Skip to main content

Kisah Alumni: Beasiswa 100% & Berkarir di Perusahaan Luar Negeri

By Desember 1, 2022Desember 6th, 2022Artikel, Artikel - FOB
alumni sampoerna university

Sebagai universitas terkemuka di Indonesia dengan kurikulum internasional, Sampoerna University terus menciptakan alumni berkualitas melalui program-program unggulan yang ditawarkan.

Arti alumni digunakan untuk merujuk pada hampir semua kelompok orang yang telah lulus dari suatu tempat. Apa itu alumni? Alumni adalah orang-orang yang telah mengikuti atau tamat dari suatu sekolah atau perguruan tinggi.

Salah satu kisah alumni Sampoerna University kali ini adalah Nadiyah Asmaranti Anita Putri yang mendapatkan beasiswa 100% dengan mendapatkan kesempatan student transfer di Amerika hanya dalam waktu 5 tahun, dimulai dari Sekolah Menengah Atas (SMA) hingga di bangku kuliah.

Berawal dari Keinginan untuk Keluar dari Zona Nyaman

Nadiyah Asmaranti Anita Putri merupakan salah satu alumni Sampoerna University yang berasal dari Lumajang, Jawa Timur, dengan keinginan yang besar. Sejak menduduki bangku Sekolah Menengah Pertama (SMP), Nadiyah berkeinginan untuk keluar dari daerah asalnya untuk meraih cita-citanya. 

Pada waktu yang sama, Sampoerna University menghadirkan salah satu program yang dimana menarik perhatian Nadiyah dan membulatkan tekadnya untuk melengkapi cita-citanya, yaitu keluar dari zona nyaman.

“Aku udah SD (Sekolah Dasar) enam tahun, tiga tahun SMP dan dari daerah gitu kan, pengen keluar. Terus dapat kesempatan di Bogor (Sampoerna Academy dan Sampoerna University) untuk sekolah. Jadi, why not?”, ucap Nadiyah.

Informasi dari Alumni

alumni sampoerna university

Selain itu, hal yang membulatkan tekad Nadiyah adalah terdapat alumni dari program yang sama, beasiswa 100%, student transfer di Amerika dengan waktu lulus 5 tahun yang berasal dari daerahnya. Ia mengatakan bahwa info program ini didapatkan dari kakak kelas yang sedang mengadakan penyuluhan ke sekolah-sekolah di Lumajang, Jawa Timur.

“Jadi waktu itu ceritanya sudah ada kakak kelas SMP yang mengikuti program ini. Ternyata program ini di bawah naungan Sampoerna dan sedang mengadakan visit ke sekolah-sekolah. Dari situ timbul rasa tertarik dengan program beasiswanya sampai lulus”, ucapnya

Proses Mengikuti Seleksi

Tentunya untuk mendapatkan beasiswa ini, dibutuhkan proses yang cukup panjang dan rumit. Nadiyah harus bersaing dengan peserta lain yang berasal dari daerahnya. Ia juga harus harus mengikuti beberapa tahapan seleksi dari awal hingga akhir dan pada akhirnya hanya terdapat 7 peserta yang berhasil lulus untuk mendapatkan beasiswa dari program tersebut.

“Aku harus mengikuti proses tesnya dari interview, lalu pertama tes tulis, terus ada FGD (Focus Group Discussion), lalu pengumuman. Dari angkatanku, Lumajang, hanya 7 orang yang lulus”, sebut Nadiyah.

Baca juga: Cerita Alumni: Raih Beasiswa Hingga Kuliah di Universitas Arizona

Restu Kedua Orang Tua

Pada awalnya, kedua orang tua Nadiyah ragu untuk memberikan izin dikarenakan ia baru saja lulus dari bangku SMP dan diharuskan untuk merantau jauh dari daerah asalnya. Namun, dengan tekad dan kemauan yang kuat, Nadiyah berhasil meyakinkan kedua orang tuanya untuk memberikan restu.

“Sebenarnya awal-awal tuh dilema ya (orang tua), tapi aku ngeyakinin gitu. Jadi, orang tua menyetujui. Ya, agak berat juga kan karena baru keluar SMP udah merantau,” ucap Nadiyah.

Selain itu, berkat adanya alumni Sampoerna University yang berasal dari daerah dan juga program yang sama, kedua orang tua Nadiyah semakin menyetujui dan mendukungnya untuk menempuh pendidikan di Sampoerna.

“Karena aku yakin bisa untuk masuk sekolah ini, meskipun jauh dan programnya sudah jelas, kakak kelas pun ada. Jadi, kalau ada apa-apa setidaknya ada orang terdekat lah (kakak kelas)”, jelasnya.

Beasiswa 100% dan Student Transfer di Amerika

Nadiyah - Alumni Sampoerna University

Program yang diberikan Sampoerna University dan didapatkan oleh Nadiyah Asmaranti Anita Putri merupakan program beasiswa 100% dengan kesempatan untuk student transfer di Amerika yang ditempuh hanya dalam kurun waktu 5 tahun, terhitung sejak duduk di bangku SMA di Sampoerna Academy hingga berkuliah.

Nadiyah menempuh pendidikan selama 5 tahun dan pada tahun kedua di bangku SMA sudah mengambil kuliah di Universitas Arizona di Amerika Serikat dengan mengambil jurusan Digital Marketing.

Sebelum mengambil pendidikan di Universitas Arizona, ia mengambil Diploma 3 (D3) terlebih dahulu di Broward College dengan jurusan Engineering dan melakukan transfer nilai yang berhubungan dengan Digital Marketing (kalkulus, general of chemistry, biology, dan lain-lain) ke Universitas Arizona.

Setelah lulus SMA dari Sampoerna Academy, ia kembali melanjutkan pendidikan dengan mengambil jurusan yang sama di Sampoerna University. Saat ini, Nadiyah sudah lulus dari Universitas Arizona dan Sampoerna University pada tahun 2022.

Sampoerna University Memberikan Fasilitas Unggulan

alumni sampoerna university

Menempuh pendidikan dengan waktu yang cepat tentunya tidak mudah ditempuh bila tidak diberikan fasilitas yang layak selama proses belajar. Mulai dari dosen, lingkungan, fasilitas, dan lain-lain sangat berpengaruh untuk Nadiyah selama 5 tahun.

Nadiyah mengatakan, terdapat beberapa hal yang ia sukai dari Sampoerna University, yaitu:

  1. Dosen-dosen yang sangat perhatian dalam membantu serta kompeten dalam mengajar.
  2. Teman-teman yang saling mendukung satu sama lain, mulai dari proses belajar dan menjelang persiapan ujian.
  3. Fasilitas seperti laptop, perpustakaan dengan fasilitas lengkap, serta WiFi yang cepat juga berpengaruh dalam proses belajar.

Mendapatkan Pekerjaan dalam Waktu Tiga Bulan

Setelah menempuh pendidikan selama 5 tahun, tibalah saatnya waktu yang ditunggu-tunggu, yaitu kelulusan. Sampoerna University selalu menciptakan lulusan-lulusan unggulan yang dibimbing untuk dapat berkarir dengan memberikan kontribusi bagi perkembangan masyarakat dan dunia usaha Indonesia dalam kancah lokal, nasional, dan internasional.

Nadiyah sebagai salah satu bukti dari lulusan unggulan tersebut berhasil mendapatkan pekerjaan waktu dalam waktu tiga bulan saja. 

“Saat itu persaingan sangat ketat karena ada pandemi dan fresh graduate juga banyak. Tapi, alhamdulillah tiga bulan setelah sidang aku dapat pekerjaan full time”, jelas Nadiyah.

Selain itu, sebelum lulus ia juga mendapatkan pengalaman magang di Putera Sampoerna Foundation, yaitu salah satu bagian dari Sampoerna sendiri.

Kini Berkarir di Perusahaan Luar Negeri

Saat ini Nadiyah berkarir di perusahaan ternama di luar negeri, Inshorts, dengan posisi Marketing Executive sebagai perwakilan dari Indonesia dan bekerja secara remote. Nadiyah sangat menyukai pekerjaannya karena sesuai dengan passion dan dapat bekerja dari mana saja, termasuk di rumah.

Selain itu, karena mendapatkan pekerjaan yang dapat bekerja di mana saja, ia pada akhirnya bisa kembali ke daerah asalnya dan dapat menghabiskan waktu bersama keluarga.

Peran Sampoerna University dalam Proses Berkarir

Proses perjalanan Nadiyah, tentunya tidak luput dari peran Sampoerna University proses berkarirnya. Sampoerna University cukup tanggap dalam memberikan informasi-informasi mengenai lowongan pekerjaan yang dapat membantu para alumni, seperti:

  1. Sampoerna University memiliki student affair yang berisikan informasi lowongan-lowongan pekerjaan.
  2. Bekerja sama dengan Human Resource (HR) perusahaan dalam memberikan informasi lowongan pekerjaan.
  3. Terdapat grup Whatsapp yang berisikan link pendaftaran untuk banyak lowongan pekerjaan.

Ada banyak kesan yang Nadiyah dapatkan selama menempuh pendidikan di Sampoerna Academy dan Sampoerna University dengan kesempatan student transfer di Amerika dari Universitas Arizona selama 5 tahun. Ia juga memberikan pesan untuk orang-orang di luar sana agar jangan takut keluar dari zona nyaman.

“Untuk teman-teman yang lagi belajar, usahakan mempersiapkan semuanya dengan matang, tetap semangat, jangan khawatir, dan jangan takut untuk keluar dari zona nyaman”, tutupnya.

Bagi kamu yang ingin mendapatkan pengalaman seperti Nadiyah, terdapat  program-program unggulan dengan kurikulum yang disusun dengan standar pendidikan umum Amerika untuk mempersiapkan mahasiswa dalam penyelesaian kredensial di Sampoerna University atau untuk transfer ke universitas manapun di Amerika Serikat atau Kanada. 

Untuk informasi selengkapnya, kunjungi laman website dan admisi di sini.

Untuk informasi lebih lanjut terkait pendaftaran, kurikulum, kunjungan, dan informasi seputar Sampoerna University silakan mengisi data di bawah ini.

Article Form

Referensi

Wikipedia

X