Skip to main content

Kuliah Jurusan Sistem Informasi? Ini Dia yang Akan Dipelajari!

By November 26, 2021Januari 6th, 2022News
sistem informasi

Teknologi informasi yang semakin mendominasi membuat kebutuhan akan tenaga kerja yang paham di bidang terkait semakin tinggi. Di antara sekian banyak bidang ilmu yang dibutuhkan, sistem informasi adalah salah satu program studi yang sangat menjanjikan. Salah satu kampus yang menyediakan jurusan sistem informasi adalah Sampoerna University.

Secara umum, mahasiswa yang berkuliah di jurusan sistem informasi akan diberi bekal tentang bagaimana cara mengembangkan perangkat keras maupun lunak serta interaksinya dengan data. Ruang lingkup dalam jurusan ini mencakup proses mengumpulkan data, menyaringnya untuk kemudian didistribusikan sesuai dengan kebutuhan.

Mata Kuliah yang Ada di Jurusan Sistem Informasi

Baca Juga: Jurusan Sistem Informasi di Sampoerna University

Seperti di jurusan lain, pada semester awal mahasiswa lebih banyak menerima materi perkuliahan yang sifatnya umum seperti Wawasan Kebangsaan hingga Manajemen Organisasi. Beberapa materi dasar lain yang berhubungan langsung dengan jurusan antara lain adalah Sistem dan Teknologi Informasi (dasar), Matematika Diskrit dan Bahasa Pemrograman.

Semakin tinggi semester yang ditempuh, mata kuliah akan mulai mempelajari materi-materi yang sifatnya lebih spesifik. Beberapa di antaranya adalah:

  • Algoritma dan Struktur Data. Mata kuliah ini akan mempelajari bagaimana cara menyimpan, mengatur dan mengorganisasi data di media penyimpanan komputer agar bisa digunakan dengan efisien. Sementara algoritma mempelajari tentang deretan atau susunan langkah logis dan sistematis untuk menyelesaikan sebuah masalah
  • Desain dan Manajemen Jaringan Komputer. Karena jurusan ini juga berkaitan dengan perangkat keras, mahasiswa juga akan mendapatkan bekal tentang bagaimana membangun sistem jaringan secara tepat untuk berbagai kebutuhan
  • Dasar-dasar Pengembangan Software. Selain perangkat keras, perangkat lunak juga menjadi fokus penting di jurusan sistem informasi. Dalam mata kuliah ini, mahasiswa akan dibekali pengetahuan tentang pembuatan perangkat lunak mulai dari proses analisis, desain, implementasi, pengujian, perilisan sampai maintenance
  • Keamanan Aset Informasi. Hal yang tidak kalah penting dalam sistem informasi adalah bagaimana menjaga semua informasi atau data yang ada tetap aman. Mata kuliah Keamanan Informasi akan membekali mahasiswa tentang upaya-upaya yang bisa dilakukan untuk melindungi aset informasi dari berbagai kemungkinan ancaman yang ada.

Selain beberapa mata kuliah di atas, mahasiswa juga akan mendapatkan materi dalam mata kuliah lain seperti Analisis dan Desain Perangkat Lunak, Tata Kelola TI, Manajemen Risiko TI hingga Manajemen Pengadaan dan Investasi TI.

Selain mendapatkan pengetahuan dari berbagai mata kuliah di atas, dengan berkuliah di Sampoerna University, mahasiswa akan ditempa menjadi pribadi yang teliti, tekun, detail, rasional, independen, berwawasan luas serta mampu memecahkan berbagai masalah yang berkaitan dengan sistem informasi.

 

Tidak hanya itu, mahasiswa juga bisa memilih untuk kuliah di Indonesia saja, atau sekaligus di Amerika Serikat lewat program Two-Degrees. Bekerjasama dengan Universitas Arizona, mahasiswa bisa menyelesaikan tahun pertama dan tahun keduanya di Indonesia kemudian melanjutkan tahun ketiga dan keempat di Amerika Serikat. Dengan berbagai kelebihan ini, setelah lulus diharapkan mahasiswa bisa mengisi berbagai posisi penting di perusahaan baik perusahaan nasional maupun internasional.

 

X