20 Nov 2023

Loyalty Loop: Apa itu, Tahap-Tahap, dan Manfaatnya

Artikel,

Edukasi,

Dalam dunia marketing, loyalitas pelanggan merupakan salah satu senjata penting bagi kita agar pelanggan terus melakukan pembelian, memberikan rekomendasi positif, dan bahkan menjadi advokat merek. Oleh karena itu, perusahaan perlu melakukan berbagai upaya untuk membangun dan mempertahankan loyalitas pelanggan. 

 

Loyalty loop adalah salah satu skema marketing yang paling dikenal untuk mendorong customer melakukan pembelian ulang atau repeated purchase sehingga angka penjualan perusahaan semakin meningkat. 

 

Pada artikel ini, Sampoerna University akan membahas mengenai Loyalty Loop dan tahapannya. Yuk, simak artikel berikut ini!

 

Apa itu Loyalty Loop?

 

Loyalty loop adalah skema pemasaran yang diadaptasi dari skema marketing funnel. Skema ini bertujuan untuk mendatangkan leads dan meningkatkan angka konversi. Dengan menerapkan loyalty loop, bisnis dapat melakukan akuisisi pelanggan baru sekaligus menjaga pelanggan yang sudah ada agar tetap loyal.

 

Dalam loyalty loop, apabila pelanggan mulai merasa puas dengan pembelian suatu produk, maka mereka akan cenderung melakukan pembelian ulang. Ketika pelanggan melakukan pembelian ulang, maka perusahaan biasanya akan memberikan manfaat lebih kepada pelanggan berupa diskon, poin, atau hadiah. 

 

Free photo coupon gift certificate shopping concept

 

Perbedaan Skema Loyalty Loop dan Marketing Funnel

 

Terdapat beberapa perbedaan skema antara loyalty loop dan juga marketing funnel. 

 

Seperti yang sudah kita pelajari, skema dalam marketing funnel terdiri dari enam tahap, yaitu: awareness, interest, consideration, intent, evaluation, dan purchase. 

 

Setelah customer menjalani tahapan pra-pembelian, maka konsumen yang puas dengan produk yang ia beli akan membanding produk bisnis kamu dengan produk milik kompetitor. Setelah konsumen merasa bahwa produk kita memiliki keunggulan yang lebih, maka mereka akan melakukan pembelian. 

 

Loyalty loop memiliki konsep yang berbeda dimana konsumen hanya akan melakukan sekali saja perbandingan produk. Perbandingan produk hanya akan terjadi ketika seorang konsumen belum pernah sama sekali melakukan pembelian produk.

 

Dalam fase awal ini, konsumen akan melalui tahapan consideration dan evaluation. Tahapan ini akan terjadi secara berulang-ulang sampai konsumen telah memasuki tahap pembelian. Ketika konsumen sudah melakukan pembelian, mereka tidak akan melakukan perbandingan produk lagi. 

 

Tahapan Loyalty Loop

 

1. Consideration

 

Tahapan awal ini adalah dimana pelanggan mulai mempertimbangkan untuk membeli produk atau layanan dari bisnis. Hal ini dapat terjadi karena berbagai faktor, seperti iklan, rekomendasi dari teman atau keluarga, atau pengalaman positif sebelumnya dengan produk atau layanan serupa.

 

2. Evaluation

 

Tahapan berikutnya adalah evaluation yang dimana pelanggan membandingkan produk atau layanan dari bisnis dengan produk atau layanan dari pesaing. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa mereka mendapatkan produk atau layanan terbaik.

 

3. Buy

 

Pada tahap ini, pelanggan memutuskan untuk membeli produk atau layanan dari bisnis. Hal ini dapat terjadi karena berbagai faktor, seperti harga, kualitas, fitur, atau layanan pelanggan.

 

4. Enjoyment

 

Pada tahap ini, pelanggan menggunakan produk atau layanan dari bisnis. Jika pelanggan merasa puas dengan produk atau layanan tersebut, mereka akan cenderung untuk kembali membeli dari bisnis tersebut.

 

5. Advocacy

 

Pada tahap ini, pelanggan merekomendasikan produk atau layanan dari bisnis kepada orang lain. Hal ini dapat dilakukan melalui berbagai cara, seperti media sosial, ulasan online, atau word-of-mouth.

 

6. Bond

 

Tahapan terakhir adalah bond yang dimana pelanggan merasa terikat dengan bisnis. Hal ini dapat terjadi karena berbagai faktor, seperti pengalaman positif, nilai-nilai yang sama, atau rasa memiliki.

 

Sampoerna University

 

Sampoerna University adalah sebuah universitas terakreditasi penuh di Indonesia yang menawarkan pilihan terbaik bagi mereka yang mencari pendidikan internasional unggul. Sampoerna University adalah universitas swasta, non-denominasi, nirlaba yang berlisensi dan terakreditasi oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. 

 

Dalam beberapa tahun sejak didirikan, Sampoerna University telah menjadi pilihan pendidikan tinggi yang menarik bagi calon mahasiswa di Indonesia. Dengan pendekatan pembelajaran yang inovatif, koneksi industri yang kuat, dan fokus pada pengembangan karir, kami memiliki tujuan untuk menghasilkan lulusan yang siap menghadapi tantangan dunia kerja.

 

Segera daftar untuk ikut proses penerimaan mahasiswa baru tahun ajaran 2023-2024 disini. Admission Team kami akan segera menghubungi untuk memberi informasi lebih detail.

 

Jadwalkan dengan kami kapanpun kamu ingin visit tour kampus on-site atau virtual!

 

Recent More

Feb, 21 2024

Sampoerna University dengan bangga merayakan pencapaian luar biasa mahasiswa kami pada bulan Januari 2024,...

Feb, 05 2024

Sampoerna University, sebagai institusi pendidikan tinggi berstandar dunia, meraih prestasi membanggakan dengan menduduki peringkat...

Perbedaan dan Keunggulan Tokopedia Vs Shopee

Jan, 30 2024

Di Indonesia, ada dua marketplace terbesar, yaitu Tokopedia dan Shopee. Kedua marketplace ini memiliki...

Admission
Admission
Schedule a Visit
Schedule a Visit
Contact Whatsapp
Contact Whatsapp