI didefinisikan oleh unit akademik. Cakupan layanan yang disediakan mencakup kebutuhan akademik dan administratif di SU. Departemen TI menyediakan implementasi dan pemeliharaan Layanan Aplikasi Perusahaan untuk mendukung proses akademik dan manajerial.

Layanan Aplikasi Perusahaan Organisasi
Teknologi Pendidikan Terpilih
Layanan Jaringan dan Infrastruktur
Layanan Teknologi Ruang Kelas dan Laboratorium
Jam Operasional

Sistem Informasi Akademik tersedia untuk mengotomatisasi administrasi proses akademik yang terkait dengan catatan mahasiswa, pendaftaran, manajemen kurikulum, materi kuliah, dan catatan dosen. Pengguna yang berwenang dapat mengakses layanan ini melalui portal layanan mandiri. Akses ini memungkinkan pengguna untuk melihat catatan pendaftaran, nilai, dan jadwal kelas.

    Sistem informasi ini terintegrasi dengan aplikasi-aplikasi berikut.
  • Sistem Informasi Pendaftaran & Penerimaan
  • Sistem Pembayaran Mahasiswa
  • Sistem Manajemen Fasilitas
  • Canvas adalah Sistem Manajemen Pembelajaran (LMS) yang memungkinkan dosen untuk membuat, mengelola, dan berbagi konten serta sumber daya pembelajaran.
  • Perpustakaan SU menyediakan solusi otomatis untuk pemesanan, peminjaman, dan pemeliharaan inventaris buku, periodika, dan bahan lainnya. Sistem ini juga menyediakan akses online bagi mahasiswa dan anggota fakultas ke buku elektronik dan jurnal yang menjadi bagian dari inventaris SU.
  • Microsoft Office adalah suite aplikasi perkantoran yang tersedia untuk mahasiswa, fakultas, dan staf. TI mengelola lisensi dengan Microsoft yang menyediakan agar semua mahasiswa, fakultas, dan staf dapat mengakses produk Microsoft seperti Word, Excel, PowerPoint, OneNote, dan lainnya. Setiap pengguna yang terdaftar diberikan akun Office 365 dan penyimpanan OneDrive dengan kapasitas 50GB.

Infrastruktur TI di SU dibangun untuk mendukung kegiatan pembelajaran dan pengajaran serta mendukung semua layanan administratif di kampus L'Avenue. Jaringan kampus dirancang dengan Local Area Network (LAN) dan akses internet Wi-Fi nirkabel, tersedia di semua lantai dalam gedung kampus.

  • Koneksi Internet dan Kampus Nirkabel
    Akses internet tersedia melalui koneksi kabel dan nirkabel (Wi-Fi). Bandwidth yang cukup dan dapat dikelola disediakan untuk mendukung aplikasi pembelajaran dan pengajaran online, ujian online di laboratorium komputer, aplikasi multimedia, dan sistem konferensi video.
  • Telekomunikasi
    Implementasi komunikasi suara dideploy dalam infrastruktur jaringan untuk telepon IP (VoIP), suara, dan sistem konferensi video.
  • Single Sign On (SSO)
    Layanan SSO adalah bagian dari layanan infrastruktur yang mengelola autentikasi dan hak akses untuk berbagai aplikasi yang disediakan untuk aplikasi akademik dan back office. Setiap pengguna (mahasiswa, fakultas, dan staf) diberikan akun SSO menggunakan ID email pribadi mereka.

Semua ruang kelas disesuaikan untuk mendukung lingkungan pengajaran abad ke-21. Setiap ruang kelas dilengkapi dengan teknologi instruksional dan proyeksi serta dilengkapi dengan Wi-Fi untuk akses internet dan port LAN. Selain itu, proyektor multimedia dengan konektor HDMI/VGA dipasang di setiap ruang kelas. Teknologi ini memungkinkan dosen untuk mengakses dan mengelola sumber daya untuk mengajar dengan menggunakan sumber daya digital.

SU memiliki empat laboratorium komputer yang dilengkapi dengan total 101 komputer pribadi untuk mendukung pembelajaran online dan tugas berbasis komputer. Semua PC dipasang dengan sistem operasi MS Windows, produk MS Office, dan berbagai perangkat lunak untuk pekerjaan laboratorium komputer.

Departemen TI menyediakan berbagai opsi dukungan untuk mahasiswa, fakultas, dan staf. Opsi ini termasuk bantuan melalui email, telepon, atau secara langsung.

  • Meja Layanan untuk fakultas dan staf: Ruang Staf TI di lantai 6
  • Meja Layanan TI untuk mahasiswa: Meja Pendaftaran di lantai 6
HariDukunganWaktu IstirahatDukungan
Senin8.00 am - 9.00 pm12.00 pm - 1.00 pmDukungan di tempat di Kampus L'Avenue
Selasa8.00 am - 9.00 pm12.00 pm - 1.00 pmDukungan di tempat di Kampus L'Avenue
Rabu8.00 am - 9.00 pm12.00 pm - 1.00 pmDukungan di tempat di Kampus L'Avenue
Kamis8.00 am - 9.00 pm12.00 pm - 1.00 pmDukungan di tempat di Kampus L'Avenue
Jumat8.00 am - 9.00 pm11.40 pm - 1.00 pmDukungan di tempat di Kampus L'Avenue
Sabtu8.00 am - 1.00 pm-Dukungan di tempat di Kampus L'Avenue
Minggu8.00 am - 1.00 pm-Dukungan online / jarak jauh
Meja Layanan TI

Address : L'avenue Building 6th floor Jl. Raya Pasar Minggu Kav. 16, Pancoran, Jakarta Selatan, Indonesia

Phone: 62 21 50 2222 ext. 7777

Email: it.services@sampoernauniversity.ac.id

Ambil langkah selanjutnya

Belajar dari fakultas kelas dunia, terhubung dengan jaringan global, dan peroleh keterampilan praktis yang mempersiapkan Anda untuk karir yang sukses.