TENTANG KEMAHASISWAAN

 
 
 
 
 
 
 
 
1
1

Orientasi Kampus

Setiap mahasiswa baru akan mempelajari tentang kehidupan kampus melalui “Program Orientasi Mahasiswa Baru” yang diselenggarakan oleh Bagian Kemahasiswaan. Hal ini dilakukan sebelum tahun akademik baru dimulai untuk membantu transisi siswa ke dalam kehidupan kampus. Mereka akan bertemu mahasiswa baru lainnya dalam sesi yang dirancang untuk memberi mereka informasi. Mahasiswa tingkat akhir akan memimpin sesi ini dan dapat menjadi mentor yang dapat membantu mahasiswa baru beradaptasi dengan kehidupan kampus. Siswa juga akan bertemu dengan anggota fakultas dan staf yang akan mengarahkan siswa ke program dan layanan akademik. Di akhir masa orientasi, mahasiswa akan mendapatkan Kartu Mahasiswa, Kartu Akses Kampus, Jaket Sampoerna University, Akses Wi-fi, Alamat Email Sampoerna University dan fasilitas lainnya yang terkait dengan fasilitas termasuk perpustakaan dan akses portal mahasiswa.

Pelayanan Kesehatan

Klinik kesehatan Sampoerna University menyediakan layanan medis dasar gratis kepada mahasiswa. Klinik ini terletak di lantai 19, di seberang laboratorium komputer. Dokter akan berjaga di klinik tiga hari dalam seminggu dengan jadwal sebagai berikut:

Senin (12.00-15.00);

Rabu (12.00-15.00); dan

Jumat (12.00 – 15.00).

Bagian Kemahasiswaan juga mengundang dokter dari rumah sakit setempat untuk memberikan Sesi Penyuluhan Kesehatan untuk berdiskusi dengan mahasiswa tentang hidup sehat dan pentingnya pencegahan penyakit tertentu bagi kaum muda.

Layanan Konseling Karir

Bagian Kemahasiswaan menyediakan sejumlah layanan untuk membantu mahasiswa agar siap memasuki dunia kerja bersaing dalam kancah global melalui pengalaman magang dan peluang kerja saat mereka masih terdaftar sebagai mahasiswa dan setelah mereka lulus.

Siswa terhubung dengan berbagai mitra industri untuk mendapatkan peluang magang dan peluang kerja serta saran dan tips memulai karir melalui serangkaian lokakarya karir. Lokakarya yang diadakan meliputi sesi membuat CV yang kuat, persiapan wawancara kerja, dan simulasi wawancara kerja. Layanan ini juga mengoordinasikan sesi pendampingan dan pelatihan yang diberikan oleh para profesional dalam industri.

Untuk membantu mahasiswa memahami lebih jauh tentang pilihan karir mereka yang sesuai dengan minat dan kepribadian mereka, Sampoerna University menggunakan sumber daya CareerFitter.com untuk membantu mahasiswa kami dalam ujian karir dan sumber daya, membimbing mereka untuk menjawab “Karier apa yang harus saya tuju?”.

Layanan Konseling Mahasiswa

Kekhawatiran dan masalah pribadi dapat berdampak negatif terhadap motivasi dan prestasi akademik siswa. Untuk membantu siswa dengan masalah pribadi, layanan konseling kami menyediakan sumber daya yang aman dan rahasia bagi siswa untuk mengatasi beberapa masalah mereka.

Siswa dapat meminta sesi konseling pribadi dengan konselor sekolah kami melalui Portal Siswa mereka. Sesi konseling dilakukan di ruang konseling pribadi di lantai 6.

Pengembangan Mahasiswa

Sampoerna University menawarkan sesi pelatihan yang dirancang untuk membantu mahasiswa meraih kesuksesan secara akademis dan profesional. Sesi pelatihan yang ditawarkan dapat mencakup kategori berikut:

  • Keunggulan akademik
  • Pengembangan pribadi
  • Hubungan kerja
  • Kecakapan hidup untuk mengembangkan karakter dan kualitas kepemimpinan
  • Pekerjaan dan Karir
  • Keterampilan profesional
  • Berbicara di depan umum
  • Pemanfaatan perangkat lunak
  • Topik lain sesuai kebutuhan

Siswa dengan prestasi khusus akan diakui setiap tahun dan diajak untuk berbagi pengalaman mengenai pencapaian prestasi mereka dengan siswa lain.

Organisasi dan Klub Mahasiswa

Kami mendorong mahasiswa – mahasiswi kami untuk bergabung dengan berbagai organisasi dan klub. Organisasi dan klub dapat membantu mahasiswa-i untuk mengembangkan kompetensi non-akademik seperti keterampilan kepemimpinan, keterampilan organisasi, keterampilan komunikasi, keterampilan presentasi, dan kompetensi sosial lainnya. Siswa dapat memilih untuk bergabung dengan satu atau lebih organisasi dan klub berikut.

Klub Bisnis dan Bahasa

– Klub Bisnis

– Klub bahasa Inggris

– Klub Jurnalistik

– Klub Jepang

Klub Kesenian

–  Klub seni

– Klub Paduan Suara

–  Klub menari

– Klub Sinematografi

– Klub Akustik

Klub Fakultas

– Klub Manajemen

– Klub Akuntansi

– Klub Teknik

Klub Olahraga

– Klub Petualangan

– Klub Futsal

– Klub Bola Basket

– Klub Bola Voli

– Klub Bulu Tangkis

– Klub Tenis Meja

– Klub Merpati Putih

– Klub Panahan

Organisasi Keagamaan

– Organisasi Muslim

– Organisasi Kristen

– Organisasi Hindu

Program Magang

Di Sampoerna University, kami percaya bahwa pembelajaran terjadi baik di dalam maupun di luar kelas. Semua siswa diwajibkan untuk menyelesaikan magang di bidang yang terkait dengan studi mereka. Magang adalah kesempatan pengalaman untuk menerapkan pengetahuan akademis yang diperoleh di kelas ke dalam situasi dunia nyata.

Kantor Layanan Karir memberikan bimbingan dan sumber daya untuk mempersiapkan siswa pada saat mencari dan mendapatkan kesempatan magang di perusahaan  melalui konsultasi individu dan lokakarya dalam pengembangan keterampilan, seperti:

  • Menulis lamaran pekerjaan
  • Wawancara
  • Jaringan

Dekan fakultas dan dosen juga memberikan dukungan dalam merekomendasikan mahasiswa kepada mitra perusahaan dan masyarakat yang berpartisipasi dalam Dewan Penasihat Industri mereka.

Manfaat bagi Siswa

  • Memperkuat pembelajaran pengalaman siswa dengan secara langsung menerapkan pengetahuan akademik pada masalah dunia nyata;
  • Mempersiapkan siswa untuk memasuki dunia kerja dan memperkenalkan mereka kepada calon pemberi kerja;
  • Memberikan kesempatan untuk menggali pengalaman magang sebagai topik untuk tugas akhir.

Persyaratan magang

Persyaratan untuk program magang mengacu pada prasyarat tugas akhir, dengan persyaratan dokumentasi lainnya sebagai berikut:

  • Surat lamaran magang yang ditujukan kepada perusahaan rekanan magang yang diinginkan;
  • Pas foto berwarna ukuran 3 X 4 sebanyak dua buah;
  • Surat pengantar yang menggambarkan kesediaan untuk bekerja penuh waktu dan mengikuti aturan yang berlaku dari pemberi kerja yang dituju;
  • Kehadiran minimal seminar magang yang memberikan bimbingan, dukungan, dan kesempatan untuk berbagi pengalaman;
  • Laporan ringkasan tertulis pada akhir magang.

Fasilitas Rekreasi

Mahasiswa diperbolehkan untuk menghilangkan penat dan menghabiskan waktu luang di area yang telah ditentukan di sekitar kampus. Area rekreasi ini terletak di Student Union dan di fasilitas luar ruangan seperti lapangan sepak bola.

Keterlibatan Alumni

Mahasiswa senior dan alumni diundang kembali ke Sampoerna University (SU) dalam acara temu alumni tahunan yang dikoordinasikan oleh Ikatan Alumni Sampoerna University dengan dukungan dari Bagian Kemahasiswaan. Acara ini memberikan kesempatan kepada alumni dan universitas untuk terhubung kembali dan menginisiasi program-program yang bermanfaat bagi komunitas Sampoerna University. Sampoerna University berterima kasih atas partisipasi aktif para alumninya yang berkontribusi dalam perkembangan mahasiswa saat ini.

HUBUNGI KAMI

Hubungi kami melalui email di student.affairs@sampoernauniversity.ac.id untuk menanyakan lebih lanjut tentang layanan ini.