Skip to main content

Pengertian Kebijakan Publik, Ruang Lingkup Hingga Tujuan

By Mei 6, 2022Mei 24th, 2022Edukasi
kebijakan publik adalah

Istilah kebijakan publik adalah memiliki keterkaitan erat dengan administrasi pemerintahan, mengingat secara umum tertulis dan tercantum dalam bentuk peraturan-peraturan yang harus ditaati. Sebagai modal utama pemerintah dalam menata masyarakat termasuk berbagai macam aspek kehidupan. Sekaligus menjadi kekuatan pemerintah lewat kewenangan hukum dalam mengatur masyarakat.

Seolah menjadi paksaan untuk masyarakat untuk mentaati segala ketentuan yang sudah ditaati dan disiarkan oleh pemerintah setempat. Walaupun bersifat memaksa, namun hal ini bersifat sah dan legitimate yang didasari regulasi yang jelas. Kebijakan publik secara langsung memberi dampak pada kehidupan masyarakat setiap harinya di suatu negara, begitulah pentingnya mengetahui kebijakan ini.

Pengertian Kebijakan Publik

Kebijakan adalah rangkaian konsep dari asas yang digunakan secara garis besar adanya sebuah masalah. Rencana yang memiliki beberapa dasar dalam pembuatan untuk kemudian dipakai dalam bidang pekerjaan, perilaku bertindak, kepemimpinan hingga menangani masalah. Untuk kemudian kebijakan yang dikeluarkan bakal dipakai sebagai pedoman aturan bertindak.

Kebijakan publik adalah aturan yang sudah disepakati untuk dikeluarkan untuk kemudian dipakai mengatur orang hingga kelompok serta pejabat. Tujuan adanya kebijakan publik atau public policy dalam memecahkan masalah yang muncul atau juga sedang dihadapi. Pengertian kebijakan publik sebenarnya memiliki banyak penjelasan dan terbatas dari kebijakan lainnya.

Jika dilihat secara terminologi, arti kebijakan publik memang diketahui banyak dan kebanyakan tergantung dari sudut mana seseorang mengartikannya. Kebijakan publik termasuk sebagai kewenangan milik pemerintah, dilakukan dalam menjalankan tugas serta fungsi dalam hubungan di terjadi di dalam masyarakat.

Pada dasarnya kebijakan pemerintah digunakan untuk menata kehidupan bermasyarakat dalam segala aspek. Merupakan kebijakan uang orientasinya kepada kepentingan masyarakat tersebut, di setiap munculnya kebijakan publik secara umum akan diawali dengan perumusan masalah. Lingkup dari studi kebijakan publik sangat luas karena mencakup berbagai sektor dan bidang.

Pengertian Kebijakan Publik Menurut Para Ahli

  • Hoogerwert

Menyebutkan bahwa kebijakan ahli sebagai suatu unsur yang harus ada pada politik, disebutkan juga bahwa kebijakan ini dilakukan untuk mencapai tujuan tertentu. Proses dalam mencapai tujuan ini tentu membutuhkan jangka waktu tertentu.

  • Anderson

Kebijakan publik menurut Anderson adalah munculnya sebuah hubungan yang terjadi antara dua pihak, dua pihak ini adalah pemerintah dengan lingkungan sekitarnya termasuk warga dan masyarakat yang ada.

  • Gertson

Gertson merupakan kebijakan publik sebagai upaya dari pemerintah atau pejabat tertentu yang memiliki kekuasaan. Upaya ini dilakukan dalam setiap tingkatan pemerintah, dengan harapan usaha yang dilakukan memberi dampak sebagai pemecah permasalahan.

  • Dunn

Kebijakan publik menurut Dunn adalah pola kompleks yang muncul berdasarkan dari pilihan kolektif dengan ketergantungan satu sama lain. Kondisi ini dilakukan oleh badan dan lembaga pemerintahan yang ada.

  • Pressman dan Wildavsky

Kebijakan publik didefinisikan sebagai hipotesis yang mengandung kondisi awal dan akibat setelah sebelumnya diprediksi. Kebijakan publik harus dibedakan sebagai bentuk kebijakan lain, yang dipengaruhi oleh keterlibatan faktor dan dalam hal ini bukan pemerintah.

  • Leo Agustino

Kebijakan publik merupakan hubungan pemerintah dan lingkungan, secara umum mencakup banyak hal karena memang kebijakan publik mencakup semuanya. Pengertian secara luas kebijakan publik memang harus dipahami dengan benar.

  • Woll

Kebijakan publik adalah sejumlah aktivitas pemerintah yang dilakukan dalam memecahkan sebuah masalah di dalam masyarakat. Kondisi ini terjadi bisa secara langsung dan lewat sejumlah lembaga yang punya pengaruh dalam masyarakat.

  • Thomas R Dye

Apa saja yang dipilih oleh pemerintah yang dilakukan atau tidak, Thomas R Dye menekankan kebijakan publik sebagai wujud tindakan. Pernyataan dari keinginan pemegang kekuasaan terhadap masyarakat di ruang lingkupnya.

kebijakan publik dan regulasi

Ruang Lingkup Kebijakan Publik

Karena mencakup banyak bidang, ruang lingkup dari kebijakan publik terbilang sangat luas, berbagai sektor dicakup bahkan sampai bidang pembangunan. Seperti kebijakan publik terhadap bidang kesehatan, bidang pendidikan, transportasi hingga bidang lainnya. Beberapa ruang lingkup dari kebijakan publik di antaranya sebagai berikut.

  • Penelitian terkait perilaku birokrasi dan elite politik yang berkaitan dengan kebijakan politik yang akan diputuskan.
  • Peran kelompok berkepentingan di dalam proses kebijakan, biasanya berkaitan dengan kepentingan dari masyarakat.
  • Shared concern dan shared problems yang terjadi di antara para aktor politik, khususnya yang terlibat dalam proses pembuatan, implementasi hingga adanya evaluasi.

Elemen Penting Kebijakan Politik

Elemen penting dalam kebijakan publik diambil setelah mengetahui pengertian dan pemahaman dari fokus ini. Setidaknya terdapat empat elemen penting yang terdapat di sebuah kebijakan publik, berikut empat elemen penting yang terdapat di dalam kebijakan publik yang dipakai pihak penguasa.

  • Input

Dalam hal ini input memengaruhi hal yang berkaitan dengan kebijakan publik, seperti cara manusia dalam bertindak. Bisa dalam pengetahuan, teknologi, informasi hingga semua nilai yang berlaku di dalam masyarakat.

  • Target dan Tujuan

Tujuan yang masuk sebagai elemen dalam kebijakan publik memiliki arti sebuah arah dari kebijakan yang ingin dicapai oleh pembuat kebijakan. Bisa dibilang alasan yang membuat munculnya kebijakan publik dibuat.

  • Perangkat

Perangkat dalam hal ini disebut juga sebagai instrumen, digunakan untuk menjalankan sebuah kebijakan publik dan diputuskan oleh pemerintah. Terdapat proses tersendiri dalam memilih perangkat yang akan digunakan ini.

  • Akibat

Akibat sebagai dampak yang diperoleh dari munculnya kebijakan publik, tentunya aturan yang diterapkan bakal memberi respons dari masyarakat. Jika dampak baik yang didapat maka kebijakan disebut sukses, begitu juga sebaliknya.

Baca juga: Pengertian Distribusi Frekuensi, Jenis, Bagian dan Contoh

Tingkatan Kebijakan Publik

  • Kebijakan Umum

Disebut juga sebagai strategi dan merupakan tingkat kebijakan dengan lingkup batasan mengenai masalah-masalah dalam lingkup umum. Beberapa bentuk produk kebijakan publik seperti Undang-Undang, Peraturan Pemerintah, Keputusan Presiden dan lain sebagainya.

  • Kebijakan Manajerial

Batasan mengenai bidang utama yang juga disebut sebagai major area pemerintahan, kebijakan ini dijadikan sebagai penjabaran terkait kebijakan umum yang fungsinya sebagai langkah penentuan strategi serta administrasi dalam masyarakat atau publik. 

  • Kebijakan Teknis Operasional

Meliputi batasan dalam satu publik dilakukan dengan memilih satu bidang utama, berbentuk sebuah prosedur, teknik dan cara dalam mengimplementasikan sebuah rencana, kegiatan dan program. Dalam hal ini wewenang berada di tangan pimpinan eselon pertama departemen pemerintahan.

Tujuan Kebijakan Publik

Di balik alasan pembentukan sebuah kebijakan terhadap publik atau masyarakat dalam lingkungannya, terdapat tujuan yang ingin dicapai. Kebijakan publik dapat dikatakan sukses apabila kenyataan di lapangan memperlihatkan fakta sesuai keinginan, dalam memenuhi kebijakan publik yang baik setidaknya harus memenuhi beberapa kriteria berikut ini.

  • Keinginan yang dicapai telah terpenuhi sesuai dengan target atau keinginan awal.
  • Munculnya kebijakan publik bersifat rasional atau realistis sesuai dengan kenyataan.
  • Sifat dari kebijakan publik yang dikeluarkan harus jelas dan diketahui masyarakat.
  • Adanya kebijakan publik sebenarnya dibuat untuk orientasi ke depan.

Demikian penjelasan mengenai kebijakan publik, mulai dari pengertian, ruang lingkup, elemen hingga tujuan yang ingin dicapai dalam hal ini. Sampoerna University memberikan ilmu pengetahuan secara meluas kepada para mahasiswa, tak hanya berkaitan dengan dunia internasional tetapi juga nasional seperti keberadaan kebijakan publik di Indonesia.

Melalui kurikulum internasional yang diterapkan, Sampoerna University juga memiliki kebijakan tersendiri dalam membangun kualitas para mahasiswa. Tujuan dari kebijakan yang diterapkan tak lain agar para lulusan Sampoerna University mampu bersaing baik di level nasional maupun internasional sesuai dengan bidang yang diambil atau digeluti dan dipilih sebelumnya.

Referensi
Kompas – Kebijakan Publik Adalah

X