Skip to main content

Mengenal Arti Undergraduate Degree

By Januari 12, 2021Agustus 15th, 2022Artikel, Artikel - FAS, Artikel - FET, Artikel - FOB, Artikel - FOE, Tips
undergraduate

Mengenal Istilah Undergraduate Degree

Berencana kuliah di luar negeri? Kamu enggak sendirian. Kamu akan menjadi bagian dari banyak orang Indonesia yang ingin melanjutkan studinya di negara lain. Tahukah kamu? Negara kita sekarang berada dalam daftar 25 besar negara yang paling banyak mengirimkan siswa belajar ke luar negeri, dengan Amerika Serikat sebagai negara tujuan favorit.

Nah, sebagai bahan pertimbangan, ada baiknya kamu mencari tahu pilihan program dan gelar yang bisa kamu peroleh. Apakah kamu pernah mendengar istilah undergraduate degree? Melalui artikel ini, kamu akan tahu lebih banyak tentang istilah ini.

Apa sih undergraduate degree itu?

Istilah undergraduate degree digunakan di berbagai negara di seluruh dunia, salah satunya di Amerika Serikat. Secara umum, istilah ini mengacu pada gelar akademik yang didapatkan seseorang saat ia menyelesaikan jenjang pendidikan lanjutan setelah high school atau SMA. Di sebagian besar negara, ada dua jenis program yang termasuk ke dalam kategori program undergraduate degree. Yuk, kita lihat satu per satu.

Associate Degree Program

Program associate degree bisa dikatakan setara dengan program D3 di Indonesia, jadi program ini umumnya ditempuh hanya dalam waktu dua tahun dengan total 60 SKS. Di AS, program ini ditawarkan oleh berbagai jenis college (seperti community college, technical college, dan junior college), vocational schools, dan sebagian universitas. Tapi, jangan keliru dengan program diploma degree, ya. Program diploma degree di AS biasanya mengacu pada program sertifikasi atau kursus yang sifatnya kejuruan, misalnya desain, musik, event planning, fotografi, atau farmasi.

Program associate degree memfokuskan kurikulumnya kepada ilmu dan keahlian teknis dasar, serta berbagai hard skills dan soft skills yang berguna saat kamu memasuki dunia kerja. Karena itu, para mahasiswa program ini biasanya juga mempelajari berbagai mata kuliah dasar (Bahasa Inggris, sastra, matematika, sejarah, dll.) sebagai tambahan mata kuliah jurusan. Berkat kurikulum tersebut, lulusan program associate degree bisa langsung bekerja setelah menyelesaikan kuliahnya. Walaupun begitu, program ini juga sering dimanfaatkan sebagai program persiapan untuk melanjutkan ke program bachelor’s degree.

Bachelor’s Degree Program

Program bachelor’s degree setara dengan program S1 di Indonesia. Di AS, program ini umumnya harus ditempuh selama empat tahun dengan total 120 SKS. Para mahasiswa program bachelor’s degree biasanya mempelajari bidang konsentrasi yang spesifik namun harus didalami secara utuh dan ekstensif, misalnya hukum, psikologi, pendidikan, dan bisnis. Bahkan di sebagian negara, beberapa program bachelor’s degree hanya bisa diambil apabila seseorang sudah menyelesaikan program bachelor’s degree lainnya. Misalnya, program studi kedokteran di AS mewajibkan calon mahasiswanya untuk memiliki bachelor’s degree atau setara di bidang yang relevan.

Ada dua jenis bachelor’s degree yang paling umum ditemukan, yaitu Bachelor of Arts (BA) dan Bachelor of Science (BS/BSc). Kalau kamu sudah memiliki associate degree, biasanya kamu bisa mentransfer sebagian atau seluruh SKS kamu ke program bachelor’s degree yang ingin kamu ambil. Hal ini berarti jumlah SKS yang wajib kamu penuhi untuk menyelesaikan kuliah di program ini jadi lebih sedikit.

Setelah memiliki undergraduate degree, apa tahap selanjutnya?

Kamu punya dua pilihan. Kamu bisa langsung bekerja di perusahaan incaranmu atau melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Setelah lulus program bachelor’s degree, kamu bisa mengambil program graduate degree lanjutannya, yaitu master’s degree atau setara dengan S2.

Mungkin enggak ya mengambil program undergraduate degree tanpa harus ke luar negeri?

Mungkin banget! Sekarang kamu bisa mengambil program undergraduate degree tanpa harus pergi ke luar negeri. Sebagai salah satu perguruan tinggi internasional di Indonesia, Sampoerna University menawarkan program undergraduate degree dengan menerapkan kurikulum Amerika Serikat.

Sampoerna University bekerja sama dengan Broward College dan University of Arizona untuk memfasilitasi kamu meraih dua jenis gelar sarjana. Kamu bisa memperoleh gelar Bachelor of Arts atau Bachelor of Science dari University of Arizona dan Sarjana S1 dari Sampoerna University tanpa harus meninggalkan Indonesia. Kerja sama dengan Broward College ini juga memungkinkan kamu untuk melakukan transfer SKS ke universitas mana pun di AS dan Kanada jika kamu berubah pikiran dan ingin melanjutkan kuliah langsung di kedua negara tersebut.

Di Sampoerna University, kamu bisa memilih satu dari berbagai jurusan unggulan, seperti Teknik Industri, Teknik Komputer, Sistem Informasi, Desain Komunikasi Visual, Entrepreneurship, Digital Marketing, dan Pendidikan. Melalui program-program tersebut, kamu bisa mempersiapkan diri untuk terjun ke dunia professional dengan percaya diri. Tahukah kamu? 94% lulusan Sampoerna University langsung diterima kerja kurang dari tiga bulan setelah kelulusan, lho.

Menarik, kan? Yuk, segera hubungi Sampoerna University di 0821-62-800-800 untuk mendaftarkan diri kamu atau mendapatkan info lebih lanjut. Kami tunggu, ya!

X