Skip to main content

Pengelolaan Teknologi Informasi Dalam Kegiatan Operasional Akademik dan Administrasi di Sampoerna University

By November 8, 2022Januari 15th, 2023Artikel, Artikel - FET
teknologi informasi

Departemen Teknologi Informasi (TI) merupakan unit yang bertanggung jawab atas semua aspek yang terkait dengan sistem informasi dan layanan teknologi informasi di Sampoerna University. Tujuan utama dari TI adalah untuk mendukung kegiatan operasional akademik dan administrasi di universitas tersebut, dengan fokus terutama pada penciptaan lingkungan belajar dan mengajar yang efektif untuk meningkatkan keberhasilan siswa.

TI bertanggung jawab untuk mengelola dan mengoptimalkan penggunaan teknologi informasi di universitas, serta memastikan integritas dan keamanan data yang tersimpan dalam sistem informasi. Pengelolaan teknologi informasi merupakan suatu kegiatan yang sangat penting dalam kegiatan operasional akademik dan administrasi di Sampoerna University.

Teknologi informasi merupakan salah satu faktor yang sangat mempengaruhi keberhasilan suatu organisasi, terutama dalam hal efisiensi dan efektivitas kegiatan. Oleh karena itu, pengelolaan teknologi informasi harus dilakukan dengan baik dan tepat agar dapat memberikan manfaat yang optimal bagi kegiatan operasional akademik dan administrasi di Sampoerna University.

Gambaran Umum Layanan Teknologi Informasi (TI)

teknologi informasi

Layanan teknologi informasi (TI) dan sumber daya sistem tersedia bagi mahasiswa, anggota fakultas, dan staf di Sampoerna University. Kebutuhan dan layanan TI ditentukan oleh unit akademik yang bertanggung jawab, dengan cakupan layanan yang diberikan meliputi kebutuhan akademik dan administrasi.

Departemen TI bertanggung jawab atas implementasi dan pemeliharaan Layanan Aplikasi Perusahaan yang tersedia di universitas, dengan tujuan untuk mendukung proses akademik dan manajemen yang efektif. Layanan aplikasi tersebut membantu untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas kegiatan operasional akademik dan administrasi di universitas.

Baca juga: Keunggulan Fasilitas Perpustakaan Digital di Sampoerna University

Prinsip Departemen Teknologi Informasi (TI)

  1. Meningkatkan kegiatan belajar dan dukungan instruksional melalui penggunaan teknologi yang efektif. Departemen TI berusaha untuk menyediakan teknologi informasi yang dapat membantu meningkatkan kegiatan belajar dan dukungan instruksional di universitas, sehingga dapat memberikan manfaat yang optimal bagi mahasiswa dan dosen.
  2. Mempertahankan lingkungan teknologi yang andal, kuat, dan aman. Departemen TI juga bertanggung jawab untuk mempertahankan lingkungan teknologi yang andal, kuat, dan aman di universitas, dengan melakukan pemeliharaan dan perawatan yang teratur terhadap sistem teknologi informasi yang ada.
  3. Menyeimbangkan inovasi, pengelolaan, dan penggunaan sumber daya perguruan tinggi melalui perencanaan dan pengelolaan yang cermat. Departemen TI juga bertanggung jawab untuk menyeimbangkan inovasi, pengelolaan, dan penggunaan sumber daya yang tersedia di universitas melalui perencanaan dan pengelolaan yang cermat. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa sumber daya teknologi informasi yang tersedia di universitas dapat dimanfaatkan secara optimal untuk mendukung kegiatan operasional akademik dan administrasi.

Layanan Teknologi dan Aplikasi Pendidikan

teknologi informasi

Beberapa teknologi dan aplikasi penunjang pendidikan yang ada di Sampoerna University dalam rangka mendukung kegiatan belajar dan mengajar diantaranya adalah:

  1. Canvas adalah Learning Management System (LMS) yang memungkinkan dosen untuk membuat, mengelola, dan berbagi konten dan sumber pembelajaran secara online. LMS ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa yang ingin mengakses materi pembelajaran dan mengikuti kegiatan belajar secara online.
  2. Brainfuse adalah layanan bimbingan belajar online yang memungkinkan siswa dan tutor untuk berkomunikasi secara real-time melalui platform kelas online yang mudah digunakan. Layanan ini sangat bermanfaat bagi siswa yang membutuhkan bantuan tambahan dalam belajar, dengan cara yang efektif dan cepat.
  3. Perpustakaan Sampoerna University. Perpustakaan menyediakan solusi otomatis untuk pemesanan, peminjaman, dan pemeliharaan inventaris buku, majalah, dan materi lainnya. Sistem ini juga menyediakan akses online bagi mahasiswa dan dosen ke buku elektronik dan jurnal yang merupakan bagian dari inventaris Sampoerna University. Dengan demikian, mahasiswa dan dosen dapat dengan mudah mengakses sumber belajar yang tersedia di perpustakaan universitas.
  4. Microsoft Office adalah aplikasi office suite yang tersedia bagi mahasiswa, dosen, dan staf di Sampoerna University. TI mengelola lisensi dengan Microsoft yang memberikan bahwa semua mahasiswa, fakultas, dan staf memiliki akses ke produk Microsoft seperti Word, Excel, Powerpoint, One Note, dan lainnya. Setiap pengguna terdaftar diberikan akun Office 365 dan penyimpanan OneDrive dengan kapasitas 50GB, sehingga dapat memudahkan pengguna dalam mengelola dan menyimpan dokumen dan data.

Layanan Teknologi di Ruang Kelas Dan Laboratorium

teknologi informasi

Sampoerna University mengadopsi teknologi terdepan dalam proses pembelajaran dan mengajar. Semua ruang kelas disesuaikan untuk mendukung lingkungan pengajaran abad ke-21 atau yang dikenal dengan 21st century learning, dengan dilengkapi teknologi instruksional yang canggih. Setiap ruang kelas dilengkapi dengan proyektor multimedia yang dilengkapi dengan konektor HDMI/VGA, serta dilengkapi dengan Wi-Fi untuk akses internet dan port LAN.

Dengan perangkat canggih yang disediakan, dosen dapat dengan mudah mengakses dan menyebarkan sumber daya yang diperlukan untuk mengajar mata kuliah menggunakan sumber daya digital. Hal ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa, karena dosen dapat memberikan materi pembelajaran yang lebih kaya dan interaktif, sehingga proses pembelajaran menjadi lebih efektif dan menyenangkan.

Selain itu, Sampoerna University juga memiliki 4 (empat) laboratorium komputer yang dilengkapi dengan total 101 komputer pribadi untuk mendukung pembelajaran online dan tugas berbasis komputer. Semua PC diinstal dengan sistem operasi MS Windows, produk MS Office, dan berbagai perangkat lunak untuk pekerjaan lab komputer.

Pengadopsian teknologi terdepan ini merupakan bukti komitmen Sampoerna University terhadap peningkatan kualitas pembelajaran. Dengan teknologi yang tersedia, mahasiswa dapat belajar dan mengajar dengan lebih efektif dan menyenangkan, serta dapat mengakses sumber daya yang lebih up to date. Selain itu, dengan teknologi yang tersedia, Sampoerna University juga dapat memberikan pengalaman belajar yang lebih memuaskan bagi mahasiswa, serta dapat membantu meningkatkan daya saing mahasiswa di dunia kerja setelah lulus.

Layanan Aplikasi Terintegrasi di Sampoerna University

teknologi informasi

Layanan Aplikasi merupakan layanan yang disediakan oleh Departemen Teknologi Informasi (TI) untuk mendukung kegiatan akademik dan administrasi di Sampoerna University. Salah satu layanan yang tersedia adalah Sistem Informasi Mahasiswa (SIM).

SIM merupakan sistem yang bertujuan untuk mengotomatisasi proses administrasi akademik yang berkaitan dengan arsip mahasiswa, registrasi, manajemen kurikulum, materi kuliah, dan arsip dosen. Pengguna yang berwenang dapat mengakses layanan ini melalui aplikasi yang tersedia. Akses yang diberikan memungkinkan pengguna untuk melihat catatan pendaftaran, nilai, dan jadwal kelas.

  • Sistem informasi ini terintegrasi dengan beberapa aplikasi, diantaranya:
  • Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru,
  • Sistem Rekrutmen Mahasiswa,
  • Sistem Pembayaran Kuliah, dan
  • Sistem Manajemen Fasilitas.

Aplikasi-aplikasi diatas bertujuan untuk mendukung kegiatan akademik dan administrasi di Sampoerna University. Dengan demikian, Departemen TI menyediakan layanan yang dapat membantu mahasiswa, dosen, dan staf dalam mengelola kegiatan akademik dan administrasi dengan lebih efektif.

Layanan Jaringan Dan Infrastruktur di Sampoerna University

teknologi informasi

Layanan Jaringan dan Infrastruktur di Sampoerna University merupakan bagian penting dari Departemen Teknologi Informasi (TI) yang bertujuan untuk mendukung kegiatan belajar mengajar serta mendukung semua layanan administrasi di kampus. Jaringan kampus dirancang dengan Local Area Network (LAN) dan akses internet Wi-Fi/nirkabel, yang tersedia di semua lantai di dalam gedung kampus.

  • Koneksi Internet dan Nirkabel

Akses internet yang tersedia melalui koneksi kabel dan nirkabel (Wi-Fi) membantu mahasiswa, dosen, dan staf dalam mengakses informasi yang diperlukan, baik untuk kegiatan akademik maupun administrasi. Bandwidth yang memadai dan dapat diatur disediakan untuk mendukung aplikasi pembelajaran dan pengajaran online, ujian online di laboratorium komputer, aplikasi multimedia, dan sistem konferensi video.

  • Telekomunikasi

Telekomunikasi di Sampoerna University merupakan bagian dari layanan infrastruktur TI yang menyediakan solusi komunikasi suara yang terintegrasi dengan infrastruktur jaringan. Layanan ini meliputi telepon IP (VoIP), suara, dan sistem konferensi video yang bermanfaat bagi mahasiswa, dosen, dan staf untuk saling berkomunikasi, baik secara lokal maupun jarak jauh.

  • Layanan Sistem Masuk Tunggal (Single Sign On/SSO)

Sampoerna University juga menyediakan layanan Sistem Masuk Tunggal (Single Sign On/SSO) untuk memudahkan pengguna (mahasiswa, dosen, dan staf) dalam mengakses beberapa aplikasi yang disediakan untuk keperluan akademik dan administrasi. Setiap pengguna akan diberikan akun SSO menggunakan ID email pribadi mereka, sehingga tidak perlu memasukkan username dan password setiap kali ingin mengakses aplikasi yang disediakan.

Jam Operasional dan Kantor Layanan TI

Departemen Teknologi Informasi (TI) di Sampoerna University menyediakan bantuan dan dukungan teknologi informasi bagi mahasiswa, fakultas, dan staf yang membutuhkan. Bantuan ini dapat diakses melalui email, telepon, atau secara langsung.

  • IT Help Desk untuk Fakultas dan para staff berada di Ruang TI lantai 6.
  • Loket IT untuk Mahasiswa berada di Loket Registrasi lantai 6.
  • Jam operasional Departemen Teknologi Informasi (TI) adalah Senin-Jumat, pukul 8:00-17:00.

Kantor Layanan Departemen Teknologi Informasi (TI)

Alamat: L’Avenue Building, lantai 6 Jl. Raya Pasar Minggu Kav. 16, Pancoran, Jakarta Selatan, Indonesia Telepon: +62 21 50 2222 34 ext. 7777.

Email: it.services@sampoernauniversity.ac.id 

Untuk informasi lebih lanjut terkait pendaftaran, kurikulum, kunjungan, dan informasi seputar Sampoerna University silakan mengisi data di bawah ini.

Article Form

Referensi

Wikipedia

X