Skip to main content

Mahasiswa Sampoerna University Sabet 4 Medali di ASEAN University Games 2022

By September 4, 2022September 28th, 2022Berita & Kegiatan

Jakarta, 2 September 2022 – Dalam perhelatan ASEAN University Games (AUG) ke-20, mahasiswa Sampoerna University berhasil mencetak empat medali dalam cabang olahraga Renang. Kabar baik ini datang dari Nicholas Karel Subagyo, mahasiswa Fakultas Teknik dan Teknologi, Sampoerna University. Melalui ajang internasional ini, Karel berhasil meraih satu medali emas nomor estafet 4x100m gaya bebas putra, dua medali perak nomor 400m gaya bebas dan estafet 4x200m gaya bebas, serta satu medali perunggu nomor 1500m gaya bebas.

Karel yang saat ini berada di semester 3 jurusan Teknik Industri, sebelumnya juga diketahui telah menjuarai Indonesia Open Swimming Championship (IOSC) pada Desember 2021, di mana ia memecahkan rekor nasional untuk kategori usia 16-18 di nomor 400m gaya bebas dan meraih Best Swimmer Award untuk kategori usia 16-18. Terkait prestasinya ini, Karel pun bercerita bagaimana hal tersebut tentunya tidak ia peroleh secara instan, melainkan melalui dedikasi, latihan, dan pengalaman.

“Saya sudah menyukai olahraga renang sejak kecil dan pertama kali bergabung dengan klub renang saat menduduki kelas 3 SD. Kini, saya telah bergabung dengan Pemusatan Latihan Daerah (Pelatda) DKI Jakarta sejak Juli 2022. Untuk persiapan AUG 2022, pelatihan dilakukan secara penuh dari bulan Mei hingga Agustus, selama liburan semester kuliah. Meski begitu, ada kalanya saya harus membagi waktu antara jadwal kuliah yang padat dan latihan renang yang intensif,” ujar Karel.
Melihat prestasi gemilang salah satu mahasiswanya ini, Sampoerna University pun terus pada semangat dan komitmennya untuk mendukung mahasiswanya untuk meraih prestasi baik di bidang akademik maupun non akademik. Dr. Wahdi Yudhi, Rektor Sampoerna University, pun mengungkapkan rasa bangga dan apresiasinya atas kontribusi dan keberhasilan Karel mewakili Indonesia di ASEAN University Games 2022.


“Kabar gembira atas prestasi Karel di ajang ASEAN University Games 2022 ini tentunya sangat membanggakan untuk seluruh civitas Sampoerna University. Sebagai institusi pendidikan, kami mendukung penuh mahasiwa kami untuk mengoptimalkan minat dan bakatnya di bidang akademik dan non-akademik, termasuk memberikan kesempatan untuk bersaing di kompetisi nasional maupun internasional. Untuk itu, Sampoerna University memiliki departemen Student Alumni and Affairs yang menyediakan sejumlah layanan kemahasiswaan yang disesuaikan dengan kebutuhan para mahasiswa.” ujarnya

Sepanjang tahun 2022, Karel pun diketahui telah mengikuti lima kompetisi renang, dengan AUG 2022 menjadi kompetisi internasional pertamanya tahun ini. Menurutnya, mempertahankan posisi akademik dan prestasi non-akademik secara bersamaan merupakan hal yang sulit dilakukan. Namun, ia merasa beruntung karena menerima bantuan dari pihak universitas untuk mengatur jadwal kelas dan mengejar ketertinggalan materi perkuliahan.

“Dengan dukungan terbaik yang dapat diberikan universitas, Sampoerna University berharap para mahasiswa dapat terus berpartisipasi dan berkontribusi untuk mengharumkan nama pribadi, keluarga, almamater, dan negara, tidak hanya di bidang olahraga, tetapi juga di bidang lainnya.” Tutup Dr.Wahdi

X