22 Mei 2023

Mahasiswa Teknik Industri Universitas Sampoerna Melakukan Studi Lapangan dengan Mengunjungi PT Jakarta International Container Terminal

Berita & Kegiatan,

Berita & Kegiatan FET,

Pada tanggal 15 Mei 2023, Departemen Teknik Industri Universitas Sampoerna, bekerja sama dengan Sampoerna University IEOM Student Chapter, menyelenggarakan kunjungan perusahaan yang informatif ke PT Jakarta International Container Terminal (JICT). JICT terkenal dengan layanan terminal peti kemas yang efisien dan infrastruktur terkini, dengan market share sebesar 43% dari total volume throughput di pelabuhan peti kemas internasional di Pelabuhan Tanjung Priok. Kunjungan ini bertujuan untuk memberikan mahasiswa pemahaman praktis tentang operasi dan manajemen salah satu terminal peti kemas terkemuka di Indonesia, serta memberikan wawasan berharga tentang industri logistik dan rantai pasok.

Sepanjang kunjungan, para mahasiswa juga mendapatkan wawasan mengenai port operating system dalam port industri sejak kapal masuk, proses layanan di pelabuhan, metode delivery sampai barang di terima di warehouse. Mahasiswa juga berkesempatan melihat secara langsung proses bongkar muat kapal di dermaga utara PT JICT dengan mengenal lebih dekat peralatan modern untuk bongkar muat yaitu Quay Container Crane dengan jenis Super Post Panamax yang merupakan memiliki spesifikasi terbesar dan termodern di Indonesia saat ini. Para mahasiswa juga mendapatkan wawasan tentang teknologi terbaru yang digunakan di JICT untuk menyederhanakan operasi dan meningkatkan produktivitas secara keseluruhan. Mereka menyaksikan sistem operasi pelabuhan, mulai dari kedatangan kapal hingga proses pengiriman di gudang, sehingga memperoleh pemahaman menyeluruh tentang seluruh operasi pelabuhan.

Salah satu sorotan dari kunjungan perusahaan adalah interaksi dengan para profesional industri di JICT. Para mahasiswa berkesempatan untuk berdiskusi dengan para ahli, termasuk manajer senior dan personel yang terlibat dalam operasi dan urusan perusahaan. Interaksi ini memberikan platform berharga bagi para mahasiswa untuk mencari bimbingan, bertukar ide, dan memperdalam pengetahuan mereka tentang industri logistik.

Kunjungan perusahaan ke PT Jakarta International Container Terminal memberikan peluang pembelajaran yang signifikan bagi mahasiswa Teknik Industri Universitas Sampoerna. Mereka memperoleh wawasan praktis tentang operasi sehari-hari terminal peti kemas besar, sambil menyaksikan tantangan yang dihadapi oleh para profesional logistik. Kunjungan ini menekankan pentingnya manajemen rantai pasok yang efisien, kemajuan teknologi, dan kolaborasi yang efektif di dalam industri.

Universitas Sampoerna mengucapkan terima kasih yang tulus kepada PT Jakarta International Container Terminal atas kesediaan mereka untuk menjadi tuan rumah kunjungan ini dan memberikan wawasan berharga tentang operasi mereka. Terima kasih juga disampaikan kepada Bapak Doni Budiono (Senior Manager Operations), Bapak Satyo Utomo (Manager Key Account Land Side), dan Bapak Agus Heri (Manager Gate Service) atas sambutan hangat dan dukungan mereka sepanjang kunjungan.

Kegiatan company visit ke PT Jakarta International Container Terminal terbukti menjadi pengalaman yang tak ternilai bagi mahasiswa Teknik Industri Universitas Sampoerna. Ini memberikan pemahaman praktis tentang manajemen logistik, operasi rantai pasok, dan peran teknologi dalam mengoptimalkan operasi terminal kontainer. Kunjungan ini tidak hanya memperkaya pengetahuan akademis mereka, tetapi juga mendorong semangat mereka untuk berkembang dalam bidang teknik industri. Universitas Sampoerna tetap berkomitmen untuk menawarkan inisiatif yang berorientasi pada industri untuk memastikan pengembangan holistik mahasiswanya dan mempersiapkan mereka menghadapi tantangan dunia nyata dalam karier profesional mereka.

Recent More

film animasi indonesia

Mei, 08 2024

Industri animasi Indonesia telah mencatatkan perkembangan yang signifikan dan mulai mencuri perhatian di panggung...

Apa itu Internet of things?

Mei, 08 2024

Apa Itu IoT (Internet Of Things)? Internet of Things (IoT) adalah konsep yang mengacu...

profesi bergengsi di dunia penerbangan

Mei, 08 2024

Industri penerbangan terus berkembang pesat, membuka berbagai peluang menarik bagi kamu yang ingin berkarier...

Admission
Admission
Schedule a Visit
Schedule a Visit
Contact Whatsapp
Contact Whatsapp