Skip to main content

Jurusan Sistem Informasi dan Prospek Karier Kerja

By Maret 17, 2022Agustus 15th, 2022Artikel, Artikel - FET, Edukasi
sistem informasi

Teknologi informasi sedang mendominasi kebutuhan manusia, sumber daya manusia yang ahli di bidang ini pasti sangat dicari. Sistem informasi (SI) menjadi salah satu bidang ilmu yang mempelajari cara membuat serta mengoperasikan perangkat lunak dan keras untuk berinteraksi dengan data. Meliputi studi tentang mengumpulkan, menyaring dan distribusi data.

Apabila seseorang sudah berada di jenjang perkuliahan atau sedang dalam proses melanjutkan kuliah di bidang ini, maka sudah banyak perguruan tinggi di Indonesia dengan jenjang program studi informasi baik S1 maupun S2. Namun sebelumnya, kenali dahulu apa itu program studi yang memuat mengenai sistem dari informasi tersebut.

 

Mengenal Jurusan Sistem Informasi (SI)

Sederhananya sistem informasi (SI) adalah penggabungan dari beberapa jenis program studi, seperti ilmu komputer, ekonomi manajemen dan bisnis. Namun fokus jurusan ini tetap pada bidang software atau programming, mengarahnya lebih ke arah penerapan ke bisnis perusahaan. Karena itu tak heran jika jurusan ini banyak mempelajari ekonomi manajemen.

SI merupakan bidang keilmuan yang menggabungkan ilmu komputer bersama dengan bisnis serta manajemen. Program studi ini akan membuat mahasiswa belajar melakukan identifikasi kebutuhan dan proses bisnis suatu perusahaan berdasarkan data-data yang dimiliki suatu perusahaan, setelah itu merancang sistem sesuai kebutuhan perusahaan.

Selain teknik pemrograman, mahasiswa juga dituntut untuk belajar terhadap proses bisnis yang terdapat pada suatu perusahaan. Lulusan program studi SI diharap mampu mengembangkan sebuah sistem pengolahan terhadap data dari berbagai sumber yang bisa disajikan sebagai informasi bermanfaat bagi perusahaan.

Sistem informasi di Sampoerna University, mempersiapkan lulusan untuk bekerja di berbagai sektor yang mengintegrasikan solusi teknologi informasi dan proses bisnis untuk tujuan memenuhi kebutuhan informasi bisnis dan organisasi. Integrasi SI yang efektif memungkinkan dan memberdayakan organisasi untuk mencapai tujuan mereka dengan cara yang efektif dan efisien.

Lulusan kami akan memahami faktor teknis dan organisasi, dan mereka akan dapat membantu organisasi menentukan bagaimana informasi dan sistem informasi akuntansi yang didukung teknologi dapat memberikan keunggulan kompetitif. Lulusan SI Sampoerna University diharap mampu memberi kontribusi pada perkembangan bangsa.

Baca juga: Pengertian Server, Jenis, Cara Kerja dan Fungsinya

Pengertian Jurusan SI

Program studi sistem informasi ini dibentuk guna menghasilkan lulusan Sarjana Ilmu Komputer profesional. Mampu merancang teknologi informasi untuk memecahkan permasalahan nyata hingga mampu bekerja sama secara global dengan mengedepankan etika. Proses belajar SI juga dikembangkan dengan berbagai kemampuan soft skill.

Seperti kemampuan-kemampuan dalam berkomunikasi, bekerja dalam tim atau kelompok, menulis karya ilmiah, berpikir kreatif dan inovatif. Kemampuan tersebut berada dalam program studi SI dan dibangun lewat berbagai tugas, presentasi, diskusi hingga kerja praktek. Biasanya kerja praktek ini dilakukan langsung di suatu industri atau perusahaan.

Semester pertama jurusan SI mengharuskan mahasiswa mengambil mata kuliah yang sebelumnya sudah ditentukan terlebih dahulu. Pada setiap semesternya setelah itu, Satuan Kredit Semester (SKS) bisa disesuaikan dengan kebutuhan mahasiswa. Mahasiswa juga bisa mengajukan permintaan pada pembimbing akademik untuk mengikuti kuliah melebihi jumlah sks.

Dengan catatan bahwa mahasiswa tersebut memiliki prestasi dalam akademik, kurikulum ini dirancang agar mahasiswa dapat menyelesaikan perkuliahan dalam waktu 8 semester atau selama empat tahun, begitulah sedikit pengertian sistem informasi. Berikut ini beberapa mata kuliah dari jurusan SI yang kemungkinan besar diperoleh saat berada di bangku perguruan tinggi.

 

Perencanaan Sumber Daya Perusahaan

Disebut juga ERP (Enterprise Resource Planning) adalah sistem informasi yang secara khusus untuk perusahaan baik jenis perusahaan manufaktur maupun jasa yang memiliki peran dalam mengintegrasikan serta otomatisasi proses bisnis, mulai dari aspek produksi, operasi hingga distribusi.

  • Manajemen Proyek Teknologi Informasi

Ilmu manajemen sangat dibutuhkan dalam sistem informasi, karena terdapat berbagai macam poin penting yang dibutuhkan seperti perencanaan, pelaksanaan, pemantauan dan evaluasi. Kegagalan yang muncul dalam proyek ini bisa lebih mudah dihindari jika ilmu manajemen proyek teknologi informasi dapat diterapkan.

  • Manajemen Pengadaan dan Investasi Teknologi Informasi

Sistem informasi membutuhkan peralatan dan perlengkapan yang memadai guna menunjang kinerja agar optimal. Manajemen pengelolaan aset diperlukan karena SI dituntut untuk bisa terus berjalan secara efektif dan efisien.

  • Manajemen Risiko Teknologi Informasi

Dikenal dengan sebutan IT Risk Management, tujuan mata kuliah ini adalah untuk menerapkan prinsip-prinsip sistem informasi manajemen sehingga risiko yang mengancam dalam SI bisa dikelola. Khususnya risiko yang mengancam perusahaan, beberapa risiko yang ada antara lain adalah operasional, kepemilikan, dampak, keterkaitan dan penggunaan.

  • Aset Informasi

Adalah kumpulan informasi penting bagi perusahaan yang sifatnya rahasia, keamanan dalam menjaga informasi ini diajarkan melalui mata kuliah aset informasi. Nantinya dalam penerapan dapat memunculkan integritas dan ketersediaan informasi bagi manajemen dan juga pihak terkait.

 

Pilihan Jurusan atau Contoh Jurusan SI

Jurusan SI memungkinkan calon mahasiswa masuk dari lulusan IPA maupun IPS, hal ini dikarenakan dalam jurusan ini tak hanya mempelajari ilmu sains namun juga ilmu ekonomi dan sosial seperti manajemen, akuntansi dan lain sebagainya. Meski begitu biasanya lulusan IPA akan memilih jurusan teknik informatika yang lebih mendasar.

Lulusan SI di Sampoerna University diharapkan dapat berkontribusi pada pembangunan bangsa di sektor SI, khususnya di sektor e-commerce, Big Data, Ilmu Data, dan Keamanan Informasi. Bidang-bidang tersebut merupakan fokus utama kurikulum program studi Sistem Informasi di Universitas Sampoerna.

Sampoerna University merancang mahasiswa guna mempersiapkan lulusan kami untuk mampu bekerja secara global dengan daya saing tinggi dan berkontribusi di bidangnya masing-masing di era Industri 4.0 dan seterusnya. Terlebih saat ini perang ekonomi digital tengah berlangsung dengan kemunculan banyaknya startup di sektor e-commerce dan sejenisnya.

 

Prospek Karier SI

Prospek karier lulusan sistem informasi bisa dibilang sangat menjanjikan, apalagi semakin pesat perkembangan teknologi di zaman seperti sekarang ini. Seorang yang ahli dalam sistem informasi sangat dibutuhkan banyak perusahaan sebagai jembatan antara programmer dan user, selain itu ahli sistem informasi juga dibutuhkan lembaga pemerintah.

Berbagai ilmu yang dipelajari saat berada di bangku kuliah sangat aplikatif karena memudahkan seseorang dalam adaptasi di lingkungan kerja. Keterampilan dalam melakukan desain, nantinya banyak perusahaan yang secara terbuka menginginkan untuk bergabung. Berikut ini beberapa prospek kerja lulusan sistem informasi.

  • Business Analyst.
  • Web Developer.
  • Project Manager.
  • E-commerce System Developer.
  • IT Manager.
  • Database Administrator.
  • System Analyst dan IT Consultant.

Demikian penjelasan mengenai jurusan sistem informasi, pengertian hingga prospek kerja yang bisa didapatkan oleh banyak orang. Program Studi Sistem Informasi Sampoerna University mempersiapkan lulusan untuk bekerja di berbagai sektor yang mengintegrasikan solusi teknologi informasi dan proses bisnis untuk tujuan memenuhi kebutuhan informasi bisnis dan organisasi.

Referensi
Campus.quiper.com – Sistem Informasi

X