05 Apr 2024

Mengenal Jurusan Teknik Sistem Informasi & Prospek Kerjanya di Era Digital

Artikel,

Jurusan Teknik Sistem Informasi – Salah satu jurusan yang memiliki peran yang makin penting adalah jurusan Teknik Sistem Informasi. Tertarik dengan dunia teknologi dan ingin berkontribusi di era digital? Jurusan ini mungkin menjadi pilihan tepat untukmu!

Apa Itu Teknik Sistem Informasi?

Teknik Sistem Informasi (SI) adalah jurusan yang mempelajari bagaimana merancang, membangun, mengimplementasikan, dan mengelola sistem informasi.  

 

Lulusan jurusan ini tidak hanya menguasai ilmu komputer, tetapi juga memahami konsep bisnis dan organisasi. Dengan kata lain, lulusan sistem informasi menjadi jembatan antara dunia teknologi dan kebutuhan pengguna.

 

Apa yang Dipelajari di Teknik Sistem Informasi?

Perkuliahan di Teknik Sistem Informasi akan memberimu bekal ilmu yang beragam, seperti:

  • Analisis Sistem: Mempelajari bagaimana mengidentifikasi kebutuhan pengguna dan merancang sistem yang tepat.
  • Basis Data: Menguasai pengelolaan dan penyimpanan data secara efisien.
  • Jaringan Komputer: Mempelajari bagaimana membangun dan mengelola jaringan komputer yang handal.
  • Pemrograman: Mempelajari berbagai bahasa pemrograman untuk membangun aplikasi dan sistem.
  • Sistem Keamanan Informasi: Mempelajari bagaimana menjaga keamanan data dan sistem informasi dari berbagai ancaman.

 

Prospek Kerja Lulusan Teknik Sistem Informasi

Lulusan Teknik Sistem Informasi memiliki prospek kerja yang sangat luas dan menjanjikan. Beberapa peluang karier yang bisa kamu pilih antara lain:

    • System Analyst: Peranmu adalah menganalisis kebutuhan bisnis dan merancang sistem informasi yang efektif untuk menjawab kebutuhan tersebut.
    • Web Developer: Kamu akan bertanggung jawab membangun dan memelihara website serta aplikasi web. Keahlian coding akan sangat dibutuhkan di posisi ini.
    • Network Administrator: Memastikan jaringan komputer perusahaan berjalan lancar dan aman menjadi tugas utama seorang Network Administrator.
    • IT Project Manager: Sebagai manajer proyek IT, kamu akan memimpin dan memastikan berjalannya suatu proyek pengembangan sistem informasi sesuai rencana.
    • Information Security Specialist: Dengan keahlian keamanan informasi, kamu akan menjaga data dan sistem perusahaan dari serangan siber.
    • Data Analyst: Mengelola dan menganalisis data untuk menemukan pola dan informasi berharga menjadi keahlian utama seorang Data Analyst.
    • Business Intelligence Analyst: Kamu akan menggunakan hasil analisis data untuk membantu perusahaan mengambil keputusan bisnis yang lebih baik.
  • E-Commerce systems developer
  • E-Commerce systems analyst
  • Big data scientist
  • Big data analyst
  • Information systems auditor
  • Information systems consultant
  • Information systems technopreneur

 

Dengan pesatnya perkembangan teknologi informasi, kebutuhan tenaga ahli di bidang ini akan terus meningkat. Gaji yang ditawarkan pun terbilang tinggi, sehingga jurusan ini menjadi pilihan yang menjanjikan untuk masa depanmu.

 

Tertarik Menjadi Bagian dari Dunia Teknologi Informasi?

 

Jika kamu memiliki minat di bidang teknologi, memiliki kemampuan logika yang baik, dan ingin berkontribusi membangun sistem yang bermanfaat, maka jurusan Teknik Sistem Informasi di Sampoerna University bisa menjadi pilihan yang tepat.

 

Sampoerna University menawarkan program studi Teknik Sistem Informasi yang inovatif dan relevan dengan kebutuhan industri. Selain kurikulum yang kuat, kampus kami juga dilengkapi dengan berbagai dosen berpengalaman sebagai praktisi di industri sistem informasi. 

 

Kampus kami juga dilengkapi dengan laboratorium & fasilitas lengkap dengan standar perguruan tinggi Amerika Serikat agar kamu dapat praktek langsung dengan menggunakan perangkat lunak dan hardware terkini. Dengan lab yang lengkap, kamu bisa bereksperimen dan mengasah kemampuanmu dalam membangun dan mengelola sistem informasi. 

 

Sampoerna University mengadopsi sistem pembelajaran dengan standar perguruan tinggi Amerika Serikat melalui kerjasama kami dengan University of Arizona. Dengan program pembelajaran di Sampoerna University, kamu bisa lulus 2 gelar dalam 4 tahun, dengan biaya yang lebih murah 75%.

 

Staf pengajar kami merupakan dosen bergelar PhD lulusan luar negeri & memegang penugasan global dari University of Arizona.

 

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut, langsung saja hubungi Sampoerna University untuk informasi lebih lanjut mengenai jurusan sistem informasi.

Recent More

film animasi indonesia

Mei, 08 2024

Industri animasi Indonesia telah mencatatkan perkembangan yang signifikan dan mulai mencuri perhatian di panggung...

Apa itu Internet of things?

Mei, 08 2024

Apa Itu IoT (Internet Of Things)? Internet of Things (IoT) adalah konsep yang mengacu...

profesi bergengsi di dunia penerbangan

Mei, 08 2024

Industri penerbangan terus berkembang pesat, membuka berbagai peluang menarik bagi kamu yang ingin berkarier...

Admission
Admission
Schedule a Visit
Schedule a Visit
Contact Whatsapp
Contact Whatsapp