Skip to main content

Jurusan Kuliah yang Lulusannya Banyak Dibutuhkan di Masa Depan

By Februari 19, 2022Agustus 15th, 2022Artikel, Artikel - FAS, Artikel - FET, Artikel - FOB, Artikel - FOE, Edukasi
mahasiswa dari berbagai jurusan kuliah

Memilih dan menentukan jurusan kuliah menjadi satu hal wajib yang harus dilakukan tepat sebelum lulus dari bangku Sekolah Menengah Atas (SMA). Baik dari jurusan IPA maupun IPS, menentukan jurusan yang tepat sangat berdampak pada keberlangsungan kuliah yang dilakukan. Jika salah dalam menentukan jurusan bisa jadi proses kuliah tidak dilakukan semaksimalnya.

Penentuan jurusan untuk kuliah banyak dilakukan mendekati penerimaan mahasiswa baru di jenjang perguruan tinggi. Beberapa hal wajib dipertimbangkan sebelum benar-benar menentukan jurusan mana yang akan dimasuki. Seperti minat dan bakat hingga prospek kerja dari jurusan yang akan dimasuki nanti saat masuk ke jenjang perkuliahan.

Baca juga: Pengertian Branding, Manfaat, Strategi dan Keuntungannya

Jurusan Kuliah yang Diminati untuk Jurusan IPA & IPS

Banyak jurusan menarik yang bisa dijadikan pilihan saat memasuki jenjang perguruan tinggi, tentunya yang sesuai dengan perkembangan dan kebutuhan pekerjaan di masa depan tanpa memerlukan tes minat bakat jurusan kuliah. Masa kini pekerjaan yang relatif tidak tersentuh keberadaan teknologi otomatisasi, seperti di bidang pendidikan, kesehatan, pelatihan dan pekerjaan sosial.

  • Pendidikan Dokter

Elderly female smiling with doctor and visiting senior patient woman at hospital ward

Atau juga lebih sering disebut dengan Kedokteran, merupakan salah satu jurusan kuliah IPA paling diminati di Indonesia. Jurusan ini layak dimasuki bagi yang berminat mengenai bagaimana mencegah dan mengobati penyakit serta melakukan perawatan medis. Kedokteran juga mempelajari turunan pengobatan penyakit.

Seperti jenis penyakit, anatomi, otot dan saraf hingga mengetahui berbagai jenis obat sebagai tindakan medis. Pendidikan dasar ilmu kedokteran langkah pertama ke jenjang yang lebih tinggi, seperti pemilihan konsentrasi. Mulai dari konsentrasi kesehatan anak, mengobati penyakit hingga perawatan medis, kedokteran bisa menjadi jurusan kuliah yang paling dibutuhkan.

  • Farmasi

Young woman pharmacist at pharmacy. Jurusan kuliah Farmasi

Jurusan ini secara umum Farmasi mempelajari hal-hal berbau obat dari klasifikasi, fungsi hingga analisis kandungan berbagai macam obat. Dalam kompetensi khusus, meracik obat menggunakan formulasi tertentu dilakukan. Tujuannya jelas untuk dimanfaatkan sebagai obat dari penderita penyakit tertentu.

  • Ilmu Gizi

Serious young asian female doctor offering red apple. healthy nutrition concept.

Jurusan perguruan tinggi ini mempelajari banyak hal terkait dengan makanan dan hubungan dengan manusia. Hubungan gizi dengan pertanian, industri dan sosial budaya juga merupakan fokus dari jurusan ini. Ilmu gizi juga mempelajari pertumbuhan serta nutrisi seimbang untuk manusia hingga mengatur nutrisi dalam diet.

Selain itu juga apa saja terkait makanan dan dampaknya terhadap tubuh manusia, semuanya dipelajari di jurusan ilmu gizi. Bagi siswa jurusan IPA yang tertarik di bidang makanan, khususnya kandungan gizi dari makanan yang dikonsumsi manusia.

  • Statistika

Paper analysis

Merupakan jurusan yang berhubungan erat dengan angka, namun mata kuliah yang termasuk dalam jurusan IPA ini lebih banyak berfokus pada perencanaan. Selain itu pengumpulan data, analisis data lalu mengambil keputusan dari hasil analisis yang dilakukan. Jurusan ini mempelajari analisis berbasis data di berbagai bidang ilmu.

  • Ilmu Komunikasi

Happy asian girl recording a podcast on her laptop computer with headphones and microphone

Jurusan kuliah IPS ini tak hanya mempelajari bagaimana cara berbicara atau melakukan komunikasi dengan benar. Tetapi juga mempelajari bagaimana cara melakukan komunikasi dengan orang lain atau kelompok menggunakan media tulisan, gambar dan video.

  • Administrasi Bisnis

Business analysis planing and  solution objective strategy concept.

Jurusan kuliah ini berkaitan dengan pengelolaan perusahaan atau perniagaan, seperti kegiatan pemasaran, pengelolaan keuangan hingga manajemen SDM dalam bisnis secara detail dipelajari. Hingga pengelolaan sarana dan prasarana di perusahaan dan menciptakan produk juga dipelajari di jurusan ini.

  • Perpajakan

Jurusan kuliah perpajakan dengan prospek karirnya

Disebut juga administrasi fiskal merupakan jurusan yang fokus pada bidang pengelolaan pajak dan perhitungan. Masuk ke jurusan ini menuntut siswa untuk bisa belajar berbagai jenis pajak yang ada di Indonesia. Mulai dari aturan pajak, perhitungan pajak dan hal-hal lain terkait pajak lain yang termasuk dalam permasalahan.

  • Hubungan Internasional

Sesuai dengan namanya jurusan kuliah ini mempelajari relasi atau hubungan antardua negara atau lebih, relasi yang dibentuk tak hanya diplomasi tetapi juga dalam hal konflik, kesejahteraan dan keamanan. Termasuk semua yang menyangkut dengan hidup orang banyak di suatu negara dan beberapa zona negara yang dipelajari.

Prospek Karier Berdasarkan Jurusan Kuliah

Dari macam-macam jurusan kuliah yang sudah dijelaskan di atas, tentu memiliki peluang agar mahasiswa yang sudah lulus segera mendapat pekerjaan. Prospek peluang kerja atau karier berdasarkan jurusan kuliah sebenarnya tergantung dari orang tersebut, jika memiliki nilai bagus dan bakatnya sudah terasah dengan baik dan benar.

Seperti misalnya dokter, peluang pekerjaan mahasiswa jurusan kedokteran bisa berada di klinik pemerintah atau swasta. Atau bisa membuka klinik sendiri setelah mendapat izin praktik dan praktisi kesehatan atau peneliti. Jurusan kedokteran membuat mahasiswa bisa leluasa dalam memilih jenjang karier mereka di dunia kerja.

Demikian penjelasan mengenai jurusan kuliah yang lulusannya banyak dibutuhkan di masa depan. Sampoerna University adalah satu-satunya universitas di Indonesia yang menawarkan pengalaman pendidikan tingkat tinggi ala Amerika. Sebagai bagian dari Sistem Sekolah Sampoerna, ini merupakan puncak dari satu-satunya sistem sekolah di Indonesia yang terintegrasi secara nasional berdasarkan standar kualitas kelas dunia.

Sampoerna University lebih dari sekadar kampus — melainkan merupakan sebuah komunitas belajar yang mempersiapkan siswa untuk sukses baik secara akademis maupun profesional. Di sini, siswa tidak hanya akan belajar dan memperoleh keahlian akademis—mereka akan ditantang untuk berpikir, melakukan, dan tumbuh menjadi lebih baik.

Dengan program kami, siswa dijamin memiliki keterampilan dan kredensial yang lebih baik yang akan membuka pintu untuk karir nasional atau internasional setelah mereka lulus. Tertarik jurusan apa yang cocok buat kamu? Kamu bisa mengikuti program test minat dan bakat di Sampoerna University. Klik disini untuk mendaftar.

Referensi
Campus.quipper.com – Majors

X