Skip to main content

Mengapa Memilih Computer Science? Inilah 5 Alasannya!

By November 26, 2021Agustus 15th, 2022Artikel, Artikel - FET
computer science

Computer science menjadi salah satu program studi paling populer di dunia. Pada dasarnya, ilmu komputer mempelajari segala prinsip dan tata cara penggunaan komputer. Bidang akademik ini sangat cocok bagi Anda yang memiliki minat dan keingintahuan yang tinggi terhadap peranti lunak (software) maupun perangkat keras (hardware).

Namun, masuk ke jurusan computer science tidak bisa diputuskan secara sembarangan. Selain minat, Anda juga harus mempertimbangkan berbagai alasan sebelum mantap mendaftar ke jurusan ini. Apa saja alasan tersebut? Simak poin-poin berikut!

 

  1. Dunia membutuhkan para ahli komputer

Tak dimungkiri, program komputer secara langsung mempengaruhi segala aspek dalam kehidupan kita. Maka dari itu, peran ahli komputer  sangat dibutuhkan. Ahli komputer bertugas menyusun teori, merancang, mengembangkan, dan mengaplikasikan peranti keras dan perangkat lunak untuk program yang kita pakai sehari-hari. Semakin berkembangnya zaman, makin bertambah pula kebutuhan akan profesi ahli komputer.

 

  1. Penghasilan yang menjanjikan

Computer science merupakan ilmu yang penuh dengan tantangan sehingga para lulusan dari bidang studi ini sangat dihargai di seluruh dunia. Para ahli komputer dapat masuk ke dunia kerja dengan memilih profesi berpenghasilan tinggi. Sebagai contoh, Anda dapat bekerja sebagai Direktur Pengembangan Perangkat Lunak dengan gaji rata-rata sebesar 143 ribu dolar AS—berdasarkan laporan Payscale.

 

  1. Prospek kerja global

Prospek kerja bagi lulusan computer science saat ini semakin luas. Anda tidak hanya bisa bekerja di dalam negeri, tetapi juga berkesempatan mengembangkan karier di sektor internasional. Ditambah lagi, banyak profesi global yang dapat dikerjakan secara remote.

 

  1. Bisa dikombinasikan dengan disiplin ilmu lain

Punya minat di bidang selain computer science? Jangan khawatir! Ilmu komputer dapat dikombinasikan dengan lebih dari 100 disiplin ilmu, termasuk musik, sains, seni, dan perdagangan. Jadi, selagi mengembangkan keterampilan multidisiplin, Anda bisa mempelajari minat lain lebih dalam lagi.

 

  1. Cocok untuk orang yang kreatif dan suka memecahkan masalah

Apakah Anda memiliki kreativitas yang tinggi? Suka dengan pemecahan masalah? Itu sudah cukup menjadi alasan untuk bergabung dengan jurusan computer science! Bidang akademik ini melatih mahasiswa untuk mencari solusi sebanyak-banyaknya dari sebuah masalah. Kemampuan inilah yang akan bermanfaat untuk keseharian lulusan ilmu komputer, terutama di lingkungan kerja.

 

Sudah jelas, kan? Poin-poin di atas menjadi alasan yang tepat sehingga Anda tidak perlu ragu-ragu lagi untuk memilih jurusan computer science. Terlebih, kita saat ini tinggal di zaman serba digital dan tidak ada kata “mundur”. Semakin melaju ke masa depan, teknologi pun akan terus berkembang. Artinya, para ahli komputer akan selalu dibutuhkan untuk mengembangkan dunia dan menyelesaikan persoalan terkini.

Nah, untuk mempelajari computer science secara efektif dan efisien, Anda perlu masuk ke perguruan tinggi yang berkualitas. Solusinya? Bergabunglah dengan Sampoerna University! Kampus bergengsi ini menawarkan kurikulum internasional dan program gelar ganda (double degree) untuk bidang studi ilmu komputer berkat kolaborasi dengan University of Arizona.

Berminat dengan jurusan computer science di Sampoerna University? Yuk, langsung baca info selengkapnya di sini.

 

Sumber:

  • https://www.google.com/amp/s/www.thecompleteuniversityguide.co.uk/student-advice/what-to-study/six-reasons-to-study-computer-science?amp=true
  • https://www.sydney.edu.au/engineering/news-and-events/2021/09/06/5-reasons-to-study-computer-science.html
X