26 Nov 2021

Kuliah Jurusan Teknik Industri, Jaminan Kerja Masa Depan yang Mudah & Cepat

Artikel,

Artikel - FET,

Kuliah di jurusan teknik kerap jadi pertimbangan menarik para mahasiswa baru. Alasannya, kuliah teknik mempunyai prospek kerja yang sangat luas, apalagi kalau Anda memilih kuliah di jurusan teknik industri. Alumni dari jurusan teknik industri memiliki jaminan kerja masa depan yang mudah dan cepat, lho!

Baca Juga: Teknik Industri Sampoerna University

Alumni Jurusan Teknik Industri Dibutuhkan oleh Perusahaan dari Berbagai Sektor Industri

Berbeda dengan program studi teknik lain, mahasiswa jurusan teknik industri mempelajari pengetahuan yang sangat luas. Meski begitu, mahasiswa jurusan ini masih berkutat dalam aktivitas perancangan. Hanya saja, objek yang mereka rancang bukan hal yang nyata, seperti pesawat, jembatan, alat elektronik, dan sebagainya.

Sebagai gantinya, mereka akan belajar dalam melakukan perancangan sistem terintegrasi yang di dalamnya terdiri dari berbagai aspek, seperti mesin, manusia, material, energi, serta informasi.

Sistem integral yang menjadi hasil rancangan sarjana teknik industri dibutuhkan oleh perusahaan dengan berbagai latar belakang. Keberadaan sistem integral tersebut menjadi sarana perusahaan dalam meningkatkan optimalisasi kinerja para karyawan.

Lulusan jurusan teknik industri pun mampu menghadirkan sistem integral yang tidak cuma mendorong produktivitas kerja, tetapi membuat para karyawan merasa nyaman di tempat kerja.

Prospek Kerja Lulusan Teknik Industri

Keunggulan utama yang membuat keberadaan lulusan  teknik industri sangat dibutuhkan oleh perusahaan adalah kemampuan dalam menjembatani antara aspek teknis dengan aspek manusia, organisasi, keuangan, dan sebagainya. Prospek kerja yang bisa dimiliki oleh alumni industrial engineering pun sangat beragam, termasuk di antaranya adalah:

1. Bidang Produksi dan Quality Control

Alumni jurusan teknik industri memiliki peran krusial dalam melakukan perancangan serta pengendalian produksi. Mereka punya keahlian dalam meningkatkan efisiensi produksi perusahaan. Di samping itu, mereka juga bertanggung jawab dalam mengembangkan sistem manajemen kualitas.

2. Bagian Personalia

Ada pula pertimbangan bagi lulusan teknik industri untuk berkecimpung dalam karier di bidang personalia. Peluang ini bisa mereka manfaatkan karena selama kuliah telah memperoleh pembekalan terkait pengembangan sumber daya manusia yang berkaitan dengan aspek perkembangan industri.

3. Industri Logistik

Lulusan jurusan teknik industri mempunyai peluang yang sangat besar dalam industri logistik. Terlebih lagi, jurusan yang satu ini mempunyai peminatan yang dikenal sebagai sistem produksi dan logistik. Dalam peminatan ini, mereka memperoleh pembelajaran tentang upaya peningkatan serta pengoperasian sistem yang menyeluruh, mulai dari produksi, penyimpanan, sampai pengiriman barang ke pelanggan.

4. Produk Analis

Prospek kerja sebagai produk analis memang biasanya ditempati oleh alumni jurusan ekonomi. Namun, lulusan teknik industri punya kualifikasi yang mencukupi untuk bersaing menempati posisi yang satu ini. Terlebih lagi, mereka punya keahlian dalam melakukan analisis dalam upaya melakukan interpretasi data pasar. Selanjutnya, data tersebut dapat dimanfaatkan untuk menyusun strategi pemasaran yang tepat.

5. HSE Officer

Terakhir, ada peluang menarik bagi alumni teknik industri bekerja sebagai health, safety and environment (HSE) officer. Tenaga yang satu ini bertanggung jawab dalam memastikan kesehatan dan keselamatan kerja (K3) para karyawan. Mereka pun dapat melakukan analisis proyek dan menyusun prosedur kerja yang aman dan nyaman.

Nah, itulah sekelumit pengetahuan menarik yang perlu Anda ketahui tentang jurusan teknik industri. Pilihan kuliah teknik industri berkualitas bisa Anda dapatkan di Sampoerna University. Banyak keunggulannya lho!

Salah satunya adalah kesempatan meraih gelar double degree cukup dengan kuliah di Jakarta. Setelah lulus, Anda tidak cuma memperoleh gelar sarjana teknik dari Sampoerna University. Anda juga mendapatkan gelar dari University of Arizona Amerika Serikat. Keren, kan?

Recent More

Feb, 21 2024

Sampoerna University dengan bangga merayakan pencapaian luar biasa mahasiswa kami pada bulan Januari 2024,...

Feb, 05 2024

Sampoerna University, sebagai institusi pendidikan tinggi berstandar dunia, meraih prestasi membanggakan dengan menduduki peringkat...

Perbedaan dan Keunggulan Tokopedia Vs Shopee

Jan, 30 2024

Di Indonesia, ada dua marketplace terbesar, yaitu Tokopedia dan Shopee. Kedua marketplace ini memiliki...

Admission
Admission
Schedule a Visit
Schedule a Visit
Contact Whatsapp
Contact Whatsapp