05 Apr 2024

Mengenal Jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) & Prospek Kerjanya

Artikel,

Jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) – Bagi kamu yang memiliki jiwa seni dan senang berkreasi, jurusan DKV (Desain Komunikasi Visual) bisa menjadi pilihan yang tepat untuk studi lanjut di Sampoerna University. Tapi, sebetulnya jurusan Desain Komunikasi Visual itu belajarin apa sih? Bagaimana prospek kerjanya?

Apa itu Jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV)?

Desain Komunikasi Visual (DKV) adalah ilmu yang mempelajari bagaimana menyampaikan pesan menggunakan elemen visual seperti gambar, ilustrasi, dan tipografi. 

 

Lulusan DKV tak hanya memiliki kemampuan menggambar dan ilustrasi yang kompeten, tetapi juga keterampilan berpikir kritis, konseptual, dan inovatif. Lulusan DKV mengerti cara membuat komposisi sebuah grafis yang baik dan benar untuk menyampaikan sebuah pesan.

 

Dalam jurusan DKV, kamu akan belajar berbagai hal seperti tipografi, color theory, motion design, web design, user experience, media management, dan lainnya. 

 

Berikut adalah beberapa bidang kemampuan DKV

  • Desain Grafis: Mempelajari pembuatan konten visual untuk media cetak dan digital, seperti poster, banner, dan website.
  • Branding: Membuat identitas visual yang kuat untuk sebuah brand atau perusahaan. Disini kamu akan belajar menciptakan logo, pemilihan warna, hingga tone of voice yang tepat untuk membangun citra merek.
  • Multimedia: Menguasai pembuatan konten yang menggabungkan elemen visual, audio, dan video. Keterampilan ini sangat dibutuhkan di era digital saat ini, di mana video marketing dan konten interaktif semakin diminati.
  • Fotografi: Tidak hanya teknik dan estetika pengambilan gambar, kamu juga akan belajar tentang fotografi produk, fotografi jurnalistik, dan fotografi untuk kebutuhan desain lainnya.

 

Prospek Kerja Lulusan DKV

Prospek kerja lulusan DKV sangat luas, dan tidak terbatas pada bidang desain saja.  Dengan bekal kreativitas dan kemampuan komunikasi visual yang kuat, lulusan DKV bisa berkarier di berbagai sektor, seperti:

 

  • Desainer Grafis: Menjadi desainer grafis adalah jalur karier yang paling umum bagi lulusan DKV. Desainer grafis bisa bekerja di perusahaan media, agensi periklanan, atau bahkan merintis usaha sendiri sebagai freelance designer.
  • Web Designer: Web Designer memiliki keahlian untuk membuat User Interface dan User Experience (UI/UX) untuk website dan aplikasi.
  • UI/UX Designer: Bidang ini sedang booming seiring maraknya penggunaan teknologi dan Internet. Selain keahlian desain, seorang UI/UX designer juga harus memahami perilaku pengguna dan prinsip desain yang berpusat pada pengguna (user-centered design).
  • Illustrator: Menciptakan ilustrasi untuk berbagai keperluan, seperti buku cerita, majalah, packaging produk, atau konten media sosial.
  • Animator: Memproduksi animasi 2D maupun 3D yang digunakan untuk keperluan film, iklan, video game, atau konten edukasi.
  • Social Media Specialist: Keahlian desain visual sangat dibutuhkan untuk membuat konten yang menarik dan efektif untuk platform media sosial.
  • Brand Designer: Berfokus pada pembuatan dan pengelolaan identitas visual sebuah brand, seperti logo, packaging, dan materi marketing lainnya.
  • Content Creator: Keterampilan DKV yang luas membuat lulusannya bisa menjadi content creator yang mampu menghasilkan konten visual yang menarik di berbagai media.

 

Dengan pesatnya perkembangan dunia digital, kebutuhan akan tenaga ahli DKV pun semakin tinggi. Tertarik untuk berkarier di bidang yang kreatif dan dinamis? Jurusan DKV Sampoerna University bisa menjadi pintu gerbang masa depanmu.

 

Program DKV di Sampoerna University berfokus pada disiplin new media, dimana pembelajaran DKV di Sampoerna University merupakan program interdisipliner dengan fakultas teknik dan teknologi. 

 

Mahasiswa jurusan DKV Sampoerna University akan dibekali dengan berbagai kemampuan membuat, merancang, mendesain antarmuka pengguna (user interface) yang interaktif. Mahasiswa juga akan dibekali dengan kemampuan audio-video, animasi 2D/3D, produksi A/V, AR/VR yang mumpuni.

 

Yuk, gabung bersama jurusan DKV Sampoerna University dan raih mimpi kreatifmu!

Recent More

film animasi indonesia

Mei, 08 2024

Industri animasi Indonesia telah mencatatkan perkembangan yang signifikan dan mulai mencuri perhatian di panggung...

Apa itu Internet of things?

Mei, 08 2024

Apa Itu IoT (Internet Of Things)? Internet of Things (IoT) adalah konsep yang mengacu...

profesi bergengsi di dunia penerbangan

Mei, 08 2024

Industri penerbangan terus berkembang pesat, membuka berbagai peluang menarik bagi kamu yang ingin berkarier...

Admission
Admission
Schedule a Visit
Schedule a Visit
Contact Whatsapp
Contact Whatsapp