Skip to main content

Jurusan Computer Science: Ini Prospek Kerjanya!

By November 26, 2021Agustus 15th, 2022Artikel, Artikel - FET
computer science

Computer science merupakan salah satu bidang terfavorit saat ini. Berdasarkan Bureau of Labor Statistics (BLS), pertumbuhannya mengungguli jumlah rata-rata pekerjaan lainnya di Amerika Serikat. Karier di bidang ilmu komputer pun diperkirakan akan menambah sekitar 531.200 lowongan baru pada 2029.

Tentu saja, hasil riset tersebut membawa berita gembira bagi orang-orang yang tertarik dengan karier computer science. Belum lagi, prospek kerja yang cemerlang membuat banyak orang makin bersemangat memperoleh gelar di bidang ini.

Nah, penasaran dengan peluang profesi menjanjikan untuk lulusan ini? Yuk, simak beberapa opsi berikut!

Baca Juga: Jurusan Computer Science Sampoerna University

1. Pemrogram Komputer

Seorang pemrogram komputer mengerjakan penulisan program perangkat lunak secara nyata. Lebih spesifik lagi, mereka mengambil rancangan program yang dibuat oleh pengembang perangkat lunak, lalu mengubahnya menjadi kode yang dapat dimengerti oleh komputer. Lulusan computer science yang ingin menjadi pemrogram harus memahami lebih dari satu bahasa komputer, seperti Python dan C++. Selain itu, Anda harus rutin menguji coba program dan memperbaiki eror.

 

2. Arsitek Jaringan

Lulus dari jurusan computer science bisa membawa Anda pada karier yang satu ini. Arsitek jaringan bertanggung jawab merancang, membuat, mengembangkan, memodifikasi, dan memelihara peranti lunak maupun peranti keras jaringan IP sebuah organisasi. Hal ini dapat mencakup WAN (Wide Area Network) dan LAN (Local Area Network).

 

3. Administrator Basis Data

computer science

Lulusan computer science yang mengincar profesi ini harus memahami tanggung jawab dalam mengurus basis data organisasi di segala sektor. Administrator basis data perlu memastikan bahwa setiap data siap diakses serta dapat digunakan secara efektif dan efisien oleh siapa pun yang memiliki izin. Profesi ini juga melakukan pemeliharaan dan mengatasi masalah pada basis data yang tersedia.

 

4. Pengembang Gim Video

Gemar bermain gim video sekaligus mendalami computer science? Itu artinya, Anda bakal cocok dengan profesi yang cukup populer ini. Pengembang gim video dapat menggarap permainan untuk berbagai perangkat, termasuk ponsel, konsol, maupun komputer. Umumnya, profesi ini menuntut kerja sama tim dengan profesi lain, seperti penulis dan desainer grafis.

 

5. Pengembang Web

Satu lagi profesi favorit lulusan computer science. Pengembang web bertugas merancang dan menulis kode untuk menciptakan format maupun tata letak situs web. Biasanya, profesi ini menuntut pengetahuan tentang bahasa pengodean front-end, seperti JavaScript, HTML, dan CSS.

 

Itulah prospek kerja yang menjanjikan bagi lulusan computer science. Tak diragukan lagi, lowongan profesi di bidang ini akan tetap stabil selagi dunia teknologi terus-menerus berkembang. Sebelum melamar pekerjaan impian, pastikan untuk memperbanyak pengalaman terlebih dahulu, mulai dari magang, kegiatan sukarela, hingga sertifikasi.

Bukan hanya itu, Anda juga perlu mengenyam pendidikan di kampus yang tepat. Rekomendasinya? Tentu saja, Sampoerna University! Kampus terakreditasi ini menawarkan pendidikan berkelas internasional sekaligus kesempatan memperoleh gelar ganda (double degree). Kualitas inilah yang akan menjadi penunjang Anda dalam meraih masa depan sukses.

Bagaimana? Sudah menentukan langkah selanjutnya?

 

Sumber:

  • https://careerkarma.com/blog/computer-science-career-paths/
  • https://www.learnhowtobecome.org/computer-careers/

 

X