Skip to main content

Kumpulkan Biaya Kuliah dengan 5 Tips Ini!

By November 26, 2021Agustus 15th, 2022Artikel, Artikel - FAS, Artikel - FET, Artikel - FOB, Artikel - FOE
biaya kuliah

Apakah Anda termasuk orang tua yang sedang merencanakan biaya kuliah untuk anak? Apakah Anda malah sedang mengumpulkan uang perkuliahan untuk diri sendiri? Bagaimanapun, perlu diketahui bahwa pengeluaran untuk perguruan tinggi bukanlah sesuatu yang bisa dianggap remeh.

Namun, tidak perlu cemas! Tak ada kata terlambat untuk mengumpulkan biaya kuliah, bahkan Anda bisa mengawalinya sekarang juga. Semakin dini memulai, makin banyak pula kesempatan yang diperoleh untuk memperbanyak tabungan kuliah.

Lalu, apa saja hal-hal yang bisa dilakukan untuk menyiapkan biaya kuliah? Mari ikuti beberapa tips berikut!

Baca Juga: Beasiswa Sampoerna University

 

1. Perbanyak menabung, kurangi meminjam

biaya kuliah

Pinjaman bukanlah solusi yang tepat yang untuk mengumpulkan biaya kuliah. Hal ini justru akan menjadi beban di kemudian hari. Sebaiknya, perbanyak menabung dan tanamkan motivasi untuk menghindari utang.

 

2. Atur target menabung yang realistis

Berapa pun biaya kuliah yang akan Anda bayar, jangan sampai mengorbankan prioritas lain, ya! Kumpulkan dengan target yang realistis dan cari tahu berbagai strategi menabung, tanpa harus mengabaikan kebutuhan dan kewajiban. Target realistis tidak akan membebani ataupun membuat panik—yang malah menghambat proses menabung.

 

3. Daftar program beasiswa

Biaya kuliah bisa benar-benar terbantu apabila Anda terdaftar dalam beasiswa. Namun, mendaftar beasiswa merupakan proses yang menghabiskan waktu. Anda harus lihai mencari berbagai peluang. Beasiswa dapat berasal dari beragam sumber, termasuk bisnis, individual, kelompok religius, dan pemerintah. Jadi, jangan mudah menyerah dan daftarkan diri ke program beasiswa sebanyak mungkin.

 

4. Dapatkan bantuan keuangan

Bantuan keuangan yang dimaksud adalah segala jenis pembiayaan yang bisa digunakan untuk membayar biaya kuliah. Umumnya, bantuan ini berasal dari pemerintah, serta didasarkan pada prestasi akademik, atletik, atau artistik maupun kondisi finansial. Apabila Anda atau anak memenuhi syarat untuk menjadi kandidat yang memperoleh bantuan, jangan lewatkan kesempatan tersebut!

 

5. Berbisnis dan mencari penghasilan tambahan

Ada banyak peluang bisnis yang cocok untuk mengisi tabungan biaya kuliah. Pertama, cobalah berjualan produk secara online maupun offline. Jenis produk yang dipasarkan bisa berupa hal-hal yang Anda minati atau sedang tren di masyarakat.

Kedua, jika sudah punya profesi utama dengan pendapatan tetap, cobalah mencari penghasilan tambahan lewat pekerjaan sampingan atau pekerjaan lepas (freelance). Sebagai contoh, Anda yang menggemari kegiatan melukis bisa membuka jasa pembuatan lukisan digital atau manual.

 

Demikian beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk mengumpulkan biaya. Selain menjalani cara-cara di atas, pertimbangkan pula berbagai faktor yang berkaitan. Misalnya, jenis perguruan tinggi yang akan dipilih, tempat tinggal sementara, atau situasi finansial di keluarga Anda.

Apabila berencana menempuh pendidikan di kampus berkelas internasional, pilih saja Sampoerna University! Perguruan tinggi ini menyediakan program double degree sehingga mahasiswa bisa memperoleh dua gelar sekaligus dari Sampoerna University maupun University of Arizona. Tak ketinggalan, Anda juga berkesempatan meraih beasiswa dari Sampoerna Foundation apabila berhasil lolos seleksi.

Ingin tahu berapa biaya kuliah untuk masing-masing jurusan? Cek langsung rincian biaya terbarunya di sini.

 

Sumber:

  • https://unest.co/blog/10-ways-to-save-money-for-college-tuition/
  • https://www.merrilledge.com/article/7-ways-to-save-for-college-education

 

X