Skip to main content

Ketahui Serba-serbi Bisnis Online di Era Modern

By Maret 18, 2022Agustus 15th, 2022Artikel, Artikel - FET, Artikel - FOB, Edukasi
Pengertian bisnis online

Seiring perkembangan zaman dan pengaruhnya terhadap teknologi, bisnis online menjadi salah satu bidang baru yang terkena dampak paling signifikan di era saat ini. Banyak orang yang kian hari menggeluti bidang ini, meskipun tidak semua orang saat ini paham dengan pengertian bisnis online, kelebihan yang dimiliki dan cara memulai bisnis online.

Bisnis online semakin diminati oleh pelaku bisnis karena keuntungan yang didapat cukup menjanjikan. Selain itu cara untuk memulai bisnis ini terbilang mudah dan tidak menyulitkan pelaku bisnis pada umumnya, saking mudahnya pebisnis offline bahkan ikut terjun dalam upaya mereka mengikuti perkembangan zaman di era modern seperti sekarang.

 

Pengertian Bisnis Online

Pada umumnya kebanyakan orang menganggap bisnis online adalah kegiatan jual beli melalui internet, pemahaman ini tidak salah namun juga kurang tepat. Pengertian bisnis onlineadalah seluruh kegiatan yang berhubungan dengan proses jual-beli yang dilakukan secara virtual melalui koneksi internet dan penyedia atau platform dari kegiatan jual-beli tersebut.

Bisnis ini sekilas memang tidak berbeda dengan bisnis konvensional, mulai dari konsep, perencanaan, persiapan produk, proses produksi sampai ke pemasaran. Semua kegiatan tersebut tidak akan terpisahkan dan selalu berhubungan dengan bisnis online. Yang membedakan bisnis online dengan konvensional adalah tempat untuk melakukan jual-beli tersebut.

Ketika seseorang memutuskan untuk membuka atau mendirikan bisnis online, maka tak perlu seperti bisnis konvensional yang memerlukan tempat seperti toko agar konsumen datang untuk melakukan transaksi atau sekadar melihat barang-barang yang dijual. Sementara bisnis online tak memerlukan hal itu, bisnis ini hanya memerlukan perangkat pendukung seperti jaringan internet yang memadai.

Baca juga: Mengenal Generasi Sandwich dan Cara Memutus Rantainya

 

Kelebihan Bisnis Online

Medium shot woman holding box

  • Hemat Biaya

Bisnis online tak mengharuskan pelakunya menyewa tempat atau sebuah ruko, pekerjaan ini bisa dimulai dengan menggunakan rumah sendiri. Untuk stok barang misalnya dan bahkan beberapa jenis bisnis online tak memerlukan tempat sama sekali, seperti dropshipper. Kondisi ini tentu akan menghemat biaya pengeluaran, karena itu juga peluang bisnis online terbuka lebar.

  • Fleksibel

Bisnis online merupakan pekerjaan yang sangat fleksibel untuk dikerjakan, bisnis ini bisa dijalankan di berbagai tempat dengan catatan terkoneksi internet sangat baik. Jam operasional bisnis ini juga fleksibel, pelaku bisnis ini bisa mengatur sendiri kapan jam buka dan tutup toko online mereka atau bahkan beroperasi selama 24 jam penuh.

  • Pasar yang Luas

Ketika seseorang sudah memiliki toko online, maka siapapun orang bisa mengunjungi toko tersebut secara online. Hal ini bermanfaat karena akan lebih banyak pelanggan dari berbagai wilayah di suatu tempat yang akan menjangkau toko online tersebut. Cara memulai bisnis online bisa dilakukan dengan sederhana dengan beberapa kelebihan yang dimiliki.

 

Jenis Bisnis Online

Young asia businesswoman using mobile phone call receiving purchase order and check product on stock, work at home office. small business owner, online market delivery, lifestyle freelance concept

  • Bisnis Online di Website

Jenis bisnis online yang satu ini menjadikan website sebagai tempat mereka menjajakan produk yang akan dijual. Bisa disebut dengan toko online, nantinya pelanggan dapat mengunjungi toko tersebut dan melihat informasi mengenai produk langsung dari website. Selain itu, proses pemilihan barang, transaksi hingga menghubungi penjual juga bisa dilakukan.

Bisnis online jenis ini menjadi favorit bagi banyak kalangan pebisnis, alasannya memiliki banyak kelebihan yang tidak dimiliki jenis bisnis online lainnya. Mulai dari branding, pemasaran lebih luas, bebas membuat desain dan masih banyak lagi. Tak heran orang memilih cara ini sebagai andalan mereka ketika terjun ke dunia bisnis online.

  • Bisnis Online di Media Sosial

Seiring perkembangan zaman dan berlalunya waktu, kehadiran media sosial yang awalnya sebagai media mencari pertemanan kini bertambah fungsinya. Yakni sebagai tempat untuk melakukan jual-beli secara online, alasan utama orang menggunakan media sosial sebagai tempat untuk membangun bisnis online adalah kemudahan.

Bisa dibilang sebagai cara memulai bisnis online yang paling mudah, dengan hanya memanfaatkan akun media sosial yang dimiliki. Kemudian secara bertahap mempromosikan barang—barang yang akan dijual, melalui sebuah unggahan pada akun tersebut. Platform penyedia juga memberi kemudahan dalam berdagang, yakni adanya fitur performa bisnis.

  • Bisnis Online di Marketplace

Merupakan platform yang menjadi tempat sekaligus perantara penjual dan pembeli dalam proses transaksi jual-beli suatu produk. Bisa dibilang marketplace di sini adalah pasar online, beberapa contoh marketplace di Indonesia yang sudah memiliki nama besar seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee, Lazada hingga Blibli.

Memulai bisnis online lewat marketplace termasuk cara yang sangat populer, langkah yang dilakukan cukup mudah. Yakni pilih platform, kemudian lakukan registrasi akun, masukkan produk dan tunggu konsumen meliring produk yang dijual kemudian membelinya. Berbagai macam kategori produk tersedia di marketplace, apa pun itu.

 

Platform Bisnis Online

 

  • Shopify

Merupakan platform toko online yang paling populer saat ini, kelebihannya praktis dan tidak membutuhkan kemampuan coding ketika digunakan. Bagi calon pebisnis online, perlu diketahui bahwa shopify merupakan platform yang telah di-hosting sendiri sehingga tak perlu lagi membeli domain atau hosting di tempat lain.

Shopify menerapkan sistem berbayar dan berlangganan, karena hanya memberi akses gratis selama dua minggu. Tujuannya agar pebisnis online bisa mencoba fitur yang ada di dalamnya sebelum berlangganan, selain itu ada pula fitur-fitur menarik di dalamnya. Mulai dari desain toko, manajemen produk hingga metode pengiriman serta pembayaran.

 

  • Prestashop

Berdiri sejak 2007 di Paris, platform ini menyediakan berbagai fitur yang berkaitan dengan pelanggan serta operasi untuk meningkatkan penjualan. Platform ini menerapkan akses gratis, sehingga dapat lebih menghemat dari sisi pengeluaran. Meski gratis, pengguna juga diberikan keleluasaan dalam mengelola toko online sesuai dengan keinginan.

 

  • WooCommerce

Termasuk ke dalam plug-in sumber terbuka dengan desain untuk WordPress, pebisnis online bisa langsung terhubung dengan jutaan pengguna WordPress di seluruh dunia. Untuk keamanan data, WooCommerce sudah melindunginya, sehingga data yang ada tidak akan terganggu oleh keberadaan pihak ketiga.

Kemudian transaksi jual-beli yang dilakukan dengan pelanggan sudah terjamin keamanannya, memiliki lebih dari 350 kontributor hingga menjadikannya sebagai komunitas global yang besar di era perkembangan yang sangat pesat. Meski dapat diakses dengan gratis, platform ini juga menyediakan kumpulan ekstensi berbayar untuk kreativitas toko.

 

Manfaat Bisnis Online

Beautiful smart asian young entrepreneur business woman

  • Modal yang Relatif Rendah

Saat akan memulai bisnis online untuk pemula kebanyakan akan ragu karena dianggap membutuhkan modal yang besar. Padahal modal yang dikeluarkan cenderung sangat rendah, seperti tidak diperlukannya toko secara fisik. Hal itu sudah menjadi manfaat yang sangat memberi dampak kemudahan menjalankan bisnis ini.

  • Informasi Lebih Cepat

Informasi terkait produk yang dijual secara online akan diterima lebih cepat oleh konsumen, tak perlu pemasaran secara besar-besaran. Baik untuk memberitahu adanya produk baru, atau sekadar memberikan informasi terkait adanya diskon atau potongan harga. Informasi yang tersebar hanya dalam hitungan menit.

  • Dampak Terhadap Citra Bisnis

Citra bisnis online yang digeluti akan semakin baik dan terus meningkat, tentu dibarengi dengan pelayanan terbaik ketika melakukan transaksi penjualan. Hingga menanggapi setiap kebutuhan konsumen, bahkan sampai keluhan yang dilontarkan. Transaksi online mampu meningkatkan kredibilitas dan profesionalitas bisnis tersebut.

  • Sistem Pembayaran Praktis

Pembayaran bisnis online tak perlu lagi menggunakan nota dan invoice fisik, pembukuan yang dilakukan secara manual juga tidak diperlukan lagi. Metode pembayaran bisnis online sudah dilakukan dengan transfer antar bank, sehingga proses ini tidak akan memerlukan waktu yang lama ketika dilakukan.

 

Tantangan Bisnis Online

Beautiful smart asian young entrepreneur business woman owner of sme checking product on stock Free Photo

  • Persaingan Ketat

Saking banyaknya orang yang terjun ke dunia bisnis online, maka persaingan yang terjadi juga semakin banyak. Ada ribuan dan bahkan ratusan ribu pebisnis online yang ada, salah satu contohnya seperti di Indonesia. Bersaing secara sehat tentu harus diutamakan, karena persaingan yang terjadi juga bisa melibatkan pengalaman.

  • Isu Keamanan

Pebisnis online dan calon konsumen sangat rentan terserang kejahatan online atau cyber crime, bisa seperti bocornya data penjual maupun pembeli di marketplace. Kemudian ada penipu yang menyamar sebagai pembeli dan juga pedagang, hingga website toko online yang bisa saja dibuat berantakan oleh hacker.

  • Selalu Berkembang

Perkembangan teknologi saat ini tidak bisa ditentukan oleh waktu atau berapa lama teknologi akan berkembang. Dalam kurun satu dekade terakhir misalnya, banyak perubahan dalam cara pandang penggunaan teknologi yang diterapkan pada kegiatan manusia. Seperti salah satunya toko online, namun ke depan nanti juga akan ada pembaharuan dan selalu begitu.

Demikian penjelasan mengenai serba-serbi bisnis online, mulai dari pengertian, jenis, kelebihan hingga tantangan yang dihadapi di era saat ini. Sampoerna University memberi bekal kepada para mahasiswa segudang ilmu yang berkaitan dengan bisnis online. Mulai dari sektor perbankan dan keuangan, pemasaran secara digital hingga desain visual yang bisa dimanfaatkan.

Sampoerna University menyediakan berbagai macam fakultas untuk mendapatkan ilmu pengetahuan mengenai bisnis secara nasional maupun internasional. Kami membangun program akademik dalam Fakultas Bisnis Sampoerna University dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan akan individu yang cakap.

Dan terlatih untuk mengisi lapangan pekerjaan di sektor manajemen bisnis, perbankan dan jasa keuangan di Indonesia. Program akademik dalam Fakultas Bisnis dirancang untuk memenuhi kurangnya talenta bangsa dalam sektor ini dan memastikan bahwa semua mahasiswa kami sanggup bersaing untuk pekerjaan di dalam maupun luar negeri.

Menurut Boston Consulting Group, banyak perusahaan-perusahaan Indonesia di segala tingkatannya mengalami krisis kekurangan manajer terlatih. Di tahun 2017, semua lulusan Fakultas Bisnis langsung menerima tawaran pekerjaan dan mulai bekerja dalam waktu 2 bulan setelah kelulusan.

Referensi
Majoo.id – pengertian bisnis online

X