Skip to main content

Jurusan Kuliah yang Paling Menjanjikan Tahun 2023

By November 13, 2022Januari 15th, 2023Artikel
jurusan kuliah yang menjanjikan

Memilih jurusan kuliah di era perkembangan zaman yang sangat pesat bukan perkara mudah, namun juga tidak harus dipersulit. Sederet pilihan jurusan kuliah yang menjanjikan kini dapat dipilih sesuai dengan minat dan kebutuhan. Pemilihan jurusan ini tak lepas dari jenjang karier yang bisa diraih tepat setelah pendidikan di perguruan tinggi berhasil ditamatkan.

Sebelum itu calon mahasiswa perlu mengetahui adanya beberapa jurusan yang sangat menjanjikan dalam meraih masa depan. Mengapa disebut menjanjikan? Karena lulusan dari jurusan ini tak membutuhkan waktu lama untuk bisa mendapatkan pekerjaan dan penghasilan yang lumayan di setiap bulannya karena itu disebut menjanjikan.

Sampoerna University menjadi salah satu wadah dengan segala jurusan-jurusan kuliah yang menjanjikan, disertai dengan penerapan kurikulum internasional. Di mana mahasiswa tak hanya bisa mengenyam pendidikan di dalam negeri, tetapi juga di luar negeri. Kondisi ini membuat mahasiswa mencari adanya relasi baru dalam perjalanan meraih masa depan.

Daftar Jurusan Kuliah yang Paling Menjanjikan di Era 4.0

jurusan kuliah yang menjanjikan

  • Teknik Informatika

Jurusan kuliah yang paling dibutuhkan di dunia kerja adalah Teknik Informatika, mahasiswa yang memilih jurusan ini bisa dibilang akan dibentuk sebagai manusia paling modern dalam hal teknologi informasi. Tepatnya sebagai ahli di bidang teknologi, lewat jurusan ini para mahasiswa lulusan akan mendapat segudang pengalaman mengenai pemrograman hingga cara membuat aplikasi.

Namun hal itu baru sebatas ruang lingkup kecilnya, jurusan Teknik Informatika sangat sesuai dengan kebutuhan dunia di masa depan. Tak heran jika jurusan ini berada di peringkat pertama paling banyak dipilih calon mahasiswa baru. Di era 4.0 kemampuan dalam mengoperasikan teknologi memang sangat-sangat dibutuhkan.

  • Manajemen Bisnis

Jurusan Manajemen Bisnis juga menjadi jurusan yang paling ramai peminat, para mahasiswa akan belajar mengenai banyak ilmu dalam pengelolaan bisnis. Diawali dari cara menyusun strategi dan rencana dalam menjalankan bisnis. Kemudian masuk pada bagian perekrutan SDM, mahasiswa jurusan ini juga akan dibekali dengan Ilmu Pengantar Teknologi Informasi.

Prospek yang termasuk dalam kegiatan perekonomian, terbilang mudah untuk didapatkan mengingat jurusan ini termasuk dalam jurusan kuliah yang menjanjikan bagi para calon mahasiswa dalam berbagai kebutuhan sektor penting. Termasuk perdagangan, produksi, hukum, pemerintahan hingga ekonomi global.

  • Akuntansi

Profesi sebagai akuntan akan selalu dibutuhkan perusahaan hingga sampai kapanpun, meski sudah termasuk di era teknologi canggih 4.0. Secanggih apapun sistem yang dibuat, hanya akan mampu bekerja pada data hasil input untuk instruksi tertentu. Sementara seorang akuntan tak hanya sebatas itu, melainkan masih ada fungsi strategis yang perlu dilaksanakan.

Peluang karir dari jurusan ini terbuka lebar, mulai dari akuntan publik, auditor internal, analis keuangan hingga jabatan seorang manajer perpajakan. Sementara gaji yang ditawarkan juga tidak main-main, bisa mencapai nominal Rp 6 juta per bulan untuk fresh graduate. Jurusan akuntansi termasuk jurusan kuliah yang sangat menjanjikan kehadirannya.

  • Desain Grafis

Jurusan Desain Grafis termasuk dalam Desain Komunikasi Visual (DKV) menjadi salah satu jurusan yang akhir-akhir ini banyak diperbincangkan calon mahasiswa. Mahasiswa yang memilih jurusan ini juga harus memiliki modal dalam menguasai berbagai software desain, hal itu karena di setiap lulusan yang ada akan selalu dibutuhkan oleh perusahaan.

Kreativitas dan kemampuan dalam menggunakan teknologi yang dimiliki mahasiswa menjadi penunjang bagaimana menguasai bidang ini. Kini telah muncul departemen desain busana kreatif, di mana siapa saja yang tertarik dengan industri mode dan gaya serta teknologi bisa lebih mengembangkan kemampuan mereka.

  • Ilmu Komunikasi

Jurusan kuliah Ilmu Komunikasi termasuk dalam jajaran jurusan yang sangat menjanjikan untuk diandalkan dalam mendapatkan pekerjaan. Bidang kajian ilmu yang cukup luas dan fleksibel, membuat jurusan ini terbuka hampir untuk seluruh bidang industri. Termasuk lembaga non-profit, yang juga memerlukan lulusan dari jurusan kuliah ini.

Selain itu yang lebih menggiurkan lagi adalah gaji yang bakal didapat para lulusan jurusan Ilmu Komunikasi yang termasuk besar. Bahkan dalam beberapa kasus ditemukan seorang ahli ilmu komunikasi mendapat bayaran mencapai ratusan juta rupiah. Meskipun tergantung dari bidang mana yang digelutinya.

  • Teknik Industri

Lulusan jurusan Teknik Industri memiliki peluang kerja yang cukup luas, mulai dari dunia pertambangan, perbankan, periklanan, kesehatan hingga otomotif. Semuanya membutuhkan tenaga ahli yang dicetak dari jurusan Teknik Industri. Selain itu kisaran gaji yang ditawarkan juga cukup menggiurkan.

Beberapa pekerjaan dalam jurusan Teknik Industri yang bisa dikuasai antara lain sebagai berikut, product analyst, engineering manager, project management analyst dan project manager serta masih banyak lagi yang berkaitan. Termasuk jurusan kuliah yang paling banyak dibutuhkan dunia kerja, dan tentunya sangat dibutuhkan oleh banyak perusahaan di dalam dan luar negeri.

  • Sistem Informasi

Jurusan informasi menjadi jurusan kuliah yang banyak peluang kerja, berkaitan dengan dunia teknologi yang digemari banyak generasi muda masa kini. Mahasiswa jurusan sistem informasi akan mempelajari ilmu komputer, manajemen dan bisnis merancang sistem sesuai kebutuhan perusahaan, termasuk jurusan kuliah IPA yang menjadi masa depan untuk perempuan.

Sistem informasi sangat cocok bagi para mahasiswa yang ingin belajar mengaplikasikan dalam ilmu IPA dan IPS. Penggabungan dua jenis ilmu pengetahuan, penerapan pembelajaran dengan sistem ini di Sampoerna Academy. Lulusan jurusan Sistem Informasi dapat bekerja sebagai system developer, system analyst, intelligent system, developer information technology dan media digital development.

  • Desain Produk

Jurusan kuliah desain produk berfokus pada cara pembuatan produk dan peralatan, pemanfaatan dengan tampilan inovatif. Para mahasiswa akan belajar melakukan desain terhadap suatu produk, menggunakan peralatan sehari-hari, termasuk beberapa jenis seperti furniture, kerajinan tangan hingga alat-alat berat.

Prospek kerja lewat jurusan Desain Produk sangat amat menarik dengan berbagai jenis pekerjaan yang ditawarkan perusahaan. Mulai dari konsultan desain, biro perencanaan hingga wirausaha sebagai desainer lepas. Peluang bekerja di berbagai industri, selama industri tersebut memerlukan desain yang inovatif pada produk yang dijual.

  • Hukum

Peluang karir kerja setelah kuliah jurusan Hukum sangat terbuka dan selalu dibutuhkan tak hanya di masa sekarang tetapi juga masa mendatang. Banyak jenis pekerjaan yang bisa dipilih sesuai dengan minat dan bakat, mulai dari panitera junior, paralegal, penata arsip hukum, pengacara magang hingga konsultan hukum atau advokat.

Jurusan hukum menjadi salah satu jurusan kuliah yang menjanjikan dan banyak diminati calon mahasiswa. Hukum juga merupakan jurusan kuliah yang tak hanya melatih mahasiswa dalam berpikir kritis tetapi juga berani bertindak dalam penegakan aturan. Praktek kasus nyata dalam perkuliahan dengan penyelesaiannya membuat lulusan semakin terampil ketika bekerja.

  •  Teknik Sipil

Jurusan kuliah Teknik Sipil serupa dengan arsitektur yang merupakan salah satu jurusan yang berhubungan dengan konstruksi dan bangunan. Jurusan Teknik Sipil tak hanya mempelajari mengenai konstruksi bangunan, tetapi juga pembuatan rancangan, renovasi dan pembangunan gedung, jembatan serta infrastruktur lainnya.

Kuliah di jurusan Teknik Sipil memiliki peranan penting dalam mewujudkan ide arsitek menjadi wujud yang nyata. Karir kerja jurusan kuliah Teknik Sipil selalu dibutuhkan, tak hanya di masa kini tetapi juga masa yang mendatang. Khususnya di perusahaan konstruksi dan bangunan, sama halnya dengan lulusan arsitektur.

Sampoerna University menyediakan berbagai jurusan kuliah dengan peluang karier sangat menjanjikan, mulai dari Fakultas Bisnis, Fakultas Teknik dan Teknologi, Fakultas Ilmu Pendidikan, Fakultas Seni dan Sains. Perguruan Tinggi internasional dengan standar pendidikan Amerika Serikat, menawarkan program akademik berkonteks pada Indonesia.

Sampoerna University menyelenggarakan program-program pendidikan di bawah lisensi dan otoritas terakreditasi dari Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia. Sampoerna University didirikan untuk memenuhi standar nasional dan internasional, ketahui informasi lebih banyak tentang Sampoerna University.

Berbagai program pendidikan yang disediakan Sampoerna University membantu para mahasiswa meraih karir impian. Tertarik bergabung Sampoerna University? Informasi program studi dan pendaftaran bisa diakses lewat tautan yang disediakan di akhir artikel berikut ini. Segera bergabung Sampoerna University dan raih impian dengan pasti.

Untuk informasi lebih lanjut terkait pendaftaran, kurikulum, kunjungan, dan informasi seputar Sampoerna University silakan mengisi data di bawah ini.

Article Form

Referensi

Kompas

X